Kegunaan Rose Water Atau Air Mawar Pada Masakan

Bunga mawar yang dikenal sebagai bunga yang memiliki makna rasa cinta dan keromantisan ini, ternyata memiliki berbagai kegunaan. Bunga mawar termasuk dalam genus rosa, yang memiliki daya tarik karena warna yang memikat serta aroma wangi yang khas. Ini bisa diolah sebagai air mawar yang baik untuk perawatan dan kecantikan hingga dijadikan campuran bahan makanan.

Air mawar dapat digunakan sebagai bahan alami untuk toner, obat jerawat, penuaan dini, menghilangkan ketombe, hingga memberikan efek relaksasi. Selain itu, air mawar juga bersifat anti-radang sehingga dapat menyembuhkan berbagai penyakit yang diakibatkan oleh infeksi pada kulit epidermis.

Tak hanya untuk kulit dan rambut, ternyata air mawar juga bisa digunakan pada masakan. Biasanya air mawar dapat dicampurkan pada makanan berupa adonan kue, minuman segar, infused water, pudding, hingga campuran jus.

Tentang Air Mawar

Dari kelopak bunga mawar yang indah, tanaman ini memiliki kandungan zat-zat yang ternyata dapat dijadikan bahan tambahan dalam masakan. Ini terlebih dahulu diolah menjadi air mawar atau rose water. Air mawar adalah ekstrak aromatik kelopak mawar yang indah.

Air mawar telah digunakan sejak zaman klasik dan menyebar ke seluruh Eropa dengan ekspansi bangsa Moor pada abad ke-8. Air mawar sangat umum di dapur Inggris sampai periode Victoria yang sempat tergantikan oleh kehadiran rempah vanili.

Dewasa ini sejumlah kecil air mawar diproduksi oleh negara-negara di dunia. Sementara, Iran menjadi produsen air mawar terbesar yang menguasai hampir 90 persen produksi air mawar global. Selama akhir musim semi, kelopak mawar Damask dipetik dengan tangan, direndam dalam air dalam pot tembaga besar, dan dipanaskan. Uapnya mengembun dan cairannya dibotolkan untuk didistribusikan ke berbagai negara.

Pada masa itu air mawar dijadikan campuran minuman seperti susu panas atau teh, dan juga makanan penutup seperti baklava dan pudding beras. Ini juga bisa digunakan untuk makanan gurih yang akan menambahkan kompleksitas halus dari makanan tersebut. Rasa dari air mawar sama seperti rasa bunga yang lembut.

Membuat Air Mawar

Produk air mawar sangat mudah ditemukan di toko kesehatan atau toko grosir Timur Tengah. Namun, karena air mawar juga digunakan untuk tujuan kosmetik, maka menggunakan air mawar dengan label 100 persen air mawar murni menjadi suatu keharusan. Air mawar yang berkualitas baik tidak menggunakan bahan tambahan lain, sehingga akan menghasilkan produk makanan berkualitas.

Air mawar asli harganya cukup mahal dan sulit didapatkan. Bahan ini bisa dibuat sendiri di rumah dengan cara yang sederhana. Pertama kelopak bunga mawar dibagi menjadi dua. Lalu kelopak bunga bagian pertama ditumbuk menggunakan lumpang hingga halus. Kemudian pindahkan hasil halusan bunga mawar tadi ke dalam mangkuk keramik, selanjutnya ditambahkan dengan kelopak bunga mawar kedua yang masih utuh.

Diamkan selama 24 jam. Pada esok harinya rebus mawar menggunakan panci keramik dan tambahkan air distilasi secukupnya. Proses ini membutuhkan api yang kecil. Jika air rebusan mawar sudah mendidih yang ditandai dengan gelembung kecil, maka matikan kompor dan tiriskan. Saring air rebusan mawar tadi dan tempatkan pada wadah berbahan kaca untuk ditutup rapat. Hasil dari pembuatan air mawar ini akan bertahan hingga 1 minggu.

Air Mawar Dalam Masakan

Secara tradisional air mawar dinikmati dalam manisan seperti kue, nougat, baklava, pudding beras, selai prune dan minuman yoghurt lassi. Sebagian besar air mawar yang merujuk pada air untuk bahan masakan (bukan produk kecantikan), dibuat dengan kelopak dari mawar Damask (Rosa x damascena).

Ini adalah tanaman yang menampilkan aroma dan rasa bunga yang intens. Oleh sebabnya hanya perlu digunakan dengan porsi sedikit. Bisa dikatakan bahwa air mawar cukup menambah daya tarik dan aroma bunga ke sejumlah makanan penutup di seluruh dunia. Ini merupakan bagian integral dari baklava Yunani, Turkish Delight yang lembut dan kenyal, pudding beras Persia, dan kue-kue Prancis dan macaron manis.

Penggunaan air mawar biasa disandingkan dengan jumlah yang sama untuk vanilla dalam resep makanan manis. Termasuk dalam pudding beras dan kue gula, sehingga fungsi air mawar persis sebagai alternatif yang baik untuk rempah vanilla. Biasanya air mawar digunakan hanya 1/8 sendok teh saja, agar tidak menutupi rasa dari bahan-bahan lain yang digunakan.

Menggunakan air mawar sebanyak 50 persen dari jumlah vanilla yang disebutkan dalam resep juga bisa dilakukan. Ini cocok untuk menghasilkan rasa yang lebih halus dan menyenangkan. Namun jika anda sangat menyukai rasa air mawar, anda mungkin ingin menambah jumlahnya hingga 75 persen atau bahkan lebih.

Masakan Yang Menggunakan Air Mawar

Sejauh ini, air mawar identik dengan masakan Timur Tengah, namun sebenarnya air mawar juga digunakan dalam memasak di seluruh Eropa dan di seluruh anak benua India. Penggunaan air mawar pada masakan dengan takaran yang sangat sedikit, membuatnya menjadi pelengkap yang sangat tepat. Namun banyak juga yang menjadikan air mawar sebagai bahan baku masakan.

Ibaratnya, tanpa air mawar daftar makanan berikut kurang terasa lengkap. Air mawar dibutuhkan untuk menambahkan rasa dan aroma sebuah hidangan agar kelezatannya tetap terjaga. Kesegaran penggunaan air mawar diaplikasikan untuk makanan manis dan gurih secara khusus.

Meskipun air mawar tidak mengandung gula, air mawar tetap membangkitkan sensasi manis. Ini juga memiliki aroma kehitaman, eksotis dan sensual yang ketika digunakan dalam makanan, menambah lapisan kelezatan dan bahkan romansa pada sebuah hidangan.

Rose Water Panna Cotta

Panna cotta adalah hidangan pencuci mulut yang memiliki kesamaan dengan agar-agar atau pudding. Akan tetapi tekstur panna cotta lebih padat dengan campuran bahan baku yang lebih beragam. Salah satu varian panna cotta yang banyak disukai adalah rose water panna cotta.

Air mawar digunakan sebagai bahan adonan utama dan juga dijadikan campuran dari sirup yang akan dihidangkan bersama panna cotta. Biasanya penggunaan air mawar akan dikombinasikan dengan rempah-rempah. Sebut saja kapulaga yang dicampurkan ke dalam adonan panna cotta, untuk mempertajam rasa dan aroma sekaligus memberikan manfaat bagi kesehatan.

Lamb Biryani

Nasi biryani bukan merupakan makanan baru bagi masyarakat Timur Tengah dan sekitarnya. Nasi ini juga disukai di Indonesia karena menggunakan rempah-rempah yang sangat kaya. Biasanya nasi biryani dicampurkan dengan daging ayam maupun daging domba lamb.

Olahan nasi yang dibuat menggunakan beras basmati ini memiliki proses yang rumit dengan rasa bumbu yang kental. Selain rasa kunyit yang cukup menonjol dari nasi biryani, ada pula bumbu yang membuat hidangan ini semakin nikmat yaitu menggunakan rose water. Rose water akan memberikan kesegaran sekaligus aroma yang semakin kuat pada makanan gurih ini.

Pistachio Nougat With Rose Water

Nougat adalah permen yang terbuat dari gula atau madu, kacang panggang dan beberapa buah kering. Nougat ini berbentuk lunak dan khas, tergantung dengan bahan yang digunakan. Biasanya nougat yang sering dikonsumsi diisi dalam batang permen dan coklat.

Kacang-kacangan di dalam nougat juga biasa digunakan untuk menambah rasa, namun untuk rasa yang lebih segar maka nougat sangat umum dicampurkan dengan rempah-rempah yang ada, salah satunya rose water. Rose water dapat membuat rasa nougat menjadi lebih tajam dengan aroma yang khas. Ini banyak disukai sebagai cemilan maupun dessert.

Kulfi

Kulfi merupakan street food yang berasal dari India. Kulfi dibuat dari susu segar yang telah dibekukan. Biasanya rasa yang ditawarkan dari kulfi ini sangat beragam mulai dari manis, vanili, dan rasa mawar. Rasa mawar dihasilkan dari air mawar asli yang menjadi bahan utama dari proses pembuatan cemilan ini.

Persian Ice Cream

Persian ice cream disebut juga sebagai bastani. Ini adalah es krim Iran yang dibuat dari susu, telur, gula, kunyit, vanili, pistachio, dan air mawar. Rasa es krim ini disukai karena creamy dan memiliki aroma mawar yang kuat. Biasanya es krim ini juga ditambahkan dengan sedikit rempah-rempah lain seperti saffron. Tak heran jika rata-rata es krim dibanderol dengan harga yang cukup mahal yaitu mulai dari 3 dollar AS untuk 1 porsinya.

Gulab Jamun

Gulab jamun merupakan cemilan manis khas India. Selain sebagai hidangan penutup, cemilan ini juga disajikan pada saat perayaan hari-hari besar. Cemilan ini dibuat dari susu, biskuit, mentega yang kemudian digoreng dalam minyak panas. Penggorengan dilakukan hingga cemilan ini berwarna coklat muda atau cokelat tua. Selanjutnya, setelah digoreng sentuhan terakhir yang menyempurnakan gulab jamun adalah direndam dalam air mawar segar.

Jalebi

Cemilan India selanjutnya yang juga kerap menggunakan air mawar sebagai bahan bakunya adalah jalebi. Jalebi tak lain adalah manisan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat India, Pakistan, dan Timur Tengah. Hidangan ini merupakan bagian penting dari berbagai festival dan perayaan.

Secara sekilas jalebi terbuat dari adonan yang digoreng yang mirip seperti funnel cake. Ini terbuat dari yoghurt, minyak samin, dan kapulaga. Setelah cemilan manis matang, maka jalebi akan direndam dalam larutan gula yang dicampurkan dengan air mawar.

Cara Menggunakan Air Mawar

Secara sederhana, air mawar bisa diterapkan pada berbagai masakan dengan mencelupkan langsung pada cairan, dimasukkan ke adonan, atau dijadikan siraman layaknya memberi topping pada makanan. Namun ternyata penggunaan air mawar untuk makanan lebih dari itu. Simak penjelasannya di bawah ini.

Seimbangkan Rasa Bumbu Gurih

Siapa yang menyangka bahwa air mawar ternyata tidak hanya melulu dicampurkan pada hidangan penutup. Air mawar dapat digunakan untuk melengkapi bumbu yang lebih gurih dari rempah-rempah, misalnya kunyit.

Ini memberikan sensasi terbaik untuk menyeimbangkan rasa rempah yang kuat. Ini juga bisa dikombinasikan dengan pistachio panggang dan madu. Air mawar asli memberikan tambahan rasa dan aroma sangat kuat, sehingga jika digunakan terlalu banyak dapat mengalahkan rasa lain, maka gunakan secukupnya saja.

Tambahkan Pada Frosting

Air mawar bisa ditambahkan ke bahan makanan frosting, misalnya buttercream. Cukup tambahkan satu sendok teh air mawar ke dalam frosting buttercream buatan sendiri. Perpaduan ini dijadikan sentuhan akhir yang elegan dan mengingatkan aroma tumbuhan dan bunga pada kue atau cupcakes.

Tambahkan Pada Es Krim

Tambahkan air mawar ke es krim juga dapat dilakukan. Buatlah es krim vanilla ke tingkat rasa yang baru dengan menambahkan sedikit air mawar dan taburan kapulaga. Es krim vanilla memang paling umum, namun tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan rasa es krim lainnya yang tak kalah lezat.

Tambahkan Ke Selai

Selai sebagai pelengkap dari salad, roti maupun kue bisa menjadi sempurna jika dicampurkan dengan air mawar. Satu sendok makan air mawar dapat menambahkan dimensi baru pada nada manis yang kuat dari selai buatan sendiri. Ini juga bisa diterapkan pada kolak dengan rhubarb, stroberi, dan raspberry.

Tambahkan Ke Resep Kue

Makanan penutup memang merupakan pasangan alami untuk air mawar, karena cita rasa bunga pada makanan adalah pelengkap alami untuk rasa manis. Air mawar bisa dijadikan bahan untuk resep pai apel, cupcake, hingga pizza dengan menambahkan 2-3 tetes air mawar segar. Bangkitkan kembali tradisi dengan menambahkan air mawar ke makanan penutup yang di masak dengan cara dipanggang.

Tambahkan Ke Minuman

Air mawar bisa juga ditambahkan pada minuman. Tambahkan 3 tetes air mawar ke koktail untuk memberikan tonik rasa mawar dan soda artisanal. Ini dapat mengubah sensasi rasa minuman favorit anda.

Bahan cairan ini juga bisa menjadi tambahan resep sederhana untuk minuman Persia yang populer, Faloodeh Seeb. Masukkan empat atau lima es batu ke dalam gelas tinggi dan tambahkan satu apel yang sudah dikupas dan diparut. Tambahkan satu sendok penuh air mawar ke dalam minuman. Terakhir, isi dengan air dingin dan aduk sebelum menikmati minuman menyegarkan ini.

Pada dasarnya masih banyak resep dan penggunaan lain dari air mawar yang tidak terbatas oleh jenis hidangan atau minuman tertentu. Ini tergantung pada kreativitas dan selera siapapun untuk menambahkan sedikit air mawar terhadap hidangan kesukaannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *