9 Rempah Pengganti Gula

Gula menjadi bahan dapur yang tak boleh terlewatkan, karena ini adalah salah satu bumbu dapur yang banyak digunakan secara luas, terutama pada hidangan manis. Namun, meski kehadiran gula begitu penting, bukan berarti gula tidak dapat digantikan oleh bumbu atau rempah lainnya. Pasalnya, terdapat beberapa jenis rempah yang dapat menggantikan gula dengan cara yang lebih sehat, sebab konsumsi gula secara berlebihan dapat mengakibatkan berbagai jenis penyakit, khususnya diabetes. Untuk itu, tak jarang orang yang mencari alternatif gula agar dapat mengonsumsi makanan seperti biasanya. Di bawah ini adalah daftar rempah pengganti gula yang ideal.

Akar Manis

Akar manis atau yang juga dikenal sebagai licorice adalah tanaman dari keluarga kacang-kacangan dari tumbuhan Glycyrrhiza glabra. Licorice dapat tumbuh liar di iklim hangat, yang asal-usulnya dapat ditelusuri dari Eropa Selatan dan beberapa negara Asia. Ini adalah pilihan yang sangat tepat untuk menggantikan kehadiran gula karena akar manis menawarkan rasa yang begitu manis, bahkan hingga 50 kali lebih manis daripada gula.

Serbaguna dan tersedia dalam berbagai bentuk, licorice dapat digunakan di dapur dengan berbagai cara, baik dalam bentuk utuh maupun bubuk. Bubuk akar manis adalah salah satu produk yang paling banyak digunakan, yang dapat ditambahkan ke tepung untuk membuat manisan atau pasta segar seperti tagliatelle, atau langsung ke pasta atau hidangan daging untuk memberikan rasa pahit dan manis yang khas pada resep.

Apapun Bumbunya Tidak Pakai Pewarna

Karena ini memiliki rasa yang jauh lebih manis daripada gula, sehingga ia dapat bekerja dengan baik sebagai bumbu utama dari sebagian besar hidangan manis. Akar manis juga bekerja dengan baik terutama pada adas, sehingga akar manis dapat bekerja dengan sangat baik terutama pada cairan panas seperti teh, atau sirup.

Kayu Manis

Kayu manis merupakan rempah favorit banyak orang karena potensinya dalam kuliner dan pengobatan. Ini adalah rempah batang yang diperoleh dari bagian dalam kulit pohon keluarga Lauraceae. Rempah ini mudah dibudidayakan di wilayah sub-tropis dan tropis. Kayu manis berasal dari beberapa negara di Asia Selatan dan Indonesia.

Rempah dengan nama ilmiah Cinnamomum ini umum digunakan dalam berbagai masakan, terutama pada hidangan manis. Hal ini dikarenakan kayu manis memiliki rasa manis yang luar biasa dan dapat digunakan dalam bentuk bubuk atau batang kering. Selain itu, kayu manis juga memiliki rasa yang sedikit pedas dan pahit, sehingga bisa digunakan pada hidangan gurih, seperti kari atau semur.

Ini adalah rempah pengganti gula yang bagus sebab kayu manis dapat membumbui makanan penutup, kue, kue kering, roti, bahan baku sirup, dan bahkan digunakan sebagai bahan baku minuman di Amerika dan Eropa. Kayu manis juga dapat digunakan pada semangkuk oatmeal atau muffin. Kayu manis akan menjadi pengganti gula yang baik karena selain memberikan rasa manis, ia juga memberikan sensasi unik lainnya terutama pada hidangan manis.

Cengkeh

Di Indonesia, penggunaan cengkeh seringkali ditemukan pada rokok kretek, dan ini adalah rempah yang umum karena cengkeh atau cengkih ini merupakan rempah yang berasal dari Indonesia, terutama di Kepulauan Maluku. Cengkeh adalah rempah yang berupa kuncup bunga kering dari keluarga pohon Myrtaceae.

Ini secara luas dibudidayakan di beberapa negara Asia Selatan dan Afrika Bagian Timur, dan banyak digunakan di negara Eropa. Cengkeh merupakan rempah serbaguna yang dapat dipasangkan dengan hidangan apa pun. Aroma dan rasa dari cengkeh begitu kuat dan khas, sehingga dapat membangkitkan esensi rasa pada masakan.

Selain itu, karena aroma dan rasanya yang kuat, sehingga rempah ini dapat menjadi penyedap aroma masakan apa pun, dan harus digunakan dalam jumlah kecil saja agar rasanya tidak mengalahkan rasa utama masakan. Pada hidangan gurih, ia dapat berpotensi dalam memberikan rasa yang kuat pada hidangan daging maupun hidangan berkuah.

Di sisi lain, cengkeh juga berpotensi dalam menggantikan gula, sebab cengkeh memiliki kandungan glukosa alami yang cukup tinggi. Itu sebabnya, cengkeh dapat membumbui berbagai hidangan manis, seperti kue, mousses, pir, minuman panas, hingga teh. Ini juga seringkali hadir dalam campuran bumbu dari roti rempah speculaas.

Pala

Rempah pengganti gula lainnya adalah rempah yang berasal dari Kepulauan Banda, Indonesia. Indonesia memang menjadi negara tropis dengan kondisi kesuburan tanah yang baik, sehingga apa pun dapat tumbuh dengan baik pula di Indonesia, termasuk rempah pala. Rempah khas Maluku ini berasal dari pohon pala, yang memiliki sejarah panjang dalam penggunaan kuliner.

Ini menjadi rempah serbaguna dengan rasa yang cenderung pedas dan sedikit manis, namun pala menawarkan aroma yang kuat. Meski berasal dari Indonesia, pala telah menyebar luas ke negara-negara di dunia sebagai bumbu serbaguna. Misalnya di Amerika, penggunaan pala yang paling populer adalah terdapat pada pie labu atau pie apel.

Selain itu, pala juga dapat menjadi bumbu dari hidangan berbahan dasar susu seperti quiche, krim atau keju, hingga berbagai macam saus seperti alfredo atau bechamel. Pala juga seringkali ditemukan pada makanan penutup seperti pudding, hingga minuman panas seperti cappuccino. Potensinya yang luas terhadap sajian manis menjadikan pala dapat menjadi rempah pengganti gula.

Vanilla

Vanilla atau vanili lebih dari sekadar bumbu. Ini berasal dari buah tanaman anggrek dengan rasa yang begitu manis, dan menggambarkan perpaduan bahan lainnya seperti prune atau rum. Vanilla dapat dikenali dengan bentuknya yang ramping dan berwarna coklat tua. Ini banyak ditemukan sebagai bahan baku parfum maupun sebagai bumbu.

Sebagai salah satu penyedap rasa sekaligus rempah yang memberikan rasa manis, vanilla seringkali digunakan dalam bentuk ekstrak. Ini menjadi pilihan tepat sebagai rempah pengganti gula karena aroma dan rasanya yang manis. Ekstrak vanilla banyak ditemukan pada kue, makanan penutup, hingga makanan pencuci mulut. Kegunaannya dalam hidangan manis sungguh tak terbatas, ini dapat digunakan sebagai penyedap rasa dari es krim, kue, roti, susu, smoothie, dan masih banyak lagi.

Jahe

Jahe sangat cocok sebagai pengganti gula untuk resep berat buah. Jahe menawarkan rasa yang pedas dan hangat, yang dapat memberikan profil rasa yang lebih kompleks pada hidangan apa pun yang mungkin sudah sarat dengan gula. Ini sangat cocok dijadikan pengganti gula, meski jahe akan memberikan profil rasa tambahan yaitu agak pedas dan hangat. Anda bisa menggunakan jahe pada hidangan yang dipanggang seperti kue tar buah atau danish, atau bisa juga ditambahkan sebagai bumbu dari minuman.

Kapulaga

Masak Enak Jadi Mudah

Kapulaga merupakan pemanis alami yang lebih aman dari gula. Kapulaga mempunyai rasa yang cukup manis sehingga cocok sebagai pengganti gula. Kapulaga digunakan di toko roti Skandinavia, kue kering Jerman dan Rusia, dan di Timur Tengah dan India. Bumbu ini dapat digunakan sebagai pengganti gula saat membuat makanan yang dipanggang dan dengan krim untuk membuat suguhan seperti es krim rasa kapulaga, yang sangat lezat! Anda juga bisa merendam bijinya dalam susu, air, atau susu almond untuk digunakan sebagai bantuan pencernaan untuk meredakan gas dan kembung.

Allspice

Allspice atau merica Jamaika adalah bumbu yang berasal dari pohon Pimento, yang paling banyak digunakan dalam masakan Amerika Latin, Karibia, dan Timur Tengah. Rasa allspice digambarkan dengan perpaduan pala, kayu manis, dan cengkeh. Rasa dari allspice menggambarkan rempah yang juga dapat digunakan pada hidangan manis sebagai pengganti gula, sehingga, ini dapat ditambahkan pada kue, roti, dan bahkan pai. Sebagai pengganti gula, allspice akan memberikan rasa manis sekaligus sentuhan pedas yang unik.

Biji Adas Manis

Biji adas manis berbau seperti licorice hitam dan dapat digunakan utuh atau digiling. Biji lezat ini sering digunakan sebagai penyedap di beberapa kue, permen, kue kering, dan bahkan hidangan unggas. Adas manis memiliki rasa manis, pedas, dan juga aromatic. Sehingga, adas manis menjadi pilihan yang ideal untuk menggantikan gula dengan sentuhan khas dalam beberapa resep seperti biscotti, kue, pudding, pai, atau makanan yang dipanggang.

Rempah adalah alternatif pengganti gula yang lebih sehat. Bukan hanya sebagai bumbu masakan saja, tetapi rempah juga mampu memberikan manfaat bagi kesehatan. Meski sebagian rempah dapat menjadi pengganti gula, namun beberapa resep mungkin memiliki profil rasa tambahan yang tidak ditemukan saat Anda menggunakan gula. Ketahui artikel menarik lainnya mengenai alternatif pengganti oregano melalui link berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *