7 Alternatif Pengganti Oregano

7 Alternatif Pengganti Oregano
7 Alternatif Pengganti Oregano

Oregano telah banyak digunakan pada berbagai masakan, terutama pada hidangan berkuah, sup, pizza, pasta, atau berbagai hidangan Italia lainnya. Oregano termasuk dalam tanaman herbal yang memiliki manfaat bagi tubuh, seperti sebagai penangkal radikal bebas, mencegah tumbuhnya sel kanker, dan meredakan peradangan. Oregano berbentuk daun kecil yang memiliki aroma tajam, serta rasa yang kuat.

Oregano sering digunakan untuk masakan Turki, Yunani, Italia, dan Meksiko. Jenis tanaman ini digunakan di berbagai masakan untuk menambah rasa sedap pada masakan. Rasa dari oregano ini cukup unik, yakni memiliki rasa pedas dan manis, dengan sedikit rasa pahit. Rasa unik ini tercipta berkat kandungan dari minyak esensial, seperti limonen, carvacrol, thymol, dan pinene.

Menemukan bahan pengganti oregano sebenarnya merupakan hal yang tidak mudah. Pasalnya, oregano memiliki rasa khas yang tidak dimiliki tanaman lainnya, oregano sangat cocok sebagai topping pizza, bolognaise, dan lainnya. Namun, artikel ini akan membantu anda untuk mencari alternatif pengganti oregano yang bisa anda coba jika tidak mempunyai bahan ini di rumah. Simak penjelasannya di bawah ini.

Apapun Bumbunya Tidak Pakai Pewarna

Italian seasoning

Alternatif pengganti oregano yang pertama adalah Italian seasoning. Bumbu ini biasa dipakai dalam masakan Italia yang terdiri dari campuran marjoram, thyme, oregano, basil, sage, rosemary, dan bubuk paprika merah. Italian seasoning juga dapat digunakan untuk beberapa jenis masakan sup, pasta, daging, salad, pizza, atau masakan Italia lainnya.

Bumbu dari Italia ini dapat menjadi alternatif pengganti oregano bagi anda karena di dalamnya pun sudah terdapat oregano. Hanya dengan menambahkan Italian seasoning ke dalam masakan, maka masakan anda akan menjadi semakin nikmat. Italian seasoning digunakan dengan rasio 1:1 untuk pengganti oregano. Nah, apabila anda tidak memiliki oregano di rumah, anda bisa membeli produk bumbu Italian seasoning di sini.

Marjoram

Serbuk Daun Marjoram
Serbuk Daun Marjoram

Selain Italian seasoning, anda juga bisa menggunakan marjoram sebagai pengganti oregano dalam masakan. Marjoram adalah jenis tanaman yang biasa digunakan sebagai pembuatan permen. Tanaman ini bisa disebut sebagai Majorana hortensis, Sweet Marjoram atau Knotted marjoram. Marjoram memiliki aroma manis serta menggugah selera untuk pengganti oregano. Sebelum ditambahkan pada masakan, marjoram biasanya diolah menjadi bubuk kering.

Marjoram juga menjadi salah satu bahan penting yang membuat masakan terasa lebih nikmat. Jika anda tidak menemukan oregano di rumah atau di supermarket, anda bisa mencoba rekomendasi ini. Marjoram dapat digunakan sebagai marinasi daging dan sayur bersamaan dengan minyak.

Thyme

Thyme atau thymus vulgaris termasuk dalam salah satu jenis rempah yang berasal dari Mesir yang sangat populer. Daunnya kecil dan berbentuk oval dengan tangkai yang kecil namun keras. Orang Yunani memakai rempah ini sebagai obat herbal, akan tetapi, thyme juga bisa digunakan pada masakan. Thyme berguna untuk meningkatkan citarasa masakan sekaligus memberikan aroma harum.

Thyme biasanya dijadikan campuran saus atau dapat dicampur dengan bawang bombai dan daun bawang di dalam sup. Bumbu rendaman daging sapi, ikan, dan ayam dapat menggunakan rempah ini. Di wilayah bagian Selatan Eropa dan Mediterania, rempah ini berguna untuk penyedap rasa seperti macaroni, pasta, jamur, dan lainnya. Anda bisa mendapatkan rempah thyme kualitas terbaik dengan mudah secara online.

Parsley

Parsley atau peterseli memiliki nama latin Petroselinum crispum, berbentuk daun-daunan yang cantik, merupakan bahan alternatif pengganti oregano lainnya. Memiliki fungsi yang hampir serupa dengan oregano, kehadiran parsley dapat digunakan sebagai hiasan atau garnish, dan juga penyedap pada masakan.

Meskipun umumnya fungsi tanaman ini hanya dipakai untuk mempercantik masakan, akan tetapi parsley tak kalah pentingnya dengan oregano. Parsley cocok digunakan dalam bahan makanan, seperti spaghetti, pasta, pizza, atau makanan Italia lainnya. Parsley biasanya dijual dalam bentuk bubuk kering dan dapat ditemukan di supermarket atau toko online.

Daun Parsley
Daun Parsley

Basil

Basil atau Ocimum basilicum merupakan bumbu penting untuk berbagai jenis hidangan Italia. Basil sering dianggap mirip dengan kemangi karena memiliki bentuk serta aroma yang serupa. Akan tetapi, tekstur yang dimiliki basil lebih tebal dibandingkan daun kemangi. Basil digunakan sebagai rasa pada berbagai olahan ikan, salad, maupun pasta.

Tanaman ini memiliki rasa yang sedikit manis serta rasa mint yang ringan, itu sebabnya selain untuk penyedap rasa, basil juga bisa digunakan sebagai aromatik. Anda dapat menggunakan tanaman ini sebagai solusi saat anda tidak memiliki oregano di rumah. Perlu diingat bahwa apabila anda menginginkan rasa yang lebih kuat, maka gunakanlah basil segar, dengan rasio takarannya 1:1 untuk menggantikan oregano.

Rosemary

Solusi selanjutnya untuk menggantikan oregano adalah rosemary. Rosemary dengan nama latin Rosmarinus officinalis atau dikenal sebagai rosmarin di Indonesia ialah salah satu jenis rempah yang berasal dari Mediterania, Eropa, yang memiliki julukan sebagai “embun laut”. Rempah ini dipakai untuk melumuri bumbu seafood, daging, ayam, dan seafood. Memiliki bentuk runcing menyerupai jarum dengan aroma yang sangat enak.

Rosemary dapat dijadikan alternatif lainnya untuk mengantikan oregano. Oregano memiliki rasa yang kuat serta pedas, sedangkan roma dari rosemary ini sangat khas, yaitu seperti aroma kayu, namun segar seperti aroma mint dan jeruk. Maka dari itu, penggunaan rosemary sebagai pengganti oregano cukup gunakan sedikit saja karena mengingat aroma dan rasanya yang kuat.

Tarragon

Alternatif terakhir yang direkomendasikan penulis adalah tarragon. Tarragon atau dragon’s-wort merupakan tanaman herbal yang biasa ditanam di Asia tengah dan timur, Amerika Utara bagian barat, Eropa timur, dan bagian selatan utara Meksiko dan India. Tanaman ini biasa dipakai untuk masakan Inggris dan Prancis, yang merupakan bagian dari anggota tanaman bunga matahari, dan bisa dimanfaatkan sebagai tambahan bahan pada sabun, pengobatan, serta kosmetik.

Daun dari tanaman ini mengandung berbagai vitamin seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin B6. Selain itu, daun tarragon juga mengandung protein dan folat. Tarragon memiliki tiga jenis yang popular, yaitu tarragon Rusia, tarragon Meksiko, dan tarragon Prancis.

Gambar Tarragon
Gambar Tarragon
cek ratusan koleksi lainnya

Tarragon dapat digunakan sebagai rempah pada masakan dan minuman. Rempah tarragon berguna untuk membumbui daging, ikan, saus, serta asinan. Sedangkan daunnya bermanfaat sebagai pelengkap bahan minuman, seperti alkohol. Selain sebagai bahan tambahan rempah dan juga minuman, daun tarragon kerap dimanfaatkan sebagai hiasan makanan, seperti salad.

Rasa yang dihasilkan oleh tanaman ini berbeda-beda tergantung dengan jenisnya. Tarragon Rusia memiliki rasa yang agak pahit serta pedas. Sedangkan tarragon Prancis mempunyai rasa yang mirip seperti akar manis, yaitu manis. Tarragon diyakini dapat digunakan sebagai pengganti oregano meskipun memiliki sedikit perbedaan rasa. Tarragon dapat digunakan dengan perbandingan 1:1 atau sebanyak oregano yang biasa anda gunakan.

Itulah 7 alternatif pengganti oregano yang bisa anda coba saat tidak memiliki oregano di rumah. Anda tetap bisa menikmati hidangan yang menggunakan berbagai bahan alternatif di atas. Akan tetapi, tentu saja rasa yang dihasilkan dari alternatif tanaman tersebut tidak dapat seratus persen menggantikan posisi oregano dalam masakan. Alternatif dari bahan-bahan tersebut mempunyai ciri khasnya masing-masing untuk tiap masakan.

Maka dari itu, agar tidak kesulitan mencari bahan pengganti oregano, pilihan terbaik untuk anda adalah dengan membeli oregano kering berkualitas dan menyimpannya sebagai stok agar makanan yang dibuat selalu menghasilkan citarasa khas dan tidak berubah dari oregano itu sendiri.

 

Infografis 7 Alternatif Pengganti Oregano
Infografis 7 Alternatif Pengganti Oregano

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *