10 Manfaat Teh Kombucha Bagi Kesehatan Tubuh

Teh kombucha merupakan jenis teh yang berasal dari teh hitam maupun teh hijau. Namun, sebagian besar masyarakat dunia lebih mengenal teh hijau dalam pembuatan teh kombucha ini. Teh kombucha ini juga dikenal sebagai teh jamur, karena dalam pengolahannya memerlukan fermentasi yang menghasilkan jamur pada teh. Tetapi tidak perlu khawatir, jamur yang dihasilkan adalah jamur sehat yang baik untuk tubuh.

Teh kombucha ini lahir sejak 2000 tahun silam di Tiongkok, China, sehingga membuat namanya dikenal sebagai teh tradisional China. Diberi nama kombucha karena terdiri dari dua makna, yaitu ‘kombu’ yang berarti jamur, dan ‘cha’ yang artinya teh. Asal usul minuman ini sulit dipastikan secara umum, namun teh ini dikaitkan dengan seorang kaisar Tiongkok, yang mulai menyeduh minuman ini sekitar berabad-abad lalu.

Kombucha berasal dari Cina Timur Laut, yang secara historis disebut sebagai Manchuria. Awalnya teh ini dihargai karena khasiat penyembuhannya. Namanya dilaporkan berasal dari ‘Tabib Kombu’ (penyebutan tabib anonim karena mengenalkan ‘kombu’ dalam racikan teh nya), seorang tabib Tiongkok yang membawa teh yang telah difermentasi ke wilayah Jepang sebagai obat untuk Kaisar Inkyo. Dari sanalah teh mulai dibawa dan dikenalkan ke Eropa sebagai hasil dari perluasan jalur perdagangan di awal abad ke-20, terutama muncul di Rusia (sebagai “Kambucha”) dan Jerman (sebagai “Kombuchaschwamm”).

Kombucha ini pernah hilang dalam peradaban selama perang Dunia II, dimana pasokan teh dan gula sangat menurun. Walaupun begitu, kombucha mendapatkan kembali popularitasnya setelah penyebarannya masuk di Swiss dan digunakan untuk memberikan manfaat sebagai obat kesehatan. Saat itu, di Swiss mencampurkan teh ini dengan yogurt untuk dikonsumsi.

Dengan berjalannya waktu, teh ini mulai dikenal masyarakat luas. Bahkan banyak pakar yang mencatat bahwa popularitas awal dari teh ini disebabkan oleh konsumen yang percaya bahwa minuman tersebut adalah bantuan kesehatan yang ampuh untuk kondisi medis yang cukup serius. Katz, seorang penulis The Art of Fermentation, pertama kali mencoba kombucha sekitar tahun 1994, ketika seorang temannya yang menderita AIDS mulai membuat dan meminumnya sebagai praktik kesehatan. Dimana teh ini disebut-sebut sebagai stimulan kekebalan umum, meskipun klaim manfaat kombucha sangat bervariasi dan luas. Berdasarkan sejarahnya saja, teh ini memang sudah dikenal bermanfaat sebagai pengobatan berbagai penyakit. Maka tak heran bila teh ini dikenal sebagai teh pengobatan.

Bahan yang digunakan dalam pembuatan kombucha antara lain teh, gula, air, serta kultur mikroba dalam bentuk SCOBY (Symbiotic Culture Of Bacteria and Yeast). SCOBY inilah yang merupakan ragi inti dari fermentasi kombucha yang membentuk struktur selulosa, semacam jaringan kenyal dan halus.

Pembuatannya juga tergolong mudah, yang kamu lakukan adalah larutkan dan seduh teh dengan cara mendidihkan air dan memasukkan gula ke dalamnya. Teh yang digunakan boleh teh hijau ataupun teh hitam. Selanjutnya larutan teh dipisahkan dari ampas untuk kemudian didinginkan hingga suhu ruang. Setelah itu larutan teh dimasukkan ke dalam toples kaca lalu masukkan SCOBY. Toples kaca ditutup dengan kain dan diikat dengan karet. Diamkan dalam suhu ruang selama 7-10 hari. (Waktu ini dinyatakan sebagai waktu yang tepat untuk menghasilkan teh kombucha yang enak).

Oh iya, pastikan kamu menaruh toples kaca jauh dari sinar matahari, karena adanya sinar UV dari matahari dapat membuat mikroba mati dan bakteri tidak akan berkembang. Mendiamkan teh kombucha ini menciptakan kondisi aerobik pada proses fermentasi. Nah, kamu akan melihat jaringan selulosa spons yang akan mengapung di atas permukaan teh. Penghentian proses fermentasi ini bergantung pada selera rasa yang kamu sukai. Rasa teh ini terdapat sensasi asam, manis, dan sedikit pahit yang menyatu. Setelah rasa sudah sesuai dengan lidahmu, maka larutan kombucha dipisahkan dari SCOBY (jaringan spons) dan dimasukkan ke dalam lemari pendingin.

Teh kombucha ini dianggap memiliki kemiripan dengan konbucha (dibaca kombucha) yang merupakan teh asal Jepang. Tetapi, keduanya merupakan teh yang berbeda. Di Jepang, teh konbucha menggunakan rumput laut kering yang diseduh dengan segelas air hangat, sehingga tidak ada proses fermentasi di dalamnya. Sedangkan kombucha memerlukan jamur fermentasi dalam pembuatannya. Rasa pada teh kombucha Tiongkok memiliki asam yang kuat, sedangkan pada teh konbucha Jepang tidak ada rasa asam sama sekali, melainkan sedikit asin dan gurih.

Cara pembuatan teh ini tergolong mudah, tetapi memerlukan waktu yang lama dalam penanganannya. Walaupun begitu, teh ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Beberapa orang akan lebih terfokus pada khasiat teh ini, dibanding cara pembuatan yang lama, karena memang manfaat kombucha sudah terkenal sejak zaman dahulu kala. Teh kombucha dikenal karena kandungan antioksidan dan probiotik yang baik untuk tubuh. Lantas apa saja manfaat dari teh kombucha? Berikut penjelasannya.

Menjaga Kesehatan Usus

Usus merupakan peranan penting dalam sistem pencernaan. Usus lah yang akan meneruskan proses emulsi makanan untuk sistem pembuangan. Bila kesehatan usus terjaga, maka akan membantu proses pembuangan menjadi lancar dan terhindar dari susahnya Buang Air Besar (BAB).

Dalam teh kombucha menunjukkan bahwa teh ini seperti makanan fermentasi lainnya, yang kaya akan probiotik. Bakteri probiotik mirip dengan bakteri baik yang ada di usus. Bakteri ini akan membantu proses emulsi feses menjadi lebih lunak dan mudah untuk dikeluarkan. Mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik dapat membantu meningkatkan kesehatan usus secara keseluruhan. Probiotik dapat bekerja dengan membantu tubuh memelihara komunitas mikroorganisme yang sehat. Tentunya ini dapat menjaga usus kamu terhindar dari diare, penyakit radang usus, ataupun sembelit.

Perlu kamu ketahui, bahwa komponen mikroba kombucha bergerak pada “populasi lactobacillus yang menonjol” dalam minuman tersebut. Lactobacillus adalah jenis probiotik yang umum, yang membantu melawan bakteri jahat dalam usus. Jadi sangat masuk akal bahwa teh kombucha dapat menstabilkan saluran pencernaan dan membantu mencegah infeksi, serta pembengkakan. Sebagai sumber potensial probiotik, kemampuan teh ini baik untuk menyeimbangkan bakteri baik dalam usus dan meredakan beberapa masalah pencernaan. Dengan demikian, akan membuat usus kamu menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Kombucha juga memiliki sifat anti peradangan yang membantu melawan radang pada usus. Teh ini mengandung polifenol, yang merupakan antioksidan yang dapat mengurangi peradangan dalam tubuh, bekerja melawan inflamasi dan mendinginkan radang pada usus. Peradanganan ini mungkin disebabkan oleh ketidakseimbangan bakteri baik dan jahat dalam usus, yang dikenal sebagai disbiosis usus. Penjelasannya adalah bahwa ketika bakteri jahat mengambil alih kerja bakteri baik, ini memicu respons sistem kekebalan, dan respons inilah yang menyebabkan peradangan. Probiotik dan sifat anti peradangan akan segera bekerja untuk meningkatkan jumlah bakteri baik, yang kemudian menjadi normal kembali. Sehingga peradangan akan berkurang perlahan.

Menjaga Berat Badan

Bagi kamu yang ingin menjaga berat badan agar lebih stabil, rasanya perlu untuk mengonsumsi teh kombucha ini. Bakteri baik berupa probiotik dalam kombucha menjadi inti dalam menjaga berat badan. Bakteri ini mendorong feses keluar dan tidak ada lemak atau sisa makanan yang menumpuk. Pada teh kombucha terdapat flavonoid lebih tinggi dibanding teh lainnya. Ini tentu bagus untuk meningkatkan metabolisme pencernaan. Senyawa epigallocatechin yang ditemukan dalam teh ini akan membuat metabolisme pencernaan yang sedikit lebih cepat. Inilah yang mengakibatkan rutinnya Buang Air Besar atau BAB. Secara tidak langsung hal ini akan mempengaruhi berat badan kamu menjadi stabil.

Pada teh kombucha terdapat kandungan asam asetat yang berasal dari mikroorganisme Acetobacter. Acetobacter merupakan peluruh bakteri bersifat aerobik yang menghasilkan asam asetat dan asam glukonat. Rasa asam ini akan diberikan dalam teh kombucha yang mirip dengan cuka, dan produk minuman kesehatan usus dan pencernaan. Bila asam asetat meluruhkan bakteri, yang kemudian membuat pencernaan baik, maka secara langsung mempengaruhi berat badan tubuhmu.

Selain itu, melalui fatsecret, kalori pada teh kombucha dalam ukuran botol 470 ml, hanya mengandung 60 kalori. Sedangkan untuk ukuran 100 ml hanya 13 kalori. Kalori rendah dalam teh ini baik dikonsumsi bagi kamu yang sedang menjaga berat badan atau sedang program diet. Namun, disarankan tidak menambah gula atau kadar gulanya lebih rendah.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh akan selalu berhubungan dengan metabolisme tubuh. Bila metabolisme kuat, daya tahan tubuh akan semakin meningkat. Teh kombucha mengandung antioksidan yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Antioksidan ini bekerja untuk melawan bakteri dan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Bila terdapat bakteri yang masuk dalam tubuh, maka antioksidan segera melakukan perlawanan dan membunuh bakteri.

Asam-asam organik dalam teh kombucha mempunyai manfaat bagi metabolisme tubuh sehingga berpotensi sebagai antibiotik alami yang mematikan bakteri jahat. Bakteri jahat yang hilang dalam tubuh, tentunya akan menambah kekuatan daya tahan tubuh. Antioksidan dalam kombucha merupakan molekul reaktif yang dapat merusak sel pertumbuhan bakteri. Melindungi terjadinya kerusakan sel yang diakibatkan pertumbuhan bakteri jahat. Dengan begitu metabolisme tubuh berjalan baik dan daya tahan tubuh meningkat.

Kombucha juga mempunyai kemampuan sebagai immunomodulator yang dapat meningkatkan sistem imun, hal ini terbukti pada penelitian mengenai kombucha yang menunjukkan aktivitas antioksidan karena komponen fenoliknya. Komponen fenolik yang terdapat pada kombucha memiliki kemampuan imunomodulator dengan melawan bakteri yang kerap menggerogoti sel tubuh.

Menjaga Kesehatan Fungsi Hati

Antioksidan berupa polifenol dalam kombucha berperan aktif melindungi kerja hati. Teh kombucha dapat meningkatkan kesehatan hati karena kemampuannya yang berpotensi untuk mendetoksifikasi tubuh. Jadi dengan seiring waktu, meminum teh ini dapat mengurangi seberapa keras tingkat kerja hati.

Selain itu asam glucoronate dalam teh kombucha bertindak sebagai senyawa pendetoksi dalam tubuh karena mengikat senyawa beracun yang ada di hati. Dengan begitu memungkinkan zat beracun dalam hati ini dikeluarkan oleh ginjal dengan lebih efisien dan hati tidak menjadi terhambat dalam menjalankan fungsinya. Bila racun dalam hati perlahan dikeluarkan maka tingkat fungsi kerja organ hati akan meningkat.

Tingkat asam yang baik dalam teh kombucha juga membantu racun terhambat masuk ke dalam organ hati. Ini dianggap menjadi penjaga alami apabila racun masuk ke dalam tubuh. Asam akan segera meleburkan racun dalam darah sehingga racun menjadi tidak aktif dan mati. Hal ini tentunya membuat asam kombucha menjadi penting karena berperan untuk menjaga fungsi hati, meningkatkan kesehatan hati, dan mengurangi peradangan hati akibat racun.

Mengurangi Kecemasan

Rasa kecemasan yang ditimbulkan pada manusia bervariasi dari orang yang satu dan lainnya, tetapi kecemasan secara umum dapat mencakup perasaan sedih, putus asa serta ketakutan berlebih. Tingkat kecemasan orang berbeda-beda, ada yang hanya sekadar takut dan khawatir, ada juga rasa sedih yang mendalam. Kecemasan juga dapat menyebabkan masalah, termasuk insomnia, konsentrasi yang buruk, dan energi yang rendah.

Untuk menjadi penanganan pertama pada rasa cemas, kamu dapat konsumsi teh kombucha ini. Teh kombucha mungkin memberikan bantuan atas rasa fresh dan lega, juga membantu meningkatkan mood kamu dengan meningkatkan produksi hormon perasaan baik, seperti serotonin. Beberapa studi juga menunjukkan bahwa gangguan dari rasa kecemasan dapat terkait dengan perubahan mikrobioma (lingkungan bakteri di usus), jadi ini akan menambah banyak bukti bahwa probiotik dalam kombucha juga dapat membantu meringankan gejala depresi dan kecemasan.

Mengurangi Kolesterol

Kolesterol jahat terdapat pada LDL (Low Density Lipoprotein) yang ada di dalam darah. Pada teh kombucha terdapat polifenol yang baik untuk melindungi partikel kolesterol LDL dari oksidasi, karena membuat kadar kolesterol jahat meningkat. Dengan begitu benteng dari polifenol ini membantu menjaga kolesterol jahat tidak semakin tinggi.

Penghambatan oksidasi kolesterol dalam darah, terjadi karena antioksidan mengikat radikal bebas ataupun molekul partikel luar yang menyebabkan terjadinya pembentukan lemak. Dengan adanya pengikatan ini maka mengurangi penimbunan kolesterol dalam darah dan mempercepat pembuangan kolesterol melalui feses. Bila kerja polifenol dalam membuang lemak terjadi secara rutin, tentu akan membantu dalam mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Antioksidan berupa polifenol merupakan antioksidan terkuat untuk membantu leburkan kolesterol dalam darah. Tak dapat dipungkiri polifenol menjadi penanganan terbaik pada kolesterol. Mekanisme polifenol bekerja mendorong dan menghancurkan lemak dengan sintesis zat di dalamnya. Bila dorongan lemak dari polifenol semakin banyak, maka lemak jahat dalam darah atau pada dinding saluran darah perlahan akan semakin berkurang.

Mengurangi Penyakit Kardiovaskular

Manfaat selanjutnya ini berhubungan dengan sebelumnya. Penyakit kardiovaskular terjadi karena adanya gangguan pada jantung dan pembuluh darah. Misalnya saja pembuluh darah yang mengalami penyumbatan, mengurangi oksigen dalam darah tidak tercukupi masuk ke dalam jantung. Penyumbatan pembuluh darah dapat terjadi karena menumpuknya kolesterol. Bila kolesterol berkurang, maka kardiovaskular akan menerima oksigen sesuai kebutuhan harian.

Manfaat potensial ada pada kemampuan teh kombucha untuk mempengaruhi kadar kolesterol secara positif, yang memberikan ruang oksigen kardiovaskular menjadi lebar. Ini tentu akan membantu jantung memompa oksigen dengan baik, sehingga kesehatan kardiovaskular kamu terjaga. Dalam menjaga kardiovaskular dengan meminum teh kombucha, disarankan untuk konsumsi tanpa gula dua hari sekali.

Pencegahan Kanker

Kanker merupakan suatu sel abnormal dalam tubuh yang hidup secara abrasif (cepat) dan tak terkendali. Sel kanker ini akan merusak pertumbuhan sel dalam tubuh sehingga menjadi sel baru yang dapat mengganggu aktivitas tubuh. Sel kanker dapat masuk ke dalam tubuh akibat radikal bebas yang masuk lewat makanan, yang kemudian pertumbuhannya menjadi signifikan.

Sebagai salah satu tindakan pencegahan kanker dalam tubuh, dapat dengan mengonsumsi teh kombucha. Hal ini didasarkan pada kombucha yang memiliki sifat antioksidan, yang membantu membersihkan tubuh dari radikal bebas dan zat berbahaya lainnya yang mendorong pertumbuhan sel kanker. Kombucha ini menghambat angiogenesis, sebagai pertumbuhan pembuluh darah baru pada kanker.

Angiogenesis adalah proses terbentuknya pembuluh darah baru yang berasal dari pembuluh darah yang telah ada. Angiogenesis ini seperti percabangan tangkai pada sel darah. Penghambatan angiogenesis karena fenolik dapat mendeteksi angiogenesis sel kanker atau sel asing, sehingga pertumbuhannya menjadi menurun. Ini tentunya adalah bentuk pencegahan adanya sel kanker dalam tubuh.

Misalnya pada kanker prostat. Kanker prostat bergantung pada angiogenesis, yang berarti bahwa sel darah baru dapat memberi makan dan berkontribusi pada pertumbuhan tumor prostat. Dengan menghambat angiogenesis, dapat disimpulkan bahwa kombucha bisa membantu menurunkan kelangsungan hidup sel kanker prostat.

Anti-Aging

Sebagai sumber probiotik, teh kombucha manfaat yang bagus untuk menjaga kulit tetap sehat. Mengonsumsi probiotik kombucha dari dalam dapat membantu penyerapan kelembapan pada kulit dan membantu memperlambat penuaan pada kulit. Kerutan, garis halus, dan tampilan pori-pori pada kulit kamu juga dapat tersamarkan. Selain itu, probiotik juga membantu meminimalisir kerusakan kulit yang disebabkan sinar matahari. Sinar UV matahari dapat merusak lapisan kulit luar kulit. Bila terpapar dalam waktu yang lama, kolagen dan kelembapan kulit berkurang sehingga timbul bercak kehitaman.

Mekanisme probiotik sebagai anti aging dengan memperkuat fungsi barier (lapisan kulit) dengan memberikan perlindungan ekstra dari radikal bebas. Selain itu probiotik juga baik untuk menyeimbangkan kadar minyak di dalam kulit agar tidak terlalu kering atau tidak terlalu berminyak. Bila kulit terlalu kering, maka akan menimbulkan kerutan dan garis halus.

Probiotik sendiri adalah mikroorganisme baik yang bertopang pada sel indukan tubuh. Bila kamu keluar rumah, akan terdapat polusi atau partikel dari luar yang menempel pada kulit. Misalnya pada kulit wajah. Bila ada bakteri yang hidup dalam kulit wajah, probiotik dari dalam tubuh akan melawan dan menekan pertumbuhan bakteri dari luar, sehingga mengurangi terjadinya jerawat atau peradangan. Ini tentunya juga merupakan perawatan anti aging kulit dari dalam.

Meredakan Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih ialah kondisi ketika organ yang termasuk dalam sistem kemih, yaitu ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra, mengalami peradangan. Umumnya, infeksi saluran kemih ini terjadi pada kandung kemih dan uretra. Infeksi saluran kemih disebabkan karena adanya bakteri yang menempel pada dinding saluran. Bakteri tersebut akan menghasilkan peradangan yang membuat rasa nyeri dan sakit pada perut. Untuk meredakan rasa sakit, probiotik pada kombucha membantu meredakannya.

Lactobacillus dalam teh kombucha dapat membantu mencegah infeksi saluran kemih dengan menghentikan bakteri jahat yang menempel pada saluran kemih kamu. Itu karena lactobacillus menghasilkan hidrogen peroksida antibakteri, yang menyulitkan bakteri tertentu untuk bertahan hidup. Dalam sekejap bakteri akan mati. Secara keseluruhan bakteri lactobacillus mempercepat proses regenerasi atau perbaikan kulit. Jadi dengan adanya probiotik ini membantu percepatan sembuhnya infeksi saluran kemih. Anti peradangan pada kombucha juga berperan aktif meredakan radang pada saluran kemih. Sehingga keberadaan probiotik akan berpotensi menyelamatkan rusaknya saluran kemih dari pertumbuhan bakteri.

Kombucha sehat jika dibuat dengan baik dan benar. Teh ini tentunya merupakan teh kaya probiotik dan antioksidan dengan banyak manfaat kesehatan yang potensial. Kamu dapat membelinya di toko atau membuatnya sendiri di rumah. Namun, pastikan untuk mempersiapkannya dengan baik agar tidak adanya kontaminasi zat dari luar. Kombucha yang terkontaminasi atau terlalu banyak difermentasi dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Pilihan yang cukup aman dan dapat dipercaya adalah dengan membeli kombucha di toko atau online. Produk komersial sudah pasti dilakukan dengan standarisasi yang tinggi sesuai protokol pabrik yang baik. Tetapi, tetap periksa bahan-bahan serta kandungan, disarankan hindari yang mengandung gula tambahan dengan kadar tinggi.

Pembuatan di rumah tidak menjadi masalah jika peralatan dan cara pembuatan yang sudah sesuai agar tidak terkontaminasi zat dari luar. Demikian informasi mengenai 10 manfaat teh kombucha dengan senyawa probiotik dan antioksidan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *