11 Jenis Teh Asal Jepang Yang Baik Untuk Kesehatan

11 jenis teh asal jepang yang baik untuk kesehatan

Teh asal Jepang ternyata memiliki proses yang berbeda. Itulah yang menyebabkan setiap teh asal Jepang memiliki warna yang cenderung berbeda. Namun, tahu kah kamu bahwa teh asal Jepang ini juga memiliki berbagai rasa?

Teh merupakan jenis minuman yang paling banyak diminati di dunia. Teh sebenarnya berasal dari tanaman Camellia sinesis, berbentuk seperti infused water yang dibuat dengan cara menyeduh daun, pucuk, atau tangkai daun yang dikeringkan. Daun yang digunakan biasanya memiliki zat kafein dengan fungsi untuk meningkatkan kebugaran tubuh.

Teh digolongkan berdasarkan hasil warna yang dihasilkan. Diantaranya teh hitam, merupakan hasil dari daun teh yang cenderung berwarna hitam merah kecokalatan. Teh putih, hasil infusinya berwarna cerah, biasanya hijau muda kekuning-kuningan. Teh hijau, hasil warna yang didapat hijau pekat atau hijau muda, biasanya banyak ditemui di Jepang. Lalu teh oolong, teh ini banyak ditemui bagi para pecinta diet. Namun berbeda dengan yang lainnya, teh ini tidak diberi nama sesuai hasil warna cairan infusinya. Teh ini banyak ditemui di Tiongkok, berwarna hitam dan sedikit hijau tua.

Manfaat teh bagi kesehatan sudah terasa sejak ribuan tahun lamanya. Manfaat yang bisa langsung terasa setelah meminum teh, tubuh akan terasa bugar, tenang dan hangat. Hal itu disebabkan karena teh mengandung antioksidan yang baik untuk melancarkan oksigen pada aliran darah.

Setiap negara memiliki beragam jenis teh. Keberagaman inilah yang membuat teh memiliki proses, warna dan rasa yang berbeda. Salah satunya di Jepang, yang ternyata memiliki 11 jenis teh, lho. Apa saja ya? Berikut 11 jenis teh asal Jepang yang baik untuk kesehatan.

Sencha

11 jenis teh asal jepang yang baik untuk kesehatan sencha

Teh sencha merupakan teh hijau yang cukup populer di Jepang. Kamu bisa menemukan teh ini di mana saja, karena 80% orang di Jepang mengonsumsi teh ini. Teh asal jepang ini berwarna kuning kehijauan, dan memiliki rasa yang ringan tidak terlalu pahit. Kamu dapat menikmati teh ini dalam keadaan panas maupun dingin.

Setelah dipetik, pemrosesan teh hijau sencha dimulai dengan mengukus daun teh yang segar dengan cepat, untuk mencegah oksidasi dan mengunci warna dan rasa teh hijaunya. Daunnya kemudian digulung, dibentuk, dan dikeringkan dengan paparan sinar matahari.

Teh sencha dengan kandungan antioksidan memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. antioksidan dalam teh ini dapat melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh dapat merusak beberapa sel pertumbuhan. Namun, apabila kamu sering mengkonsumsi teh sencha ini kamu akan terbebas dari radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Berkat antioksidan aliran darah kamu juga menjadi lancar.

Manfaat selanjutnya ialah membantu mengontrol berat badan. Jika kamu sering mengonsumsi teh ini dua kali sehari, kondisi berat badan kamu akan tetap terjaga dan terlihat langsing. Selanjutnya membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol, yang dapat menyebabkan penurunan risiko gagal jantung. Teh ini dianggap memiliki senyawa sulforaphane yang baik untuk mengatur kadar gula darah.

Gyokuro

11 jenis teh asal jepang yang baik untuk kesehatan bancha gyokuro

Gyokuro merupakan teh bagi kalangan kelas atas. Teh ini diolah dari Tencha (jenis daun teh). Warnanya hijau agak pucat dan memiliki aromanya yang wangi. Aromanya lah yang membuat teh ini berkelas. Sebab, aroma teh ini tercium seperti rumput laut yang mengandung banyak glutamic acid.

Rasa dari teh asal Jepang ini tergolong unik, karena gurih, asin dan manis. Wah, bagaimana tuh? Di jepang, mereka menyebutnya umami. Pastinya, nikmat banget.

Pada masa lampau, pembuatan gyokuro dipilin satu persatu oleh para tenaga kerja. Teh yang dipilin harus benar-benar lurus, kecil, seperti jarum, dan harus perlahan-lahan agar tidak merusak bentuk tehnya. Tetapi, di era modern saat ini banyak yang sudah menggunakan mesin dengan kecepatan tertentu untuk tetap mempertahankan bentuk dari teh tersebut. Inilah yang membuat gyokuro menjadi sangat mahal di Jepang.

Harga gyokuro di Jepang diperkirakan sebesar 5 sampai 25 juta rupiah untuk 1 kg. Hal ini dikarenakan teh gyokuro merupakan teh yang sangat berkualitas tinggi.

Gyokuro mengandung kafein lebih tinggi dari teh lainnya, karena diproduksi menggunakan daun teh kualitas terbaik. Namun, terdapat perbedaan antara kafein yang akan Anda konsumsi dalam kopi dibandingkan dengan teh. Karena thanin dalam asam amino, melepas kafein ke dalam tubuh secara bertahap sepanjang hari. Jadi, kafein dalam teh bertindak sebagai stimulan pemberi energi yang lebih sehat daripada kafein dalam kopi. Hal ini memastikan bahwa kamu dapat menikmati keadaan sehat dalam jangka panjang, tanpa merasa deg-degan.

Selain itu gyokuro juga mengandung zat aktif berupa katekin. Zat ini berfungsi untuk mengurangi risiko pembekuan darah yang menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Gyokuro juga memiliki antioksidan. Tetapi, antioksidan yang dihasilkan memang sangatlah tinggi sehingga dapat membakar lemak yang ada di tubuh. Selain itu antioksidan di dalamnya juga membantu menjaga metabolisme tubuh.

Matcha

11 jenis teh asal jepang yang baik untuk kesehatan matcha

Matcha ini sangat populer di Indonesia karena rasanya yang unik dan nikmat. Teh hijau ini berbentuk bubuk karena prosesnya dengan menggiling teh hijau hingga halus hingga mirip seperti tepung. Karena bentuknya yang sudah menjadi bubuk, penyeduhannya tidak seperti teh lain yang direbus atau diseduh. Teh ini dapat langsung diaduk pada air dan diminum langsung. Di Jepang, matcha diminum pada upacara minum teh. Oh iya, Matcha ini bisa diminum hangat dan dingin, ya.

Daun teh matcha ini ditanam pada semak teh hijau yang teduh. Tidak banyak terpapar sinar matahari. Tempatnya yang teduh, dapat meningkatkan jumlah kandungan klorofil di daun, yang membuatnya menjadi hijau cerah dan penuh nutrisi.

Selain itu teh asal Jepang ini digunakan sebagai bahan perisa dan pewarna untuk berbagai jenis makanan, seperti mochi, es krim, es serut, dan coklat.

Matcha mengandung 5 kali kandungan thanin yang bagus untuk menjaga konsentrasi kamu saat kerja. Matcha juga bermanfaat untuk melawan sel kanker di tubuh karena senyawa flavonoid yang cukup tinggi. Manfaat lainnya ialah baik untuk kesehatan rongga mulut. Hal ini disebabkan karena matcha mengandung Florida yang cukup tinggi untuk menghilangkan bakteri pada mulut.

Bancha

11 jenis teh asal jepang yang baik untuk kesehatan bancha

Di Jepang, teh memiliki tingkatan tersendiri. Seperti bancha, merupakan teh yang tingkatannya lebih rendah dari sencha. Memiliki daun yang kasar dan harganya yang lebih murah dari sencha. Teh ini banyak diminum oleh masyarakat Jepang saat musim gugur.

Daun bancha cenderung lebih lebar daripada sencha namun rasa dari keduanya cenderung sama. Warna dari daun bancha ini juga lebih sedikit gelap.

Teh asal Jepang satu ini dipanen setelah daun teh menua, yang artinya daun teh ini memiliki waktu lebih lama untuk dipanen. Bancha juga memiliki lebih sedikit kafein dibanding sencha, karena waktu panen yang lebih lama, membuat kafein berkurang secara alami.

Manfaat bancha hampir sama dengan sencha, namun kadar kafeinnya saja yang lebih rendah. Selain itu teh asal Jepang ini baik untuk menjaga mineral dalam tubuh. Mineral ini berperan dalam memproduksi enzim tubuh dan stabilnya saraf.

Koucha

11 jenis teh asal jepang yang baik untuk kesehatan bancha koucha

Koucha sendiri sering disebut sebagai teh hitam. Banyak sekali digunakan untuk disajikan di restoran-restoran Jepang. Kaucha bisa dibilang yang mirip dengan teh yang ada di Indonesia pada umumnya. Rasa koucha cenderung sangat berbeda dengan teh hijau yang ada di Jepang. Karena daunnya cenderung memiliki rasa yang ringan dan sedikit manis.

Teh asal Jepang satu ini baik untuk menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi. Sebaiknya kamu minum teh ini tidak menggunakan gula berlebih ya. Selain itu bagi kamu yang banyak bekerja sambil duduk atau kurang bergerak, koucha bagus untuk dikonsumsi, karena dapat membantu aliran darah kamu tetap lancar.

Houjicha

11 jenis teh asal jepang yang baik untuk kesehatan bancha hojicha

Houjicha termasuk golongan teh hijau. Hanya saja warnanya yang merah kecoklatan membuat teh ini cenderung berwarna hitam. Daunnya yang merah atau kecoklatan ini dikarenakan proses sangrai dalam wajan. Proses sangrai harus sampai terasa kering. Lalu dipanggang dengan oven. Berkat proses inilah, kamu akan merasakan sensasi smokey dan aroma seperti kopi sekitar 10-20% pada teh ini.

Houjicha memiliki kandungan kafein yang lebih rendah dari sencha. 100 gram houjicha memiliki kafein sebesar 0,13 gram, dan untuk 100 gram matcha 3,2 gram kafein. Teh ini sangat ideal bagi kamu yang sensitif terhadap kafein.

Di Jepang teh ini dianggap baik untuk pencernaan karena adanya senyawa katekin. Selain itu teh ini bagus untuk menurunkan kolesterol dari zat polifenol di dalam daunnya.

Manfaat selanjutnya ialah dapat meredakan stress. Efek ini disebabkan oleh asam amino untuk meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh membaik. Wah, keren kan?

Konbucha

11 jenis teh asal jepang yang baik untuk kesehatan bancha konbucha

Konbucha merupakan teh yang dicampur dengan rendaman ‘konbu’ yaitu rumput laut yang dikeringkan. Konbu ini terkenal banyak hidup di bagian utara jepang. Konbucha asal Jepang ini tidak menyebar ke berbagai negara. Sehingga hanya warga-warga lokal dekat pesisir saja yang dapat menikmatinya.

Perlu kalian ketahui bahwa konbucha di Jepang dan di Tiongkok itu berbeda. Di Tiongkok, ‘kombucha’ terbuat dari daun teh kering, gula, serta kumpulan bakteri dan ragi bernama SCOBY (symbiotic culture of bacteria and yeast). Campuran tersebut didiamkan 10 hari yang kemudian menjadi gumpalan-gumpalan (jamur scoby) yang ada di permukaan teh. Tentunya ini sangat berbeda dengan konbucha dari Jepang yang hanya menggunakan rumput laut kering dalam seduhannya.

Konbucha memiliki warna yang sedikit gelap, rasa yang cenderung gurih mengarah asin, dan ringan. Teh ini banyak dikonsumsi untuk kamu yang ingin mendapatkan sensasi rasa lain dari teh biasanya.

Manfaat konbucha adalah untuk meningkatkan fungsi hati, dan menurunkan tekanan darah. Adanya pengeringan rumput laut ini terdapat banyak mikroorganisme baik untuk melawan bakteri jahat. Selain itu terdapat juga kandungan probiotik yang bagus untuk kesehatan tubuh juga kulit. Dalam dunia kecantikan, probiotik bagus untuk meningkatkan skin barrier kulit wajah, sehingga akan tampak halus dan sehat.

Genmaicha

11 jenis teh asal jepang yang baik untuk kesehatan bancha genmaicha

Genmaicha merupakan jenis teh gabungan dari bencha, sencha dan beras merah panggang. Ketiga komponen ini disatukan bersama dan dipanggang. Kata ‘genmai’ sendiri memiliki arti beras merah.

Genmaicha terasa ringan dan menyegarkan karena dicampur dengan bancha. Genmaicha lebih murah dan mengandung lebih sedikit kafein daripada teh Jepang lainnya. Jadi teh ini cenderung lebih ekonomis. Dan perlu kalian ketahui, teh Jepang satu ini lebih cocok untuk anak-anak dan orang tua.

Genmaicha baik untuk kesehatan kamu nih, karena beras merah dalam genmaicha mengandung unsur alami yang disebut Gamma-Aminobutyric Acid (GABA). Unsur ini mengurangi tekanan darah dan trigliserida kamu, sehingga kamu dapat merasakan rileks berkepanjangan. Jelas sekali bahwa alasan ini sesuai dengan fakta bahwa teh genmaicha memiliki lebih sedikit kafein. Selain itu, teh asal Jepang ini efektif bagi kamu yang sedang merasa stres dan ingin rileks.

Mugicha

11 jenis teh asal jepang yang baik untuk kesehatan mugicha

Teh asal Jepang ini dikenal juga dengan nama teh barley. Mugicha adalah minuman berasal dari biji barley atau jelai (sejenis gandum) yang kemudian dipanggang lalu diambil ekstraknya. Teh ini digolongkan sebagai teh yang aman dikonsumsi oleh anak-anak karena mugicha tidak mengandung kafein.

Mugicha memiliki sensasi hangat dan ada sedikit pahit. Namun, pahitnya tidak mendominasi rasanya, ya. Biasanya teh ini menjadi minuman favorit saat musim panas, karena masyarakat Jepang cenderung mengonsumsinya dalam kondisi dingin. Dengan begitu tubuh akan terasa segar kembali.

Peningkatkan produksi sel-sel darah merah akan terjadi bila kamu meminum teh satu ini. Sel darah merah tersebut berfungsi mencegah anemia dan bagus diminum oleh orang yang mengidap darah rendah. Manfaat lainnya membantu kulit tetap awet muda. Selenium dalam teh mampu menjaga kadar kolagen yang ada di wajah mu. Sehingga kulit akan tetap tampak halus dan awet muda.

Serat dalam teh asal Jepang satu ini juga termasuk cukup banyak. Hal ini dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama, dan berat badan kamu akan tetap terjaga. Oleh karena itu sangat baik dijadikan sebagai minuman di sela-sela aktivitas untuk membantu umenurunkan berat badan kamu.

Kukicha

11 jenis teh asal jepang yang baik untuk kesehatan bancha kukicha

Teh asal Jepang satu ini merupakan teh yang diambil dari ranting daun teh. Teh satu ini dipetik dan diolah bersama dengan batangnya. Di Jepang kukicha memiliki nama lain bōcha. Rasa dari kukicha termasuk ringan, memiliki rasa agak pedas dengan sentuhan sedikit rasa madu.

Teh ini dianggap memiliki kafein yang sangat sedikit, karena dahan atau ranting daun dianggap tidak mengandung kafein tinggi. Kebanyakan orang di jepang, menganggap kukicha sebagai teh kelas dua, karena kukicha bukan bentuk teh hijau murni pada umumnya. Maka dari itu, teh Jepang satu ini digunakan untuk penggunaan pribadi bagi sebagian besar orang, dan bukan untuk menawarkan kepada tamu, atau pada orang penting.

Manfaat teh satu ini baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Walau kafein kecil, namun antioksidan yang dimiliki cukup tinggi, sehingga mampu melawan virus dan bakteri. Tingkat asam yang netral dan thanin pada teh jepang ini, berkontribusi pada pencernaan biji-bijian dan sayuran yang akan meningkatkan manfaat dan vitamin biji dan sayuran tersebut.

Kobusecha

11 jenis teh asal jepang yang baik untuk kesehatan bancha kobusecha

Kobusecha adalah teh asal Jepang yang pengolahannya mirip dengan sencha. Namun teh ini, tidak dijemur dengan paparan sinar matahari, justru harus terhindar atau menjauhi sinar matahari.

Teh ini mirip dengan teh gyokuro namun tingkatannya lebih rendah. Kobusecha terlindung dari matahari hanya sampai 1 minggu hingga 10 hari saja. Sedangkan gyokuro biasanya tertutup matahari selama 20 hari bahkan lebih. Rasanya yang manis membuat teh ini cukup banyak digemari banyak orang.

Manfaat teh asal Jepang satu ini baik untuk menangkal berbagai macam penyakit. Astrigent yang membuat teh ini terasa lembut dapat memicu ketenangan pada tubuh dan membuat rileks. Manfaat kesehatan lain dari kobusecha termasuk meningkatkan kesehatan jantung, kesehatan mulut dan pencernaan. Ini mendukung peningkatan kadar sensitivitas insulin pada diabetes tipe 2 dan mengurangi kemungkinan perkembangan kronis. Hebat banget!

11 jenis teh asal jepang yang baik untuk kesehatan

Demikian iniformasi tentang teh asal Jepang yang baik untuk kesehatanmu. Manfaat yang ada di dalamnya tentu membantu kamu menjadi lebih sehat dan bugar. Kira-kira kamu ingin mencoba teh asal Jepang yang mana nih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *