12 Cara Menghilangkan Rasa Panas Di Tangan Akibat Cabai

Memasak dengan menggunakan rempah seperti cabai seringkali meninggalkan sensasi panas di tangan. Terutama jika anda memotong cabai dan mengulek sambal tanpa sarung tangan. Rasa panas akibat cabai tersebut tentu saja tidak nyaman karena membuat tangan terasa terbakar.

Tapi, tahukah anda apa penyebab panas di tangan akibat cabai tersebut? Sensasi tangan panas ini disebabkan oleh kandungan capsaicin di dalam cabai. Senyawa ini memiliki sifat yang mirip seperti minyak alkali yang terkandung dalam selaput putih bernas yang mengelilingi cabai.

Senyawa ini mudah menyebar ke permukaan benda yang terkena dan membuat panas, termasuk jika terkena pada tangan. Selain itu, senyawa capsaicin ini juga menjadi penyebab mengapa ketika memakan cabai atau sambal secara berlebihan menimbulkan rasa panas di perut.

Capsaicin merangsang dan mengikat reseptor rasa sakit. Alhasil saat reseptor diaktifkan, maka tubuh akan bereaksi dengan sensasi panas dan terbakar. Meskipun menghasilkan sensasi panas dan terbakar, capsaicin tidak membuat tubuh mengalami kerusakan jaringan atau luka bakar. Hal ini dikarenakan molekul pada capsaicin hanya berikatan saja dengan reseptor rasa sakit di sekitar tangan, serta tidak merusak jaringan kulit.

Cara Mengatasi Tangan Panas Akibat Cabai

Meski dapat hilang dengan sendirinya, tangan pedas yang terkena cabai tentu terasa mengganggu. Oleh sebab itu, dibutuhkan cara-cara yang lebih praktis untuk menghilangkan rasa panas pada tangan akibat cabai. Berikut 11 cara untuk mengatasi tangan panas akibat cabai dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan, sehingga layak untuk dicoba.

Cuci Tangan Dengan Sabun Pencuci Piring

Ketika rasa panas mulai menyerang sesaat setelah memegang cabai, maka hendaknya segera mencuci tangan dengan sabun pencuci piring. Tidak ada jenis sabun cuci piring tertentu yang harus digunakan, sehingga semua merek tidak menjadi masalah. Gosok sabun cuci piring di seluruh bagian telapak tangan dan oles juga pada bagian bawah kuku.

Penggunaan sabun cuci piring dikarenakan sabun ini lebih mudah menghilangkan minyak pada cabai yang menempel di tangan. Ini jauh lebih efektif dibandingkan sabun pencuci tangan biasa. Setelah digosok merata, kemudian bilas tangan dengan air hingga bersih. Sementara saat ini terdapat juga pembersih tangan khusus penghilang lemak yang juga bisa digunakan. Sifatnya mirip dengan sabun pembersih piring.

Menggunakan Minyak

Minyak yang bisa digunakan untuk mengatasi tangan panas akibat panas cabai adalah minyak sayur dan minyak zaitun. Kedua minyak ini baik untuk menghilangkan capsaicin yang menyebar di tangan. Hal ini dikarenakan minyak sayur dan minyak zaitun mampu melarutkan minyak cabai yang panas.

Cara menggunakannya yakni dengan menggosok tangan menggunakan sedikit minyak sebelum maupun setelah mengolah cabai. Pastikan untuk menggunakan minyak sedikit saja, karena jika terlalu banyak minyak akan sulit hilang dan membuat tangan licin sehingga merepotkan ketika menggunakan alat-alat dapur.

Cara lain untuk menggunakan minyak di tangan yakni dengan mencelupkan bola kapas dalam cairan minyak zaitun atau minyak sayur bersih. Selanjutnya totolkan kapas basah tersebut pada area kulit yang terasa pedas karena cabai. Anda juga bisa merendam tangan dalam baskom yang berisi minyak untuk membuat minyak menyebar lebih merata. Tunggu hingga 2 menit lalu bilas dengan air dan sabun pencuci piring.

Susu Atau Yoghurt

Susu atau yoghurt tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan. Dua produk olahan susu ini ternyata juga efektif untuk menghilangkan sensasi panas pada tangan yang diakibatkan oleh cabai. Secara teknis, capsaicin dalam cabai lebih mudah larut dalam lemak dan minyak dibandingkan air.

Nah, kedua bahan ini memiliki kandungan lemak yang dapat meluruhkan capsaicin. Cukup rendam tangan dalam susu atau yoghurt beberapa menit. Lakukan hal ini sampai sensasi panas pada tangan hilang. Protein susu (kasein) yang terdapat dalam kedua bahan tersebut berfungsi sebagai detergen alami yang mampu memecah dan menghilangkan capsaicin.

Baking Soda

Baking soda sebagai bahan pokok yang ada di dapur ternyata dapat berfungsi menetralkan minyak capsaicin. Cara menggunakannya dengan membuat pasta dari campuran soda dan air. Kemudian baluri tangan dengan campuran tersebut, biarkan hingga mengering dengan sendirinya lalu bilas hingga bersih.

Pasta Gigi

Pasta gigi memiliki kemampuan yang setara dengan baking soda yang dapat menghilangkan rasa panas setelah terkena cabai. Cuci tangan terlebih dahulu hingga bersih dari sisa-sisa cabai, kemudian oleskan sedikit pasta gigi ke kedua telapak tangan secara merata.

Selanjutnya, diamkan pasta gigi tersebut selama 5 menit. Setelah itu, gosoklah tangan dan sela-sela jari lalu bilas tangan dengan air hingga bersih. Cara ini bukan hanya menghilangkan panas akibat cabai, namun juga menghilangkan bau tak sedap dari terasi jika anda mengulek sambal terasi.

Madu

Pada prinsipnya sensasi panas mirip seperti kulit terbakar yang cukup perih. Dalam hal ini madu dikenal dapat menenangkan kulit yang mengalami gejala serupa. Hal ini dikarenakan madu mengandung antioksidan yang membantu mengurangi peradangan pada kulit. Peradangan ringan mungkin terjadi ketika tangan terkena cabai cukup banyak.

Cara menggunakannya jangan langsung oleskan madu tebal pada kulit, karena justru membuat repot karena madu cenderung lengket. Sebaiknya, totolkan bola kapas yang sudah direndam pada madu ke kulit sedikit demi sedikit. Cara lainnya yakni dengan mengoleskan madu ke kain kasa steril. Lalu tempelkan kasa tersebut di atas kulit. Ingat bahwa madu yang digunakan harus madu asli dan tanpa tambahan bahan-bahan adiktif.

Es Batu

Sebagai solusi sementara, mengompres tangan dengan es batu untuk menghilangkan rasa pedas di tangan cukup efektif. Cara menggunakannya yaitu masukkan beberapa bongkah es batu ke dalam bungkus plastik. Tempelkan plastik tersebut di tangan selama 15-20 menit. Jika tidak ada plastik, anda bisa menggunakan wash lap bersih untuk membalut es batu.

Gel Aloe Vera

Gel aloe vera terkenal karena dapat melembabkan dan menenangkan kulit. Tentu saja bahan ini bisa digunakan untuk meredakan rasa panas akibat cabai berkat efek pendinginannya. Selain itu, lidah buaya juga kaya akan air dan senyawa karbohidrat komplek sehingga cukup efektif untuk meredakan nyeri.

Cara menggunakannya sangat mudah, cukup mengoleskan gel aloe vera dingin pada kulit tangan yang terasa pedas. Kemudian biarkan gel tersebut meresap sempurna dan mengering. Jika dalam sekali pakai tangan masih tetap panas, cara ini bisa diulangi lagi hingga tiga kali sampai sensasi pedas pada tangan menghilang.

Rendam Di Air Hangat

Selain susu atau yoghurt, air hangat juga dapat digunakan untuk menghilangkan panas pada tangan karena terkena cabai. Akan tetapi, tangan yang panas jika direndam dengan air hangat rasanya cukup perih. Sehingga tidak semua orang mampu melakukan cara ini.

Sebaiknya sebelum merendam tangan yang terkena cabai, pastikan suhu air yang digunakan tidak terlalu panas. Anda bisa mencelupkan tangan dan merendamnya sekitar 1 menit lalu diangkat sebentar. Lakukan cara ini terus menerus sampai panasnya hilang. Jika 1 menit terlalu lama, maka bisa direndam setiap 20-30 detik.

Cairan Alkohol

Cairan alkohol yang biasa digunakan oleh para medis ternyata juga bisa menghilangkan panas di tangan. Alkohol juga mampu membuat capsaicin pada cabai mudah larut. Cukup teteskan sedikit cairan alkohol ke tangan lalu gosok-gosokkan hingga merata. Bisa juga menggunakan kapas untuk memudahkan penggunaan alkohol. Sensasi dingin yang berasal dari alkohol sangat membantu menurunkan gejala panas pada telapak tangan karena terkena cabai.

Saus Tomat

Siapa yang menyangka bahwa saus tomat di rak dapur anda ternyata bisa dimanfaatkan untuk mengatasi tangan yang panas ketika terkena cabai. Anda cukup melumuri seluruh bagian tangan yang panas dengan menggunakan saus tomat. Setelah digosok dan diratakan, anda perlu menunggu selama 15-20 menit. Kemudian bilas tangan dengan air dan sabun pencuci piring hingga bersih.

Air Bekas Cucian Beras

Promo Diskon Cairo Food

Cara terakhir untuk menghilangkan rasa panas di tangan setiap terkena cabai, bisa menggunakan air bekas cucian beras. Kebetulan jika anda memiliki bahan ini, cukup rendam tangan anda ke dalam air cucian beras tersebut. Kemudian gosok-gosok tangan di dalam air tersebut dan diamkan hingga 10 menit. Setelah itu, anda bisa mengulangi proses ini hingga dua kali jika tangan masih terasa cukup panas. Agar hasil maksimal, anda juga perlu menggunakan sabun cuci piring setelah proses perendaman tersebut.

Sebenarnya cara untuk menghilangkan panas di tangan karena cabai sangatlah mudah. Akan tetapi, tidak semua orang mengetahui dan memahami penggunaan bahan-bahan tersebut. Hal yang perlu diingat juga ketika tangan anda masih terasa panas karena cabai, jangan menyentuh mata, hidung, maupun area wajah terlebih dahulu. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *