Apa Itu Zat Besi?

apa itu zat besi

Zat besi merupakan salah satu mineral penting di dalam tubuh yang berfungsi untuk mengantarkan oksigen dari paru-paru ke jaringan tubuh. Zat ini sangat penting bagi tubuh karena sangat diperlukan bagi pembentukan hemoglobin. Berdasarkan hal itu, jika kekurangan zat besi maka akan berdampak bagi tubuh. Apa saja manfaat zat besi? Apa yang akan dirasakan ketika kekurangan zat ini? Berikut penjelasannya:

Apa itu Zat Besi?

Zat Besi adalah mineral yang diperlukan oleh tubuh karena memiliki sintesa hemoglobin yang berfungsi untuk pembentukan darah. Hemoglobin sendiri berfungsi untuk mengikat oksigen dan kemudian menyalurkannya keseluruh bagian tubuh. Sehingga penyakit kekurangan darah atau anemia terkadang penyebabnya adalah kekurangan zat besi ini. Zat besi juga memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembang anak, ibu hamil dan juga orang dewasa untuk kesehatannya.

apa itu zat besi pengaruh kebanyakan zat besi

Manfaat Zat Besi

Sebagai salah satu zat penting yang berfungsi bagi tubuh, banyak manfaat yang bisa dirasakan ketika mengkonsumsi zat besi. Salah satu yang paling bisa di rasa adalah pada orang yang terkena penyakit anemia, zat besi bisa menjadi obat untuk menambah tenaga dan darah. Namun begitu masih ada manfaat lainnya yang dapat dirasakan.

Menjaga Tubuh Sehat

Kurangnya zat besi berdampak pada oksigen yang tidak teralirkan dengan semestinya, sehingga otot-otot yang memerlukan energi tidak dapat berfungsi baik. Tubuh yang lemas adalah salah satu gejala dari kekurangan zat besi. Energi yang dihasilkan oleh enzim yang dibentuk dapat kita rasakan, sehingga tubuh tidak cepat lelah atau lemas.

Asupan untuk Ibu Hamil

Ibu hamil memerlukan zat besi yang lebih banyak dari biasanya, ini tentu saja dikarenakan sang bayi yang juga menyerap zat besi dari sang ibu. Zat besi sangat penting bagi ibu hamil demi perkembangan janin, ibu hamil yang kekurangan zat besi biasanya sangat rentan mengalami persalinan prematur.

Menjaga Fungsi Otak

Zat besi sangat dibutuhkan untuk fungsi saraf karena mengandung enzim yang dibutuhkan agar tetap bekerja. Selain itu juga dapat membantu tingkat fokus, sehingga dapat lebih berkonsentrasi. Tingkat konsentrasi yang tinggi sangat baik untuk anak yang sedang bertumbuh kembang dari balita bahkan usia sekolah. Zat besi juga bisa memperbaiki kesulitan tidur dan insomnia sehingga tubuh akan terjaga tetap bugar.

Mengurangi Gejala Kekurangan Darah

Sudah bukan rahasia lagi kalau zat besi adalah zat untuk mengatasi anemia karena fungsi kandungan yang dimiliki. Begitu juga dengan perempuan yang sedang menstruasi terkadang tidak menyadari bahwa mereka mengalami gejala kekurangan darah, sehingga sebaiknya perlu asupan zat besi yang lebih banyak dari biasanya.

Sumber Zat Besi

apa itu zat besi sumber zat besi

Cara untuk memenuhi zat besi sehari-hari bagi tubuh sangatlah mudah di dapat. Sumber zat besi bisa di dapat dari makanan yang biasa kita olah untuk masakan. Selain itu, saat ini juga sudah banyak obat atau kapsul zat besi yang banyak dijual di apotik terpercaya. Namun begitu apa saja sumber zat besi yang mudah ditemui?

Daging Merah

Daging merah seperti daging sapi, daging domba dan daging kambing mengandung zat besi serta dapat dijumpai dengan mudah sehari-hari. Daging merah sangat kaya akan zat besi dan sebaiknya di olah dengan baik sehingga tidak larut ketika dimasak. Selain zat besi, daging merah juga mengandung banyak vitamin dan zinc yang juga bermanfaat bagi tubuh.

Sereal Oat

Sereal gandum juga tidak kalah banyak mengandung zat besi bagi tubuh, selain itu oat sangat mudah di dapat dan juga memiliki harga yang terjangkau sehingga dapat di konsumsi sesering mungkin. Sereal oat yang di jual biasanya juga sudah mencantumkan takaran gizi sehingga lebih mudah untuk menakar asupan yang dibutuhkan tubuh.

Kacang

Kacang-kacangan bisa dengan ditemui dan juga sangat mudah dikonsumsi karena tidak perlu banyak diolah. Kacang seperti Kacang Mede, kacang Almond, Kacang Walnut, Kacang Merah, Kedelai sampai Kacang Pistachio juga merupakan sumber zat besi yang sangat baik. Mudah ditemui dan bisa dikonsumsi sehari-hari karena tersedia sangat luas di masyarakat.

Sayuran

Sayur tentu saja memiliki banyak manfaat bagi tubuh, beberapa sayuran seperti bayam dan kangkung memiliki zat besi yang sangat tinggi apabila dibandingkan dengan sayur lainnya. Selain itu juga ada brokoli yang juga mengandung zat besi tinggi. Sayuran ini pun sangat mudah di dapat sehingga bisa dengan mudah melengkapi hidangan yang kaya akan zat besi.

Seafood

Ikan dan Kerang termasuk seafood yang memiliki kandungan zat besi yang tinggi, selain itu ikan dan kerang sangat banyak dipasaran sehingga dapat di konsumsi sesering mungkin. Mengkonsumsi ikan dan tiram sangat baik bagi tubuh. Ibu hamil harus memperhatikan lagi karena walaupun ikan bisa dimakan tanpa diolah namun sebaiknya ibu hamil memakan ikan yang sudah di masak karena bakteri yang mungkin saja terdapat pada ikan yang belum dimasak.

Pengaruh Kebanyakan Zat Besi dalam Tubuh

Walaupun banyak manfaat bagi tubuh, zat besi juga punya pengaruh yang tidak baik bagi tubuh apabila di konsumsi secara berlebihan. Usaha untuk tetap menjaga asupan zat besi tentu baik namun apabila berlebihan maka yang didapat bukanlah manfaat akan tetapi pengaruh yang buruk bagi tubuh.

apa itu zat besi manfaat zat besi

Penyakit Otak

Alzheimer adalah penyakit yang menyerang fungsi otak, menyebabkan memori otak yang berkurang. Resiko untuk mengidap penyakit ini bisa dicegah dengan mengurangi asupan zat besi. Selain itu, penyakit yang juga berhubungan dengan fungsi otak adalah Parkinson dan Hutington . Zat besi di otak bisa menjadi penyebab penyakit ini, namun begitu zat besi tetap dibutuhkan oleh tubuh. Maka dari itu asupan zat besi tetap harus di kendalikan agar tidak berlebihan.

Gagal Jantung

Zat besi yang berlebih di dalam tubuh nantinya akan terkumpul di dalam jantung, hal ini dapat menyebabkan detak jantung yang tidak teratur hingga terjadinya gagal jantung. Maka itu sebaiknya apabila detak jantung di rasa tidak teratur atau mempunyai riwayat jantung sebaiknya juga diperiksakan kadar zat besi sehingga dapat ditangani dengan baik.

Penyakit hati

Penyakit hati yang di maksud seperti sirosis atau kanker hati, zat besi yang terlalu banyak juga akan menumpuk di dalam hati dan bahkan dapat menyebabkan kematian. Pemeriksaan secara menyeluruh tentu dibutuhkan untuk mengetahui kadar zat besi yang tergandung di dalam tubuh.

Nyeri Sendi

Salah satu gejala dari kelebihan zat besi adalah nyeri sendi, namun apabila sudah terlalu akut dan tidak ditindaklanjuti akan menyebabkan penyakit lain seperti osteoporosis atau osteoartritis. Penyakit yang berhubungan sendi tentu saja akan menyebabkan rasa tidak nyaman untuk beraktivitas sehari-hari.

Zat besi sangat dibutuhkan oleh tubuh agar bisa membantu organ-organ berfungsi sebagai mana mestinya. Sumber zat besi pun sangat mudah untuk ditemukan sehingga dapat di konsumsi setiap hari, namun kelebihan zat besi juga dapat menyebabkan dampak yang buruk bagi kesehatan sehingga harus selalu diperhatikan.

apa itu zat besi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *