Kayu Manis Bubuk dan Batang

Kayu Manis Bubuk dan Batang

Rp 31.000Rp 275.000

  • Halal.
  • Tanpa MSG.
  • Tanpa Perasa Buatan.
  • Tanpa Pewarna.
  • Tanpa Pengawet.
  • Tanpa Campuran / No Filler.
  • Dibuat di Indonesia.
  • Tersedia bentuk Kering/Utuh dan Bubuk Halus.
  • Terbuat dari Kayu Manis Cassia kering sepenuhnya.
  • Kadaluarsa produk sekitar 15 bulan hingga 24 bulan tergantung dari kualitas rempah seperti musim, jenis dan metode pemrosesan awal. Kadaluarsa akan tercantum berbeda setiap batch.
  • P – IRT No. 7.12.3173.04.0049-24
Clear

Kayu manis (Cinnamomum verum) merupakan tanaman rempah yang sering dijadikan bumbu masakan serta obat herbal. Kayu manis ini mempunyai aroma yang harum dengan rasa manis dan sedikit pedas. Warnanya sendiri antara merah coklat sampai coklat muda. Rempah jenis ini sangat unik sebab memakai bagian kulit yang diambil dari batang pohon kayu manis. Di Indonesia, ada berbagai macam masakan yang memakai kayu manis sebagai bumbunya seperti semur daging.

Sejarah kayu manis

Menurut sejarah kayu manis, rempah ini merupakan salah satu bumbu atau tanaman herbal tertua yang pernah ada bahkan tercatat di dalam sebuah Alkitab Perjanjian Lama. Kayu manis juga sudah digunakan sejak 5.000 tahun yang lalu oleh bangsa Mesir kuno. Di Mesir, kayu manis dipakai untuk membalsam mayat raja-raja yang akan dijadikan mumi. Tapi ada juga yang mengatakan kayu manis sudah ada di bangsa Eropa dan Mesir dari abad ke-5 SM. Beratus-ratus setelahnya, pemanfaatan dan perdagangan rempah kayu manis meningkat dan tersebar ke berbagai Negara seperti Asia. Kayu manis juga dipakai menambah cita rasa dalam makanan.

Jenis dan penyebaran kayu manis

Ada 2 jenis kayu manis yang banyak beredar di pasaran, yaitu kayu manis Ceylon dan kayu manis Cassia. Kayu manis Ceylon banyak ditemukan di Hindia Barat dan Amerika Selatan. Di Indonesia sendiri kayu manis jenis ini masih jarang ditemui. Kayu manisnya mirip cerutu dengan tekstur lembut yang mudah terkelupas serta warna coklat muda.

Sementara itu, kayu manis Cassia banyak sekali ditemui di pasaran Asia Tenggara dan China termasuk Indonesia. Jenis kayu manis Cassia berwarna coklat tua dan lebih keras dibandingkan tekstur kayu manis Ceylon. Kayu manis ini masih dibagi menjadi beberapa jenis lagi seperti cassia Indonesia (Kerinci), cassia Cina, serta cassia Vietnam.

Kayu manis di Indonesia tersebar di berbagai wilayah seperti di Maluku, Jawa, Sumatera, Papua Nugini, dan Nusa Tenggara. Pohon kayu manis sendiri paling banyak terdapat di wilayah Sumatera. Sementara itu di luar negeri, kayu manis sendiri sudah dipatenkan oleh salah satu merek dagang yang ada di Amerika Serikat.

Dosis kayu manis

Dosis kayu manis disesuaikan dengan jenis sakit yang ingin diobati. Misalnya untuk penyakit diabetes, maka 1 gram kayu manis merupakan dosis terendah yang dapat dipakai untuk mengobati diabetes misalnya diabetes tipe 2. Tapi ingat, rempah ini juga bisa meningkatkan kadar gula darah apalagi kalau penggunaan dosis tidak diatur.

Kegunaan kayu manis

Kayu manis paling sering digunakan sebagai bumbu masakan untuk menambah cita rasa serta aroma pada berbagai macam resep kuliner. Selain itu, kayu manis juga dapat dipakai untuk mengatasi berbagai macam penyakit serta diminum sebagai minuman menghangatkan. Bahkan selama ribuan tahun kayu manis digunakan untuk mengatasi batuk dan pilek. Kayu manis juga berkhasiat dalam hal kecantikan.

Manfaat kayu manis

Manfaat kayu manis untuk kesehatan antara lain mencegah penggumpalan darah, sebagai anti bakteri dan mencegah pertumbuhan jamur di tubuh, meningkatkan fungsi otak, menurunkan kolesterol, mencegah sakit jantung, serta menyehatkan pembuluh darah, dan masih banyak lagi. Selain itu, kayu manis juga dapat dimanfaatkan bagi penderita kencing manis.

Manfaat kayu manis untuk kecantikan dapat digunakan untuk mengatasi jerawat serta perawatan rambut. Kayu manis dapat digunakan sebagai scrub yang membuat kulit bercahaya. Selain itu, kandungan anti-inflamasi dan bakteri pada kayu manis bermanfaat mengobati jerawat membandel.

Efek samping kayu manis

Kayu manis umumnya tidak menimbulkan efek samping, tapi pemakaian rempah ini juga bisa membuat bibir dan mulut iritasi dan menyebabkan luka. Pada beberapa orang, kayu manis dapat memunculkan reaksi alergi, misalnya jika diaplikasikan di kulit maka kayu manis dapat menimbulkan alergi seperti iritasi dan kemerahan. Mengingat belum ada bukti tentang keamanan kayu manis sebagai pengobatan, maka kayu manis tidak dianjurkan bagi wanita hamil dan menyusui serta anak-anak.

Itulah tadi beberapa informasi penting terkait kayu manis yang bisa dijadikan bahan referensi sebelum pemakaian baik sebagai obat herbal maupun masakan. Semoga bermanfaat.

Deskripsi: Sebelum pemakaian kayu manis, pahami dan ketahui terlebih dahulu seluk beluk kayu manis beserta kegunaan atau manfaatnya di sini!

Tags: kayu manis, sejarah kayu manis, dosis kayu manis, manfaat kayu manis untuk kesehatan, manfaat kayu manis untuk kecantikan, jenis kayu manis cassia

Weight0.1 kg
Berat

100 gram, 1 kg

Bentuk

Batang, Bubuk Halus

Reviews

There are no reviews yet.

Add a review