Perbedaan Putih Telur dan Kuning Telur

perbedaan putih telur dan kuning telur

Perbedaan manfaat putih telur dan kuning telur sering menarik minat masyarakat. Banyak yang beranggapan bahwa putih telur adalah bagian terbaik untuk dikonsumsi. Sebelum membahas perbedaan putih telur dan kuning telur perlu dipahami dahulu manfaat telur secara umum.

Hampir semua orang pasti pernah mengkonsumsi telur. Telur terkenal sebagai sumber vitamin dan nutrisi untuk tubuh. Tak heran jika telur menjadi salah satu makanan yang banyak digemari masyarakat. Bahkan untuk beberapa orang telur menjadi konsumsi wajib setiap harinya. Pada dasarnya, telur memang merupakan bahan makanan yang paling serbaguna dan gampang diolah. Bahkan rasanya yang lezat dan gizi yang hampir sempurna menjadikan telur sebagai makanan umum di seluruh dunia.

Telur ayam ras, ayam kampung dan telur bebek mengandung zat gizi dengan takaran yang berbeda namun secara umum telur tersebut didominasi oleh nutrisi yang sama. Sebutir telur setidaknya mengandung protein, lemak, mineral, karotenoid dan beragam vitamin serta mineral. Hal ini menjadi dasar mengapa telur sangat baik untuk menstabilkan gula darah, mencukupi kebutuhan lemak dan asam amino dalam tubuh manusia. Telur juga baik untuk menjaga dan meningkatkan fungsi jaringan dalam tubuh yang berdampak pada kesehatan mata, otak, dan sistem imun.

Namun beberapa orang mengkonsumsi putih telur dan kuning telur secara terpisah. Mayoritas dipelopori atas anggapan bahwa kandungan nutrisi hanya terdapat dalam putih telur. Sementara beberapa memilih berdasarkan preferensi rasa atau selera. Lalu mana yang lebih baik dan menyehatkan, putih telur atau kuning telur?

Kandungan Putih Telur

perbedaan putih telur dan kuning telur kandungan putih telur

Bagian putih telur merupakan cairan putih dikenal degan albumen atau disebut glaire yang terkandung dalam sebuah telur. Cairan ini melindungi kuning telur dan menyediakan nutrisi tambahan dalam proses pertumbuhan embrio, karena putih telur ini kaya akan protein dan rendah lemak. Apabila menelusuri lebih detail, dalam putih telur terdapat 87% air, 10% protein dan sisanya merupakan sumber vitamin B6, B12, kalium dan selenium yang baik untuk menjaga kekebalan tubuh. Dikarenakan putih telur yang rendah lemak, bahkan beberapa penelitian menunjukkan tidak ada lemak sama sekali dalam bagian telur ini, menjadikan banyak masyarakat memanfaatkan putih telur sebagai bahan dasar kuliner dan non-kuliner seperti produk kecantikan dan perawatan tubuh.

Meskipun putih telur memiliki jumlah peminat yang tinggi, namun hal ini berbanding terbalik dengan tingkat alergi manusia terhadap putih telur yang lebih tinggi, dibandingkan dengan kuning telur. Hal ini memberikan celah untuk menjadikan kuning telur sebagai alternatif agar diolah dan dimanfaatkan sebanyak putih telur. Terlebih setelah diketahui bahwa kuning telur juga kaya akan manfaat, baik untuk kesehatan tubuh maupun kecantikan.

Kandungan Kuning Telur

perbedaan putih telur dan kuning telur kandungan kuning telur

Kuning telur yang biasa disebut yolk dalam bahasa Inggris merupakan bagian telur yang kenyal dan berwarna dari sedikit kuning hingga oranye tua, bergantung dengan jenis pakan dan jenis unggas. Rasa kuning telur cenderung lebih kaya dan gurih dibandingkan putih telur yang cenderung hambar.

Sementara melihat perbedaan kandungan dengan putih telur, kuning telur lebih didominasi oleh lemak menjadikan beberapa orang enggan mengkonsumsinya karena khawatir dapat meingkatkan kadar kolesterol. Penilaian bahwa kuning telur menyebabkan kolesterol didasarkan atas kandungan lemak kuning telur yang tinggi, sehingga dianggap sebagai makanan yang tidak sehat. Dalam satu kuning telur mengandung 213 mg kolesterol, terhitung dua pertiga dari batas harian yang direkomendasikan.

Faktanya, dari hasil revisi penelitian American Heart Association (AHA) tahun 2000 dijelaskan bahwa kuning telur tidak menyebabkan kolesterol. Hal ini juga didukung oleh penelitian medis Harvard yang tidak menemukan korelasi apapun, antara konsumsi kuning telur dengan penyakit jantung dan stroke akibat lemak dalam telur, yang selama ini melekat dalam pikiran masyarakat. Hal ini dikarenakan lemak yang terdapat dalam kuning telur, sebanyak 70% (dari total 5 gram lemak) merupakan lemak baik.

Selain itu kuning telur juga memiliki variasi nutrisi lain yang sama banyaknya dengan putih telur, diantaranya protein, natrium, omega 3, vitamin A, D, E, B6, K dan mineral seperti choline, zat besi, kalsium, fosfor, serta asam panthotehic yang penting untuk menunjang kesehatan otak dan memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Bahkan kuning telur mengandung karoten yang prominen dalam menjaga kesehatan mata, serta zeaxanthin yang bertindak sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas sehingga mencegah kerusakan sel-sel pada mata dan mencegah penuaan dini.

Mengolah Putih Telur dan Kuning Telur

Setelah memahami perbedaan kandungan putih telur dan kuning telur, mungkin akan memberikan pandangan baru mengenai seberapa komplit gizi yang terkandung dalam sebutir telur. Namun tetap saja beberapa orang lebih memilih hanya mengkonsumsi atau memanfaatkan bagian putih telur atau kuning telur saja.

Putih telur dapat diolah menjadi 2 kategori, yakni sebagai bahan pangan untuk kesehatan tubuh serta sebagai bahan perawatan untuk kecantikan. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, putih telur sebagai penunjang kesehatan tubuh cocok dikonsumsi untuk seseorang yang sedang diet nasi, dikarenakan putih telur mengandung protein tinggi sehingga mampu menahan kenyang yang lebih lama. Hal ini juga menekan keinginan seseorang untuk mengkonsumsi cemilan atau kalori yang lebih banyak.

Selain itu kandungan putih telur juga memberikan manfaat untuk memaksimalkan fungsi organ tubuh dan menurunkan risiko kanker. Sementara melihat dari manfaat yang diberikan untuk kecantikan dan perawatan, putih telur banyak digunakan sebagai masker wajah yang mampu menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam, mengecilkan pori-pori, mengurangi minyak wajah, menghaluskan kerutan di wajah serta mengecilkan kantung mata.

perbedaan putih telur dan kuning telur cara mengolah kuning terlur

Selanjutnya, pengolahan kuning telur juga dapat dibagi menjadi 2 kategori yakni sebagai bahan makanan serta sebagai material kecantikan dan perawatan. Kuning telur banyak digunakan sebagai bahan untuk membuat kue dan roti, sekaligus dapat pula diolah menjadi obat dan jamu tradisional untuk mengobati batuk dan menjaga daya tahan tubuh. Mayoritas orang menggunakan putih telur untuk masker wajah, namun sebenarnya kuning telur juga dapat dimanfaatkan untuk fungsi yang serupa. Masker kuning telur apabila digunakan secara proporsional dapat menunda penuaan dini dan melembabkan wajah.

Mana yang lebih baik dikonsumsi, putih telur atau kuning telur?

Tidak ada yang lebih baik. Putih telur dan kuning telur memang memiliki perbedaan rasa maupun kandungan nutrisi. Namun mengkonsumsi telur secara utuh adalah keputusan yang lebih baik untuk memberikan manfaat yang lebih lengkap dibandingkan membuang salah satu bagian yang bergizi. Nourish by Web MD menyebut telur secara utuh sebagai sumber nutrisi dengan istilah “eggcellent” yang menunjukkan signifikansi beragam manfaatnya.

perbedaan putih telur dan kuning telur cara mengolah kuning terlur

Dibandingkan hanya memperdebatkan perbedaan kandungan dan manfaat putih telur dan kuning telur, sebaiknya juga memperhatikan cara memasak dan mengelola telur yang baik dan benar. Manfaat putih telur dan kuning telur yang kaya nutrisi, tidak akan didapatkan jika telur tidak diolah dengan baik. Beberapa hal penting yang diperhatikan untuk memaksimalkan manfaat telur untuk konsumsi adalah cara penyimpanan dan tingkat kematangan telur. Telur yang matang lebih baik dikonsumsi untuk memastikan tidak ada bakteri dalam telur dan membuat protein lebih cepat terserap dalam tubuh.

Cara memasak telur juga tak kalah penting, seperti merebus telur tanpa garam dinilai sebagai cara memasak telur paling ideal dibandingkan telur goreng yang meningkatkan lemak hampir 50%. Beberapa studi juga menegaskan bahwa konsumsi telur dalam batas wajar tidak boleh diabaikan. Maksimal konsumsi telur 3 butir per hari jika seseorang tidak memiliki masalah kesehatan dan 3 butir per minggu untuk orang dengan penyakit jantung dan kolesterol.

perbedaan putih telur dan kuning telur

Dengan demikian, apabila mengkonsumsi telur pastikan selalu menghabiskan kedua bagian, putih telur dan kuning telur, agar nutrisi untuk tubuh seimbang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *