Bagian Tumbuhan Yang Dipakai Sebagai Rempah

Bagian dari tumbuhan yang dipakai sebagai rempah
Bagian dari tumbuhan yang dipakai sebagai rempah

Rempah dan Bumbu sebenarnya berasal dari Tumbuhan atau tanaman yang diambil dari bagian tertentu. Namun beberapa rempah sangatlah cocok jika digunakan secara bersama contohnya adalah seperti Jahe, Kunyit, Lengkuas, dan Kapulaga. Hal ini dikarenakan mereka berasal dari keluarga yang dekat, yaitu Rhizome. Atau misalnya seperti seperti ketumbar, jintan, dan adas manis yang sangat cocok jika digunakan bersamaan, hal ini ternyata karena mereka masih berasal dari keluarga yang sama yaitu “Apiaceae”.

Walaupun rempah dan bumbu berasal hampir mayoritas dari tumbuhan, namun ada juga yang berasal dari hewan. Semua nya akan kita bahas pada artikel kali ini,

1. Kulit Kayu

Kayu Manis
Kayu Manis

Kulit Kayu diambil biasanya pada pohon yang sudah tua dan dibersihkan dari kotoran seperti lumut. Contoh rempah yang berasal dari Kulit Kayu Adalah Kayu Manis atau Kulit Manis.

2. Umbi-umbian

Bawang
Bawang

Contohnya adalah bawang Bombay dan Bawang Putih. Umbi ini biasanya berbentuk bulat dan terkubur dibawah permukaan tanah.

3. Bunga

Contoh dari Rempah yang diambil dari bagian bunga adalah seperti Cengkeh, Bunga Mawar, Kewra, Safflower(bukan saffron), dan Rosella.

4. Buah

Ajwain, Caraway, dan Cumin sebenarnya adalah Buah berukuran kecil dan termasuk keluarga Apiaceae. Mereka bukanlah Biji, melainkan buah.

5. Buah bercangkang

Contohnya adalah seperti Paprika, Kapulaga, Cabai, hingga Vanilla termasuk dari Buah bercangkang.

6. Buah berbiji dan beri

Lada Hitam, biji Allspices(Jamaican pepper), Limo Lime, dan Kokam adalah termasuk rempah yang berasal dari bagian buah berbiji serta beri.

7. Daun

Daun Laurel
Daun Laurel

Daun Kari, Daun Laurel, dan Daun Jeruk Purut termasuk Rempah yang berasal dari bagian daun.

8. Daun dan Batang

Contohnya adalah seperti Sereh, Daun Kelabat, Seledry, Oregano, dan Daun mint. Rempah rempah tersebut biasanya digunakan bagian Daunnya dan sedikit bagian batang kecilnya juga sedikit ikut digunakan.

9. Akar

Contohnya adalah Akar Angelica, Akar Manis(licorice), akar seledry, akar ketumbar, dan horseradish diambil dari bagian akar tanaman.

10. Lumut

Parmelia perlata atau Kalpasi termasuk contoh dari Lumut yang digunakan dalam masakan sebagai rempah.

11. Serbuk sari

Contohnya adalah Dill dan Adas Manis(bukan biji, tapi tanamannya)

12. Resin

Yang dimaksud resin adalah semacam getah yang keluar dari suatu pohon. Contohnya adalah mastic dan asafetida.

13. Rimpang

Tidak asing bagi orang Indonesia, contohnya adalah seperti Lengkuas, Jahe dan Kunyit. Di Jepang juga terdapat wasabi yang termasuk diambil dari Rimpang. Rimpang adalah seperti bagian daru akar namun ukurannya besar.

14. Kulit Buah

Terkadang bagian dari kulit buah juga dimanfaatkan sebagai pemberi rasa dalam makanan. Contohnya adalah seperti kulit Jeruk Nipis dan Jeruk Lemon.

15. Biji

Biji Annatto
Biji Annatto

Biji Wijen, Annatto, Biji Mustard, Biji Kelabat termasuk berasal dari Biji.

 

Itulah bagian bagian yang dipakai dari tumbuhan dan berasal dari Tanaman yang biasa digunakan dan dikenal selama ini sebagai rempah. Namun selain tumbuhan, terdapat juga yang berasal dari Hewan. Perasa atau tambahan makanan yang berasal dari Hewan contohnya adalah seperti Terasi yang terbuat dari Udang.

 

Kebanyakan rempah berasal dari daerah tropis seperti India, Indonesia, Thailand dan juga Amerika Latin.

 

Summary
Bagian dari tumbuhan yang dipakai sebagai rempah
Article Name
Bagian dari tumbuhan yang dipakai sebagai rempah
Description
Bagian dari tumbuhan yang dipakai sebagai rempah meliputi, Kulit Kayu, Umbi, Bunga, Buah, Daun, Batang, Akar, Lumut, Serbuk Sari, Resin, Rimpang, Kulit Buah, Biji.
Author
Publisher Name
Cairo Food
Publisher Logo

Related Posts

Leave a comment