Siapa Sangka Ternyata Za’tar Bisa Untuk Yang Manis Juga

Siapa Sangka Ternyata Zatar Bisa Untuk Yang Manis
Siapa Sangka Ternyata Zatar Bisa Untuk Yang Manis

Timur Tengah dikenal dengan masakannya yang penuh rempah-rempah. Tak heran jika beragam jenis rempah-rempah tersedia di wilayah ini. Dikarenakan ketersediaan rempah yang melimpah maka campuran rempah-rempah dasar yang digunakan dalam hidangan sehari-hari dijadikan sebuah bumbu yang disebut zaatar atau za’tar. Jika mendengar kata bumbu, kebanyakan orang akan berpikir bahwa za’tar cocok untuk hidangan utama yang bercita rasa pedas, asin dan gurih. Padahal, faktanya za’tar adalah bumbu serbaguna yang bisa juga digunakan untuk makanan maupun minuman yang manis juga.

Mengenal Za’tar

Za’tar merupakan jenis bumbu yang terbuat dari herbal kering, lalu dicampurkan dengan biji wijen panggang, sumac kering, garam, dan rempah lainnya yang tak terbatas. Rempah yang biasa digunakan antara lain oregano kering, thyme, marjoram dan sage. Bumbu yang satu ini kerap digunakan dalam masakan Arab, baik berupa herbal maupun bumbu dasar untuk banyak hidangan populer di Timur Tengah.

Rahasia steak autentik

Komposisi za’tar yang dibuat oleh setiap rumah tangga umumnya berbeda-beda. Begitu pula di setiap negara di Timur Tengah. Ada saja rempah-rempah yang mungkin ditambahkan untuk membuat rasanya khas. Bisa dikatakan za’tar adalah warisan keluarga, sehingga tidak semua keluarga akan membagikan resep tersebut secara luas. Tak heran jika kelezatan hidangan yang menggunakan racikan za’tar punya kebanggan tersendiri di setiap keluarga.

Bahkan jika anda membeli za’tar di supermarket, jika merek yang dijual berbeda bisa saja rasa dan komposisi za’tar pun berbeda satu sama lain. Meski demikian, secara umum rasa dari campuran za’atar bisa tajam, herbal, nutty, sedikit asam atau toasty. Za’atar juga masih tergolong herba sehingga memiliki sedikit rasa mint, yang dicampur rasa marjoram atau oregano. Bahkan kadang ada za’tar yang terasa asin jika ditambahkan garam dan ada pula yang terasa lemony.

Mengkonsumsi Za’tar

Mengkonsumsi Za’tar
Mengkonsumsi Za’tar

Za’atar mencakup berbagai macam rasa yang bisa digunakan pada hidangan manis maupun gurih. Rasa za’tar akan bersatu dengan irisan tomat pada salad, bumbu ayam panggang yang bersahaja dan gurih, taburan pada aneka sayuran, maupun menjadi rempah-rempah di atas piring layaknya garam meja. Di Timur Tengah, za’tar sering dimakan dengan roti yang dicelup minyak atau labneh, atau dioleskan ke adonan roti pipih sebelum dipanggang menjadi man’oushe.

Jika anda memasak dengan za’atar, anda tidak perlu bumbu lain karena rasanya sudah sangat lezat. Tak heran bumbu ini dianggap sebagai bumbu serbaguna yang tidak kalah dengan micin, keju, atau aneka topping masakan modern. Akan tetapi tidak berarti bahwa anda tidak boleh memadukannya dengan bawang putih, rempah segar yang lembut, lemon, kacang panggang, maupun irisan cabai. Pasalnya, za’tar mudah sekali dikombinasikan dengan berbagai bahan tambahan.

Alternatif Penggunaan Za’tar

Za’tar pada makanan manis bukanlah sesuatu yang aneh, karena rasa za’tar dijamin justru akan menambah kelezatan pada makanan maupun minuman anda.

Teh

Tidak hanya makanan, za’tar yang terbuat dari rempah dan herbal alami bisa juga dijadikan campuran teh. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, za’tar menawarkan rasa mint yang cocok untuk minuman hangat seperti teh. Teh dengan za’tar bisa dipadukan dengan lemon atau jahe untuk meningkatkan manfaatnya bagi kesehatan. Sejauh itu teh za’tar bagus untuk menghilangkan sakit perut, mengeluarkan gas dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.  Hal ini menjadikannya sebagai salah satu teh herbal yang bermanfaat untuk kesehatan.

Es Krim

Es Krim
Es Krim

Buat anda yang sudah bosan menikmati es krim dengan rasa stroberi, cokelat, maupun rasa buah-buah segar lain, bisa coba membuat es krim sendiri dengan rasa za’tar. Es krim dengan za’tar cocok dipadukan dengan buah tin atau buah ara. Buah ara dibelah dua, dilumuri madu, direbus sebentar, lalu ditaburi za’atar dan kemiri, dan dipanggang lagi. Sebagai sentuhan terakhir za’tar akan menyajikan es krim dengan rasa rempah. Tidak perlu khawatir dengan rasa es krim yang menjadi aneh, karena za’tar sangat mudah menyatu dengan rasa bahan-bahan lain sehingga es krim anda akan tetap terasa segar dan creamy.

Biskuit

Biskuit menjadi makanan manis lain yang cocok dipadukan dengan za’tar. Caranya dengan mencampurkan mentega, tepung, dua sendok teh za’atar, cabai iris (opsional) dan dua buah keju ke food processor. Kocok sampai campuran mulai membentuk remah-remah, lalu mulai menggumpal membentuk bola. Satukan campuran untuk membentuk adonan. Bungkus dengan cling film atau wrap kemudian dinginkan selama 30 menit.

Apapun Bumbunya, Tidak Pakai MSG

Selanjutnya, panaskan oven hingga 180°C dan olesi sedikit loyang dengan minyak. Panggang adonan hingga matang dan potong kecil-kecil untuk menghasilkan biskuit yang renyah. Sebagai langkah tambahan, olesi permukaan setiap biskuit dengan sedikit telur kocok dan taburi dengan campuran za’atar. Panggang lagi selama 10 menit, atau sampai berwarna cokelat keemasan. Biskuit za’tar hangat siap dinikmati.

Kombucha

Kombucha
Kombucha

Teh kombucha adalah teh hasil fermentasi larutan teh dengan gula yang kemudian ditambahkan starter bakteri Acetobacter xylinum dan beberapa jenis ragi. Ketika proses fermentasi, teh akan menghasilkan zat asam, bakteri baik, dan sedikit alkohol. Kombinasi inilah yang membuat kombucha memiliki rasa tajam dan asam, serta aroma yang persis seperti cuka. Kombucha adalah jenis teh yang menyehatkan karena bagus untuk menunjang metabolisme dan mengatur pencernaan. Dalam hal ini za’tar bisa digunakan 1-2 sendok teh untuk menyegarkan rasa kombucha. Za’tar yang wangi dan kaya rasa akan membuat teh kombucha justru menjadi lebih nikmat.

Za’atar Pull-Apart Rolls

Za’tar dengan campuran roti gulung bisa menjadi pilihan lain untuk mendapatkan resep yang menggunakan bumbu ini. Memang, tidak ada resep yang lebih sederhana daripada ini. Singkatnya gulungan ragi diolesi dengan minyak zaitun dan za’tar sebelum dipanggang. Setelah proses selesai, akan dihasilkan kue gulung yang berwarna cokelat dengan taburan za’tar yang rasanya kompleks. Sebagai bonus, kue gulung dengan taburan za’tar juga menjadi menarik karena kesannya sangat mirip dengan taburan rumput laut.

Popcorn

Popcorn
Popcorn
Bumbu Terbaik Untuk Masakan Ternikmat

Popcorn sudah tersedia dalam berbagai rasa manis dan gurih, seperti keju, cokelat, stroberi, kopi dan yang favorit adalah rasa caramel. Dengan adanya taburan za’tar pada popcorn, maka anda akan mendapatkan sensasi rasa yang berbeda. Apalagi popcorn za’tar sering dijadikan alternatif cemilan untuk para vegan yang tak kalah lezat.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat popcorn za’tar, yaitu biji jagung khusus untuk popcorn, 2 sdm minyak zaitun, ½ sdt garam jika za’tar yang digunakan tanpa garam, ¼ sdt lada halus, serta 2 sdm bubuk za’tar. Tuangkan minyak di atas popcorn panas, aduk untuk melapisi seluruh popcorn. Dalam mangkuk kecil, campurkan garam, za’atar, dan lada. Tuang campuran di atas popcorn dan aduk hingga merata.

Roti

Penggunaan za’tar sebagai topping roti bukanlah hal baru. Jenis roti apapun bisa ditaburi za’tar dan minyak zaitun. Inilah yang disebut za’tar manakish atau roti za’tar yang menjadi sarapan keluarga di Timur Tengah. Olesan minyak zaitun dan za’tar menjadikan roti apapun terasa gurih dan wangi. Tentu saja ini bisa menjadi bumbu yang perlu disediakan karena cocok untuk jenis roti atau kue-kuean manis yang membutuhkan topping unik.

Kue Bolu

Kue Bolu
Kue Bolu

Kue bolu merujuk pada jenis kue yang bahannya terdiri dari tepung terigu, gula dan telur, lalu dipanggang dalam oven. Namun beberapa bolu bisa juga dikukus dan menjadi bolu kukus.  Bagaimanapun cara memasak kue bolunya, za’tar bisa melengkapi makanan ini. Bolu za’tar juga cocok dipadukan dengan keju di dalam adonan. Bolu dengan tambahan za’tar akan terlihat berbeda jika dipotong atau digigit, karena menampakkan bagian dalam kue yang lembut dan ditaburi bumbu bercorak hijau. Bolu za’tar bisa dinikmati dengan secangkir teh mint hangat.

Sebagai informasi tambahan, jika anda tidak memanaskan atau menggunakan za’tar sebagai bumbu dalam proses memasak, anda bisa mengeluarkan rasa za’tar secara maksimal dengan membumbuinya bersama minyak panas atau mentega. Dengan bahan ini, anda bisa menaburkan za’tar di banyak makanan dan minuman. Nah, jika tertarik mencoba za’tar, anda bisa membelinya di Cairo Food dengan kualitas rasa yang terjamin, serta pastinya dibuat tanpa campuran bahan apapun.

masak 1 ekor ayam betutu
Infographic Siapa Sangka Ternyata Zatar Bisa Untuk Yang Manis
Infographic Siapa Sangka Ternyata Zatar Bisa Untuk Yang Manis

Leave a Reply

Your email address will not be published.