15 Rempah Dasar Masakan Cina

Ketika membicarakan tentang rempah-rempah dalam masakan Cina, terdapat banyak sekali rempah yang digunakan. Masakan Cina sendiri pun sangat bervariasi di setiap daerah, sehingga rempah dan bumbu yang digunakan pun sangatlah luas. Namun di antara banyaknya rempah dasar masakan Cina, terdapat sejumlah rempah populer yang digunakan pada sebagian besar masakan Cina.

Five Spice

Five spice (五香粉wǔ xiāng fěn) adalah bumbu yang merupakan kombinasi dari lima bumbu, termasuk adas bintang, kayu manis, cengkeh, adas, dan merica Sichuan. Istilah “five” itu sendiri merepresentasikan kelima rasa yang dihasilkan pada five spice, rasa tersebut antara lain gurih, manis, pedas, asin, dan pahit. Ini merupakan bumbu yang penting dalam masakan Cina yang dapat memberikan kedalaman rasa pada berbagai hidangan.

Campuran dasar five spice terdiri atas adas bintang, biji adas, lada Sichuan, kayu manis (atau cassia) dan cengkeh. Namun pada dasarnya, bumbu ini bisa menggunakan bahan lainnya, ditambahkan dengan bawang putih atau jahe. Jumlah bahannya pun dapat divariasikan, bisa menggunakan semua bahan dalam jumlah yang sama, atau jumlah yang berbeda, sehingga menghasilkan perbedaan yang halus.

Apapun Bumbunya Tidak Pakai Pewarna

Five spice hadir dalam bentuk bubuk, yang secara umum digunakan untuk berbagai hidangan daging, ikan, dan unggas yang direbus atau dipanggang. Keunggulan five spice juga dapat digunakan sebagai bahan marinasi atau olesan kering. Tak hanya itu, five spice dapat digunakan pada sayuran yang ditumis, atau berbagai rebusan daging seperti daging sapi, atau perut babi rebus merah. Bubuk ini menghasilkan rasa yang kompleks, yang menyentuh semua indera pengecap pada lidah.

Meski bumbu ini terdiri dari bahan-bahan yang sederhana, tetapi bumbu five spice tidak bisa digantikan oleh bumbu apa pun. Bumbu five spice ini memiliki aroma dan rasa yang kuat, yang memberikan rasa hangat dan pedas yang berasal dari merica Sichuan. Oleh sebab itu, sejumlah kecil bumbu five spice saja sudah bisa membangkitkan rasa pada sayuran, daging, atau hidangan lainnya.

Adas Bintang

Adas bintang (八角 bājiǎo) adalah salah satu rempah yang paling banyak digunakan, bahkan paling umum digunakan daripada cabai atau rempah lainnya. Adas bintang berbentuk seperti bintang dengan delapan sisi, dan berwarna coklat. Orang Cina – mulai dari wilayah Cina utara hingga selatan, sangat menyukai rasa dari adas bintang ini yang seperti licorice. Mereka menganggap bahwa rasa adas bintang ini sangat sehat, dan cocok untuk dipadukan dengan bumbu atau rempah lainnya yang umum sebagai rempah dasar masakan Cina.

Banyak orang Cina yang terbiasa menambahkan sepotong adas bintang setiap kali mereka merebus sup atau sayuran apa pun, dan itu juga ditambahkan ke banyak hidangan lainnya. Adas bintang juga merupakan salah satu campuran dari bumbu five spice powder, yaitu bumbu yang memiliki lima elemen rasa, yang juga banyak digunakan pada masakan Cina.

Adas bintang termasuk yang paling popular di antara komponen dalam five spice powder, bahkan rempah ini paling banyak ditemukan di restoran Cina di Cina. Rempah ini juga sangat mudah ditemukan di pasar atau supermarket Cina, dengan demikian banyak orang Cina menambahkan adas bintang sebagai penyedap rasa pada sup atau hidangan apa pun itu. Rasa adas bintang yaitu seperti licorice juga memiliki efek menenangkan bagi tubuh, sehingga adas bintang dapat ditambahkan pada secangkir teh.

Cabai

Cabai (辣椒 làjiāo), banyak orang Cina menggunakan cabai dalam berbagai bentuk, misalnya dikeringkan untuk membuat serpihan cabai atau bubuk cabai, pasta cabai, dan minyak cabai. Kegunaan cabai yang diubah dalam berbagai bukti menggambarkan bahwa cabai sangat populer dalam berbagai masakan Cina.

Di bagian timur laut dan daerah sekitar Sichuan dan Guangxi, yaitu daerah yang biasanya lebih dingin, mereka banyak menggunakan serpihan atau bubuk cabai, dan pasta cabai dalam masakan mereka. Di sisi lain, cabai segar juga banyak digunakan dalam kegunaan kuliner, yang mungkin dicincang untuk kemudian digunakan sebagai bumbu masakan atau bahan untuk membuat saus.

Di beberapa daerah di Cina menggunakan cabai dengan cara yang berbeda. Misalnya orang-orang di Provinsi Hunan yang menggunakan cabai segar dan dicampur dengan cuka, sehingga menghasilkan kombinasi rasa yang berkisar dari pedas dan asam yang menyegarkan. Beda halnya dengan wilayah Sichuan, mereka menggunakan cabai dalam bentuk kering, kemudian dicampur dengan merica agar menghadirkan rasa yang lebih tajam, pedas, dan sedikit mati rasa, yang dikenal sebagai málà 麻辣, atau “kepedasan mati rasa”.

Tetapi secara umum, cabai paling banyak digunakan bersama bawang putih untuk kebutuhan menumis, mengukus, atau memanggang makanan. Sementara di banyak restoran di Cina, cabai diolah menjadi semangkuk saus sambal untuk pelanggan, namun Anda mungkin jarang menemukan bubuk cabai di restoran Cina.

Cabai – sebagai rempah dasar masakan Cina, membantu Anda membakar lebih banyak kalori dengan menaikkan suhu inti tubuh selama proses pencernaan. Cabai juga dapat membuat para penikmatnya ketagihan, dan mungkin meningkatkan selera makan Anda karena cabai sungguh membuat rasa masakan menjadi lebih nikmat.

Jahe

Jahe atau 姜 jiāng dalam bahasa Cina, adalah rempah yang banyak digunakan pada sejumlah hidangan seperti masakan tumis, sup, atau saus. Bumbu yang memberikan rasa hangat ini umumnya digunakan bersama bawang putih. Rempah aromatik ini memberikan efek hangat sekaligus memberikan manfaat kesehatan yang luas.

Dalam pengobatan tradisional, jahe telah digunakan selama lebih dari 2.000 tahun yang dipercaya dapat mengatasi penyakit umum seperti nyeri, mual, dan muntah. Sebagai pengobatan Cina, jahe telah dianggap sebagai ramuan panas, yang banyak disukai oleh para pria di Cina daripada wanita.

Jahe akan sangat cocok digunakan sebagai bumbu untuk masakan di hari-hari musim dingin karena efeknya yang menghangatkan, seperti sup ayam dengan banyak jahe yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Pada dasarnya, jahe tak hanya berguna bagi kebutuhan kuliner saja, tetapi juga sebagai ramuan pengobatan yang berguna.

Kayu Manis Cassia

Terdapat dua jenis kayu manis, yaitu kayu manis Cassia dan Ceylon, tetapi di seluruh China, Cassia, yang berasal dari kulit pohon Cassia, lebih banyak digunakan daripada Ceylon. Rasanya sangat mirip dengan jenis kayu manis yang paling sering digunakan di Barat. Kayu manis cassia adalah salah satu bahan standar dari bubuk five spice, tetapi orang Cina semakin banyak menggunakannya untuk membuat makanan penutup, kue kering, permen, dan minuman, dan untuk membumbui hidangan daging.

Berbagai hidangan manis yang menggunakan kayu manis cassia sebagai bahan dasarnya adalah kue atau roti. Meski kue dengan rasa kayu manis serta roti yang mengandung cassia tidak cukup populer, tetapi kue-kue seperti gulungan kayu manis dan roti rasa kayu manis, seperti roti kismis, telah menjadi populer.

Bawang Putih

Bawang Putih (蒜 suan) merupakan bumbu yang dikenal secara luas akan kegunaan kuliner serta manfaatnya dalam pengobatan. Bawang putih bisa dimakan mentah, atau dicampurkan ke dalam masakan dan membuat suatu masakan terasa lezat. Bawang putih – sebagai bumbu dapur, paling sering dicincang, ditumbuk, diiris, atau dihancurkan sebelum ditambahkan ke dalam masakan. Ini menjadikan hidangan memiliki rasa yang kuat tanpa harus menambahkan terlalu banyak bumbu.

Di Cina, bawang putih sering ditemukan dalam masakan seperti mi sohun, bok choy, atau terong kukus. Rempah yang membuat suatu hidangan menjadi lebih gurih juga merupakan bahan utama dari berbagai masakan khas Cina dan saus Cina. Bawang putih segar lebih banyak digunakan dalam berbagai masakan karena belum banyak kehilangan potensinya dalam masakan daripada bawang putih bubuk. Bawang putih menawarkan kandungan antioksidan dan antibiotik alami, dan telah dipercaya sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh.

Cengkeh

Cengkeh (丁香 dīngxiāng) adalah rempah yang umum digunakan dalam masakan Cina. Cengkeh mungkin tidak terlalu banyak digunakan di luar Cina, namun rempah ini sangat sering ditemukan di dapur Barat daripada adas bintang. Ini adalah salah satu bahan standar dalam bumbu five spice yang umumnya terdiri dari lada hitam atau merica, adas bintang, biji adas, cengkeh, kayu manis, dan garam.

Biji Wijen

Biji wijen (芝麻油 zhīma(yóu)), khususnya minyak wijen adalah karakteristik mendasar dari masakan Cina. Orang Cina suka menggunakan biji atau minyak wijen untuk hidangan yang ditumis, atau dijadikan bumbu untuk nasi goreng. Selain itu, bahan ini juga bisa ditambahkan ke makanan pencuci mulut dan makanan seperti roti, atau ditambahkan kecap asin untuk membuat saus untuk hidangan dingin.

Lada Hitam

Lada hitam (黑胡椒 hēihújiāo) adalah bahan yang tak hanya umum digunakan di Cina, tetapi juga di beberapa negara lainnya. Lada hitam ini merupakan penguat rasa yang sangat sempurna untuk hidangan gurih, atau pada beberapa hidangan manis. Menawarkan rasa pedas dan rasa seperti jeruk ini dapat menonjolkan serta menghidupkan rasa pada hidangan.

Orang Cina menggunakan lada hitam lebih luas daripada merica Sichuan, dan karena rasanya yang cukup tajam, maka lada hitam paling cocok untuk membumbui daging, atau hidangan apa pun yang ditumis. Lada hitam paling banyak disukai di sekitar Sichuan.

Lada Putih

Selain lada hitam, varietas lada lainnya – yaitu lada putih juga tak kalah populer pada masakan Cina. Lada putih adalah varietas lada termahal di antara varietas lada lainnya, yang berasal dari buah beri kering, namun lada putih ini membuang kulit buah tersebut. Rasa lada putih digambarkan sebagai bunga, namun tidak seharum lada hitam.

Kapulaga Hitam

Dengan rasa yang lebih berasap dan ukuran yang lebih besar dari kapulaga hijau, kapulaga hitam memberikan rasa yang lebih dalam pada masakan. Varietas kapulaga hitam lebih banyak digunakan di Cina daripada masakan India dan Nepal. Kapulaga hitam paling cocok digunakan sebagai bumbu untuk daging sapi rebus, atau pho (mi sapi).

Kecap Asin

Kecap asin adalah salah satu bumbu yang telah digunakan di Cina selama lebih dari 2.200 tahun, dan termasuk dalam kategori bumbu tertua di dunia. Dalam masakan Cina, kecap asin sering ditambahkan langsung ke makanan seperti pada sushi, bukan sebagai saus. Di Cina, jenis kecap yang berbeda digunakan sesuai fungsinya, kecap asin yang dimaksud meliputi kecap asin ringan, dan kecap hitam.

Kecap asin ringan memiliki konsistensi lebih encer dan lebih asin, dan cocok untuk sebagian besar resep Cina. Ini juga bisa digunakan sebagai bahan pengganti garam sebab rasa asinnya yang khas, dan memberikan sedikit sentuhan berbeda yang berasal dari kacang kedelai. Sementara kecap hitam, adalah kecap asin dengan warna yang lebih gelap dan cenderung lebih kental, dan kurang asin. Kecap ini lebih banyak digunakan untuk memberikan warna cokelat mengkilap seperti pada hidangan perut babi rebus merah, atau sayuran tumis.

Saus Tiram

Saus tiram (蚝油 háo yóu) adalah jenis saus berwarna coklat tua kental yang terbuat dari ekstrak tiram, garam, gula, air, dan ditambahkan tepung maizena untuk mengentalkan konsistensi saus. Sebagai bumbu masakan, saus tiram memberikan rasa yang kaya, gurih, sedikit asin, dan memberikan aroma yang lezat pada masakan.

Saus tiram ini menawarkan rasa yang lezat, dengan rasa asin yang lebih sedikit daripada kecap asin, dan banyak dipadukan dengan kecap untuk memperkaya tekstur dan rasa makanan. Saus tiram paling banyak ditemukan pada sayuran tumis. Banyak orang Tionghoa juga menggunakan saus tiram sebagai bumbu dasar sekaligus digunakan untuk meningkatkan rasa bumbu lainnya.

Doubanjiang

Dari indonesia untuk dunia

Doubanjiang adalah pasta kacang pedas yang difermentasi, yang merupakan salah satu bahan dasar masakan ala Sichuan. Pasta kacang pedas ini memiliki fungsi yang serupa dengan saus tiram, yaitu menjadikan hidangan terasa lebih enak, gurih, dan pedas. Doubanjiang adalah bumbu alternatif pedas yang baik, yang dapat digunakan pada masakan Cina klasik, yaitu Tahu Mapo.

Saus Hoisin

Saus hoisin atau yang dikenal sebagai saus peking adalah bahan utama dalam hidangan bebek Peking atau mu shu. Konsistensi dari saus ini lebih kental dari kebanyakan saus yang ditemukan, bahkan lebih kental daripada saus tomat. Saus hoisin ini sangat serbaguna, yang tak hanya digunakan pada bebek peking atau mu shu, tetapi juga untuk membumbui daging panggang atau tumisan.

Saus hoisin ini memiliki rasa yang sedikit pedas, namun di Cina, saus ini sangat disukai karena memberika rasa manis pada hidangan, berkat bahan-bahan seperti gula, ubi jalar, kedelai, dan tepung terigu. Bawang putih, cabai, dan bumbu five spice juga merupakan inklusi yang umum.

Begitu banyak rempah dasar dalam masakan Cina, dan mungkin beberapa di antaranya jarang digunakan pada masakan di berbagai negara, tetapi juga tak jarang rempah tersebut sangat terkenal di negara lainnya. Tetapi pada dasarnya, rempah dasar di atas sangat menggambarkan karakteristik dari masakan Cina itu sendiri. Simak rempah yang wajib ada dalam masakan Thailand melalui link berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *