15 Rempah Pengganti Garam

Dalam suatu hidangan, garam memainkan peran penting yang dapat meningkatkan rasa masakan, memberikan rasa asin, meningkatkan rasa manis dan mengurangi rasa pahit, penambah warna, serta bertindak sebagai pengikat. Untuk alasan ini, penggunaan garam tak bisa dilepaskan dari kebutuhan kuliner. Namun, konsumsi garam berlebih dapat menjadi penyebab penyakit kronis, dan orang dengan kondisi medis tertentu mungkin harus membatasi penggunaan garam. Untuk itu, hadirlah beragam rempah untuk menggantikan peran garam. Ketahui rempah pengganti garam di bawah ini.

Lada Hitam

Rempah pengganti garam yang pertama adalah lada hitam, yang merupakan rempah yang hampir selalu tersedia di setiap rumah tangga di dunia seperti halnya garam. Sebagai bumbu, lada hitam berperan sebagaia penyedap rasa yang memberikan rasa pedas, hangat, dan memberikan sentuhan unik pada masakan.

Rempah ini dapat digunakan pada hampir seluruh hidangan, baik itu hidangan gurih maupun manis. Lada hitam dapat menjadi bahan marinasi untuk daging, menjadi pelengkap saus, mengeluarkan rasa alami makanan, dan ketika dikombinasikan dengan garam, lada hitam dapat membumbui steak dengan cara yang sederhana.

Apapun Bumbunya, Tidak Pakai MSG

Lada hitam dapat dijadikan pengganti garam dengan rasa yang unik, namun tetap tidak memberikan aroma atau rasa yang berlebihan. Berkat rasanya yang sedap, lada hitam dapat menjadi penyedap rasa yang sangat baik. Ini adalah bumbu dapur serbaguna yang digunakan di seluruh dunia untuk tujuan tertentu.

Dengan profil rasanya yang cenderung pedas dan hangat, lada hitam menjadi rempah pengganti garam yang sangat mudah ditemukan di berbagai belahan dunia. Hal ini dikarenakan lada hitam memiliki fungsi yang serupa dengan garam, mulai dari bahan marinasi, penyedap rasa, meningkatkan dan mengeluarkan rasa alami hidangan, dan lain sebagainya. Namun, lada hitam memiliki karakteristik yang berbeda, tetapi tetap dapat digunakan untuk memberikan sentuhan yang lebih unik dibandingkan garam.

Oregano

Oregano hadir sebagai rempah esensial dari banyak makanan Italia, terutama pizza dan pasta. Di Italia, oregano seringkali dipadukan dengan minyak zaitun untuk membumbui pasta. Ini adalah rempah asli Mediterania dengan aroma dan rasa yang kuat, yang termasuk dalam keluarga mint. Banyak gaya kuliner Mediterania yang lebih mengandalkan oregano dan rempah-rempah lain daripada garam, sehingga tak heran jika oregano masuk dalam daftar rempah pengganti garam.

Herba aromatik ini juga menjadi bumbu pokok dalam masakan Yunani dengan profil rasa yang sedikit pahit namun tetap memberikan rasa yang khas. Sebagian besar resep mungkin menggunakan oregano dalam keadaan kering, tetapi oregano segar juga tak kalah enak untuk digunakan sebagai bumbu masakan.

Selain menjadi esensi dalam hidangan pizza dan pasta, oregano juga berpadu dengan sangat baik untuk membumbui daging, unggas atau makanan laut, hingga saus berbahan dasar tomat. Meskipun oregano tidak memberi rasa hidangan yang asin layaknya garam, rasa herba masih akan memberi rasa yang kompleks, terutama jika dikombinasikan dengan lada.

Kunyit

Anda mungkin akan mengenal kunyit berdasarkan warna kuningnya yang cerah, dan untuk alasan tersebut, kunyit kerap kali digunakan sebagai pewarna alami yang dapat memberikan warna kuninh yang khas, dan memberikan sentuhan rasa unik pada hidangan. Rempah yang berasal dari keluarga jahe ini banyak digunakan pada sejumlah masakan Asia, terutama di India, yang hadir sebagai pewarna dari kari.

Di Indonesia, kunyit memainkan peran penting dalam bumbu dasar masakan Indonesia, hidangan khas seperti gulai, tongseng, dan kari. Sebagai bumbu masakan, kunyit tak hanya digunakan untuk memberikan warna alami, tetapi juga berperan dalam menghilangkan bau amis, penyedap rasa, dan juga penambah aroma. Untuk alasan itulah, kunyit dapat digunakan sebagai pengganti garam karena memiliki fungsi yang serupa.

Sage

Sama seperti oregano, sage juga berasal dari Mediterania yang termasuk dalam keluarga mint. Ini merupakan rempah yang juga banyak digunakan di seluruh dunia, terutama di Asia dan India. Rempah ini memiliki profil rasa yang seringkali dikaitkan dengan oregano, rosemary, dan bahkan lavender. Rasanya yang kompleks akan menambahkan rasa yang rumit dan khas.

Sage paling cocok digunakan pada sebagian besar hidangan gurih, terutama daging domba, unggas, atau berbagai makanan khas Italia seperti pasta atau risotto, juga dapat dijadikan bahan marinasi, dan bahkan hidangan dengan produk susu. Sage menjadi pengganti garam yang baik, yang bisa membumbui banyak hidangan gurih. Sebagai salah satu keluarga mint, kombinasi antara sage, oregano, dan mint bekerja dengan sangat baik. Selain itu, herba aromatik ini juga dapat dipasangkan dengan bahan lain seperti mentega atau lemon.

Bawang Putih

Bawang putih merupakan bumbu populer yang banyak digunakan dalam hidangan gurih. Rempah ini dikenal dengan aroma dan rasanya yang sangat kuat, sehingga dapat membantu mengubah dan meningkatkan rasa secara keseluruhan. Penggunaannya dalam masakan akan menjadikan hidangan menjadi lebih gurih, bahkan aromanya dapat tercium saat proses memasak.

Menggunakan bawang putih menjadi cara yang tepat karena dapat meningkatkan rasa masakan. Selain itu, rasa khas dari bawang putih meningkatkan rasa hidangan apa pun yang ditambahkan tanpa meningkatkan kandungan natrium. Jika Anda ingin mengurangi garam, cukup gandakan jumlah bawang putih. Ini efektif terutama dalam saus tomat dan bumbu-bumbu yang memiliki kandungan garam tinggi di dalamnya.

Bawang Merah Bubuk

Bawang merah bubuk adalah cara lainnya yang efektif dalam menggantikan peran garam. Bawang merah berasal dari genus Allium, yaitu genus yang sama dengan bawang putih. Bawang merah bubuk adalah bentuk yang lebih praktis untuk membumbui masakan, yang bisa Anda dapatkan di Cairo Food. Rempah ini akan membantu meningkatkan rasa di sekitarnya, dan salah satu manfaat utama bubuk bawang merah adalah tidak akan mengubah rasa makanan Anda secara keseluruhan seperti bawang putih.

Bawang merah bertindak sebagai bumbu yang memberikan rasa gurih pada masakan, dan menjadikannya tambahan yang sangat baik sebagai penyedap rasa, terutama pada rebusan dan tumisan. Ketika dipadukan dengan bawang putih, kedua bahan tersebut dapat secara alami meningkatkan profil rasa, yang akan menambah selera makan Anda.

Jintan

Jintan atau cumin memiliki rasa yang bersahaja dan berasap, yang biasanya tersedia sebagai biji jintan segar atau jintan bubuk, dan biji jintan segar umumnya memberikan rasa yang lebih kaya. Banyak koki yang mengandalkan jintan untuk memberikan rasa manis pada sayuran seperti wortel dan bit. Kegunaannya yang luas juga cocok untuk memberikan rasa yang kompleks pada hidangan vegetarian. Selain itu, rempah ini juga dapat meningkatkan rasa yang gurih dari berbagai jenis daging seperti daging sapi dan domba.

Pada dasarnya, jintan memiliki rasa yang sangat kuat, yang mengingatkan pada masakan Maroko. Secara umum, jintan memberikan rasa yang pedas dan panas, dan ketika ditambahkan dalam resep, ia mengeluarkan aroma pahit, pedas, dan lemon. Ini bisa menjadi rempah pengganti garam karena sangat fungsional. Namun, perlu diingat bahwa jintan memiliki profil rasa yang sangat kuat, sehingga berpotensi mengalahkan dan menutupi rasa lainnya, sehingga penggunaannya harus benar-benar diperhatikan.

Paprika Asap

Seperti namanya, paprika asap memiliki rasa berasap yang agak halus yang bisa menggantikan garam. Paprika asap mengingatkan rasa masakan barbekyu dan biasa digunakan untuk meningkatkan rasa makanan lain. Ini juga menawarkan rasa yang manis, dan sedikit sentuhan pedas seperti halnya cabai merah. Paprika asap dapat menjadi bagian dari sejumlah hidangan sehari-hari yang membutuhkan rasa pedas, terutama pada hidangan yang dipanggang. Ini bertindak sebagai bumbu yang meningkatkan rasa masakan sekaligus memberikan sentuhan pedas yang khas.

Allspice

Allspice berasal dari tanaman Pimenta dioica, yang berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Disebut juga dengan merica Jamaika, yang merupakan buah beri kering yang tampak seperti merica. Kata “Allspice” tidak diartikan secara harfiah, dan kemungkinan berasal dari deskripsi sederhana yang menggambarkan rasa allspice, yang lebih seperti gabungan dari rasa cengkeh, pala, dan kayu manis.

Allspice biasanya ditemukan di masakan Karibia dan Timur Tengah, yang dapat digunakan baik dalam makanan penutup maupun hidangan gurih. Ini membumbui hidangan dengan sangat baik seperti kue kering, pai labu, sosis, dan ham. Allspice juga menjadi cita rasa utama dalam bumbu Jamaican jerk.

Cabai Rawit

Cabai rawit adalah rempah yang berasal dari daerah beriklim tropis yaitu Amerika Tengah dan Selatan. Rempah ini hadir untuk memberikan sensasi pedas pada masakan. Di Indonesia, cabai rawit seringkali dibuat menjadi sambal. Selain di Indonesia, cabai rawit juga digunakan sebagai bumbu masakan di negara-negara Asia Tenggara.

Cabai rawit memiliki profil rasa yang bervariasi, yang bisa mencapai 50.000-100.000 pada skala Scoville. Karena cabai rawit memiliki rasa dan tingkat kepedasan yang kuat, sangat cocok dengan saus pedas buatan sendiri, kari India dan Asia, dan bumbu marinasi untuk daging seperti ayam. Rempah ini juga cocok dengan telur dan sup, dan bahkan olahan ayam.

Adas Sowa

Adas sowa atau dill memiliki rasa yang sangat segar yang bisa menjadi alternatif yang lebih enak untuk garam. Ini merupakan rempah yang tersebar luas di Asia Barat dan Timur Tengah. Adas sowa memiliki rasa yang sangat segar, tajam, dan kuat, dan menjadi rempah yang sangat baik dalam menggantikan garam.

Sebagai pengganti garam, adas sowa memainkan peran penting pada hidangan yang mengandung ikan, atau mentimun. Ini juga dapat ditambahkan di atas salmon, menjadi bumbu utama pada kentang, dan dapat dikombinasikan dengan jus lemon atau jeruk nipis untuk membumbui hidangan ikan. Selain itu, adas sowa juga bekerja dengan baik dengan sayuran hijau tetapi paling baik digunakan dalam jumlah sedang.

Jahe

Rempah pengganti garam selanjutnya berasal dari Asia Tenggara, dan menyebar ke banyak negara di dunia. Rempah ini telah lama digunakan sebagai bagian dari bumbu masakan dan pengobatan. Profil rasa jahe cenderung pedas dan menghangatkan, tetapi dengan sentuhan yang sedikit manis. Jahe paling cocok digunakan pada hidangan gurih dan manis.

Secara umum, jahe tersedia dalam bentuk bubuk atau segar, dan jahe segar dapat diparut atau dicincang untuk variasi rasa yang berbeda. Ini adalah salah satu bahan yang sangat umum dalam masakan Karibia dan Asia. Rempah ini dapat menjadi pengganti garam di banyak masakan sebab profil rasanya yang unik dan khas, dan dapat digunakan pada banyak hidangan.

Jahe enak bila ditambahkan ke buah rebus atau kari, dan bisa menambah bumbu lain dalam masakan. Rasa jahe yang menyengat ditemukan dalam segala hal mulai dari kue hingga koktail, dan bertindak sebagai penyedap rasa yang memberikan sedikit rasa pedas yang tidak berlebihan. Jahe bubuk dapat ditambahkan ke bumbu marinasi, sup, dan minuman.

Ketumbar

Ketika membicarakan ketumbar, namanya mengacu pada daun dan biji tanaman ketumbar. Ini merupakan rempah yang umum digunakan dalam masakan Meksiko dan Asia. Secara keseluruhan, ketumbar memiliki rasa yang unik, dengan sentuhan rasa asam seperti lemon dan jeruk nipis. Rempah ini akan menjadikan setiap masakan menjadi lebih khas.

Anda bisa membeli biji atau daunnya untuk menggantikan, dan masing-masing memiliki rasa yang berbeda. Daunnya memiliki rasa lemon yang bersahaja dan paling baik ditambahkan ke dalam hidangan gurih, dan harus ditambahkan menjelang akhir masakan, karena suhu panas dapat merusak rasa dari daun ketumbar. Bijinya memiliki rasa hangat dengan sedikit jeruk, dan cocok dengan kari, salad, atau sup.

Basil

masakan negara apapun cairo food bumbunya

Basil adalah bagian dari keluarga Lamiaceae, yang artinya masih berkerabat dengan mint, oregano, dan lainnya. Rempah ini memiliki aroma yang harum, yang berasal dari Mediterania. Penggunaan kuliner dari basil dapat ditemukan pada sebagian besar masakan Italia, India, Mediterania, dan juga Asia Tenggara.

Umumnya, basil memiliki rasa yang pedas dan sedikit manis, serta aroma yang segar karena berasal dari keluarga mint. Ini dapat menjadi pengganti garam dengan sensasi rasa yang cukup kompleks, yang dapat bekerja dengan sangat baik pada hidangan gurih, seperti saus, salad, hidangan berbasis tomat, pasta, pizza, dan juga menjadi tambahan umum dari minyak zaitun.

Adas Bintang

Adas bintang adalah rempah yang paling banyak digunakan dalam masakan Cina, dan menjadi bagian penting dari Chinese five spices. Ini memiliki rasa manis yang kuat dengan aroma akar manis yang samar. Terlepas dari rasa manisnya, penggunaan tradisional dari adas bintang ini terutama pada hidangan gurih termasuk daging, sup, semur, hingga kaldu yang direbus. Sebagai pengganti garam, adas bintang memberikan rasa akar manis yang pedas dan unik.

Tanpa garam, suatu masakan memang akan menjadi hambar, sehingga garam menjadi sesuatu yang sangat penting. Meski demikian, penggunaan garam berlebih tetaplah tidak baik. Rempah-rempah di atas dapat digunakan sebagai alternatif dari garam dengan cara yang lebih sehat. Ingatlah selalu bahwa rempah-rempah memiliki karakteristik masing-masing, sehingga penggunaanya perlu disesuaikan. Selain dapat menggantikan garam, rempah-rempah juga dapat menggantikan gula. Cari tahu selengkapnya dengan klik link berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *