Tips Menggulung Sushi agar Rapi dan Padat

Menggulung sushi tidak semudah yang terlihat, bahkan tak sedikit orang yang membuat kesalahan dalam menggulung sushi, alih-alih membuatnya rapi dan padat, sushi malah menjadi berantakan jika tidak berbekal pengetahuan yang tepat dalam menggulung sushi. Meski demikian, Anda tetap dapat menggulung sushi dengan padat dan rapi. Ikuti tips di bawah ini, ya!

Tips Menggulung Sushi

Pilih Jenis Nasi yang Tepat

Ketika akan membuat sushi, hal terpenting yang harus diketahui adalah nasi yang terdapat pada sushi bukanlah nasi yang sama dengan yang biasa digunakan. Karena nasi pada sushi adalah yang terpenting agar sushi menjadi padat, maka yang tepat adalah menggunakan nasi yang terbuat dari beras khas Jepang, yaitu beras dengan jenis medium-grain yang memiliki bentuk bulat dan mengkilat. Beras tersebut dipilih karena memiliki tekstur yang lengket seperti beras ketan, sehingga saat digulung, akan lebih mudah untuk membuat sushi menjadi padat tanpa nasi yang berceceran di luar.

Pilih Jenis Ikan yang Tepat

Sushi seringkali dibuat dengan ikan, dan ikan yang berkualitas terbaik merupakan salah satu bahan terpenting ketika membicarakan sushi. Ikan terbaik untuk sushi antara lain adalah salmon, tuna, yellowtail, halibut, dan makarel. Jika Anda tidak memilih ikan dengan tepat, sushi Anda tidak akan terasa nikmat.

Apapun Bumbunya Tidak Pakai Pewarna

Gunakan Alat yang Bersih dan Kering

Pada dasarnya, sushi menggunakan lembaran rumput laut atau nori untuk bagian terluar sushi. Lembaran nori tentunya cukup tipis sehingga lebih rentan robek, atau pun menempel pada alas. Untuk itu, penting untuk menggunakan alas yang bersih dan kering, agar rumput laut tidak menempel pada alas dan robek. Anda bisa menggunakan apa pun untuk alasnya, baik itu talenan atau piring besar yang telah dilapisi dengan plastic wrap.

Jaga Tangan Anda Tetap Lembab

Karena nasi sushi memiliki tekstur yang lebih lengket daripada nasi yang biasa kita makan, maka nasi sushi akan lebih berpotensi menempel pada apa pun, termasuk tangan. Jika nasi menempel pada tangan Anda, tentulah akan mengacaukan proses menggulung sushi, bahkan mungkin bisa saja merusak keseluruhan Anda dalam rencana membuat sushi.

Oleh sebab itu, siapkan mangkuk kecil yang berisi sedikit air, dan letakkan di sekitar Anda. Mangkuk kecil berisi air tersebut akan membantu Anda dalam menggulung sushi, sebab hal itu menghindari nasi yang menempel pada jari-jari tangan. Namun, perlu diingat juga bahwa semangkuk kecil air hanya untuk melembapkan tangan Anda, jadi jangan terlalu basah hingga meneteskan air.

Sisakan Sedikit Ruang pada Gulungan Sushi

Alasan paling umum kebanyakan gulungan sushi berantakan adalah karena isi dari gulungan sushi yang terlalu padat. Biasanya ini disebabkan oleh nasi yang digunakan terlalu banyak, tanpa menyisakan ruang sedikit pun. Hal ini akan menyebabkan semua isian sushi menjadi berantakan, dan Anda mungkin harus membuatnya lagi dari awal.

Untuk meminimalisir kegagalan dalam hal menggulung sushi, taruh nasi setebal ¼ inci di atas nori, dan pastikan untuk menyisakan setidaknya satu inci dari lembaran nori Anda tanpa nasi. Jika tidak, Anda tidak akan dapat menutup gulungan Anda. Ini adalah proses dua bagian dan penggulungan ganda yang merupakan kunci dengan bentuk sempurna yang mempertahankan bentuknya, dan pastinya akan menempel dengan sempurna.

Tips Menggulung Maki Sushi

Isilah dengan Nasi

Apa pun jenis sushi yang ingin Anda buat, langkah pertama untuk menyiapkan nasi dan nori akan hampir sama. Letakkan selembar nori di atas gulungan bambu dengan sisi kasar menghadap ke atas, dan garis-garisnya searah dengan gulungan bambu. Perhatikan bahwa nori bisa langsung digunakan dari kemasan tanpa perlu dilunakkan sama sekali. Di samping itu, kelembapan sisa dari nasi yang dimasak akan lebih dari cukup untuk membuatnya cukup lentur ketika digulung.

Tambahkan sekitar 1 cangkir nasi sushi yang sudah disiapkan, dan sebarkan perlahan secara merata di setiap sisi, dan tekan sedikit (jangan terlalu keras) untuk membuatnya lebih merata. Untuk meratakan nasi hingga ke setiap sisi nori, gunakan ujung jari Anda dengan catatan jari yang sedikit lembab, dan ratakan nasi yang tersisa dengan lembut.Seperti yang telah disebutkan di atas, sisakan sedikit ruang pada bagian pinggiran nori dengan ukuran ½ inci yang akan memudahkan Anda untuk menutup gulungan sushi, dan hal ini terutama dikhususkan dalam membuat maki sushi.

Isi dengan Bahan yang Diinginkan

Selain nasi, sushi disiapkan dengan berbagai bahan tambahan, setelah menambahkan nasi di atas nori, tambahkan semua bahan sesuai selera Anda. Pastikan antara nasi dan bahan-bahan, seluruhnya dalam satu presisi yang relatif lurus dan cukup terpisah untuk menjadi berbeda di setiap bagian setelah diiris. Hal ini akan membuat sushi menghasilkan tampilan cantik ketika sushi telah digulung dan dipotong.

Bahan-bahan yang paling umum pada sushi bisa berupa ikan, kepiting, alpukat, wortel, tempura udang, mentimun, atau bahan lainnya. Akan tetapi, Anda mungkin memerlukan panduan lainnya jika memilih bahan seperti mentimun atau wortel. Anda bisa menaburkan sedikit garam jika diinginkan.

Gulung dengan Rapat

Langkah selanjutnya adalah dengan menggulung susi dengan rapat. Mulai dari ujung yang paling dekat dengan Anda, angkat tepi alas dengan hati-hati untuk mengangkat bagian terdalam dari nasi dan nori ke atas isian. Mulailah menggulung, gunakan alas untuk memberi dorongan pada gulungan sushi agar berbentuk melingkar dan dorong kembali bahan-bahannya jika mulai bergeser. Tekan perlahan agar gulungan sushi lebih rapat dan padat ketika sudah terbentuk. Ini akan membantu mengompres nasi agar cukup menyatu, sehingga sushi Anda tidak berantakan.

Segel Gulungan Sushi

Tahap terakhir adalah dengan menyegel gulungan sushi ketika gulungan sudah benar-benar terbentuk dan padat sehingga sushi tidak berantakan. Anda bisa memegang dengan lembut dengan satu tangan dan basahi sedikit ujung jari tangan Anda yang lain. Mulailah menutup gulungan sushi berukuran ½ inci yang dibiarkan terbuka di ujungnya, tekan perlahan tepi ke atas ke bagian luar gulungan, selesaikan spiral gulungan dan buat bentuk tabung yang khas.

Tips Menggulung Uramaki Sushi

Isi dengan Nasi dan Balikkan

Uramaki sushi adalah jenis sushi di mana bagian nasi berada di luar, dan bagian nori ada di bagian terdalam. Sebarkan nasi sampai ke ujung nori untuk metode ini dengan cara yang hampir sama dengan menggulung maki sushi, yaitu dengan meletakkan nori dengan sisi kasar menghadap ke atas, serta selaraskan garis dengan gulungan bambu. Sebarkan nasi secara merata pada setiap sisi.

Kemudian, letakkan selembar bungkus plastik di atas nasi, dan balikkan nori dengan lembut di atas tikar bambu. Dengan metode ini, plastik berfungsi sebagai pembatas antara alas dan nasi agar tidak menempel. Sisi nori yang kosong harus menghadap ke atas. Karena ini adalah sushi dengan nasi yang berada di luar, Anda bisa menaburkan sedikit biji wijen hitam panggang di atas nasi untuk menambah rasa dan dekorasi.

Isi dengan Bahan

Siapkan bahan-bahan yang dimaksudkan untuk gulungan sushi Anda. Untuk bahan yang lebih sentral, potongan yang lebih tebal dapat digunakan. Lapisi isian sushi dengan potongan yang panjang dan cenderung rata, dengan metode yang hampir serupa ketika membuat maki sushi. Bahan yang dijadikan isian pada sushi harus ditata dengan lebih ekstra, karena jika terdapat celah di bagian tengah, maka seluruh bahan dapat dengan mudah bergeser.

Gulung Sushi

Jika terdapat isian yang menjuntai di kedua ujung sushi, Anda tak perlu khawatir, karena itu bisa dipisahkan nanti. Mulailah menggulung uramaki sushi dengan mengambil bagian tepi yang paling dekat dengan Anda, ambil bagian tepi dari tikar bambu, dan gulung nasi serta lembaran nori di atas isian.

Setelah langkah tersebut selesai, Anda dapat menyelipkan isian yang menjuntai tadi ke tepi terdalam nori, dan tekan dengan sangat lembut agar semuanya tetap stabil. Berhati-hatilah agar tikar bambu atau bungkus plastik tidak tersangkut di gulungan, lanjutkan menggulung, pindahkan isian kembali ke tempatnya sesuai kebutuhan.

masakan negara apapun cairo food bumbunya

Tekan kembali gulungan dengan lembut saat terbentuk, agar nasi membentuk gulungan yang ikonik dalam menyatukan seluruh isian. Dalam menggulung uramaki sushi, penyegelan tidak diperlukan karena nasi cukup melekat dengan sendirinya setelah gulungan terbentuk.

Tips Menggulung Sushi tanpa Tikar Bambu

Jika Anda tidak memiliki tikar bambu untuk menggulung sushi, Anda masih dapat melakukannya dengan peralatan lainnya, meski sebenarnya tikar bambu memiliki dukungan structural yang akan memadatkan gulungan sushi dengan lebih baik. Gunakan kain lap bersih atau handuk teh untuk menggulungnya. Letakkan nori dan nasi berlapis plastik di atas handuk teh dengan cara yang sama seperti menggulungnya dengan tikar bambu. Namun, gulung sushi dengan sedikit lebih lambat dan hati-hati, untuk memastikan gulungan membentuk tabung dengan sempurna.

Cara Memotong Sushi

Dalam hal memotong sushi, basahi sedikit pisau yang sangat tajam, hal ini juga sama pentingnya dalam menjaga kelembapan tangan karena jika nasi menempel, mungkin saja akan merusak gulungan sushi. Mulailah mengiris sushi menjadi potongan-potongan yang rata, sesuai dengan penilaian terbaik Anda akan ukuran sushi. Tetapi, akan lebih baik jika sushi dipotong kira-kira setebal satu jari. Setiap dua hingga tiga kali potongan, bersihkan pisau dan basahi lagi, karena dapat membantu menjaga setiap irisan tetap rapi, dan mencegah nasi menempel.

Meski menggulung sushi bukanlah suatu hal yang mudah, dan sangat berpotensi membuat kesalahan, namun berbekal pengetahuan akan menggulung sushi tentu akan lebih memudahkan Anda. Dan yang terpenting adalah, teruslah mencoba, karena kegagalan saat pertama kali adalah hal yang biasa, setelahnya Anda akan terbiasa membuat sushi sendiri di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *