Tips Membuat Hummus Homemade

Hummus merupakan salah satu saus cocolan khas Levant yang berupa bubur. Ini biasanya dimakan dengan roti pita, tetapi hidangan lainnya seperti keripik atau sayuran juga bisa disantap dengan hummus. Saus cocol ini popular di Timur Tengah dan Mediterania. Tekstur hummus begitu halus dan ringan, serta dengan kombinasi rasa dari setiap bahan yang digunakan. Hummus bisa dibuat di rumah, dan menggunakan bahan yang biasanya tersedia di rumah. Untuk membuatnya, diperlukan tips agar tak salah dalam membuat hummus. Berikut tips membuat hummus homemade.

Gunakan Bahan Segar

Tips membuat hummus homemade yang pertama ialah selalu menggunakan bahan segar, baik pada bahan utamanya maupun tambahan lainnya. Bahan utama hummus – kacang Arab atau yang sering disebut dengan garbanzo atau chickpea biasanya tersedia dalam bentuk kalengan dan bentuk segar. Dalam membuat hummus, selalu pastikan untuk menggunakan kacang Arab segar, bukan yang berasal dari kalengan. Pemilihan bahan utama yang tepat akan membuat hasil akhir hummus yang luar biasa.

Selain bahan utama, gunakan bahan segar lainnya untuk membuat hummus. Hidangan khas Levant ini memerlukan bahan lainnya seperti tahini, minyak zaitun, sari perasan lemon, garam, dan bawang putih. Dalam hal ini, Anda juga harus menggunakan bahan segar untuk memastikan rasa terbaik dari hummus. Jadi, alih-alih memilih bahan instan untuk pembuatan hummus, akan lebih baik untuk menggunakan bahan segar.

Apapun Bumbunya, Tidak Pakai Pengawet

Kupas Kacang Arab

Ketika membuat hummus di rumah, penting untuk mengupas kacang Arab terlebih dahulu. Metode ini akan membuat hasil akhir tekstur hummus yang sangat halus. Mengupas seluruh kulit kacang Arab satu per satu akan memakan waktu sekitar sepuluh menit. Namun, waktu ekstra yang Anda berikan akan memberikan tekstur hummus yang lebih halus daripada kacang Arab yang tidak dikupas.

Rendam Kacang Arab

Kacang Arab atau garbanzo bisa dilunakkan di dalam air semalaman terutama jika Anda menggunakan kacang Arab kering. Ini juga merupakan salah satu metode agar hummus memiliki tekstur yang halus sekaligus lembut. Cara merendamnya yaitu siapkan mangkuk besar, lalu masukkan kacang Arab ke dalamnya. Gunakan air dingin yang cukup untuk membiarkan kacang terendam sempurna.

Anda bisa merendamnya di dalam air dingin minimal 8 jam, atau rendam semalaman untuk hasil terbaik. Setelah direndam, tiriskan kacang dan masukkan lagi ke dalam panci besar atau panci yang cukup untuk menampung seluruh jumlah kacang Arab. Rendam lagi dengan air bersih, dan masak dengan api kecil sampai kacang melunak. Ini dapat memakan waktu selama 45 hingga 90 menit.

Anda bisa menambahkan baking soda untuk menghasilkan tekstur hummus yang begitu halus seperti sutra. Setelah kacang Arab melunak, pisahkan antara air bekas rebusan dan kacang Arab simpan kacang ke dalam mangkuk, dan diamkan sejenak pada suhu ruang hingga cukup dingin, kemudian dinginkan kacang Arab. Setelah itu, kacang sudah siap digunakan untuk membuat hummus. Namun, perlu diingat bahwa cara ini berlaku untuk kacang kering, bukan kacang Arab kalengan. Jika Anda menggunakan kacang Arab kalengan, lewati langkah ini.

Selalu Gunakan Tahini

Salah satu kunci dari kelezatan hummus terletak pada tahini. Tahini merupakan sejenis bumbu yang terbuat dari biji wijen, yang tampilannya mirip dengan selai kacang. Banyak dari koki yang suka menambahkan minyak zaitun pada campuran hummus, namun resep tradisional hummus selalu membutuhkan tahini.

Beberapa orang mungkin tak menyukai tahini karena cukup berlemak dan beraroma kuat. Namun, hummus yang lezat adalah hummus yang menggunakan tahini. Menggunakan minyak zaitun alih-alih tahini hanya akan menambah kalori lemak yang tidak perlu. Jika Anda ingin menggunakan minyak zaitun, gunakan sebagai hiasan sebelum disajikan.

Tambahkan Bahan Lain

Beberapa bahan lain selain kacang Arab dan tahini juga perlu digunakan, misalnya sari lemon, bawang putih segar, jintan, dan garam. Seluruh bahannya melengkapi satu sama lain. Sebagai contoh, bawang putih dan jintan akan melengkapi rasa untuk hummus. Di sisi lain, rasa dan aroma yang kuat dari bawang putih bisa dihilangkan dengan adanya sari lemon. Sari lemon selain memberikan rasa yang segar dan ekstra, ia juga membantu mengimbangi rasa dan aroma bawang putih yang kuat.

Dalam fungsi tunggalnya, jintan akan membuat rasa hummus menjadi lebih istimewa. Terlebih lagi, jintan merupakan bahan umum dalam resep hummus tradisional. Bawang putih segar – meskipun memiliki rasa dan aroma yang kuat, ia juga berguna untuk membuat rasa hummus yang lebih lezat. Anda juga dapat bereksperimen dengan menggunakan bawang putih panggang untuk hummus bawang putih panggang. Terakhir, garam akan membuat rasa hummus menjadi lebih luar biasa dan menambah kekayaan rasa.

Gunakan Paprika Merah dan Bubuk Cabai

Tips membuat hummus homemade lainnya yaitu dengan menggunakan paprika merah dan bubuk cabai. Meski ini bukanlah suatu keharusan, namun hummus dapat divariasikan dengan kedua bahan tersebut untuk menambah rasa pedas. Terlebih lagi, ini akan cocok jika Anda menyukai makanan pedas. paprika merah dan bubuk cabai tidak hanya menambahkan rasa pedas, tetapi juga memberikan manfaat bagi kesehatan.

Tambahkan Es Batu

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa es batu berada di daftar tips membuat hummus homemade. Penambahan es batu juga tak kalah penting dari tips-tips sebelumnya. Fungsi es batu yaitu membantu menghasilkan hummus yang sangat ringan dan lapang. Anda bisa menambahkan beberapa balok es sebelum semua bahan diblender.

Penting untuk diingat bahwa gunakan es batu hanya jika Anda menggunakan blender berkecepatan tinggi. Jika Anda tidak memiliki blender berkecepatan tinggi, gunakan satu hingga dua sendok makan air dingin sebagai gantinya. Perpaduan antara tahini, sari lemon dan es batu atau air dingin, serta blender yang baik, akan menghasilkan hummus yang lembut, ringan, dan creamy.

Blender Hingga Halus

Setelah semua bahan sudah selesai, masukkan semuanya ke dalam food processor atau blender, dan pastikan tekstur hummus hingga halus. Jika dirasa masih terdapat bahan yang kurang, jangan ragu untuk menambahkan lebih banyak tahini, jus lemon, bawang putih, jinten atau perasa, karena hummus harus dibuat sesuai selera. Kemudian blender lagi hingga hummus memiliki tekstur yang sangat halus dan lembut. Ini mungkin memakan waktu beberapa menit, jadi, jangan takut untuk gagal, bersabarlah dan percayai prosesnya.

Masak Enak Jadi Mudah

Lebih lanjut, jika saat menghaluskan seluruh bahan masih diperlukan lebih banyak cairan, Anda dapat menggunakan lebih banyak aquafaba untuk mendapatkan konsistensi yang tepat, atau bahkan menambahkan es batu lagi. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan minyak zaitun untuk memberikan hasil yang lebih lembut. Minyak zaitun tidak hanya penting dijadikan sebagai hiasan di atas hummus, tetapi dalam menambahkan cairan, minyak zaitun juga bekerja secara efektif untuk membuat hummus lebih lembut. Ingatlah untuk selalu menggunakan minyak zaitun yang berkualitas pula.

Hiasi dan Makan Hummus

Tips membuat hummus homemade yang terakhir ialah menghiasnya. Terdapat berbagai macam bahan untuk menghias hummus, misalnya minyak zaitun, sumac untuk sentuhan asam dan memberikan warna merah terang, paprika yang memberikan tambahan warna, biji wijen, racikan bumbu seperti dukkah, saus pedas Timur Tengah seperti zhug atau shatta, dan tak lupa dengan peterseli cincang.

Hummus memiliki tekstur halus berupa bubur, yang dapat digunakan sebagai saus cocol. Ini merupakan dasar dari sebagian besar hidangan, sehingga rasanya bergantung pada apa yang ditambahkan ke dalamnya. Secara tradisional, hummus dimakan dengan roti pita atau shish kebab. Karena ini juga merupakan saus cocol, Anda juga dapat menyantapnya dengan keripik. Anda akan mendapatkan rasa yang kaya, dan perpaduan dari kombinasi seluruh bahan hummus mulai dari pedas, gurih, dan sedikit manis.

Dengan membuat hummus di rumah, Anda bisa menyantapnya kapan pun sebagai pelengkap camilan Anda. Rasanya yang lezat dan tekturnya yang halus akan membuat Anda ketagihan untuk menyantap hidangan khas Levant ini. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk membuat hummus, Cairo Food menyediakan hummus yang siap santap! Anda juga dapat membeli hidangan pendamping hummus seperti roti pita, pita chips, hingga shish kebab. Hidangan pendamping tersebut dijamin akan membuat Anda menyukai kombinasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *