Cara Mengetahui Umur Kambing Berdasarkan Gigi

Banyak yang bertanya kenapa daging kambing yang disajikan oleh Cairo Food sangat empuk dan lembut? Rahasianya ada dua, yaitu umur daging kambing yang tepat ketika disembelih, lalu yang kedua adalah teknik atau cara memasaknya. Pada artikel kali ini kita akan fokus pada rahasia pertama, yaitu umur daging kambing.

Faktanya, salah satu faktor utama yang membuat daging kambing yang dimasak empuk adalah karena kami memiliki kriteria khusus dalam memilih daging kambing, yaitu umurnya yang berikisar 1 hingga maksimal 1.5 tahun. Mengapa demikian? Simak penjelasannya di bawah ini.

Berapa Umur Kambing Ideal?

Dikarenakan umur kambing yang dibutuhkan berusia 1 sampai 1,5 tahun maka penting bagi seorang produsen atau pebisnis untuk memahami cara yang yang paling mudah dan tepat untuk menentukan umur kambing. Hal ini sangat penting karena akan mempengaruhi hampir semua proses masak.

Misalnya saja jika dagingnya tua, maka masaknya butuh waktu lebih lama serta lemaknya juga akan lebih banyak. Dalam hal ini Cairo Food mempunyai standar baku, yaitu kambing yang berumur satu tahun saja yang dijadikan prioritas untuk memasak.

Jika anda mencari daging kambing yang lebih lembut lagi maka yang terbaik sebenarnya adalah menggunakan daging kambing yang umurnya kurang dari 6 bulan. Tapi beberapa produsen mungkin akan kesulitas untuk mendapatkan daging ini maupun karena alasan lain sehingga secara efisiensi daging kambing berumur sekitar 1 tahun bisa menjadi pilihan terbaik.

Bagaimana Hubungan Umur Kambing Dan Gigi Kambing?

Besar kecilnya badan kambing, dan ada tidaknya tanduk, tidak dapat dipakai sebagai patokan umur. Hal itu karena ukuran badan lebih dipengaruhi oleh jenis, dan cara pemeliharannya. Sebenarnya cara paling efektif dan tepat adalah dengan melihat kartu catatan produksi atau registrasi kambing.

Namun di beberapa negara seperti Indonesia, hal seperti kartu ini tidak terlalu diperhatikan. Padahal di negara skandinavia seperti Swiss, tidak hanya catatan produksi saja, tapi kita juga bisa mengetahui asal dan silsilah turunan keluarga dari seekor kambing hingga beberapa turunan ke atas jika mengetahui kartu registrasi kambing.

Sehingga cara tradisional dengan melihat gigi lah yang bisa dan mungkin dilakukan. Dengan kata lain cara mengetahui umur kambing dengan melihat kondisi giginya adalah cara terbaik yang bisa dilakukan. Gigi ternak mengalami erupsi dan keterasahan secara berkelanjutan. Pola erupsi gigi pada ternak memiliki karakteristik tertentu yang menjadi patokan untuk digunakan dalam menduga umur ternak. Cara ini tidak bisa menentukan umur kambing secara pasti, karena hanya berdasarkan perkiraan.

Gigi seri kambing hanya terdapat pada rahang bawah sebanyak delapan buah (empat pasang). Gigi seri ini sudah keluar lengkap sejak dilahirkan. Gigi seri yang sejak lahir belum berganti dinamakan gigi seri susu, sedangkan gigi seri yang telah tanggal akan tumbuh lagi. Gigi seri baru ini dinamakan gigi seri tetap atau gigi permanen.

Pergantian dan pertumbuhan gigi seri kambing sangat teratur waktunya. Gigi seri menggantikan gigi seri susu dengan bentuk yang lebih besar, kuat, dan warnanya lebih kekuningan. Berdasarkan pergantian dan pertumbuhan gigi seri, umur kambing bisa ditentukan. Penentuan umur kambing kurang dari satu tahun dengan memeriksa dengan memeriksa pertumbuhan gigi gerahamnnya. Anak kambing yang baru lahir, mempunyai 2-8 buah gigi seri, dan umur sembilan bulan gigi geraham nomor lima tumbuh. Istilah penyebutannya penentuan gigi kambing yaitu poel, rampas atau permanen.

Cara menentukan umur kambing berdasarkan gigi
Cara menentukan umur kambing berdasarkan gigi

Menentukan Umur Kambing Dari Gigi Kambing

Bagaimana mengetahui kambing yang berumur 2-3 tahun dan 3-4 tahun? Caranya adalah dengan melihat berapa banyak terasahnya gigi seri yang terakhir berganti. Gigi seri pasangan kedua yang masih baru menandakan kambing berumur 1-2 tahun.

Jika gigi seri pasangan kedua tersebut sudah terasah banyak dan gigi seri susu pasangan ketiga belum tanggal. Hal itu menandakan kambing berumur 2-3 tahun. Bila gigi seri susu ketiga telah terasah banyak dan gigi seri susu keempat belum tanggal, menandakan kambing berumur 3-4 tahun.

Berikut kami buatkan diagram atau gambar penjelasan bagaimana cara mengetahui umur kambing berdasarkan gigi nya. Perlu diingat yang dilihat adalah bagian bawah mulut, bukan bagian atas giginya.

Kurang Dari Satu Tahun

Umur kambing yang kurang dari satu tahun memilii GIGI SUSU kecil yang sebenarnya sudah ada sejak lahi dan mulai berkembang hingga umur 13 hingga 15 bulan

Umur kambing yang kurang dari satu tahun memiliki gigi susu kecil yang sebenarnya sudah ada sejak lahir dan mulai berkembang hingga umur 13 hingga 15 bulan. Gigi seri susu muncul lebih awal daripada gigi seri permanen dan digantikan oleh gigi seri permanen.

Gigi seri susu pada kambing berjumlah 4 pasang.Ketika berumur 1 hari sampai 1 minggu kambing memiliki sepasang gigi seri susu sentral. Kemudian  pada umur 1 – 2 minggu terdapat sepasang gigi seri susu lateral. Selanjutnya di umur 2 – 3 minggu terdapat sepasang gigi seri susu intermidial serta pada umur 3 – 4 minggu terdapat sepasang gigi seri susu sudut.

1-2 Tahun

Kambing yang berumur satu hingga dua tahun memiliki DUA GIGI PERMANEN di Tengah dan muncul bersama enam GIGI SUSU pada umur 13 hingga 15 bulan

Pada umur 1-2 tahun kambing seharusnya memiliki dua gigi permanen di tengah yang muncul bersamaan dengan 6 gigi susu. Bentuk gigi ini akan tumbuh dan bertahan sekitar usia 13-15 bulan. Ini adalah usia paling ideal untuk menyembelih kambing karena dagingnya empuk dan lebih mudah diolah.

2-3 Tahun

Pada Umur dua hinga tiga tahun, Kambing memiliki EMPAT GIGI PERMANEN di Tengah yang muncul bersama EMPAT GIGI SUSU dan Tumbuh pada umur 18-21 Bulan

Pada umur dua hingga tiga tahun, kambing memiliki empat gigi permanen di tengah yang muncul bersama empat gigi susu. Biasanya gigi tersebut perlahan tumbuh pada umur 18-21 bulan.

3-4 Tahun

Kambing pada umur tiga hingga 4 Tahun, memiliki ENAM GIGI PERMANEN di Tengah dan muncul bersama DUA GIGI SUSU pada umur 22-24 Bulan

Kambing pada umur 3 hingga 4 tahun, memiliki enam gigi permanen yang terletak ditengah. Namun gigi susu masih tersisa sebanyak dua. Kemudian kondisi ini akan bertahan hingga umur 22-24 bulan. Tahap ini (tepatnya memasuki usia 3 tahun keatas) adalah awal gigi seri permanen pada bidang lidah mulai terasah dan kambing disebut dewasa.

4-5 Tahun

DELAPAN GIGI PERMANEN LENGKAP akan muncul pada kambing jika sudah berumur 27-32 Bulan

Selanjutnya ketika kambing berusia 4-5 tahun maka kambing telah resmi menjadi kambing dewasa yang ditandai dengan susunan gigi yang hanya terdiri dari delapan gigi permanen. Jumlah ini dikatakan lengkap dan akan muncul pada kambing jika sudah berumur 27-32 bulan. Kambing berumur lebih dari 4 tahun ii memiliki gigi seri permanen dengan bidang keterasahan yang mulai melebar dan akar gigi mulai renggang.

Lebih Dari 8 Tahun

Kambing yang berumur lebih dari 8 Tahun memiliki GIGI yang RUSAK, PATAH atau TERKIKIS

Pada dasarnya semakin bertambah umur seekor ternak, termasuk kambing, maka bentuk keterasahan gigi menjadi semakin lebar. Bertambah tuanya umur ternak berpengaruh terhadap jarak antargigi. Dengan demikian semakin tua umur tenak, jarak antargigi seri permanen semakin longgar atau renggang yang membuat gigi-gigi tersebut rapuh. Oleh sebabnya kambing yang berumur lebih dari 8 tahun cenderung memiliki gigi yang rusak, patah atau terkikis.Nah, itu dia panduan yang tepat untuk menentukan umur kambing berdasarkan susunan giginya. Bagi pembeli kambing, cara menentukan umur kambing berdasarkan gigi berguna untuk menentukan daging yang empuk dan muda. Tapi bagi peternak, cara ini digunakan untuk menentukan diet dan jenis makanan.

Kami sangat merekomendasikan jika anda ingin membeli kambing untuk disantap daging nya secara pribadi (bukan dipelihara), maka anda sebaiknya membeli kambing yang tidak lebih dari 2-3 tahun. Memang yang muda sekitar 6 bulan itu empuk dan paling enak, tapi mungkin masih terlalu kecil, belum banyak dagingnya dan bagi sebagian orang juga masih merasa iba karena dianggap masih usia anak.

Diatas sudah kami singgung bahwa kami memilih kambing yang berumur 1 hingga 1.5 tahun karena kami mengikuti sunnah dalam ber-Qurban Kambing yaitu harus minimal 1 tahun. Selain itu berdasarkan pengalaman keluarga kami selama di Mesir dan di Indonesia, kambing umur satu tahun lemaknya sedikit dan dagingnya masih empuk.

Jika anda ingin membeli kambing untuk Qurban, maka umur minimal adalah satu tahun dan dua tahun sebenarnya tidak masalah, karena biasanya daging Qurban untuk dibagikan sehingga jumlah atau berat menjadi sangat penting.

Perlu diingat bahwa kambing bisa hidup 15 hingga 18 tahun. Sehingga untuk mengetahui umur kambing menggunakan gigi tidak lagi efektif jika kambing sudah lebih dari 6 tahun, karena giginya sudah mulai rusak. Dengan kata lain gigi kambing umur 6 tahun tidak akan jauh berbeda dengan gigi kambing berumur 8 tahun.

Dikarenakan, anda tidak bisa mengetahui kambing yang berumur 10 atau 15 tahun hanya dari giginya saja, maka cara yang paling benar adalah tetap dengan menggunakan kartu produksi (registrasi). Mungkin anda hanya bisa melihat dari tingkat kerusakan gigi-nya saja dengan mengira-ngira dan tentu saja ini tidak begitu valid.

Jika anda perhatikan hampir mirip seperti manusia, semakin tua umurnya maka giginya semakin rusak. Sebagai penutup jika umur kambing dibandingkan dengan umur manusia, maka inilah tabel perbandingannya yang akan mempermudah pemahaman anda:

Umur kambing 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14
Umur Manusia 18 24 30 36 42 48 54 60 66 72 78 84 90 96
Promo Diskon Cairo Food

Note: Kambing dapat hidup hingga 18 tahun.

2 thoughts on “Cara Mengetahui Umur Kambing Berdasarkan Gigi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *