10 Tips Hilangkan Noda Kunyit pada Tangan

Kunyit adalah bumbu yang sangat berguna bagi banyak masakan, seperti gulai, kari, dan sebagainya. Kunyit juga digunakan sebagai pewarna alami karena curcumin yang terkandung di dalamnya memberikan warna kuning cerah yang indah pada masakan. Akan tetapi, ketika mengolah bumbu tersebut, masalah yang seringkali mengintai adalah kunyit dapat meninggalkan noda kuning di mana pun, terutama pada tangan.

Noda kunyit pada tangan biasanya sulit dihilangkan, dan akan mengganggu bagi sebagian orang jika dibiarkan begitu saja hingga noda hilang dengan sendirinya. Meski demikian, itu bukanlah suatu hal yang benar-benar mengganggu, karena pada dasarnya, noda kunyit pada tangan dapat dihilangkan asalkan Anda mengetahui metode yang tepat. Artikel ini akan menjelaskan tentang bagaimana tips hilangkan noda kunyit pada tangan. Simak selengkapnya di bawah ini.

Baking Soda

Tips hilangkan noda kunyit yang pertama ialah menggunakan baking soda atau soda kue. Baking soda atau soda kue adalah natrium bikarbonat, yang termasuk dalam kelompok garam, namun dengan tekstur yang lebih halus. Ini adalah salah satu bahan yang banyak digunakan untuk memanggang kue, karena baking soda membantu kue mengembang, melembutkan tekstur, dan menyempurnakan kue.

Apapun Bumbunya, Tidak Pakai MSG

Sebagai salah satu kelompok garam, baking soda dapat digunakan sebagai agen pembersih peralatan rumah tangga, termasuk untuk menghilangkan noda kunyit. Seperti semua garam, baking soda adalah senyawa netral yang terbentuk dari kation atau ion bermuatan positif, dan anion atau ion bermuatan negatif. Secara ionik, soda kue bersifat netral, pH-nya lebih tinggi dari netral. Ini menunjukkan bahwa baking soda bersifat basa, yang merupakan alasan utama mengapa baking soda dapat menjadi agen pembersih yang efektif.

Sebagai bahan pembersih, baking soda juga memiliki sifat alkali ringan, yang menyebabkan kotoran dan minyak mudah larut dalam air untuk menghilangkan noda secara efektif. Saat tidak larut sempurna, misalnya saat ditaburkan di atas spons basah untuk membersihkan perkakas, soda kue bersifat agak abrasif, sehingga dapat membersihkan kotoran.

Bubuk baking soda berwarna putih dan bertekstur sangat halus, dan karena itu pula, baking soda aman dan efektif jika digunakan sebagai pembersih kaca, plastik, krom, baja, dan enamel. Keistimewaan baking soda sebagai penghilang noda adalah baking soda tidak beracun seperti halnya pembersih rumah tangga lainnya, karena ini sejatinya adalah produk alami yang juga merupakan makanan. Ini berarti soda kue adalah pembersih serbaguna yang aman digunakan di sekitar anak-anak dan hewan peliharaan.

Dalam kegunaannya sebagai pembersih rumah tangga, baking soda efektif membersihkan wastafel, bak mandi, wadah plastik, wastafel, dan ubin, bahkan dapat membersihkan gigi tanpa goresan. Secara industri, baking soda digunakan untuk membersihkan mesin-mesin besar dan peralatan dapur komersial.

Karena kandungan serta sifat yang dimiliki oleh baking soda, maka ini juga dapat diaplikasikan pada kulit untuk menghilangkan noda yang cukup sulit dihilangkan, seperti noda kunyit. Anda bisa menggunakannya dengan cara membuat pasta dari campuran satu sendok teh baking soda serta tiga sendok makan, lalu aplikasikan pada kulit dan gosok secara perlahan dengan gerakan melingkar. Bilas tangan yang terkena noda kunyit dengan air hangat, dan noda membandel dari kunyit pun akan hilang.

Cuka

Tips hilangkan noda kunyit yang kedua adalah menggunakan cuka. Cuka pada dasarnya adalah produk yang terbuat dari asam asetat, yang berguna untuk memasak sekaligus berguna sebagai pembersih. Asam asetat itu sendiri merupakan senyawa organik tak berwarna yang memberikan rasa asam dan bau menyengat dari cuka. Sifat asam cuka sangat kuat, sehingga dapat melarutkan endapan mineral, kotoran, minyak, dan debu.

Sebagai salah satu bahan pembersih, cuka dapat digunakan untuk membersihkan permukaan dan peralatan dapur, serta di kamar mandi, dan juga dapat menghilangkan noda kunyit pada tangan lantaran terbuat dari asam asetat. Dengan demikian, cuka merupakan produk yang sangat serbaguna karena tak hanya digunakan untuk masakan, tetapi juga dapat dijadikan sebagai bahan pembersih.

Selain itu, cuka adalah produk yang sangat mudah ditemukan di toko-toko, jadi Anda dapat menyimpannya dalam lemari sebagai bahan untuk memasak sekaligus sebagai pembersih. Cuka juga merupakan pembersih alami yang tidak beracun, serta ramah lingkungan, sehingga Anda tak perlu khawatir untuk menggunakannya.

Jika Anda menggunakan cuka sebagai pembersih, penting untuk diingat bahwa cuka memiliki aroma yang menyengat yang mungkin saja mengganggu Anda, dan aroma tersebut mungkin bertahan sekitar satu jam atau lebih. Cara efektif lainnya untuk menyamarkan aroma menyengat tersebut adalah dengan dengan menambahkan beberapa tetes minyak esensial, seperti minyak lemon, minyak lavender, atau minyak pepermint, ke dalam botol semprot yang berisi larutan air cuka. Dengan demikian, Anda bisa menggunakan cuka untuk menghilangkan noda kunyit pada tangan tanpa harus menghirup aroma yang menyengat.

Meski ini merupakan salah satu bahan pembersih alami yang efektif, belum terdapat penelitian lebih lanjut apakah cuka dapat dijadikan disinfektan alami untuk membasmi kuman, terutama kuman Salmonella dan E Coli. Oleh karena itu, cukup jadikan cuka sebagai bahan pembersih, tetapi tidak dengan disinfektan alami sebelum ada penelitian terkait.

Cuka Sari Apel

Jika Anda tak menyukai bau menyengat dari cuka untuk menghilangkan noda kunyit pada tangan, maka alternatif lainnya adalah cuka sari apel. Ini merupakan produk yang bekerja sama efektifnya seperti cuka biasa untuk menghilangkan noda, namun dengan aroma yang lebih manis karena terdapat ekstrak apel.

Cuka sari apel memiliki sifat antibakteri, menjadikannya pilihan ideal untuk pembersih serbaguna. Anda bisa menggunakan cuka sari apel ini untuk menghilangkan noda kunyit pada tangan, membersihkan peralatan dapur seperti kompor, microwave, digunakan sebagai pembersih kamar mandi, dan berguna untuk membersihkan saluran air dan noda air keras. Dan karena cuka sari apel juga asam, ini juga dapat menghilangkan jamur. Namun, ingatlah bahwa cuka – baik itu cuka biasa atau cuka sari apel, tidak disarankan untuk membersihkan permukaan batu alam.

Tips hilangkan noda kunyit pada kuku ialah ambil wadah untuk mencampurkan cuka sari apel dan air dengan proporsi yang sama, dan rendam juga bola kapas di dalam larutan tersebut. Kemudian, celupkan jari Anda ke dalam wadah dan gosok kuku Anda dengan bola kapas yang direndam dalam larutan air dan cuka untuk menghilangkan noda. Ini adalah salah satu metode tercepat untuk menghilangkan noda kunyit dari kuku.

Minyak Kelapa

Cara termudah untuk membersihkan noda kunyit pada tangan lainnya adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Alasan utama banyak orang menggunakan minyak kelapa adalah karena kekuatan pelembabnya. Minyak kelapa juga sangat disukai karena mengandung sekitar 65% komposisinya adalah asam lemak rantai sedang, dan itu sebagian alasan mengapa minyak kelapa bermanfaat bagi kulit Anda.

Minyak kelapa adalah minyak yang dibuat dari bagian dalam kelapa yang berdaging putih. Minyak kelapa adalah produk yang sangat baik untuk kulit, hal ini dikarenakan minyak kelapa dapat menghidrasi, menghaluskan, memberikan antioksidan, serta dapat membersihkan kulit. Minyak kelapa adalah pembersih yang efektif yang dapat mengangkat kotoran termasuk dalam menghilangkan noda kunyit pada kulit. Tak hanya itu, Anda bahkan dapat menghapus riasan dengan minyak kelapa, dan baunya pun harum.

Tips hilangkan noda kunyit pada kulit adalah dengan menuangkan dua sendok makan minyak kelapa ke dalam mangkuk dan masukkan ke dalam microwave selama 10 hingga 15 detik. Setelah minyak hangat, gosokkan minyak kelapa pada kulit yang terkena noda kunyit dengan gerakan memutar selama satu menit panas. Biarkan minyak menempel di kulit Anda selama 30 detik, lalu gunakan kapas untuk menyeka minyak dari kulit Anda. Bilas bagian yang terkena noda kunyit dan keringkan dengan handuk.

Susu Mentah

Kita semua tahu bahwa susu adalah minuman yang memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Namun, bagaimana dengan susu mentah? Susu mentah adalah susu yang tidak melalui proses pasteurisasi yang mengandung nutrisi yang tidak dimiliki oleh susu pasteurisasi. Ini bukanlah susu yang aman untuk dikonsumsi, namun susu mentah bisa digunakan sebagai pembersih wajah dan kulit lantaran memiliki berbagai manfaat kecantikan.

Susu mentah mengandung jumlah vitamin, mineral, antimikroba, asam amino, dan asam lemak yang lebih banyak dibandingkan dengan susu pasteurisasi. Susu mentah juga mengandung vitamin A yang berguna dalam penyembuhan kulit, dan salah satu pelembab sekaligus pembersih kulit terbaik. Dalam hal ini, susu mentah tidak hanya efektif menghilangkan noda kunyit pada tangan, tetapi susu mentah memiliki kandungan asam laktat, dan kandungan lainnya yang dapat menutrisi kulit.

Jika Anda mencari alternatif lain sebagai tips hilangkan noda kunyit, Anda bisa menggunakan susu mentah sebagai pembersih dan toner. Secara alami, susu mentah berperan sebagai pelembab alami dan hydrator untuk kulit kering. Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan menyiapkan mangkuk, lalu tuang susu mentah dan rendam kain ke dalamnya. Putar dan peras kelebihan susu dan gunakan kain untuk menggosok kulit dengan gerakan melingkar. Selalu pastikan untuk membilas kulit dengan air dan pembersih setelahnya.

Jus Lemon

Membersihkan dengan jus lemon bukanlah hal baru, dan jus lemon telah lama digunakan untuk menghilangkan minyak dan kotoran. Jus lemon sama efektifnya dengan cuka dalam hal membersihkan. Ini dikarenakan jus lemon tinggi asam sitrat, penuh sifat antibakteri dan dengan pH yang rendah, dan itulah mengapa jus lemon adalah salah satu pembersih alami terbaik.

Jus lemon dapat membersihkan apa pun. mulai dari microwave, oven, wastafel, panci, hingga wajan. Jus lemon tak hanya membersihkan, tetapi juga dapat membuat benda-benda menjadi lebih mengkilap. Ini adalah metode yang sangat efektif, terjangkau, serta ramah lingkungan. Selain itu, lemon memiliki aroma harum yang menyegarkan, dan kemungkinan besar tidak menyebabkan kerusakan pada bahan di sekitar benda yang Anda bersihkan seperti kain atau kayu.

Karena tinggi asam sitrat dan mengandung sifat antibakteri, Anda juga dapat menggunakan jus lemon untuk menghilangkan noda membandel seperti noda kunyit pada tangan. Tips hilangkan noda kunyit adalah dengan mengambil potongan lemon, dan gosokkan langsung pada noda. Tunggu hingga jus lemon cukup meresap agar noda memudar, lalu bersihkan dengan sabun dan air dan ulangi jika noda masih belum hilang dengan sempurna.

Penting untuk diingat bahwa meskipun lemon, jus lemon, dan minyak lemon dapat membersihkan segala peralatan rumah tangga, pada dasarnya lemon bukanlah disinfektan. Dengan kata lain, ini bukan alternatif yang cocok untuk pemutih atau bahan kimia serupa saat mencoba menghilangkan kuman berbahaya dari permukaan memasak.

Jus Lemon dan Madu

Untuk kombinasi lainnya, gunakan jus lemon dan madu sebagai pembersih alami untuk menghilangkan noda kunyit pada kulit. Ini juga merupakan metode yang sangat populer sebagai tips hilangkan noda kunyit. Kombinasi jus lemon dan madu adalah kombinasi sempurna, yang tak hanya mampu menghilangkan noda kunyit, tetapi juga secara alami dapat memberikan manfaat bagi kulit.

Tak hanya itu, penelitian baru-baru ini menyatakan bahwa madu memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-oksidan. Oleh sebab itu, jika Anda ingin mencari cara efektif untuk menghilangkan noda kunyit sekaligus ingin memberikan nutrisi pada kulit, cobalah gunakan kombinasi jus lemon dan madu.

Gunakan dengan cara menambahkan satu sendok makan madu dan teteskan sekitar dua hingga tiga tetes jus lemon untuk membuat pasta. Oleskan pasta pada kulit yang terkena noda, dan diamkan selama kurang lebih 10 hingga 15 menit agar dapat menyerap sempurna ke dalam kulit. Kemudian, bersihkan dengan handuk yang dibasahi air hangat.

Hidrogen Peroksida

Bahan selanjutnya yang dapat digunakan pada tips hilangkan noda kunyit ialah dengan hidrogen peroksida.  Ialah senyawa kimia dengan berbagai aplikasi, yang paling banyak terdapat pada segala jenis produk seperti obat kumur, pasta gigi, jenis pewarna rambut tertentu, bahkan dalam produk perawatan pribadi. Senyawa ini juga merupakan komponen umum dalam antiseptik pertolongan pertama.

Dalam bentuknya yang murni, hidrogen peroksida memiliki warna biru yang sangat pucat. Ini merupakan senyawa yang berbeda dari air dengan satu molekul oksigen ekstra, menjadikannya pengoksidasi yang kuat. Itulah yang menjadikan hidrogen peroksida sangat efektif dalam menghilangkan noda, terutama yang bersifat organik.

Alasan lainnya mengapa hidrogen peroksida adalah bahan pembersih yang efektif adalah karena dapat memecah noda pada tingkat molekuler. Hidrogen peroksida bekerja dengan menggabungkan molekul oksigen dari noda, dan membawanya ke permukaan untuk dicuci atau dibilas.

Dalam proses yang sama, hidrogen peroksida juga secara efektif dapat menghilangkan bau. Dengan kata lain, ini tak hanya berguna sebagai bahan pembersih, tetapi juga sebagai penghilang bau yang sangat baik. Hidrogen peroksida paling baik digunakan untuk noda yang mengandung karbon atau protein, yang termasuk noda rumput, darah, urin, dan bahkan noda makanan khususnya kunyit.

Manfaat utama yang akan Anda dapatkan jika menggunakan bahan ini sebagai pembersih adalah hidrogen peroksida tidak beracun dan ramah lingkungan. Ketika digunakan, hidrogen peroksida hanya menyisakan air dan oksigen, dan tidak meninggalkan asap, atau pun polutan berbahaya. Terakhir dan yang terpenting, hidrogen peroksida terbukti efektif dalam membunuh jamur, bakteri, virus, bahkan spora kapang. Selain karena kemampuannya dalam banyak hal, hydrogen peroksida menawarkan harga yang terjangkau, serta tersedia di mana saja, mulai dari supermarket hingga apotek.

Krim Cukur

Krim cukur adalah produk yang mengandung sejumlah hidrogen peroksida, dan itulah sebabnya krim cukur dapat dijadikan alternatif jika Anda tidak memiliki hidrogen peroksida di rumah. Alasan mengapa krim cukup dapat menjadi bahan pembersih adalah karena krim cukur mengandung banyak bahan yang sama dengan sabun dan pelembab.

Bahan-bahan yang terdapat pada krim cukur antara lain zat lanolin, gliserin, triethanolamine, asam stearat, dan benzil alkohol yang memiliki sifat anti-bakteri. Krim cukur juga mengandung bahan aktif lainnya seperti surfaktan, pengemulsi, serta bahan pembersih yang juga ditemukan pada pembersih rumah tangga lainnya. Bahan-bahan tersebut telah lama digunakan sebagai komponen dalam krim cukur selama beberapa dekade. Krim cukur dengan busa yang lembut, serta sifat anti-bakterinya, secara efektif dapat menjadi bahan pembersih.

Anda dapat menggunakannya sebagai pembersih lembut pada berbagai bahan seperti kaca, kain, kayu, dan sebagainya. Meskipun krim cukur dapat menjadi bahan pembersih, namun dalam menghilangkan noda kunyit, Anda mungkin memerlukan waktu serta tenaga ekstra untuk menghilangkannya dengan sempurna.

Hal menarik lainnya dari krim cukur adalah ia dapat menjadi penghilang noda. Busa ajaibnya dapat mengangkat noda membandel seperti riasan, cat kuku, anggur, dan bahkan kunyit. Untuk menggunakannya, tuangkan krim cukur pada tangan dan berikan pijatan lembut pada noda, diamkan selama 10 menit, dan bilaslah dengan air.

Lulur Gula

Masak Enak Jadi Mudah

Lulur gula; seperti lulur lainnya, secara alami dapat membantu mengangkat sel kulit mati. Lulur gula juga dapat meremajakan kulit, membersihkan semua kotoran dari pori-pori kulit, bahkan dapat menjadi exfoliator kulit yang efektif. Selain itu, lulur gula juga dikenal sebagai pembersih alami dalam menghilangkan noda kunyit.

Tips hilangkan noda kunyit ialah dengan cara untuk menyiapkan mangkuk dan campurkan gula dan air dalam takaran yang sama, aduk hingga merata dan membentuk pasta kental. Gunakan pasta tersebut untuk dioleskan langsung pada kulit yang terkena noda. Bilas dengan air sabun hangat hingga bersih.

Pada dasarnya, kunyit adalah bumbu dapur yang berguna bagi banyak masakan serta dalam hal pengobatan, dan noda kuning dari kunyit bukanlah hal yang dapat dihindari. Noda kunyit pada tangan pastinya akan sangat mengganggu Anda, dan jika tidak mengetahui cara yang tepat untuk menghilangkannya, Anda mungkin harus memberikan waktu serta tenaga ekstra dalam menghilangkan noda kunyit.

Namun, itu bukanlah suatu halangan untuk tetap menggunakan kunyit sebagai bagian dari kehidupan, karena terdapat metode yang tepat untuk hilangkan noda kunyit pada tangan. Itulah bahan-bahan yang dapat membantu dalam tip hilangkan noda kunyit, dan beberapa di antaranya bahkan tak hanya berfungsi sebagai pembersih, tetapi juga menawarkan nutrisi yang baik bagi kulit. Cari tahu tips penting lainnya seperti tips menggulung sushi agar rapi dan padat melalui link berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *