10 Manfaat Aloe Vera Gel Bagi Kesehatan Tubuh

Aloe vera gel merupakan gel yang terkandung dalam lidah buaya. Bahan ini cenderung lebih umum digunakan untuk pengobatan dan perawatan kulit dibandingkan sebagai bahan pangan. Aloe vera gel ini termasuk bahan herbal yang memiliki kandungan nutrisi yang menyehatkan seperti enzim, vitamin, mineral, asam amino, dan senyawa fenolik. Enzim di dalamnya terdiri dari 8 jenis enzim penting antara lain selulase, katalase, alkaline phosphatase, bradykinase, amylase, carboxy peptidase, aliase, peroksidase dan lipase. Enzim tersebut diyakini dapat mengurangi peradangan, dan membantu tubuh dalam memecah lemak dan gula.

Sementara itu, kandungan vitamin terdiri dari vitamin A, B, C, dan E merupakan vitamin yang berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh. Secara khusus vitamin C adalah nutrisi yang dibutuhkan untuk membantu menyerap zat besi, menjaga kesehatan gigi dan tulang, serta membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Di sisi lain, mineral penting yang dikandung dalam aloe vera gel cukup lengkap mulai dari selenium, kalsium, magnesium, kalium, natrium, mangan, zinc, tembaga, dan kromium. Daftar mineral tersebut penting untuk mendukung metabolisme tubuh. Selanjutnya, kandungan asam amino di dalam lidah buaya yang bersifat anti-inflamasi dan anti-bakteri baik untuk mendukung fungsi otak dan kecerdasan, meningkatkan penyerapan kalsium, mendukung perbaikan jaringan otot dan lain sebagainya.

Terakhir, adanya kandungan dari senyawa fenolik di dalam aloe vera gel dikenal sebagai obat pencahar yang ampuh untuk mengatasi gangguan pencernaan. Nah, untuk penjelasan lebih lengkap terkait kandungan dan manfaat kandungan aloe vera gel, simak ulasan dari 10 manfaat aloe vera gel untuk kesehatan tubuh serta perawatan kulit.

Meredakan Gatal Dan Ruam

Beberapa penyakit kronis yang disebabkan oleh alergi dan peradangan biasanya menyebabkan rasa gatal di kulit dan mulut. Sebagian besar juga akan diiringi dengan ruam kemerahan yang terasa panas, gatal, dan perih secara bersamaan. Kondisi tersebut tentu saja terasa sangat tidak nyaman dan bahkan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Untuk mengatasi masalah tersebut, anda dapat menjadikan aloe vera gel sebagai campuran obat kumur untuk mengurangi rasa gatal dan ruam pada mulut. Sementara untuk mendapat khasiat yang sama, bisa juga dengan mengoleskan gel ini pada kulit secara langsung sebanyak dua kali sehari. Aloe vera gel sebagai obat oles dapat digunakan maksimal selama 2 bulan untuk mengembalikan kondisi kulit ke keadaan semula.

Menurunkan Kadar Gula Darah

Aloe vera gel bisa digunakan sebagai anti-diabetes untuk menurunkan kadar gula darah. Konsumsi ekstrak lidah buaya setiap hari dapat menurunkan kadar gula darah dari penderita diabetes tipe 2. Hal ini dikarenakan lidah buaya mengandung senyawa kromium yang dapat merangsang sel beta pankreas untuk mengeluarkan insulin.

Untuk memanfaatkan aloe vera gel ini, dapat mengolahnya menjadi jus dengan takaran 2 sendok makan gel setiap harinya selama maksimal 2 minggu. Meski demikian, mengonsumsi aloe vera gel perlu berhati-hati terutama jika dikonsumsi bersamaan dengan obat diabetes. Hal ini mungkin membuat gula darah turun secara drastis, sehingga justru membahayakan kesehatan secara langsung.

Melancarkan Pencernaan

Seperti yang dijelaskan pada bagian awal bahwa senyawa fenolik di dalam aloe vera gel memiliki efek sebagai pencahar yang dapat membantu melancarkan pencernaan. Aloe vera gel bisa dibuat menjadi jus lidah buaya untuk mengatasi sembelit dan membuat buang air besar menjadi lebih nyaman. Akan tetapi, penggunaan aloe vera gel untuk mengatasi sembelit tidak disarankan dalam jumlah berlebihan. Hal ini dikarenakan mengonsumsi lidah buaya dalam jumlah yang berlebihan justru menyebabkan diare.

Menjaga Kesehatan Rongga Mulut

Anda mungkin dapat menemukan produk obat kumur maupun pasta gigi yang mengandung aloe vera gel. Hal ini dikarenakan aloe vera gel memang dapat menjaga kesehatan rongga mulut. Sifat anti-bakteri di dalam aloe vera gel dapat membantu mengurangi bakteri dan plak penyebab gigi berlubang. Tak hanya itu, menjadikan aloe vera gel sebagai obat kumur akan membuat mulut lebih segar, mencegah infeksi jamur, serta terhindar dari radang gusi. Kandungan anti-bakteri di dalam aloe vera gel ternyata bisa digunakan juga untuk meredakan sariawan.

Mengatasi Mata Bengkak

Aloe vera gel yang memiliki efek dingin dan menenangkan dapat menjadi bahan alami untuk mengatasi mata bengkak. Bagi pemilik kulit sensitif, aloe vera gel cenderung aman untuk dioleskan langsung pada kulit. Cukup oleskan lidah buaya ke area bawah mata ketika mata bengkak, biarkan selama 15-20 menit lalu bilas dengan bersih.

Jangan membawa aloe vera gel asli sebagai masker tidur, karena dapat memicu iritasi kulit. Aloe vera gel ini memiliki kemampuan untuk melancarkan aliran darah sehingga akan mempercepat proses perpindahan cairan yang menumpuk ketika mata bengkak.

Mempercepat Penyembuhan Luka

Aloe vera gel merupakan salah satu bahan tradisional yang paling sering digunakan untuk mengobati luka. Jenis luka yang bisa diobati menggunakan gel ini adalah luka derajat satu dan derajat dua, termasuk luka bakar dan luka lecet. Hal ini dikarenakan aloe vera gel meningkatkan produksi keratinosit yang kuat, sekaligus menambah rangsangan untuk regenerasi sel kulit.

Keratinosit adalah sel yang menyusun lapisan epidermis yang berfungsi untuk mencegah senyawa kimia asing masuk ke tubuh. Lebih lanjut, aloe vera gel juga mengandung senyawa glukomanan yang bisa mendorong pertumbuhan regenerasi sel dan produksi kolagen. Ini adalah senyawa yang dibutuhkan untuk mempercepat proses penyembuhan luka.

Mengobati Jerawat

Manfaat lidah buaya selanjutnya cenderung lebih berfokus pada kesehatan kulit dan perawatan wajah. Sudah banyak diketahui bahwa aloe vera gel adalah obat yang ampuh untuk mengatasi jerawat. Bahan ini memiliki kandungan anti-inflamasi sehingga sangat baik untuk mengobati jerawat yang sedang meradang.

Untuk mendapatkan manfaatnya, bisa menggunakan gel lidah buaya secara langsung ke kulit yang berjerawat setelah dibersihkan getahnya. Untuk menjaga kulit tetap higienis bisa menggunakan bantuan cutton bud. Oleskan sebanyak tiga kali sehari untuk mengempiskan dan mengeringkan jerawat anda.

Mengatasi Iritasi Kulit

Aloe vera gel termasuk salah satu bahan antihistamin alami yang cenderung aman digunakan. Pada dasarnya lidah buaya mampu menghidrasi sekaligus menyembuhkan permasalahan kulit akibat alergi. Sifat anti-inflamasi dan anti-mikroba pada lidah buaya dapat mengatasi masalah kulit gatal, kulit bersisik, kulit kering, serta gejala alergi lainnya. Gel lidah buaya mudah diserap di dalam kulit sehingga dapat melembabkan kulit dengan kandungan vitamin di dalamnya.

Membantu Pemulihan Cold Sore

Cold sore ialah gejala penyakit herpes yang dikenal dengan istilah herpes simpleks. Ini merupakan herpes yang menyebar melalui mulut sehingga akan menyebabkan lepuhan-lepuhan kecil yang menyakitkan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak dari aloe vera gel dapat mempercepat penyembuhan gejala cold sore.

Selain dikarenakan gel ini mampu melembabkan, ternyata kandungan anti-virus dalam aloe vera gel juga bisa membantu melawan virus herpes ini. Meski demikian, cold sore termasuk penyakit yang cukup berbahaya dan butuh penanganan medis, sehingga dianjurkan tidak hanya mengandalkan pengobatan dari lidah buaya saja.

Mengatasi Gejala GERD

GERD atau gastroesophageal reflux disease ialah nyeri lambung di sekitar perut atau ulu hati. GERD terjadi ketika asam lambung naik ke saluran penghubung antara lambung dan kerongkongan. Biasanya gerd dipicu ketika tidur setelah makan, obesitas, makan dengan bersandar atau kebiasaan mengonsumsi makanan terlalu pedas.

Gejala awal dari penyakit ini berupa heartburn, perut kembung, muntah darah, batuk, dan sakit tenggorokan. Untuk mengatasi masalah ini, anda bisa memanfaatkan aloe vera gel. Misalnya bisa mengonsumsi aloe vera gel sebagai jus ketika gejala GERD terjadi. Namun perlu diketahui bahwa sebaiknya tidak mengonsumsi jus aloe vera secara berlebihan, karena bagi sebagian orang, justru dapat memperparah kondisi tersebut.

Efek Samping

Meskipun aloe vera gel menawarkan manfaat bagi kesehatan dan perawatan kulit, namun aloe vera gel juga tidak dapat dijamin 100 persen aman digunakan untuk jangka panjang. Hal ini dikarenakan aloe vera gel mengandung zat aloin yang dapat memicu kanker usus besar. Zat ini dapat ditemukan di lapisan antara daun dan daging bagian dalam lidah buaya.

Oleh sebab itu penting untuk menghilangkan kandungan tersebut jika menggunakan lidah buaya langsung, demi meminimalisir resiko yang timbul. Biasanya aloe vera gel dalam bentuk produk juga sudah menghilangkan bagian berbahaya ini. Namun, anda perlu berhati-hati terhadap produk aloe vera gel palsu atau campuran bahan lain.

Bagi beberapa orang, menggunakan aloe vera gel secara langsung pada kulit mungkin menimbulkan alergi terutama bagi orang yang juga mempunyai alergi terhadap bawang putih dan bawang bombay. Aloe vera gel juga mungkin menimbulkan reaksi interaksi dengan bahan lain jika dikonsumsi bersamaan dengan obat jantung, obat diabetes, obat pencahar, dan steroid.

Kelompok orang lainnya yang tidak disarankan untuk mengonsumsi aloe vera gel antara lain ibu hamil karena dapat meningkatkan resiko keguguran, penderita wasir, gagal ginjal, dan radang usus karena mungkin akan memperparah kondisi tersebut.

Tak hanya itu, pasien yang akan menjalani operasi dalam waktu dekat juga tidak boleh mengonsumsi aloe vera gel karena beresiko mengganggu kadar gula darah selama dan setelah operasi. Selain itu, anak-anak usia di bawah 12 tahun juga lebih beresiko ketika menggunakan aloe vera gel, yang mungkin menyebabkan sakit perut, kram, dan diare.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *