Apa itu Susu UF (Ultrafiltered Milk)? Serta Kelebihannya

apa itu susu uf ultrafiltered milk

Meskipun sebagian orang mungkin beranggapan bahwa susu dapat menyebabkan kegemukan, namun tidak dapat dipungkiri bahwa susu menyimpan banyak khasiat dan manfaat untuk kesehatan. Susu terkenal akan kalsium dan protein yang tinggi sehingga penting untuk memenuhi nutrisi dalam menunjang pertumbuhan tulang dan gigi, menetralisir racun dan melancarakan saluran pencernaan.

Dewasa ini produk susu mengeluarkan banyak varian mulai dari berbagai jenis susu, seperti susu bubuk, susu skim dan susu cair, hingga beragam rasa yang ditawarkan untuk memenuhi selera masyarakat. Sebagian kalangan masyarakat mungkin familiar dengan varian susu UF atau Ultrafiltered Milk yang dinilai sebagai bentuk inovasi pintar dari susu konvensional untuk menyasar pasar konsumen yang lebih luas, dengan konsep produk susu yang lebih sehat.

Susu UF sekilas terdengar seperti produk varian terbaru dari berbagai jenis susu. Beberapa juga menyebutnya sebagai susu alternatif. Pandangan ini menimbulkan persepsi bahwa susu UF adalah susu organik yang cocok untuk menjaga kesehatan, dengan konsep produk susu pada bebas laktosa. Namun benarkah susu UF ini sangat berbeda dengan varian susu lain? Mari membahas lebih lanjut mengenai apa itu susu UF, komposisi, nutrisi serta manfaatnya bagi tubuh, sekaligus memahami siapa saja yang perlu mengkonsumsi jenis susu ini.

Mengenal susu UF (Ultrafiltered Milk)

apa itu susu uf ultrafiltered milk proses pembuatan susu uf

Susu UF juga dikenal sebagai susu dialfiltrasi atau susu yang telah disaring dengan teknik khusus. Faktanya susu ultra-filtrasi mengacu pada proses penyaringan sekali, sementara susu diafiltrasi adalah susu yang mengalami proses penyaringan sebanyak dua kali.

Layaknya susu pada umumnya, susu UF atau ultra-filter terbuat dari susu sapi. Susu ini menyediakan vitamin, mineral, protein, dan gula alami seperti susu lainnya namun dengan jumlah nutrisi berbeda.

Perbedaan nutrisi ini berasal dari proses ultra-filtrasi. Susu UF adalah subkasifikasi dari konsentrat protein susu yang dihasilkan dengan membuang susu di bagian bawah melalui sebuah membran, untuk memisahkan komponen susu sesuai ukuran molekulnya. Konsentrat protein susu digunakan sebagai bahan untuk membuat produk makanan lainnya. Ini dapat ditambahkan ke produk susu seperti yogurt, keju atau es krim dan juga produk seperti bar protein. Tidak seperti susu bubuk skim, konsentrat protein susu biasanya rendah laktosa bahkan beberapa tidak mengandung laktosa sama sekali.

Istilah ultra-filtrasi meminjam dari teknik pemurnian air. Ultra-filtrasi susu adalah proses memurnikan susu melalui membran semi-pori khusus. Bergantung pada ukuran, bentuk atau afinitas pada membran, beberapa komponen susu akan melewati membran dan lainnya akan tetap ada. Permeat adalah molekul yang melewati membran sedangkan retentate adalah hasil sisa yang akan digunakan atau diolah kembali.

Secara khusus, ultra-filtrasi cenderung memungkinkan molekul laktosa, air, mineral, dan vitamin yang lebih kecil melewati membran sehingga tersaring dan terpisah, sedangkan molekul protein dan lemak yang lebih besar akan tetap dipertahankan dan dipekatkan.

Proses ini pada dasarnya menghilangkan sebagian air dan gula alami yang terdapat dalam susu. Yang tertinggal adalah susu bebas laktosa yang memiliki lebih banyak protein, lebih banyak kalsium, dan lebih sedikit gula. Hasilnya, banyak yang setuju bahwa rasa susu UF lebih creamy dan kaya jika dibandingkan dengan susu biasa. Tak hanya itu, dari sisi produsen merasa bahwa pemisahan laktosa dan air dalam susu mampu mengurangi volume susu, sehingga lebih murah dalam penyimpanan dan transportasi.

Perlu diketahui pula bahwa ultra-filtrasi susu juga dapat digunakan untuk menghasilkan produk susu baru yang populer dan berbahan dasar susu. Produk ini menghasilkan makanan dan minuman yang lebih tinggi protein, terutama protein kasein dan whey yang tidak akan mampu melewati proses filtrasi karena ukuran molekulnya yang besar. Sementara tingginya protein ini juga didukung oleh rendahnya karbohidrat, sehingga dianggap menjadi susu terbaik bagi sebagian orang yang memiliki masalah berat badan namun ingin tetap mengkonsumsi produk susu.

Singkatnya, susu UF dapat dikonsumsi langsung maupun dijadikan bahan untuk produk berbahan susu, seperti es krim, yoghurt dan keju. Susu UF untuk dikonsumsi langsung banyak tersedia di pasaran dengan beragam merk yang mempromosikan susu dengan kandungan protein tinggi, bebas laktosa atau kadar gula yang lebih rendah. Susu UF dapat pula menjadi bahan yang efisien dalam pembuatan es krim, yoghurt dan keju dikarenakan teksturnya yang kental dan rasanya yang lebih lembut. Bahkan dewasa ini susu UF juga sudah banyak dijual sebagai bubuk susu atau konsentrat bubuk, yang dihasilkan dari susu UF yang telah dikeringkan untuk menghasilkan protein susu.

Komposisi Khas dalam Susu UF

apa itu susu uf ultrafiltered milk kandungan susu uf

Komposisi atau kandungan susu UF umumnya bervariasi dikarenakan proses filtrasi dan aplikasi membran yang berbeda-beda. Misalnya untuk pembuatan yogust dan es krim, komposisi susu UF biasanya dibuat dengan dialfiltrasi. Dialfiltrasi adalah langkah pencucian yang melibatkan penambahan air ke retentate (hasil sisa yang ditahan oleh membran).

Langkah ini diperlukan untuk mengurangi karbohidrat tambahan, sekaligus menghilangkan lebih banyak laktosa dan mineral. Sementara formulasi susu UF sebagai produk susu (yang dapat langsung diminum) biasanya disesuaikan dengan imej brand dari perusahaan.

Misalnya apabila produsen susu ingin membuat susu yang tidak mengandung laktosa, pengolah mungkin menggunakan membran yang memungkinkan laktosa melewati membran. Atau, jika produsen menginginkan susu yang lebih tinggi protein, maka akan menggunakan membran yang menahan protein. Prosesor kemudian akan menggabungkan kembali komponen-komponen tersebut, untuk menambahkan atau menghilangkan komponen yang mereka inginkan dalam susu UF tersebut.

Beberapa juga menggunakan teknik ultra-filtrasi pada susu untuk memproduksi susu UF yang lebih tahan lama (biasanya menggunakan membran yang lebih terbuka). Hal ini mungkin dilakukan dengan memisahkan bakteri yang dapat menyebabkan pembusukan.

Oleh karena itu, sebenarnya tidak ada standar spesifikasi untuk susu UF atau produk berbahan dasar susu UF ini. Karena pada dasarnya membuat susu UF sama dengan membuat ulang susu dengan tambahan enzim laktase, hasil sisa kalsium, protein dan bahan sehat lainnya.

Nutrisi dan Manfaat Susu UF

Membandingkan nutrisi susu UF dengan susu sapi konvensional, maka dapat dikatakan bahwa dalam 2 persen susu konvensional mengandung kalsium sebanyak 283 miligram, sementara susu UF mengandung 380 miligran kalsium. Selain itu protein yang dihasilkan susu UF juga lebih tinggi yaitu sebanyak 13 gram, sementara susu pada umumnya rata-rata mengandung hanya 8 gram protein.

Nilai plus lainnya yang menjadi daya tarik susu UF adalah kandungan karbohidratnya yang rendah, hanya sebesar 6 gram, yang setara dengan dua kali lipat dari jumlah karbohidrat dalam susu konvensional. Karbohidrat yang rendah didukung oleh proses ultrafilter yang menghilangkan 70% karbohidrat laktosa. Susu UF juga memberikan jaminan tingkat sterilisasi yang lebih baik, dengan rasa netral dan nilai gizi yang lebih tinggi.

Susu UF memberikan beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh. Susu UF adalah produk unik yang dapat membantu program diet harian dengan tingginya kalsium dan protein yang mampu menahan rasa kenyang lebih lama dan menjaga berat badan. Manfaat kalsium pada susu juga tidak dapat tergantikan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, menyehatkan otak serta menjaga fungsi kardiovaskular. Sementara protein dalam susu UF yang tinggi mampu menjadi asupan untuk memperbaiki sel tubuh yang rusak, meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu pertumbuhan. Susu UF juga dianggap baik untuk relaksasi pada kontraksi otot dan menurunkan tekanan darah.

Cara Mengkonsumsi Susu UF

Saat ini, susu UF cair dijual dalam versi utuh dan skim, baik mentah maupun dipasteurisasi. Ada juga dalam bentuk bahan baku cairan untuk dikombinasikan dalam pembuatan produk berbahan dasar susu.

apa itu susu uf ultrafiltered milk nutrisi susu uf

Susu UF dapat dikonsumsi langsung, namun dapat pula digunakan untuk menghasilkan minuman berbahan dasar susu dengan 3 gram laktosa per 8 ons porsi. Susu biasa mengandung 12 gram laktosa per 8 ons porsi. Tambahan protein susu dari susu UF dapat ditambahkan ke minuman untuk meningkatkan kandungan protein.

Beberapa orang akan meminum susu UF dengan cara sederhana seperti memasukkan beberapa protein dan kalsium tambahan ke dalam makanan sambil mengurangi asupan gula. Biasanya mencampurkan susu UF dengan kopi, omelet, jus, smoothie maupun sebagai minuman pasca olahraga bagi para atlet merupakan pilihan terbaik dalam mengkonsumsi minuman susu bebas laktosa ini. Namun jumlah dan takaran juga tetap perlu diperhatikan dalam mengkonsumsi susu UF. Sebagai gambaran, dalam 100 ml susu UF mengandung 57 kkal, 126 miligram kalsium, 3,5 gram lemak, 2,8 gram gula serta 3,4 gram protein. Angka dan jumlah ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing individu.

Siapa yang Cocok Mengkonsumsi Susu UF?

Terdapat populasi tertentu yang mungkin akan mendapat lebih banyak manfaat dari minum susu UF atau yang lebih cocok mengkonsumsi jenis susu ini. Pertama-tama, susu UF adalah pilihan bagi mereka yang tidak mampu sepenuhnya mencerna gula (laktosa) dalam produk susu. Indikasi ini disebut intoleransi laktosa yang disebabkan oleh kekurangan enzim dalam tubuh yang disebut laktase. Orang-orang yang masuk dalam kelompok ini seringkali mengalami kram perut, kembung dan diare sehingga harus menghindari susu yang mengandung laktosa.

apa itu susu uf ultrafiltered milk manfaat susu uf

Sebaliknya susu UF dianggap sebagai produk aman konsumsi bagi individu dengan intoleransi laktosa. Keberadaan susu UF sebagai susu alternatif memberikan kesempatan bagi para populasi intoleransi laktosa agar dapat pula menikmati rasa segelas krim susu nikmat layaknya orang pada umumnya.

Kelompok yang juga cocok untuk mengkonsumsi susu UF adalah wanita yang berisiko terkena osteoporosis dan berjuang dengan asupan kalsium yang cukup dikarenakan susu UF mengandung kalsium dan protein yang penting untuk menjaga kesehatan tulang. Beberapa atlet yang beralih ke minuman protein untuk pemulihan olahraga juga perlu mengkonsumsi susu UF, untuk menjaga nutrisi seimbang tanpa khawatir akan menimbun lebih banyak lemak di tubuh.

Beberapa orang lainnya yang juga tepat untuk memilih susu UF adalah mereka yang mencoba membatasi asupan gula (untuk menghindari diabetes) dan memantau asupan karbohidrat. Ada juga beberapa orang yang memang menyukai rasa susu coklat namun menghindari susu murni karena kandungan gula yang tinggi, sementara susu biasa yang rendah lemak memiliki rasa yang cenderung hambar. Dengan demikian susu UF khususnya varian rasa coklat dapat menjadi pilihan terbaik menikmati susu rendah gula dengan pilihan rasa terbaik.

Mengkonsumsi susu UF merupakan pilihan bijak untuk memenuhi kebutuhan gizi harian, baik sebagai minuman maupun sebagai bahan produk susu lainnya. Akan tetapi perlu diingat bahwa beberapa produk yang dibuat dengan susu UF mengandung pemanis buatan seperti acesulfame potassium untuk membantu menjaga kadar gula produk tetap rendah. Bagi beberapa orang kandungan ini mungkin menyebabkan alergi atau efek samping. Oleh sebab itu pastikan untuk memeriksa label produk secara cermat sebelum memutusakan membeli susu UF.

apa itu susu uf ultrafiltered milk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *