7 Rempah untuk Mengusir Cicak

Kehadiran cicak cukup umum di setiap rumah, dan mereka seringkali dianggap cukup mengganggu sebab cicak dapat meninggalkan kotoran di rumah, sehingga rumah pun dapat menjadi kotor. Terlebih lagi, cicak juga biasanya terdapat pada banyak area rumah, seperti dapur, kamar tidur, kamar mandi, dan lainnya. Namun, terdapat cara yang mudah untuk mengusir cicak. Simak rempah untuk mengusir cicak di bawah ini.

Lada

Lada adalah salah satu rempah yang dapat menjadi senjata ampuh dalam mengusir cicak. Pasalnya, hewan reptil mungil tersebut sangat membenci bau pedas seperti lada, sehingga ini dapat menjadi cara yang efektif dalam mengusir cicak. Selain itu, rempah ini diketahui tidak akan membunuh cicak, hanya untuk membuatnya pergi dari rumah.

Lada diketahui dapat mengiritasi cicak dan menyebabkan reaksi alergi, sehingga cicak akan menghindari area yang terdapat lada hitam. Dengan cara ini, jika Anda hanya mencari cara untuk mengusir cicak tanpa harus membunuhnya, lada adalah pilihan yang tepat. Anda dapat menggunakan lada yang dicampur air untuk mengusir cicak.

Apapun Bumbunya Tidak Pakai Pewarna

Alih-alih menggunakan bahan kimia berbahaya, Anda bisa membuat pestisida alami dengan menggunakan semprotan lada yang bekerja secara efektif untuk membuat hewan reptil tersebut pergi. Anda juga bisa menggunakan lada hitam bubuk selain dengan membuat semprotan lada. Dengan ini, cicak akan menghindari area yang terdapat bubuk atau semprotan lada karena dapat mengiritasi serta menyebabkannya alergi.

Akan tetapi, karena lada hitam cukup pedas, sehingga penggunaannya harus diperhatikan agar tak mengenai mata yang dapat menyebabkan mata perih, dan bahkan iritasi. Pastikan untuk menyemprotkan atau menaburnya di ruangan kosong yang gelap, atau semprotkan langsung di atas cicak agar langsung pergi dari rumah.

Cabai Bubuk

Sama seperti lada, cabai bubuk juga berpotensi dalam mengusir cicak karena baunya sangat dibenci oleh cicak dan dapat membuat mereka iritasi. Anda bisa menggunakan cabai bubuk dengan cara yang serupa dalam menggunakan lada, yaitu dengan mencampurkannya dengan air untuk membuat semprotan cabai.

Semprotkan beberapa area agar menghalangi cicak masuk ke rumah dengan semprotan cabai, atau semprotkan langsung di atas hewan reptil tersebut. Selain itu, cabai bubuk juga bisa diletakkan di dalam tas berpori, dan letakkan di sekitar rumah. Gunakan cabai kering atau saus pedas sebagai alternatif bubuk cabai dalam mengusir cicak.

Bahan-bahan tersebut sangat ampuh dalam mencegah mereka berkeliaran di dalam rumah dengan cara yang sama seperti bubuk cabai. Namun, sama seperti lada, bubuk cabai atau bahan sejenis dapat mengiritasi mata, kulit, dan hidung, sehingga penggunaannya harus dilakukan dengan hati-hati.

Lada Dan Cabai Bubuk

Alih-alih menggunakan masing-masing bahan, Anda dapat mengkombinasikan lada dan cabai bubuk sebagai cara yang ampuh dalam mengusir cicak. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa cicak membenci aroma pedas dan tajam, dan bahan tersebut juga dapat mengiritasi mereka. Anda bisa mengkombinasikan bubuk lada hitam dan cabai bubuk dan taburkan kedua bahan tersebut ke beberapa area seperti pinggir lantai atau dinding tembok.

Alternatif lainnya adalah mengkombinasikan lada dan cabai bubuk, lalu dicampurkan dengan air dan letakkan di dalam botol, dan pastikan semua bahannya larut agar bisa digunakan untuk mengusir cicak. Gunakan semprotan tersebut pada area yang biasa dilewati cicak. Sekali lagi, karena ini adalah bahan yang pedas, sehingga harus digunakan dengan hati-hati agar tidak terkena mata dan mengiritasi kulit. Pastikan juga untuk menjauhkan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Saus Tabasco

Karena cicak adalah hewan yang sangat membenci pedas, maka saus jenis apa pun dapat membantu mengusir cicak. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan saus apa pun, namun disarankan untuk menggunakan saus tabasco agar lebih ampuh dalam mengusir cicak. Sama seperti lada atau cabai bubuk, cicak tidak dapat mentolerir bau tabasco.

Untuk menggunakannya, Anda bisa mencampurkan sekitar satu atau dua sendok makan saus tabasco dan campurkan air secukupnya, dan letakkan di dalam botol semprot. Ini bisa dijadikan solusi yang ampuh dalam membasmi cicak, dan semprotkan di tempat-tempat yang sering menjadi tempat yang dihinggapi cicak.

Bawang Bombay

Rempah untuk mengusir cicak selanjutnya adalah bawang bombay. Ini adalah bahan dapur yang seringkali membuat mata berair, begitu pula dengan cicak. Aroma dan rasanya yang pedas juga dapat mengiritasi hewan reptil tersebut. Namun, ini adalah solusi jangka pendek karena bau bawang dapat memudar dengan cepat.

Untuk menggunakannya, iris bawang bombay menjadi beberapa bagian, dan letakkan langsung di tempat di mana Anda sering menemukan cicak. Alternatifnya adalah dengan membuat jus bawang bombay. Cara membuatnya adalah menghaluskan 3 atau 4 bawang bombay dalam blender dan saring sarinya menggunakan kain halus. Tempatkan jus bawang Bombay ke dalam botol semprot Anda dan semprotkan ke sekeliling rumah, terutama di area paling rawan yang terdapat cicak. Ini akan menjadi senjata yang ampuh dalam mengusir cicak karena baunya yang menyengat.

Namun, belerang dalam bawang bombay umumnya cepat menguap, sehingga Anda harus menyemprotkan campuran ini setiap hari untuk mengusir cicak. Selain itu, bawang bombay ini juga dapat menyebabkan iritasi pada mata Anda, jadi pastikan untuk menyemprotkan campuran tersebut dari jarak yang aman.

Bawang Putih

Selain bawang bombay, genus Allium lainnya seperti bawang putih juga efektif dalam mengusir cicak. Hal ini dikarenakan bawang putih memiliki bau yang menyengat yang dapat mengusir cicak sekaligus beberapa serangga. Gunakan beberapa siung bawang putih, dan hancurkan dengan pisau atau bagian belakang sendok, dan letakkan siung bawang putih tersebut pada area yang banyak terdapat cicak.

Bawang putih yang dihancurkan tersebut akan melepaskan bau bawang putih, sehingga aromanya yang menyengat dapat membantu mengusir cicak. Seperti halnya bawang bombay, penggunaan bawang putih hanyalah untuk jangka pendek karena baunya dapat menguap dengan cepat. Oleh karena itu, penting untuk menggantinya setiap dua hingga tiga hari, atau sampai baunya hilang. Lakukan cara yang berulang untuk memastikan cicak tidak memasuki area rumah kembali.

Serai Wangi

Sereh atau serai adalah rempah untuk mengusir cicak yang terakhir. Untuk menggunakan serai, Anda harus memilih varietas serai wangi atau citronella, yang merupakan varietas serai yang tidak bisa dimakan. Serai wangi paling sering digunakan sebagai bahan untuk mengusir nyamuk, dan ini juga dapat menjadi solusi yang efektif dalam mengusir cicak.

masakan negara apapun cairo food bumbunya

Serai wangi memiliki aroma lemon yang kuat dan tajam yang tidak disukai hewan reptil tersebut. Aromanya juga dapat mengusir hampir semua jenis serangga, sehingga Anda dapat menggunakan serai wangi tak hanya untuk mengusir cicak, tetapi juga mengusir banyak serangga. Anda bisa membeli semprotan serai atau membuat semprotan serai sendiri di rumah.

Jika Anda ingin membuat semprotan serai, bahan-bahan yang diperlukan antara lain minyak atsiri selai, witch hazel atau alkohol gosok 75%, dan juga gliserin nabati. Campurkan air, witch hazel, dan gliserin nabati dengan rasio yang sama. Kemudian tambahkan sekitar 30 hingga 50 tetes minyak esensial serai, tergantung seberapa kuat aroma yang Anda inginkan. Letakkan dalam botol dan kocok agar tercampur rata.

Anda bisa menyemprotkan serai wangi ke sekitar rumah untuk mengusir cicak. Semprotkan setiap tiga hingga empat hari sekali agar semakin ampuh dalam membasmi cicak. Semprotan ini tak hanya dapat mengusir cicak dan beberapa jenis serangga, aromanya yang seperti lemon dapat menjadi pengharum ruangan bagi rumah Anda. Namun, terkadang cicak bisa terbiasa dengan bau serai dan masuk ke dalam meskipun baunya kuat, jadi pastikan untuk memasang lebih banyak metode pencegahan untuk mencegahnya.

Pada dasarnya, cicak adalah hewan reptil yang menggunakan indra penciuman mereka daripada indra penglihatan. Dengan mengetahui kelemahan cicak, kita bisa mengetahui apa saja rempah yang ampuh dalam mengusir cicak, yaitu dengan menggunakan rempah beraroma tajam. Dengan demikian, pilihlah cara apa pun untuk mengusir cicak sesuai kebutuhan dan kenyamanan Anda. Lengkapi kebutuhan rempah Anda dengan membelinya di Cairo Food.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *