9 Tips Penggunaan Sumac dalam Masakan

Sumac terbuat dari bunga sumac liar atau Rhus coriaria yang berupa beri yang dikeringkan dan dihaluskan. Rasanya mengingatkan pada jus lemon karena cenderung asam. Sejauh ini, terdapat dua jenis sumac yang biasa dikonsumsi dan ditemukan di campuran bumbu sumac, adalah Sumac harum (alias Lemon sumac) dan Sumac halus (alias Scarlet sumac).

Rempah-rempah yang harum ini digunakan untuk mencerahkan rasa za’atar dan bumbu khas Timur Tengah lainnya. Sumac juga biasa digunakan sebagai hiasan, untuk menambahkan sedikit warna berani atau sebagai taburan untuk memberi sedikit keasaman sebelum hidangan disajikan.

Rahasia opor autentik

Bubuk sumac yang berwarna anggur ini adalah salah satu yang paling berguna tetapi kurang dikenal di luar Timur Tengah. Di Iran, masyarakat disana menggunakannya sebagai bumbu sehari-hari, meletakkannya di atas meja dengan garam dan merica. Anda dapat mencobanya sendiri dan anda akan menyadari bahwa sumac dapat melengkapi sebagian besar hidangan.

Menggunakan sumac alih-alih jus lemon atau zest, akan meningkatkan rasa hidangan, memberikan sentuhan yang menarik dan eksotis. Hidangan ikan, unggas, dan sayuran semuanya akan memberikan sensasi rasa baru dengan sumac. Bahkan bisa ditaburkan di atas yogurt maupun saus yang dikonsumsi harian.

Meskipun semua sumac yang dijual untuk dikonsumsi aman untuk dimakan, ada juga bentuk tanaman beracun yang ditemukan di alam liar, yang dapat dikenali dari buah beri putih dan daunnya yang terkulai, berbeda dengan buah beri merah sumac yang dapat dimakan. Inilah yang membuat banyak orang bertanya-tanya apakah sumac beracun?

Mayoritas sumac yang ditemukan di toko kelontong dan pasar akan dijual dalam bentuk bubuk kasar atau halus dari buah sumac yang sudah dikeringkan. Meskipun dimungkinkan untuk membeli buah sumac utuh di beberapa bagian dunia,  namun hal ini sangat jarang ditemukan.

Cara Menggunakan Sumac

Mengingat rasa pelengkapnya, sumac dapat digunakan untuk menyempurnakan berbagai macam hidangan. Sementara sumac paling sering digunakan dalam masakan Timur Tengah, karena bumbu serbaguna ini memiliki potensi kuliner yang luar biasa, diantaranya :

  • Bahan standar untuk membuat za’atar, yaitu campuran rempah-rempah Mediterania yang populer digunakan untuk melengkapi segala hidangan, mulai dari roti pita hingga daging domba
  • Ditaburkan di atas berbagai hidangan, seperti daging, salad, roti, dan makanan penutup, baik sebagai hiasan warna-warni maupun untuk memberikan sentuhan rasa keasaman dari jeruk
  • Sebagai pengganti jus lemon atau cuka, karena memiliki rasa yang tidak terlalu kuat, dibandingkan bahan dengan rasa asam lainnya
  • Sebagai bagian dari olesan daging atau bumbu marinasi, untuk meningkatkan lemak alami dengan rasa yang segar

Tips Penggunaan Sumac

Secara lebih lanjut, sumac bisa digunakan untuk resep makanan berikut :

Topping Untuk Semua Hidangan Timur Tengah

Bagi orang yang telah banyak mengenal Timur Tengah, maka pasti akan merasa sumac membawa kenangan masa kecil. Pasalnya, sumac sering digunakan sebagai bumbu tabur serba guna mulai dari keju feta dengan minyak zaitun, baba ganoush, hummus, ayam panggang dan bahkan ikan. Sumac memiliki rasa lemon, dan warnanya yang mencolok memberikan nilai tambah sendiri. Sumac pada dasarnya adalah bunga kering, dan seperti halnya bumbu apa pun, semakin segar kualitas rempahnya maka rasanya akan semakin baik.

Popcorn

Bagi pecinta popcorn pasti akan selalu mencoba aneka topping popcorn untuk mengeksplorasi  rasa popcorn menjadi lebih enak. Banyak yang menyukai elemen asam yang didapatkan dari sumac. Jadi anda bisa mencampurkan bubuk sumac dengan popcorn dan garam ntuk menciptakan bumbu tersendiri.

Apapun Bumbunya, Tidak Pakai Pengawet

Minyak Untuk Olesan Roti

Bagi orang yang sangat suka sumac, pasti setuju bahwa sumac seharusnya menjadi rempah yang populer. Ini adalah kombinasi jeruk, sekaligus penyedap rasa, seperti garam. Penambahan sumac akan memperkuat hidangan apapun yang ada di piring anda.

Sumac adalah hal pertama yang orang makan ketika mereka datang ke restoran Timur Tengah. Sumac termasuk bagian dari campuran minyak untuk roti. Biasanya roti akan menggunakan minyak zaitun extra-virgin, lalu ditambahkan za’tar yang mengandung sumac dan garam ekstra. Tentu saja tambahan sumac akan meningkatkan rasa minyak untuk roti, dan menjadi hal yang luar biasa.

Bumbu Makanan Goreng

Sumac bisa menjadi bumbu untuk membuat makanan yang digoreng. Sumac menekankan rasa asam, tetapi juga bersahaja. Sumac bisa dijadikan campuran bumbu untuk jagung goreng, kubis Brussel goreng, dan pastinya kacang garbanzo goreng.

Secara khusus, untuk kacang garbanzo, tutupi kacang dengan banyak air dan masak cukup lama, hingga kulitnya terlihat seperti pecah, kacangnya pecah menjadi dua, dan hampir lembek. Tambahkan garam ke dalam air agar rasa asin menyerap saat kacang didinginkan. Kemudian saring dan goreng kacang dalam minyak pada suhu 350 ° F (180 ° C). Dalam tahap ini kacang garbanzo hampir berlubang, dan kulitnya menjadi renyah. Kemudian aduk dengan menambahkan garam, sumac, dan sifonade mint. Tambahan sumac dalam tahap ini akan mengubah keseluruhan rasa kacang.

Menambah Rasa Jeruk Pada Makanan Kering

Sumac memiliki rasa asam yang netral dan bersahaja, sumac cocok digunakan pada hidangan yang tidak membutuhkan cairan dari jus jeruk. Taburkan langsung pada makanan atau bumbu kering di mana anda menginginkan rasa asam langsung melekat pada masakan.

Bumbu Roti Daging Timur Tengah

Timur tengah identik dengan beragam jenis roti, termasuk roti dengan isi daging. Daging cincang cocok sekali dengan sumac dan memberinya sedikit rasa lemon. Gunakan dengan daging apa pun yang anda sukai, bahkan untuk daging kalkun sekalipun.

Bumbu Daging

cek ratusan koleksi lainnya

Semua orang menganggap sumac sebagai bumbu Timur Tengah, tetapi di Italia dan Sisilia, sumac adalah rempah-rempah yang tumbuh dengan mudah dan sering digunakan. Di negara Eropa tersebut sumac dijadikan bumbu marinasi daging, khususnya daging babi.

Resep bumbu marinasi, termasuk jeruk, minyak zaitun, madu, bawang putih cincang, kecap dan sumac. Biasanya daging iga digunakan untuk direndam selama 24 jam, kemudian dibiarkan beberapa jam pada suhu kamar sebelum dimasak. Di antara jeruk dan sumac, anda mendapatkan rasa jeruk yang lebih cerah dan unik.

Donat Sumac

Sumac bisa menjadi campuran adonan donat. Alasannya sumac punya rasa citrus alami dan tergolong rempah yang sehat. Adonan donat brioche dicampurkan dengan sumac, dan ditambahkan gula merah. Kemudian langkah ini diulangi sampai memiliki sekitar 20 lapis sumac sebelum memotong donat dan dibiarkan mengembang. Kemudian donat tersebut akan dilapisi dengan vanilla bean dan sumac icing. Itu adalah donat unik dengan untaian merah di dalamnya.

Ganache

Satu lagi resep sumac yang layak di coba yaitu ganache, bukan es krim. Ganache adalah pencampuran cokelat yang sudah diiris tipis, dengan krim yang sudah direbus. Keduanya diaduk hingga saling menyatu. Kegunaannya untuk isian kue kering dan bahan membuat truffle. Sumac ganache sangat cocok dengan produk susu, menyeimbangkan cokelat pahit dengan susu krim, dan rasa asam sumac akan melengkapi semuanya. Ditambah lagi ada karakteristik aromatik yang ditinggalkan dalam bahan ini berkat penggunaan sumac.

Sumac pada dasarnya adalah rempah-rempah serba guna. Hampir semua makanan dan minuman bisa menggunakan sumac, bahkan hidangan utama dan dessert sekalipun. Jika anda suka berselancar dengan rasa-rasa baru, maka sumac wajib dicoba. Pasalnya anda akan kagum dengan rasa sitrus, namun termasuk rempah-rempah yang aromatik sehingga mudah sekali dikombinasikan dengan makanan dan minuman.

masak 14 porsi nasi biryani

Leave a Reply

Your email address will not be published.