15 Profil Rasa Dari Rempah rempah

15 Profil Rasa dari Rempah Rempah
15 Profil Rasa dari Rempah Rempah

Jika seseorang bertanya kepada kamu, bagaimana rasanya cengkeh ? atau Kunyit itu rasanya seperti apa sih ? Mungkin pertanyaan tersebut akan membuat kamu bingung. Ya memang betul karena menjelaskan rasa cukup rumit jika lawan bicara kita kurang pengetahuan akan rempah dan makanan.

Tapi kabar baiknya ada pedoman yang bisa dipakai untuk menjelaskan bagaimana rasa dari suatu rempah, yaitu dengan menggunakan 15 Profil rasa yang umum diketahui. Sebelum kita membahas profil Rasa dari Rempah, perlu kita ketahui bahwa Rempah dan Bumbu memiliki 6 kegunaan, yaitu untuk memberikan rasa, aroma, tekstur, warna, antimikroba, dan juga untuk manfaat kesehatan. Kita akan bahas hal ini secara lengkap pada artikel yang lain. Tapi umumnya jika kita bicara warna maka sangat mudah dijelaskan, misalnya saffron memberikan warna kuning, Buah Bit memberikan warna merah. Lalu jika kita diminta untuk menjelaskan manfaat kesehatan dari rempah maka jawabannya juga mudah, misalnya untuk anti kanker, untuk mengobati gatal, sakit magh, cacingan, dll. Tapi bagaimana mengenai Rasa dan Aroma ?

Jika kita bicara rasa sebenarnya hanya ada 5 pilihan, yaitu Manis, Asin, Asam, Pahit dan Gurih. Lalu bagaimana mengenai Aroma dan Flavor yang dihasilkan oleh rempah ? Inilah yang tidak bisa dijelaskan hanya dengan 5 pilihan, kita butuh pilihan lainnya untuk bisa menjelaskan Flavor dari suatu rempah maupun bumbu. Untuk mempermudah terdapat 15 pilihan yang biasa digunakan untuk hal ini yaitu, Manis, Asam, Pahit, Pedas, Panas, Tajam, Buah, Bunga, Kayu, Pinus, Dingin, Tanah, Daun, Belerang, dan Kacang. 15 pilihan rasa tersebut bisa digunakan dalam menjelaskan Flavor dari suatu rempah.

Umumnya rempah memiliki lebih dari satu jenis profil rasa, seperti contoh Thyme memiliki profil daun, bunga, pahit, dan pinus. Atau contoh lain misalnya Jahe yang memiliki profil rasa Panas, Tanah dan Manis.

Sebenarnya kalian tidak mesti tepat mengikuti 15 pilihan rasa yang sudah disebutkan, silahkan gunakan apapun yang dekat atau mirip sebisa mungkin.

Baiklah mari kita mulai dari Profil rasa pertama, yaitu Manis.

Manis

Rasa Manis sangat identik sekali dengan Gula, Rasa manis sangat cocok jika dikombinasikan dengan Asin dan Asam. Contoh rempah yang memiliki karakter rasa manis yaitu seperti Kapulaga Hijau, Adas Manis, Bunga Lawang, Caraway, dan Kayu Manis.

Asam

Rasa asam bisa memberikan sensasi yang pas jika digabungkan dengan rasa manis. Contohnya seperti pada Yogurt. Untuk rempah sendiri contohnya adalah Sumac, Sorrel, Kokum dan asam jawa.

Pahit

Siapa yang suka rasa pahit ? apalagi jika hanya rasa pahit saja tanpa kombinasi rasa lainnya ? Namun ternyata Rasa Pahit bisa menjadi sangat nikmat jika dikombinasikan dengan rasa dan aroma lainnya seperti pada Kopi, Coklat dan Bir atau bahkan Durian. Bahkan pada sayuranpun banyak yang memiliki rasa pahit seperti pada Pare dan Sawi Hijau. Rasa pahit cocok jika dikombinasikan dengan Manis dan Asin. Beberapa rempah yang termasuk memiliki profil rasa pahit yaitu seperti Biji Kelabat, Cengkeh, Daun Laurel, dan Ajwain.

Pedas

Apa bedanya Pedas dan Panas ? Perlu kita perhatikan dalam dunia Rempah kita membedakan rasa pedas adalah sebagai suatu yang memiliki aroma atau rasa Pedas yang sangat kuat dan cepat terasa dalam mulut contohnya seperti ketika anda menggigit Jahe atau Cengkeh. Sedangkan Panas adalah ketika anda memakan Lada Hitam atau Cabai. Semoga penjelasan ini bisa cukup jelas sehingga anda tidak perlu bingung lagi membedakan anda Pedas dengan Panas. Rempah yang memiliki Rasa Pedas atau spicy adalah seperti Cengkeh, Cumin, Jahe, dan Bay leaf.

Panas

Rasa Panas atau Hot identik dengan Cabai, jika porsinya pas dengan selera dan batas toleransi anda, maka Rasa Panas bisa meningkatkan selerasa makan anda. Tapi jika berlebihan bisa membuat rasa tidak nyaman seperti batuk dan berkeringat. Rasa panas cocok digabungkan dengan rasa asin tentunya. Tapi pada beberapa makanan seperti asinan, rasa panas juga cocok untuk ditambahkan. Contoh rempah yang memiliki profil rasa panas adalah seperti Cabai, Lada Hitam, Lada Putih, dan Wasabi.

Tajam

Tajam atau Pungent adalah yang termasuk memiliki aroma dan rasa yang tajam dan terkadang kita tidak kuat menciumnya seperti Bawang Bombay, Bawang Putih, Mustard, wasabi, Jahe, Lengkuas dan Bunga Lawang.

Buah

Rasa dan Aroma buah sepertinya sudah tidak asing lagi bagi siapapun. Contoh rempah yang memiliki profil Buah adalah seperti Adas Manis, Asam Jawa, dan Bunga Lawang.

Bunga

Profil rasa dari bunga sebenarnya tidak mesti sama persis seperti bunga tapi juga termasuk suatu yang wanginya seperti Teh atau harum. Penggunaan rempah yang memiliki Aroma Bunga penggunaannya cukup bebas dan cocok digabungkan dengan profil rasa lainnya. Contohnya adalah seperti Sereh, Daun Pandan, Saffron, Thyme dan Lavender.

Kayu

Rasa atau Aroma Kayu bisa kita dapatkan pada Kopi, Kayu Manis, Cengkeh, Kapulaga, Rosemary, dan Lada Sichuan.

Pinus

Yang satu ini agak sulit dijelaskan bagi yang belum pernah mencium aroma pinus. Contoh rempah yang memiliki karakter Pinus adalah seperti Bay Leaf, Rosemary, Thyme dan Daun Kari.

Dingin

Dingin biasanya identik dengan daun Mint atau sensasi seperti saat kita meminum air yang sangat dingin. Umumnya rasa Dingin ini cocok jika dikombinasikan dengan Rasa Manis. Beberapa rempah yang memiliki profil rasa Dingin adalah seperti Daun Mint, Dill, Adas Manis, dan Daun Basil.

Tanah

Ya Betul, rasa dan Aromanya ya sepert Tanah. Contohnya adalah seperti Kentang dan Buah Bit. Umumnya segala yang berasal dari dalam tanah akan memiliki profil rasa Tanah. Sebagian orang mendekripsikan seperti Aroma suatu yang kotor dan tidak bersih. Untuk rempah sendiri contohnya adalah seperti Cumin, Saffron, dan Kunyit.

Daun

Dari namanya rasanya sudah cukup jelas, yaitu segala yang memiliki aroma Daun atau Rumput seperti Oregano, Thyme, Dill, Lavender, Sage, dan Parsley.

Belerang

Sebenarnya rasa ini sulit dijelaskan dan lebih menekankan kepada aroma ketimbang rasanya, contohnya seperti pada Bawang Putih, Bawang Bombay, Kucai, dan Asafoetida. Bagaimana ? sudah terbayang kan maksudnya ?

Kacang

Terakhir adalah Kacang, Rasa dan aromanya seperti kacang tanah dan Almond. Biasanya Rasa Kacang ini juga terdapat karekter minyak didalamnya. Rempah yang memiliki karakter Kacang adalah seperti Biji Mustard, Wijen, Biji Ketumbar, Ajwain, Cumin, dan Biji Poppy.

 

Bagaimana ? Jadi mulai sekarang anda tidak perlu bingung lagi jika misalnya anda ditanya bagaimana Rasa Kunyit? Anda bisa menjawab bahwa rasanya Pahit dan terdapat aroma Tanah. Lalu bagaimana rasanya biji mustard ? Anda bisa menjelaskan bahwa rasanya seperti Kacang, Pedas, dan Kuat.

Related Posts

Leave a comment