Kapulaga Hijau Bubuk dan Kering

Kapulaga Hijau Bubuk dan Kering

Rp 64.600Rp 599.000

  • Halal.
  • Tanpa MSG.
  • Tanpa Perasa Buatan.
  • Tanpa Pewarna.
  • Tanpa Pengawet.
  • Tanpa Campuran / No Filler.
  • Dibuat di Indonesia.
  • Tersedia bentuk Kering/Utuh dan Bubuk Halus.
  • Terbuat dari Kapulaga Hijau kering sepenuhnya.
  • Kadaluarsa produk sekitar 15 bulan hingga 24 bulan tergantung dari kualitas rempah seperti musim, jenis dan metode pemrosesan awal. Kadaluarsa akan tercantum berbeda setiap batch.
  • P – IRT No. 2123275030991-23
Clear

Kapulaga dikenal sebagai "ratu rempah-rempah" kapulaga hijau adalah rempah termahal ketiga di dunia, setelah saffron dan vanila. Nama kapulaga berasal dari kata Yunani, yaitu kardamom (dari asal Persia), dan digunakan oleh orang India, Yunani, Romawi, Persia, Mesir, dan Cina lebih dari 2000 tahun yang lalu dalam makanan, minuman, obat-obatan, dan parfum. Berasal dari India Selatan, orang Viking dari Eropa Utara membeli kapulaga dari pedagang yang mendapatkannya melalui jalur Konstantinopel, dan memperkenalkannya ke Skandinavia. Sampai hari ini, kapulaga adalah bahan penting dalam kue-kue di Denmark. Digunakan oleh Cleopatra untuk mengisi kamar-kamarnya dengan aroma(asap) manis kapulaga sebelum kunjungan Mark Anthony ke Mesir, orang Mesir mengunyah kapulaga untuk membersihkan gigi mereka.

Kapulaga adalah bahan populer dalam masakan India, Iran, dan Arab. Bahan penting dalam kopi Arab dan Turki, orang-orang Arab Badui menempatkan kapulaga di cerek pot kopi sehingga ketika kopi dituangkan, menambahkan rasa kapulaga. Nama Indianya berasal dari bahasa Dravida.

Ada dua jenis kapulaga, kapulaga asli/sejati berwarna hijau dan kapulaga palsu. Ada banyak jenis kapulaga sejati atau hijau, tergantung dari asalnya. Kapulaga yang lebih murah atau palsu berasal dari Nepal, Vietnam, Afrika Barat, Bengal, Indonesia. Jenis ini lebih besar dan coklat tua atau coklat kehitaman dengan profil rasa yang sangat berbeda dari kapulaga sejati(hijau).

Nama Ilmiah Kapulaga

Kapulaga Asli: Elettaria cardamomum

Asal dan Varietas Kapulaga

Kapulaga hijau sejati asli berasal dari India (Kerala, Karnataka, Tamil Nadu) dan Sri Lanka. Kapulaga juga tumbuh di Thailand, Sumatra, dan Guatemala. Amerika Serikat membeli kapulaga hijau dari Guatemala, India, dan Sri Lanka. Varietas hijau lainnya dibudidayakan dan dikonsumsi di Indonesia dan Thailand.

Nama Lain Kapulaga

Kapulaga hijau juga disebut dengan berbagai nama seperti

  • korerima hel (Amharik)
  • sehat, hab el-hal (Arab)
  • bak dan kou, shiou dou kou (Kanton, Mandarin)
  • kardemomme (Denmark)
  • kardemom (Belanda)
  • hel (Farsi)
  • cardomome (Prancis)
  • kardamom (Jerman)
  • kardamomum (Yunani)
  • hel (Ibrani)
  • chotta elaichi (Hindi)
  • kau blong (Hmong)
  • krako sbat (Khmer)
  • kapulaga (Indonesia)
  • cardamomo (Italia, Spanyol, Portugis)
  • karudamon (Jepang)
  • hmak heng (Laos)
  • yelakai, elathari (Malayalam)
  • buah pelaga (Malaysia)
  • velachi (Marathi)
  • kardachi (Rusia)
  • enasal (Singhalese)
  • kardemumma (Swedia)
  • elakai (Tamil, Telegu)
  • luk krawan (Thailand)
  • sugmel (Tibet)
  • kakule tohomu (Turki)
  • elichi (Urdu)
  • truc sa (Vietnam).

Bentuk Kapulaga

Kapulaga adalah buah kering dan keras yang terbungkus dengan banyak biji didalamnya. Kapulaga digunakan utuh maupun dihancurkan. Kapulaga dipilih sendiri dan umumnya lengket saat disentuh. Kapulaga yang berasal dari India Selatan dan Sri Lanka sedikit lebih kecil tetapi lebih wangi.

Kapulaga sejati berukuran kecil dan hijau tua, hijau muda, atau putih, tergantung pada bagaimana Kapulaga diproses. Warnanya hijau tua saat Kapulaga dikeringkan dengan oven, hijau muda saat Kapulaga dikeringkan dengan udara, dan berwarna putih atau berwarna krem saat diputihkan.

Rasa Kapulaga

Biji di semua jenis Kapulaga berwarna coklat kemerahan hingga hitam dan sangat aromatik. Kapulaga hijau memiliki rasa bunga yang bersih, manis, dan pedas dengan aroma lemon. Kapulaga memiliki campuran rasa mint, eucalyptus, dan lada hitam.

Komponen Kimia Kapulaga

Kapulaga sejati memiliki minyak atsiri 2% hingga 10% tergantung pada daerah asal dan kondisi penyimpanannya. Komponen penyumbang aroma utama adalah 1,8-cineole (25% hingga 35%), dan α-terpinyl acetate (28% hingga 34%). Yang lainnya adalah linalyl acetate (1% hingga 8%), sabinene (2%), limonene (2% hingga 12%), myrcene (2%), dan linalool (1% hingga 4%). Sekali lagi, komponen bervariasi tergantung pada asalnya. Minyak esensial Kapulaga memiliki rasa yang pedas, manis, jeruk, dan apak, sedangkan oleoresin berwarna hijau tua, pedas, dingin, dan seperti sensasi terbakar.

Kapulaga mengandung kalsium, magnesium, kalium, dan mangan. Kapulaga coklat memiliki serat kasar yang tinggi.

Manfaat Kapulaga Untuk Kesehatan

Berikut adalah manfaat Kapulaga Hijau atau Green Cardamom dari sisi kesehatan:

  1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan.
  2. Meningkatkan Kesehatan Jantung.
  3. Melancarkan Buang Air Kecil.
  4. Mengurangi Hipertensi.
  5. Melancarkan Detoksifikasi Tubuh.
  6. Mengurangi Epilepsi.
  7. Pencegahan Kanker.
  8. Memerangi Depresi
  9. Mengurangi Asma.
  10. Membantu dalam pengobatan Diabetes.
  11. Meningkatkan Kesehatan Mulut.
  12. Tingkatkan Nafsu Makan.
  13. Meningkatkan Kesehatan Seksual.
  14. Dapat mengobati cegukan.
  15. Membantu Mengobati Sakit Tenggorokan.
  16. Mencegah Penggumpalan Darah.
  17. Memperbaiki kompleksi
  18. Meningkatkan Sirkulasi Darah.
  19. Mengobati Alergi Kulit.
  20. Aromaterapi.
  21. Membuat Kulit yang cerah.
  22. Memelihara Kulit Kepala.
  23. Menghaluskan Bibir.
  24. Meningkatkan Kesehatan Rambut.

Cara Konsumsi Kapulaga

Kapulaga sejati menjadikan makanan menjadi manis dan gurih. Cocok dengan buah-buahan, almond, kunyit, mentega, peterseli, daun ketumbar, cengkeh, dan kayu manis. Kapulaga adalah penyedap rasa yang sangat penting dalam makanan dan minuman Turki dan Arab. Orang Arab menambahkan kapulaga ke hidangan daging dan nasi. Di Arab Saudi, kopi darkroasted yang dicampur dengan kapulaga tanah, disebut gahira / gahwa atau Arabic Coffee, disajikan kepada para tamu sebagai simbol keramahan. Kapulaga ditambahkan ke campuran rempah-rempah Arab seperti baharat dan jhoug dan hidangan daging-nasi dengan kacang, buah-buahan kering, dan kunyit, yang disebut kabsah, mirip dengan biryani di India. Afrika Utara menambahkan Kapulaga ke bumbu lokal seperti ras-el-hanout dan berbere. Orang Etiopia memanggang kopi dengan buah kapulaga dan cengkeh.

Kapulaga hijau dan coklat besar biasanya digunakan dalam masakan India. Di India, Kapulaga hijau digunakan utuh, atau bijinya ditumbuk dan ditambahkan selama memasak atau ditaburkan di hidangan untuk memberikan aroma manis. Kapulaga hijau adalah bahan penting dalam manisan India (halwa), puding, yogurt (shrikand), custard (kesari), dan es krim. Kapulaga hijau memberikan cita rasa yang berbeda dengan korma krem yang terkenal di India dan biryani bergaya Mogul. Ini juga merupakan bahan penting dalam kari Asia Tenggara, pilaf, dan makanan penutup dan makanan lain yang memiliki pengaruh India. Kapulaga hijau utuh merupakan bahan penting dalam chai masala, minuman teh panas berbumbu yang dikonsumsi di seluruh India dan sekarang sedang berkembang sebagai minuman populer di Amerika Serikat. Orang-orang Kashmir menikmati teh hijau harum yang dibumbui dengan Kapulaga.

Kapulaga tidak umum digunakan di Eropa kecuali di Skandinavia, di mana kapulaga digunakan sebagai pengganti kayu manis di kue-kue Denmark, biskuit, kue, roti, kaffekage, julekake, glogg (hot spiced wine punch), pai apel, sosis, dan bakso .

Penggunaan Kapulaga

Banyak sekali penggunaan kapulaga Hijau dalam bumbu seperti garam masala, bubuk kari, korma, berbere, baharat, zhoug, ras el-hanout, campuran kabsah, campuran kesari, campuran biryani, dan campuran kopi.

Kapulaga Hijau tidak hanya digunakan untuk campuran bumbu saja, tapi juga bisa digunakan untuk campuran Kue Manis, Sirup Manis(gulab jamun), Dodol Oman(Halawa Omania) dan resep kue lainnya. Bahkan Chef kami juga pernah mencoba membuat Kolak dengan Kapulaga Hijau.

Kapulaga Hijau memiliki aroma yang unik dan kuat, juga bisa dipakai dalam produk sabun, Cream dan juga Parfum.

Penggunaan Kapulaga Sebagai Pengobatan

Orang India mengunyah Kapulaga untuk mempermanis dan membersihkan napas yang segar setelah makan dan juga setelah makan malam untuk membantu mengendurkan perut dan membantu pencernaan. Kapulaga juga mencegah mual dan muntah. Kapulaga menenangkan bayi kolik, menginduksi keringat, dan mendinginkan tubuh selama bulan-bulan musim panas. Orang Arab secara tradisional menggunakan kapulaga sebagai afrodisiak. Di Skandinavia, itu digunakan untuk menutupi bau alkohol, ikan, dan bawang putih.

Kapulaga Hijau mengandung beberapa kandungan yang dapat membantu masalah pencernaan, membunuh berbagai jenis bakteri, mengurangi pembengkakan, dan juga meningkatkan kekebalan tubuh.

Efek Samping Kapulaga Hijau

Kapulaga Hijau termasuk cukup aman jika dikonsumsi melalui mulut dalam jumlah yang wajar seperti pada bumbu makanan. Kapulaga Hijau juga relatif aman jika digunakan untuk tujuan medis seperti menghirup aroma yang keluar dari minyak kapulaga.

Kapulaga Hijau bisa berbahaya jika dikonsumsi berlebihan khusus pada ibu Hamil dan menyusui, karena dapat menyebabkan keguguran hanya jika dikonsumsi dalam jumlah yang tidak wajar.

Jika anda memiliki batu empedu, disarankan untuk tidak mengkonsumsi Kapulaga secara berlebihan.

WeightN/A
Bentuk

Bubuk Halus, Kering

Berat

1 kg, 100 gram

Reviews

There are no reviews yet.

Be the first to review “Kapulaga Hijau Bubuk dan Kering”

Beli Kapulaga Hijau dari Cairo Food secara Online di Indonesia dan dapatkan produk dengan kualitas Baik dan Bagus. Halal, Wangi, Enak dan bermanfaat untuk kesehatan. Bisa dipakai sebagai bumbu masak dan juga untuk tujuan kesehatan.

Secara garis besar Kapulaga Hijau dimanfaatkan dalam masakan dan juga kesehatan. Hampir semua makanan Timur Tengah dan India menggunakan Kapulaga Hijau, Sedangkan Kapulaga Putih umumnya sangat terkenal di Indonesia. Bisa dibilang bahwa kapulaga hijau adalah rempah wajib yang harus ada di setiap makanan Arab dan India. Harga Kapulaga Hijau memang mahal dan termasuk dalam daftar 10 rempah rempah termahal di dunia. Walaupun begitu Kapulaga Hitam jauh lebih mahal sekitar 2 hingga 3 kali lipat dari kapulaga hijau.

Tag & Keyword

kapulaga hijau, kapulaga hijau asli, kapulaga hijau yang bagus, kapulaga hijau murah, bubuk kapulaga hijau, kapulaga bubuk, kapulaga import, kapulaga india, bubuk kapulaga, kapulaga hijau kering, kapulaga hijau halal, tepung kapulaga hijau, resep kapulaga hijau, beli kapulaga hijau, jual kapulaga hijau, beli kapulaga hijau di indonesia, beli kapulaga hijau di jakarta, jual kapulaga hijau di indonesia, jual kapulaga hijau di jakarta, green cardamom, green cardamom asli, green cardamom yang bagus, green cardamom murah, bubuk green cardamom, green cardamom kering, green cardamom halal, tepung green cardamom, resep green cardamom, beli green cardamom, jual green cardamom, beli green cardamom di indonesia, beli green cardamom di jakarta, jual green cardamom di indonesia, jual green cardamom di jakarta

Summary
product image
Author Rating
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 1 votes
Brand Name
Cairo Food
Product Name
Kapulaga Hijau Bubuk dan Kering
Price
IDR 64600
Product Availability
Available in Stock