4 Kelebihan Maldon Salt, Menjadikannya Mahal Dan Special

Maldon salt atau garam maldon ialah jenis garam gourmet yang mirip dengan garam dapur pada umumnya, namun dicampur dengan air laut lokal yang membuat rasanya sedikit unik. Rempah dan mineral dalam garam ini akan memberikan paduan rasa gurih dan asin yang sangat ringan, dan pastinya sangat berbeda dengan jenis garam lain. Ini adalah salah satu garam gourmet termahal karena dianggap spesial. Ini juga disebut sebagai golongan fancy salt. Simak beragam informasi tentang garam maldon ini.

Mengenal Garam Maldon

Garam maldon adalah garam laut gourmet yang dipanen dari muara Blackwater di kota Maldon, Inggris. Industri garam di wilayah ini sudah ditemukan sejak zaman Romawi. Kemudian Garam maldon secara resmi diproduksi oleh Maldon Crystal Salt Company yang berpusat di Essex Country, Kota Maldon. Garam ini dikenal oleh penduduk setempat sebagai maldon on the mud. Perusahaan garam maldon tersebut mulai beroperasi pada tahun 1882, hingga saat ini dengan kualitas dan ekspansi pasar yang semakin meluas.

Perusahaan Garam Kristal Maldon adalah bisnis keluarga yang masih dijalankan lebih dari 135 tahun. Empat generasi pembuat garam maldon yang sangat ahli dan legendaris telah melukis sejarah. Perusahaan ini menorehkan label secara alami terhadap kota di pesisir pantai selatan Inggris ini sebagai penghasil garam. Saat ini, perusahaan berada di bawah pimpinan Steve Osborne, mengikuti jejak ayahnya Clive, kakek Cyril dan kakek buyutnya James.

Garam maldon biasa dijadikan garam akhir ketika makanan hampir matang atau bahkan sudah matang. Inilah yang membuat garam ini umum digunakan sebagai garam meja. Garam ini disukai karena rasanya yang bersih, segar, dan serpihan garam yang besar. Bentuk garam ini secara spesifik seperti butiran kristal yang sempurna dan proporsional dengan ukuran mencapai 1 sentimeter. Ini membuat garam maldon memberikan sensasi yang khas pada makanan, serta bisa diaplikasikan untuk segala makanan seperti daging, sayur, kue kering, dan buah-buahan.

Garam ini akan meleleh perlahan-lahan di dalam mulut ketika dimakan. Oleh sebabnya garam maldon disukai karena memberikan efek yang kontras di dalam makanan dan menjadi kolaborasi garam yang baik untuk makanan yang berkonsistensi lembut termasuk di dalam coklat. Garam maldon dimaksudkan untuk menjadi garam akhir atau garam meja yang digunakan dalam jumlah kecil bukan dalam memasak.

Biasanya garam ini disajikan di atas piring kecil di atas meja dan membiarkan para tamu untuk mengambil takaran garam sesuai dengan keinginan masing-masing. Banyak pendapat yang mengatakan bahwa garam maldon cenderung digunakan dalam jumlah yang lebih sedikit dibandingkan garam meja lainnya karena serpihannya yang sangat besar, sehingga 2-4 serpihan cukup untuk memberikan rasa asin dan gurih di makanan. Rasa asin yang bersih dari garam maldon memang sangat memuaskan, serta sama sekali tidak mengandung zat adiktif bahkan agen anti-caking sekalipun.

Prosedur Pembuatan Garam Maldon

Untuk membuat garam maldon, kadar garam dari air laut yang terkumpul dari muara adalah bahan utama yang digunakan. Pada musim hujan yang berkepanjangan, biasanya muara tersebut akan cenderung dipenuhi oleh air tawar yang lebih banyak turun ke laut dibandingkan air asin. Hal ini membuat produsen garam harus mengirim kapal tongkang untuk memicu air laut memasuki muara.

Dalam keadaan hujan seperti itu, menjadi alasan mengapa terkadang garam maldon sulit ditemukan di toko-toko setempat. Sebaliknya, apabila cuaca kering maka menjadi kesempatan yang terbaik untuk menghasilkan garam yang lebih banyak karena kadar garam di muara yang lebih tinggi. Prosedur untuk memproduksi garam maldon ini biasanya dimulai dengan air laut disaring, lalu dimasukkan ke dalam panci garam besar yang mungkin setara dengan ukuran gabungan dari beberapa bak mandi.

Selanjutnya panci tersebut dipanaskan sampai mendidih, lalu perlahan suhunya dikurangi. Ini membuat kristal garam terbentuk dan mengendap ke dasar panci. Lalu sekitar 16 jam kemudian, kristal-kristal garam akan mengapung kembali ke atas permukaan panci ketika panas dimatikan. Panci tersebut dibiarkan dingin semalaman untuk memaksimalkan proses pengkristalan. Pada pagi hari, garam dikeruk dari atas panci.

Tak sampai disitu saja, prosedur dari garam ini juga masih memerlukan waktu 2 hari sebelum dikeringkan di dalam oven. Meskipun proses produksi telah modern dibandingkan sejak zaman Romawi atau ketika Perusahan Garam Kristal Maldon pertama kali beroperasi, namun tampaknya tahapan produksi garam maldon tidak terlalu mengalami perubahan yang signifikan. Dalam proses produksi ini garam maldon ditambahkan dengan mineral lain untuk menyempurnakan rasa dan kualitasnya.

Sebagai informasi tambahan, garam maldon mengandung natrium klorida sebanyak 98,80 persen, kalium klorida sebanyak 0,018 persen, magnesium sulfat 0,10 persen, kalsium sulfat 0,55 persen, kelembapan sebesar 0,80 persen, serta sisanya residu yang tidak larut sebesar 0,03 persen.

Kelebihan Garam Maldon

Garam maldon termasuk salah satu garam laut yang harganya mahal dan dianggap spesial. Di toko online Indonesia, garam maldon seberat 240 gram berkisar 250.000 rupiah yang cukup fantastis untuk sebuah garam. Lalu apa yang menjadi kelebihan garam mewah ini?

Rasa Unik

Biasanya hal yang pertama membedakan garam maldon dari merk garam laut lainnya berkaitan dengan lokasi produksinya. Menurut Mark Bitterman seorang penulis buku berjudul Salted menjelaskan bahwa rasa garam tergantung pada daerah garam tersebut dipanen. Sama halnya dengan anggur Burgundy yang merupakan produk kebanggaan dari Prancis yang terkenal. Begitu pula dengan garam laut yang bergantung pada faktor lokasinya, termasuk garam maldon.

Garam maldon berasal dari wilayah yang menjadi produsen garam terkenal bahkan sejak masa Romawi sehingga garam maldon memiliki rasa yang unik dan sangat spesifik. Oleh sebabnya garam laut atau garam meja yang diproduksi secara massal dan diindustrialisasi tidak memiliki cita rasa yang sama dengan garam maldon. Garam maldon sangat khas dengan tekstur dan sensasi lumer di mulut pun berbeda. Rasa garam ini tidak sepenuhnya asin, lebih tepat dikatakan asin yang cukup halus, tidak mendominasi makanan, dan justru menyatu dengan kelezatan makanan.

Tekstur Estetik

Tekstur garam maldon sangat unik. Alih-alih butiran berukuran sama, serpihan garam laut maldon berbentuk kristal seperti piramida yang tidak beraturan. Ini mengingatkan pada tekstur garam kosher yang berukuran agak besar, namun hasil visual dari garam maldon jauh lebih estetik. Tidak hanya cantik untuk dilihat, garam ini juga memberikan kerenyahan yang indah pada hidangan. Garam ini juga tidak seperti garam laut yang kasar, namun mudah hancur sehingga terdapat rasa puas tersendiri ketika menaburkannya pada hidangan.

Meskipun dikenal dengan serpihan garam yang besar, namun kristal garam maldon memang tidak dimaksudkan untuk dimakan secara utuh. Garam maldon adalah garam yang sangat baik untuk menyempurnakan hidangan anda. Dijumput diantara jari-jari dan dihancurkan secara ringan, lalu ditaburkan ke makanan dalam serpihan yang cukup besar sehingga akan menambah daya tarik visual dari hidangan.

Manfaat Kesehatan

Kabar baiknya tidak hanya berkaitan dengan rasa, garam maldon juga menawarkan manfaat kesehatan. Garam ini tidak seperti garam meja lainnya yang diproses, diputihkan dan dihilangkan mineral sehat secara keseluruhan dan hanya menyisakan yodium. Sementara garam laut yang tidak dimurnikan seperti garam maldon mengalami proses produksi yang lebih sedikit sehingga memungkinkan garam ini untuk tetap mempertahankan mineral seperti zat besi, kalium, potasium dan zinc yang baik untuk kesehatan.

Meskipun garam maldon tidak memiliki yodium dan fluorida yang bisa didapatkan dari garam dapur, namun kandungan mineral lain dari garam ini tetap memiliki manfaat kesehatan. Di antara manfaat garam maldon adalah membantu menjaga tekanan darah, mencegah anemia, serta membantu transmisi sinyal saraf dengan mineral penting di dalamnya.

Garam maldon layaknya jenis garam laut lainnya, dapat meningkatkan kualitas tidur karena mengandung banyak elektrolit yang membantu mengatur hormon. Ini bekerja dengan cara mencegah kelebihan air liur dari mulut saat tidur sehingga tidur menjadi nyenyak dan terhidrasi. Kadar natrium yang cukup dari garam akan membantu menyeimbangkan rasio natrium-kalium di dalam tubuh. Garam laut juga membuat anda tidak mudah haus, lapar, dan lebih mudah kenyang saat makan karena rasa asinnya yang ringan.

Dapat Digunakan Untuk Semua Jenis Makanan

Selain rasanya, garam maldon juga dikenal dengan bentuknya yang kristal seperti piramida yang unik dan tekstur yang sangat ringan. Setiap faktor berkontribusi pada kenikmatan setiap makanan yakni menawarkan serpihan garam yang larut menjadi rasa dan sekaligus memberikan kerenyahan.

Uniknya segala jenis makanan dapat menggunakan garam maldon ini. Mulai dari roti panggang hingga steik maupun sekedar telur goreng sederhana. Ini bahkan bisa dijadikan taburan di atas pie ayam, muffin, roti panggang, coklat, ikan, daging, salad, lobak utuh, tomat yang baru diiris, dan semua jenis makanan apapun yang tidak akan ada habisnya apabila disebutkan satu per satu.

Nah, itulah informasi serta 4 poin kelebihan yang membuat garam maldon atau maldon salt tersebut sangat spesial. Tak heran jika harganya tergolong mahal, karena sensasi rasa dan tingkat kepuasan saat menggunakannya memang membuat garam ini memang patut dihargai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *