6 Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

6 Manfaat Bawang Putih
6 Manfaat Bawang Putih

Siapa yang tidak tahu ‘bawang putih’? termasuk kedalam bumbu dapur inti yang sering digunakan sebagai bahan dasar disetiap hidangan. Memiliki harum yang khas saat ditumis, serta memberi rasa gurih pada setiap masakan, membuat bawang putih sangat populer dan banyak digunakan sebagai penguat rasa. Selain digunakan untuk bahan dasar bumbu dan pelengkap makanan, bawang putih juga sering digunakan sebagai obat tradisional yang bermanfaat untuk mengobati atau mencegah berbagai macam penyakit lho…

Senyawa aktif yang terdapat dalam bawang putih segar seperti allicin, membuat bawang putih memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur. Juga diperkaya dengan Vit B1, B2, B3, B6, Vit C, Kalsium, Kalium,Fosfor, Folat, Megan Magnesium, Natrium, Serta Seng yang membuat bawang putih semakin kaya akan manfaat.
Apa sajakah manfaat bawang putih untuk kesehatan? Mari kita simak penjelasan berikut ini:

1. Untuk menurunkan tekanan darah dan kolestrol

Tekanan Darah dan Kolestrol
Tekanan Darah dan Kolestrol

Dilansir dari The Journal Of Nutrition 2016 about garlic and heart disease bahwa bawang putih ampuh untuk menurunkan tekanan darah systolic sebesar 7-16 mmHg dan menurunkan kolestrol sebesar 7-29,8 mg/dL.
Kamu dapat mengonsumsinya dengan cara dikukus atau direbus dua kali sehari sebanyak 1 siung.

2. Untuk kesehatan jantung

Kesehatan Jantung
Kesehatan Jantung

Bawang putih dapat melindungi pembuluh darah sehingga tidak mudah tersumbat, oleh karna itu peneliti The Journal Of Nutrition menyimpulkan bahwa mengonsumsi bawang putih memiliki manfaat bagus untuk jantung. Terutama bawang putih mentah, karna diyakini bawang putih memiliki kandungan antioksidan dan zat lain yang bermanfaat dan dikhawatirkan hilang saat terjadinya proses memasak seperti menggoreng dengan minyak yang terlalu lama.

3. Sebagai antibiotik alami

Antibiotik Alami
Antibiotik Alami

Mengonsumsi bawang putih dalam jumlah yang aman perhari yaitu 4 siung bawang putih dalam 1 hari, dipercaya dapat membunuh bakteri secara alami, sehingga memiliki fungsi yang sama sebagai antibiotik yakni mengatasi atau mencegah infeksi bakteri. Jika terjadi infeksi luar, kamu cukup menghaluskan bawang putih sebagai ekstrak, bisa ditambahkan dengan minyak zaitun lalu balurkan kepada bagian yang terinfeksi. Namun jika kamu ingin mengobati infeksi bagian dalam, cukup mengonsumsi dalam keadaan mentah secara langsung.

4. Memperbaiki saluran pencernaan

Saluran Pencernaan
Saluran Pencernaan

Bawang putih mengandung inulin tinggi yang dapat memberi makan bakteri baik dalam sistem pencernaan, seingga dapat bekerja sebagai bahan bakar bagi bakteri tersebut untuk bekerja dengan lebih baik, sehingga usus dapat bekerja lebih optimal. Selain itu bawang putih juga membantu pertumbuhan bakteri baik di usus dan mencegah tumbuhnya bakteri pemicu penyakit seperti diare, mual dan penyakit pencernaan lainnya.

5. Mencgah Flu

Flu
Flu

Selain itu bawang putih juga memiliki sifat antiinflamasi, antibakteri, dan antioksidan yang berguna untuk merangsang sistem kekebalan tubuh untuk memerangi penyakit. Juga senyawa yang ditemukan dalam bawang putih bekerja untuk meningkatkan respon sel darah putih dalam tubuh yang dapat melawan virus flu.

6. Mengurangi Rambut Rontok

Rambut Rontok
Rambut Rontok

Bahan penting yang terdapat dalam bawang putih serta sifat anti Mikroba yang dapat membunuh kuman dan bakteri yang menyebabkan rambut rontok. Kamu hanya cukup mencampurkan minyak kelapa hangat dan parutan bawang putih, lalu membalurkan campuran itu keseluruh permukaan kulit kepala secara merata sambil dipijat. Tunggu selama kurang lebih 30 menit kemudian cuci rambut seperti biasa.

Itu dia beberapa manfaat baik bawang putih untuk kesehatan, yang bisa kamu coba dirumah. Namun tetap ikuti anjuran dokter dan jangan menggunakannya secara berlebihan, karna selain memiliki banyak manfaat, mengonsumsi bawang putih secara berlebihan juga memiliki efek samping yang cukup berbahaya penurunan tekanan darah yang berlebihan, pusing, ataupun bau badan yang akan kami jelaskan di artikel selanjutnya.

Jadi, tetap konsumsi bawang putih sesuai kebutuhan mu ya!!

 

Leave a comment