10 Solusi Untuk Kulkas Yang Bau

Kulkas menjadi salah satu alat rumah tangga yang paling penting. Kulkas menjadi tempat penyimpanan utama untuk produk pangan agar lebih awet dan tahan lama. Dengan adanya kulkas, makanan juga menjadi lebih teratur atau tersusun rapi untuk digunakan sewaktu-waktu. Akan tetapi kulkas juga bisa mengganggu indera penciuman kita, karena dalam proses pemakaiannya bisa saja berbau tidak sedap.

Penyebab bau pada kulkas bisa karena tumpahan bekas makanan atau minuman yang menempel di kulkas, adanya benda asing di dalam pendingin kulkas khususnya area pembuangan air (serangga, kacang, beras, atau bahan lainnya yang tersangkut), menyimpan makanan dengan wadah terbuka atau karena menyimpan suatu makanan terlalu lama, sehingga membusuk dengan sendirinya. Oleh sebab itu diperlukan ragam solusi untuk menuntaskan bau pada kulkas. Simak penjelasannya dalam artikel berikut.

Garam

Rahasia sindhi biryani autentik

Cara menghilangkan bau kulkas secara alami yang pertama bisa menggunakan garam. Garam yang merupakan natrium klorida bersifat antibakteri sehingga bisa membunuh bakteri yang menyebabkan bau. Cara menggunakannya dengan melarutkan sekitar satu genggam tangan garam dalam air hangat sebanyak 3 liter. Setelah itu gosok permukaan kulkas menggunakan lap basah yang telah direndam dengan air garam. Pastikan garam dan air sudah tercampur dengan merata atau larut seluruhnya.

Baking Soda

Baking soda sering digunakan untuk mengembangkan kue dengan menghasilkan karbon dioksida. Ternyata kegunaan baking soda tidak hanya itu saja, karena bisa dipakai untuk mengusir bau amis di kulkas anda. Cara menggunakannya dengan membiarkan wadah terbuka berisi baking soda disimpan dalam kulkas selama 24 jam. Aroma tidak sedap pada kulkas akan diserap ke dalam baking soda. Oleh sebabnya, baking soda harus langsung dibuang dan tidak bisa digunakan untuk membuat kue. Beberapa orang juga menyarankan untuk mencampur air dengan baking soda untuk mendapatkan fungsi yang sama. Dengan cara ini baking soda yang diperlukan menjadi lebih sedikit.

Kopi

Jika kamu memiliki bubuk kopi, maka bahan ini bisa digunakan sebagai penghilang bau tidak sedap pada kulkas. Kopi bisa dioleskan pada bagian dalam kulkas secara langsung, lalu tutup kulkas dengan rapat. Bisa juga dengan menaruh bubuk kopi yang baru digiling di atas piring lalu meletakkannya di dalam kulkas. Biarkan selama 24 jam dan keesokan harinya dijamin kulkas tidak bau lagi dan justru memberi aroma kopi yang menenangkan.

Ekstrak Vanilla

Ekstrak vanilla adalah bahan untuk membuat kue yang berasal dari biji vanilla. Ekstrak vanilla memiliki rasa yang lebih kuat sehingga aromanya juga demikian. Cukup merendam beberapa bola-bola kapas di dalam ekstrak vanilla, kemudian biarkan bola kapas tersebut berada di dalam kulkas selama beberapa jam. Bau tidak sedap akan menghilang dan digantikan dengan aroma vanilla yang harum.

Lemon

Lemon mengandung antibakteri yang bisa mengusir bakteri penyebab bau pada kulkas. Sebaliknya lemon menghasilkkan aroma segar yang pasti disukai semua orang. Cara menggunakannya untuk menghilangkan bau pada kulkas yaitu, memeras lemon dan letakkan air perasan tersebut di dalam freezer. Cara lainnya juga bisa menggunakan irisan jeruk nipis yang dibiarkan terletak dalam wadah terbuka pada kulkas.

Cuka

Jika anda memiliki stok cuka di rumah, maka tak ada salahnya jika menggunakan bahan ini untuk menghilangkan bau pada kulkas. Caranya sangat mudah yaitu dengan memasukkan cuka dan air hangat pada botol spray, lalu semprotkan bahan ini ke seluruh kulkas. Diamkan beberapa saat, sebelum membersihkan bagian dalam kulkas dengan lap, untuk menghilangkan aroma cuka. Asam cuka memang bagus untuk menetralkan bau sekaligus membersihkan sisa makanan atau minuman yang tumpah pada permukaan kulkas.

Teh

Kantong teh bekas bisa dijadikan bahan yang ampuh untuk mengusir bau pada kulkas. Letakkan kantong teh pada wadah terbuka di kulkas lalu biarkan selama 1-2 hari. Kantong teh memiliki sifat yang mirip dengan baking soda karena dapat meyerap bau kulkas. Selain kantong teh, anda juga bisa menggunakan daun teh kering, untuk menyerap aroma bawang putih dan bawang bombay yang membusuk.

Oatmeal

Selain sebagai makanan untuk diet dan sarapan, oatmeal juga terbukti bisa menyerap bau tidak sedap dari kulkas. Oatmeal yang digunakan sebaiknya oatmeal original tanpa tambahan rasa. Cukup letakkan semangkuk oatmeal kering di dalam kulkas lalu diamkan beberapa jam hingga bau pada kulkas menghilang. Oatmeal juga bisa digunakan dengan cara menaburkannya ke seluruh kulkas lalu diamkan selama 10 menit, setelahnya kulkas harus dibersihkan dengan kain basah.

Apapun Bumbunya Tidak Pakai Pewarna

Arang

Belum banyak orang yang mengetahui bahwa arang bisa digunakan sebagai penyerap bau. Cara menggunakan arang dengan mengambil sepotong arang untuk mengusir bau tidak sedap. Letakkan arang ini pada piring kecil dan lebih bagus jika ditaruh pada area sumber bau. Biarkan arang menyerap aroma tak sedap di sekitarnya dalam beberapa jam.

Jus Tomat

cek ratusan koleksi lainnya

Jus tomat bukan hanya dimanfaatkan sebagai asupan vitamin dan serat harian. Menariknya jus tomat bisa dijadikan bahan yang efektif untuk membuang aroma busuk di dalam kulkas. Cara menggunakannya dengan merendam spons ke dalam jus tomat segar (tanpa gula). Basuhlah permukaan kulkas dengan spons lalu bilas dengan air bersih. Keringkan kulkas secara menyeluruh agar baunya hilang sempurna.

Hal Yang Perlu Diperhatikan

Menghilangkan bau kulkas bisa menjadi pekerjaan yang cukup merepotkan jika terlalu sering dilakukan. Bagaimanapun mencegah kulkas berbau bisa menjadi solusi terbaik, alih-alih membiarkan makanan anda rusak karena aromanya. Tentu saja prinsip dasar dari merawat kulkas yaitu, dengan rutin membersihkan kulkas dan perhatikan jika ada benda asing yang tersangkut pada salurang pembuangan secara regular.

Kemudian, anda juga perlu melakukan beberapa hal berikut. Pertama, cek kadaluarsa makanan di dalam kulkas. Makanan atau minuman yang sudah kadaluarsa tanpa disadari akan menjadi penyebab aroma tidak sedap pada kulkas. Bukan hanya itu, makanan seperti ini memang perlu dibuang agar tidak salah konsumsi atau menyebabkan keracunan.

Kedua, simpan bahan segar di dalam wadah tertutup. Menyimpan makanan dengan wadah tertutup terutama kedap udara bagus untuk menjaga keawetan makanan dan mencegah penyebaran bau busuk. Jangan lupa simpan ikan atau daging jauh dari bahan pangan segar lainnya.

Ketiga, segera bersihkan tumpahan makanan atau minuman pada kulkas. Jika bekas tumpahan ini dibiarkan, lama-kelamaan bisa menjadi sumber bau. Nah, dengan melakukan beberapa hal di atas, maka anda bisa mencegah terjadinya bau kulkas yang busuk, amis, atau aroma tidak sedap lainnya. Selain itu, makanan atau minuman yang disimpan dengan kulkas bersih, maka tidak perlu khawatir ikut berbau dan akan tetap segar saat dikonsumsi.

masak 70 porsi nasi uduk

Leave a Reply

Your email address will not be published.