10 Fakta Ikan Koi Yang Menarik Untuk Diketahui

10 fakta ikan koi yang menarik untuk diketahui

Ikan Koi adalah ikan yang sebenarnya berasal dari dataran Tiongkok. Namun pada abad ke 17, ikan ini dibawa ke Jepang untuk dijadikan bahan makanan. Dalam bahasa Jepang sendiri ikan Koi juga dikenal dengan sebutan ikan karper atau nishikigoi yang berarti ‘ikan karper yang bersulam emas atau perak’.

Meskipun sebelumnya ikan ini hendak dijadikan sebagai makanan, namun seiring berjalannya waktu ikan ini justru dijadikan sebagai hiasan atau ikan peliharaan. Bahkan tak hanya di Jepang, penduduk lokal Indonesia juga kerap menjadikan ikan Koi sebagai ikan yang memenuhi kolam buatan mereka.

Sering sekali digambarkan sebagai ikan yang melambangkan kekayaan, hubungan bahagia (percintaan atau persahabatan) serta nasib baik, ikan Koi juga memiliki banyak fakta yang sangat menarik untuk kita bahas dalam artikel kali ini. Berikut beberapa diantaranya :

Berasal Dari Ikan Mas

Menurut DNA terdapat beberapa fakta yang menyebutkan bahwa nenek moyang ikan Koi adalah ikan mas yang berasal dari Asia Timur. Selain itu, studi DNA ini juga menemukan bahwa adanya proses domestikasi (penjinakan hewan) dan pemuliaan (kegiatan dalam peternakan atau pemeliharaan hewan lainnya yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas individu maupun populasi hewan yang bersangkutan untuk membentuk karakteristik yang diinginkan manusia) ikan mas dengan skala yang lebih besar untuk mendapatkan varietas ikan dengan warna yang lebih cerah, yang kemudian saat ini dikenal sebagai ikan koi.

Hingga saat setelah terjadinya kedua proses tersebut, ikan Koi sering dijadikan hadiah kepada raja, atau kepada mereka yang memiliki kedudukan dan kekuatan di ranah politik dan ekonomi.

Memiliki Hidup Yang Panjang

Koi merupakan jenis ikan hias yang sering disebut memiliki hidup yang abadi sehingga dapat menjadi teman seumur hidup kita. Meskipun hal ini terdengar sangat berlebihan, namun memang begitulah faktanya. Karena ikan koi adalah salah satu jenis ikan hias yang memiliki hidup yang panjang lebih dari 50 tahun. Bahkan, di negara Jepang terdapat ikan Koi yang dapat hidup hingga berusia 200 tahun.

Namun, tentu saja untuk membuat Koi dapat hidup lebih dari 50 tahun, mereka perlu menerima nutrisi yang tepat, air kolam yang tetap bersih dengan kisaran pH optimal yakni 7,5 hingga 8,0, dan selalu memastikan agar jumlah ikan dalam suatu kolam tidak penuh dan sesak, sehingga nantinya menyebabkan ikan-ikan tersebut stres.

Tetapi sayangnya, saat ini sebagian besar ikan Koi rata-rata hanya mampu bertahan hidup kurang dari 10 tahun, karena mereka tidak dirawat dengan benar dan ditempatkan di kolam atau tangki yang terlalu kecil, serta tidak menerima makanan yang tepat.

Hewan Yang Jinak Dan Bersahabat

10 fakta ikan koi yang menarik untuk diketahui bentuk ikan koi

Koi juga termasuk ke dalam jenis ikan peliharaan yang jinak. Hal ini terbukti, jika dalam sebuah kolam terdapat Koi pendatang baru, para penunggu kolam lama tidak akan mengganggunya, atau melakukan gerakan-gerakan liar, ia akan tetap bersikap tenang dan bersahabat. Selain itu, para Koi jantan juga tidak kasar dan mengganggu para Koi betina.

Saking jinaknya, Ikan ini juga tidak segan-segan mengambil makanannya langsung dari cakupan telapak tangan mu. Hal ini juga berpengaruh terhadap cara perawatan ikan Koi yang menjadi lebih mudah, dan membuat ikan-ikan tersebut lebih dekat dengan kita.

Terdapat Banyak Varietas

Di dunia ini, terdapat lebih dari 100 varietas ikan Koi berbeda dalam tiap jenisnya. Hal ini bahkan masih terus berkembang hingga saat ini, hingga memungkinkan ikan tersebut memiliki lebih banyak varietas.

Namun diantara ratusan varietas ikan ini, terdapat salah satu jenis yang paling populer yakni jenis Koi Saragoi atau yang biasa dikenal dengan sebutan Koi hantu. Ikan ini memiliki sisik yang berwarna logam yang indah dan sudah dikembangbiakkan sejak tahun 1980-an.

Ukuran dan bentuk semua jenis koi pada dasarnya sama hanya saja bagian warna, pola, dan pengaturan skala besar kecilnya corak ikan ini yang hampir tak terbatas.

Dapat Tumbuh Besar Meski Tinggal Dalam Tangki Kecil

Banyak sekali yang mempercayai bahwa ikan Koi hanya dapat bertumbuh besar, sesuai dengan ukuran tangki atau kolam tempat mereka berada. Hal ini jelaslah mitos palsu, karena Koi akan terus tumbuh sampai mereka mencapai batas usia tertentu, kurang lebih sekitar 10 tahun.

Namun mereka akan mati, jika disimpan ditempat yang terlalu kecil, penuh dan sesak, bahkan sebelum mencapai usia dewasa. Hal inilah yang menjadi pemicu kesalahpahaman bahwa mereka hanya dapat tumbuh sesuai dengan area tersebut. Untuk itu, jika hendak ikan Koi milik mu bertumbuh besar dengan usia hidup yang lebih lama, setidaknya sediakanlah tempat yang luas, agar ia dapat berkembang dengan baik.

Sering Dikaitkan Dengan Legenda Cina

10 fakta ikan koi yang menarik untuk diketahui asal usul ikan koi

Seperti yang kita tahu Koi memang sering sekali dilambangkan sebagai pembawa keharmonisan, keberanian, individualitas, keberhasilan, kekayaan, hubungan bahagia dan kekuatan.

Namun, tahukah kamu bahwa hal tersebut ternyata didasari oleh Legenda yang berasal dari Cina. Legenda tersebut menceritakan tentang ikan Koi yang diberikan tugas untuk berenang di Sungai Huang Ho dari muara sampai ke ujung hulu. Namun sebelum sampai hulu mereka akan di hadapkan oleh rintangan-rintangan yang menghalangi mereka.

Salah satu rintangan terberatnya ialah, ikan-ikan tersebut harus berenang mendaki air terjun atau yang dikenal dengan Gerbang Naga untuk bisa sampai hulu. Namun mereka tidak menyerah, dan mempunyai tekad yang kuat untuk melewati berbagai rintangan. Dan setelah mereka berhasil sampai ke hulu mereka akan mendapatkan hadiah yang dapat membuat mereka berubah menjadi naga.

Karena kegigihan mereka untuk dapat berenang dari hulu hingga mencapai air terjun dan melewati banyak rintangan inilah yang menjadikan ikan koi sering dikaitkan dengan keberanian, keberhasilan, kekuatan, dan individualitas (akan “melawan arus”).

Perenang Yang Sangat Kuat

Seperti yang disebutkan sebelumnya dalam legenda, ikan koi adalah ikan yang mampu berenang dengan luar biasa dan kuat. Namun, ikan-ikan ini mungkin tidak memamerkan keahliannya ini di kolam tenang milik mu, namun ikan koi yang telah melarikan diri atau dilepaskan ke alam liar yang bebas, terlacak telah bepergian lebih dari seratus mil ke hulu dalam rentang waktu beberapa bulan saja untuk dapat bertelur dan mencapai tempat makan yang lebih baik. Kemampuannya ini bahkan setara dengan kemampuan salmon Atlantik.

Kulit Ikan Koi Bisa Terbakar Matahari

Ikan Koi memiliki kulit yang sangat sensitif, terutama bagi mereka yang memiliki sisik berwarna ringan atau putih. Jenis sisik mereka sangat rentan untuk terkena sengatan panas matahari. Pada beberapa kasus ringan, tanda-tanda terbakarnya sisik ikan Koi ialah, munculnya rona merah muda muda yang menyerupai ruam di sekujur tubuh Ikan Koi, atau pada spot-spot tertentu.

Untuk mencegah hal ini, kita harus memastikan bahwa ikan tersebut, disimpan di dalam kolam yang setidaknya memiliki kedalaman 3 kaki, dan sediakan pula tanaman-tanaman di dalam atau di sekitar kolam yang setidaknya menaungi mereka dari sengatan matahari sekitar 50%, serta pastikan panas air kolam tidak melebihi 80° F (~ 26° C).

Koi menjadi ”Raja Ikan Hias Air Tawar” karena diantara jenis ikan hias air tawar lainnya, Koi memiliki tubuh yang paling besar dan termasuk dalam jajaran ikan bergengsi. Koi memiliki kepala yang besar dengan sepasang kumis yang terletak di kepalanya. Kumis tersebut yang membedakan ikan ini dengan ikan mas (Carassius Auratus).

Raja Ikan Hias

10 fakta ikan koi yang menarik untuk diketahui raja ikan hias

Ikan Koi juga kerap disebut sebagai ”Raja Ikan Hias” Khususnya di air tawar. Hal ini dikarenakan diantara jenis ikan hias air tawar lainnya, Koi memiliki tubuh yang paling besar dan termasuk ke dalam jajaran ikan hias bergengsi. Ikan ini memiliki kepala yang besar dengan sepasang kumis yang terletak di kepalanya. Kumis tersebut lah yang membedakan ikan Koi dengan ikan mas (Carassius Auratus).

Pintar Mengenali Pemiliknya

Ikan Koi juga termasuk Makhluk yang cukup intelektual dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Karena inilah koi dapat mengenali pemiliknya, hal tersebut bisa dilatih dengan memberi makan ikan ini secara langsung dari kita, atau sering-seringlah datang mengunjungi kolam Koi milik mu. Dengan hal ini mungkin akan membuat Koi muncul kepermukaan dengan penuh rasa ingin tahu ketika melihat mu di tepi kolam.

10 fakta ikan koi yang menarik untuk diketahui

Jadi Itulah beberapa fakta menarik Ikan Koi, yang dapat kami bagikan. Sekarang apakah kamu tertarik untuk memeliharanya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *