9 Rempah untuk Meningkatkan Hemoglobin

Hemoglobin berperan penting dalam pembentukan sel darah merah, karena hemoglobin akan membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh organ tubuh. Dengan kadar hemoglobin yang normal, maka tubuh akan lebih sehat dan terhindar dari masalah kesehatan seperti mudah lelah, napas pendek, sakit kepala, atau pusing.

Untuk meningkatkan kadar hemoglobin, diperlukan makanan yang tinggi akan kandungan zat besi, vitamin C, dan vitamin B12. Meski sebagian besar kandungan tersebut ditemukan pada sayuran, daging merah, buah-buahan tertentu, produk susu, hingga makanan laut, tetapi beberapa rempah juga mampu memenuhi kebutuhan nutrisi Anda. Cari tahu rempah untuk meningkatkan hemoglobin di bawah ini.

Peterseli

Peterseli atau parsley adalah herba yang menakjubkan untuk meningkatkan hemoglobin. Penggunaan kuliner dari peterseli yang paling umum adalah sebagai hiasan yang memperindah visual hidangan. Ini begitu terkenal, dan merupakan salah satu rempah yang memiliki profil nutrisi yang begitu mirip dengan sayuran berdaun hijau termasuk bayam, kangkung, dan sawi.

Apapun Bumbunya, Tidak Pakai Pengawet

Peterseli juga mengandung banyak zat besi, sehingga dapat menjadi herba terbaik untuk mengobati anemia. Selain itu, peterseli juga sarat dengan vitamin A, K, dan C serta mineral lainnya seperti magnesium, dan potasium. Vitamin C yang kaya dan zat besi yang melimpah akan meningkatkan ketersediaan hayati penyerapan zat besi ke dalam tubuh.

Karena manfaatnya, peterseli banyak diolah menjadi suplemen, namun untuk meningkatkan hemoglobin, peterseli segar bisa ditambahkan ke burger, salad, dan sandwich, atau menambahkannya ke dalam smoothie. Opsi lainnya adalah dengan meminum jus peterseli atau teh dengan peterseli untuk meningkatkan hemoglobin.

Kunyit

Kunyit menjadi bumbu masakan sekaligus tanaman obat yang begitu penting dalam pengobatan Ayurveda. Ini telah lama digunakan selama berabad-abad karena potensinya dalam pengobatan. Rempah khas ini mengandung senyawa curcumin, yang membentuk warna kuning alami pada kunyit.

Senyawa tersebut juga dapat memberikan warna kuning cerah pada masakan, sehingga kunyit paling banyak digunakan dalam kuliner sebagai pewarna alami. Kunyit memberikan manfaat yang sangat luas pada kesehatan, termasuk dengan meningkatkan hemoglobin. Akan tetapi, dosis ideal untuk mengonsumsi kunyit adalah sekitar 1 sendok teh saja, dan gunakan sebagai bumbu masakan maupun sebagai bumbu untuk minuman.

Jahe

Selain kunyit, jahe juga merupakan bumbu ayurveda, dengan manfaat paling dikenal adalah sebagai obat dalam mengatasi mual dan berbagai masalah pencernaan. Di Indonesia, jahe sangat umum digunakan terutama pada minuman tradisional yaitu jamu. Jahe juga sarat akan zat besi, sehingga dapat bekerja dengan meningkatkan hemoglobin.

Selain itu, jahe mengandung sejumlah antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan demikian, jahe menjadi salah satu rempah yang digunakan secara luas baik dalam kuliner maupun pengobatan. Dalam memanfaatkan jahe, gunakan sebagai bumbu masakan, atau direndam dalam air panas untuk kemudian diminum air rebusannya. Ini juga dapat ditambahkan pada minuman seperti teh atau susu.

Kayu Manis

Kayu manis menjadi rempah dapur yang terkenal di seluruh dunia, karena kemampuannya dalam membumbui masakan. Kayu manis juga merupakan salah satu bumbu dalam pengobatan ayurveda yang dianggap sebagai “Pengobatan Universal” karena memiliki manfaat kesehatan yang luas, termasuk dalam meingkatkan hemoglobin.

Hal ini dikarenakan kayu manis memiliki unsur-unsur yang sangat baik di dalamnya, yang dapat membantu memulihkan kadar zat besi dalam tubuh. Tak hanya itu, rempah ini juga mengandung kalsium, zat besi, mangan, dan serat, yang dapat membantu menyeimbangkan kadar gula darah dan juga membantu kekurangan zat besi. Bahkan, ini dapat digunakan untuk menstabilkan mood dan membantu meningkatkan fokus.

Jintan

Jintan adalah bumbu yang memiliki aroma kuat, yang banyak ditemukan pada sejumlah masakan di seluruh dunia. India dan Timur Tengah adalah dua negara yang banyak menggunakan jintan ke dalam berbagai resep, mulai dari kari, hidangan nasi, dan semur. Selain sebagai bumbu masakan, jintan juga kerap dimanfaatkan sebagai obat tradisional karena memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang mendukung kesehatan tubuh.

Manfaat kesehatan dari jintan lainnya adalah membantu meningkatkan hemoglobin dengan cara meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh dan juga mencegah anemia. Manfaat pengobatannya tak hanya di situ saja, karena jintan juga memiliki berbagai sifat antiseptik yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga mencegah segala jenis infeksi. Anda juga dapat menggunakan jintan untuk mengatasi masalah pencernaan dan gangguan tidur.

Thyme

Thyme berasal dari tanaman pendek dan lebat yang ditemukan di seluruh dunia, dari keluarga Lamiaceae. Meskipun berasal dari Eropa selatan, thyme sering digunakan sebagai bumbu untuk menambah rasa pada makanan, terutama masakan Italia. Thyme juga seringkali digunakan sebagai suplemen makanan dalam bentuk kapsul atau sebagai minyak esensial.

Ini merupakan herba aromatik yang kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral serta memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba. Beberapa senyawa penting juga hadir dalam herba aromatik ini, sehingga membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Thyme adalah sumber zat besi yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan sel darah merah tubuh. Karena kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia, memasukkan thyme ke dalam makanan dapat membantu mencegahnya.

Daun Ketumbar

Rempah untuk meningkatkan hemoglobin selanjutnya adalah daun ketumbar, atau yang juga disebut dengan cilantro. Ini merupakan salah satu rempah tertua di dunia dan telah digunakan selama sekitar 7000 tahun, dan berasal dari keluarga Apiaceae, yang sama dengan peterseli. Salah satu sumber zat besi terbaik terdapat pada daun ketumbar, yang berperan penting dalam meningkatkan kadar hemoglobin dan menyembuhkan anemia. Ini juga membantu berfungsinya sistem saraf dan memperkuat tulang.

Selain itu, mereka mengandung sejumlah kecil fosfor, kalsium, kalium, karoten, dan niasin. Kualitas daun ketumbar yang bermanfaat ini membantu meningkatkan kadar gula darah, meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan pencernaan, meningkatkan fungsi ginjal, dan banyak lagi. Daun ketumbar menjadi rempah yang membantu meningkatkan hemoglobin, sehingga Anda bisa menggunakannya pada berbagai masakan seperti sup, pasta, atau salad, untuk memperoleh manfaatnya.

Biji Wijen

Biji wijen merupakan bahan dapur yang paling banyak ditemukan pada roti hamburger. Ini juga menawarkan beragam manfaat karena kandungannya yang baik bagi tubuh. Sebagai salah satu rempah untuk meningkatkan hemoglobin, biji wijen adalah salah satu sumber mineral termasuk zat besi, tembaga, seng, selenium dan vitamin B6, folat dan E.

Masak Enak Jadi Mudah

Penambahan biji wijen hitam secara teratur terbukti meningkatkan kadar hemoglobin dan meningkatkan penyerapan zat besi. Anda dapat menggunakan sekitar 1 sendok makan biji wijen sangrai kering, dan campur dengan satu sendok teh madu dan gulung menjadi bola. Konsumsi biji wijen secara teratur dapat meningkatkan kadar zat besi Anda. Namun sayangnya, biji wijen tidak aman bagi ibu hamil, sehingga penggunaannya harus dikonsultasikan terlebih dahulu terutama jika Anda sedang hamil.

Ashwagandha

Ashwagandha adalah tanaman kayu asli India dan Afrika utara. Setidaknya orang telah menggunakannya dalam pengobatan Ayurveda 3.000 tahun. Dalam ayurveda, ashwagandha dianggap sebagai ramuan anti-anemia dan hematogenik. Hematogenik berarti agen yang meningkatkan dan merangsang pembentukan sel darah merah di sumsum tulang.

Ini juga tinggi kandungan zat besi sehingga dapat membantu meningkatkan hemoglobin. Tanaman ini juga mengandung antioksidan, anti-inflamasi, dan adaptogenik yang bermanfaat bagi tubuh. Dalam praktik ayurveda, ashwagandha berperan sebagai pengobatan yang membantu mengurangi kelelahan, kelemahan, pusing dan nyeri dada. Ini juga mencegah sesak napas dan membantu meringankan sakit kepala.

Meski banyak rempah yang mampu meningkatkan hemoglobin, namun pola makan dan gaya hidup juga harus diimbangi agar mendapatkan hasil kesehatan yang lebih baik. Pastikan untuk selalu mengonsumsi buah dan sayur, serta olahan daging dan produk susu agar hasil yang didapatkan lebih maksimal. Dengan demikian, Anda dapat menjalani hidup dengan lebih baik. Cari tahu cara untuk meningkatkan nafsu makan anak dengan rempah dengan klik link berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *