8 Rempah untuk Tingkatkan Nafsu Makan pada Anak

Bagi para orang tua, masalah anak yang kerap dihadapi adalah hilangnya nafsu anak. Ini merupakan masalah yang umum terjadi pada masa pertumbuhan anak, tepatnya pada usia dua hingga lima tahun. Hilangnya nafsu makan dapat disebabkan oleh berbagai faftor, seperti tumbuh gigi, demam, sariawan, hingga gangguan pencernaan. Namun, para orang tua tak perlu khawatir, karena faktanya, terdapat rempah untuk tingkatkan nafsu makan pada anak. Simak penjelasan berikut.

Jahe

Jahe adalah salah satu rempah yang banyak digunakan di seluruh dunia. Ini berpotensi sebagai bumbu masakan serta bahan baku pengobatan. Sebagai pengobatan, rempah ini dikenal sebagai rempah yang dapat mengatasi masalah pencernaan, yaitu mual, muntah, dan perut kembung. Jahe juga dapat bekerja sebagai rempah yang dapat meningkatkan nafsu makan pada anak.

Rempah ini kemungkinan besar menjadi stimulan nafsu makan yang paling banyak digunakan, karena air jahe efektif dalam memperbaiki nafsu makan yang baru. Selain itu, jahe juga aman dikonsumsi anak-anak. Manfaat tambahan lainnya dari jahe adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Karena jahe juga digunakan sebagai bumbu masakan, rempah ini dapat dengan mudah ditambahkan pada makanan favorit anak, seperti nasi tim, sayuran tumis, sup, atau bahkan dijadikan minuman dengan mencampur jahe dengan air dan madu.

Apapun Bumbunya Tidak Pakai Pewarna

Kencur

Kencur merupakan rempah untuk tingkatkan nafsu makan pada anak lainnya yang masih satu keluarga dengan jahe (Zingiberaceae). Rempah yang termasuk spesies Kaempferia galanga ini kemungkinan berasal dari India, dan secara luas dibudidayakan di banyak tempat termasuk Asia Tenggara, Cina, dan Maluku.

Di Indonesia, kencur paling umum digunakan sebagai bahan baku dari jamu, yaitu jamu beras kencur. Kencur dipercaya sebagai rempah yang dapat meningkatkan nafsu makan yang efektif, terutama bagi anak-anak. Jamu beras kencur biasanya dibuat dengan kencur, asam jawa, beras, dan gula merah. Jamu tersebut juga dikenal sebagai minuman penyegar.

Selain digunakan untuk meningkatkan nafsu makan, kencur juga dapat meningkatkan stamina tubuh, menurunkan demam, mengobati batuk, pilek, asma, bronkitis, sakit tenggorokan, dan lain sebagainya. Selain di Indonesia, kencur juga banyak dimanfaatkan karena khasiat kesehatannya. Di Malaysia misalnya; ia bisa digunakan sebagai bumbu dari hidangan nasi lemak.

Temulawak

Temulawak tergolong rempah yang juga masuk dalam keluarga jahe (Zingiberaceae), yang berasal dari Indonesia khususnya Pulau Jawa, dan saat ini dibudidayakan secara luas di Asia Tenggara, termasuk Filipina, Malaysia, dan Thailand. Ini memiliki nama Curcuma zanthorrhiza, yang tampak serupa dengan kunyit, namun temulawak memiliki ukuran yang lebih besar.

Rempah yang satu ini sama seperti kencur, yang banyak digunakan sebagai bahan baku dari jamu yang memiliki khasiat meningkatkan nafsu makan pada anak, sehingga dengan mengonsumsi temulawak, kebutuhan nutrisi penting anak tetap terpenuhi karena temulawak bekerja sebagai stimulan nafsu makan.

Manfaat yang ditemukan dari temulawak lainnya ialah untuk mengatasi perut kembung, serta untuk menyembuhkan peradangan usus. Selain dikonsumsi sebagai jamu, temulawak juga menjadi obat herbal yang dapat merangsang nafsu makan, dan dijadikan obat dalam bentuk suplemen dengan khasiat yang sama, sehingga akan lebih mudah dikonsumsi anak.

Lengkuas

Rempah untuk tingkatkan nafsu makan pada anak selanjutnya adalah lengkuas. Rempah ini berasal dari Asia Tenggara dan dibudidayakan terutama di Filipina dan Kepulauan Sunda Besar. Secara umum, masyarakat menggunakan lengkuas sebagai campuran bumbu masak sekaligus sebagai pengobatan tradisional.

Sebagai salah satu pengobatan tradisional, lengkuas diyakini sebagai rempah yang dapat tingkatkan nafsu makan anak. Lengkuas juga memiliki efek yang menenangkan sistem pencernaan, sehingga anak akan lebih menikmati makanan. Selain itu, lengkuas juga mampu melawan bakteri berbahaya, termasuk E. coli, Staphyloccocus aureus, dan Salmonella Typhi yang rentan menginfeksi anak. Dengan menambahkan lengkuas ke dalam masakan, manfaat yang diperoleh tidak hanya sebagai stimulan nafsu makan saja, tetapi juga dapat menjaga stamina dan meningkatkan kekebalan anak.

Kunyit

Kunyit merupakan rempah umum dalam masakan Asia dengan ciri khas warna kuning. Kegunaan kuliner dari kunyit yang paling umum ialah sebagai pewarna alami pada hidangan seperti gulai, pesmol, atau nasi kuning. Tak hanya itu, kunyit juga dapat berguna sebagai penyedap rasa pada hidangan seperti sayur.

Kunyit mengandung bahan aktif yang disebut curcumin, yaitu senyawa yang memberikan warna kuning cerah alami serta senyawa yang memberikan manfaat kesehatan yang luas. Senyawa tersebut juga berpotensi sebagai perangsang nafsu makan anak sehingga para ibu tak perlu khawatir lagi jika anak susah makan.

Manfaat kesehatan lainnya dari kunyit termasuk untuk meningkatkan imunitas tubuh, membantu meredakan demam pada anak, meredakan nyeri, dan sebagai antiseptik untuk mengobati sariawan pada anak. Selain itu, senyawa aktif kunyit juga membantu mempercepat laju metabolisme, sehingga anak akan lebih mudah merasa lapar.

Kayu Manis

Kayu manis termasuk rempah yang sangat populer dan digunakan secara luas baik itu sebagai bumbu masakan maupun sebagai pengobatan. Rempah yang dijual dalam bentuk gulugan dan bubuk ini dapat ditambahkan pada hidangan manis dan gurih. Rempah ini memiliki aroma yang kuat, dengan rasa manis, pedas, dan pahit yang khas.

Bahan ini bermanfaat sebagai rempah yang dapat merangsang nafsu makan pada anak secara alami. Kayu manis juga memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang kuat, yang dapat membantu mencegah bakteri yang disebabkan oleh bakteri dan jamur. Bakteri yang dimaksud termasuk bakteri Staphylococcus, Salmonella, dan E.coli. Karena kayu manis juga digunakan sebagai bumbu masakan, ia akan dapat dengan mudah ditambahkan pada makanan seperti roti, kue, atau minuman untuk dikonsumsi oleh anak.

Pala

Pala (Myristica fragrans Houtt) adalah rempah-rempah yang diduga merupakan rempah asli Indonesia, tepatnya di Indonesia timur. Daerah penghasil pala terbesar di Indonesia yaitu Banda Neira dan Maluku. Bagi masyarakat Maluku, pala seringkali digunakan sebagai bumbu dapur yang memberikan rasa manis dan gurih pada masakan.

Masak Enak Jadi Mudah

Selain sebagai bumbu dapur, pala memiliki manfaat kesehatan, salah satunya untuk meningkatkan nafsu makan. Khasiat ini berasal dari aroma pala yang memberi efek peningkatan nafsu makan pada anak. Selain itu, pala juga berguna untuk mengatasi gangguan pencernaan, seperti perut kembung dengan mengeluarkan gas berlebih. Kandungan vitamin C dari pala juga berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Ketumbar

Ketumbar dengan nama latin Coriandrum sativum merupakan salah satu tanaman rempah yang berumur pendek atau termasuk tanaman semusim. Ketumbar adalah rempah yang yang digunakan sebagai penyedap rasa pada hidangan seperti kari, sup, dan saus. Bagian biji ketumbar dapat berfungsi sebagai penguat rasa pada kue dan permen.

Dalam manfaat pengobatannya, ketumbar dikenal untuk mengobati gangguan pencernaan. Ini juga membantu pelepasan enzim lambung, yang pada gilirannya meningkatkan nafsu makan terutama pada anak-anak. Hal ini dikarenakan biji ketumbar yang dikonsumsi dalam bentuk air rebusan memiliki suatu kandungan yang bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan. Selain manfaat ketumbar seperti diatas, masih terdapat berbagai manfaat lain dari biji ketumbar yaitu dapat sebagai antibakteri, obat cacing.

Rempah-rempah di atas tentunya menjadi cara yang sehat untuk meningkatkan nafsu makan pada anak. Selain itu, karena rempah-rempah mengandung banyak manfaat, sehingga anak tidak hanya memperoleh khasiat peningkatan nafsu makan saja, tetapi juga manfaat menakjuban lainnya. Jika Anda mencari cara untuk tingkatkan imunitas tubuh dengan rempah, cari tahu melalui link berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *