Makanan Khas Sumatera Barat

makanan khas sumatera barat

Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki kekayaan budaya yang sangat banyak dari Sabang sampai Merauke. Salah satu kekayaan khas Indonesia yang juga sudah terkenal sampai ke Mancanegara adalah kulinernya yang beraneka ragam. Seperti makanan khas Sumatera Barat yang biasanya sangat kaya akan rempah-rempah dan  membuat hasil masakan terasa lezat dinikmati.

Salah satu kuliner yang sangat di kenal di masyarakat Indonesia berasal dari Sumatera Barat. Masakan Padang sudah sangat terkenal bahkan sampai pada kancah Internasional. Seperti Rendang yang dinobatkan sebagai salah satu makanan terenak di dunia. Selain Rendang, apa saja masakan khas Sumatera Barat yang juga memiliki cita rasa khas? Simak dibawah ini:

Dendeng

makanan khas sumatera barat dendeng

Selain Rendang yang berbahan utama daging, Dendeng juga menggunakan daging sebagai bahan utama. Bercita rasa asin pedas khas masakan Sumatera Barat, Dendeng Balado juga sangat enak untuk di makan bersama nasi hangat. Terdapat dua jenis Dendeng yaitu Dendeng Balado dan Dendeng Batokok. Dendeng Balado adalah daging yang diiris tipis kemudian di goreng hingga kering sementara Dendeng Batokok bertekstur pipih dan agak lebar, hal ini karena daging yang digunakan sebelumnya ditumbuk atau dipipihkan dengan cara dipukul terlebih dahulu.

Sate Padang

makanan khas sumatera barat sate padang

 

Kuliner sate sendiri sudah sangat familiar di masyarakat, banyak daerah yang juga memiliki bumbu khas masing-masing. Sate Padang berbeda dari daerah lain, dengan bumbu khas bewarna kuning campuran rempah-rempah khas Indonesia serta dagingnya yang lembut. Biasanya daging yang dipakai adalah daging sapi atau kerbau yang sudah lebih dulu di olah sehingga lebih lembut.

Kalio

makanan khas sumatera barat kalio

 

Kalio adalah gulai dengan rempah khas, bahan utama yang digunakan biasanya daging sapi atau juga daging ayam. Kalio yang terus diolah sampai kering akan menjadi Rendang yang juga sangat enak tentunya. Biasanya Kalio masih basah atau teksture dari santan sebagai campuran masih bisa dirasa sehingga sangat cocok untuk dinikmati dengan nasi panas.

Asam Padeh

makanan khas sumatera barat asam padeh

Asam Padeh atau bisa juga di sebut Asam Pedas, karena rasa dominan dari makanan ini yang pedas dan juga asam. Bahan makanan yang utama dari makanan ini biasanya adalah ikan, kuah yang berwarna merah dapat membangkitkan selera makan. Asam Padeh dibuat tanpa santan seperti kebanyakan makanan khas Sumatera Barat lainnya, sehingga membuat sayur ini lebih terasa segar.

Soto Padang

Soto Padang mempunyai cita rasa segar dengan taburan daging seperti dendeng kecil yang membuat masakan ini mengundang selera makan. Hidangan yang juga bisa ditemukan di rumah makan padang ini ditemani dengan perkedel kentang dan nasi sangat pas untuk menjadi hidangan di kala udara dingin karena sangat nikmat jika di makan dalam keadaan panas.

Ayam Pop

Hidangan yang sudah sering ditemui tersaji di rumah makan padang ini memiliki ciri khas berbeda dari hidangan ayam pada umumnya. Ayam Pop di masak menggunakan santan kelapa dan bumbu rempah, ayam yang sudah dikuliti kemudian di rebus. Ayam yang sudah matang kemudian di goreng sebentar untuk agar tampilannya lebih mengkilat kemudian tinggal disajikan dengan sambal khas Minang lainnya.

Gulai Cincang

makanan khas sumatera barat cincang

 

Hampir sama dengan Kalio atau gulai lainnya, namun cincang menggunakan tetelan atau campuran daging kecil, lemak dan urat. Gulai Cincang juga bisa menggunakan daging kambing yang akan memberikan rasa yang berbeda apabila dibandingkan dengan daging sapi atau kerbau. Menggunakan campuran lemak dan santan, Gulai Cincang mengandung kolesterol yang lebih banyak sehingga sebaiknya tidak sering dikonsumsi khususnya yang memiliki koleterol yang tinggi.

Ikan Balado

Kuliner khas Sumatera Barat memang sudah terkenal dengan ciri khas pedas di hampir semua masakan, tak terkecuali dengan Ikan Balado. Jenis ikan yang dipakai bisa apa saja, ikan digoreng sampai matang kemudian dicampurkan dengan sambal merah yang sudah digoreng terlebih dahulu. Rasa pedas dan gurih Ikan Balado sangat pas walau di makan hanya dengan nasi panas di rumah.

Palai Bada

makanan khas sumatera barat palai bada

Palai Bada adalah pepes ikan, biasanya yang digunakan adalah jenis ikan teri. Seperti pepes kebanyakan yang dimasak dengan campuran bumbu yang kaya, Palai Bada juga sama, yang membedakannya adalah terkadang bumbu dimasukkan Daun Kemangi sehingga memiliki aroma khas. Secara teknik masak, sama dengan pepes pada umumnya yang menggunakan daun pisang untuk membungkus agar lebih wangi.

Baluik Lado

Baluik atau Belut merupakan salah satu makanan khas yang dapat dijadikan buah tangan dari Minang, biasanya berupa belut kering. Belut kering atau basah di masak sampai matang kemudian di campur dengan sambal hijau untuk menambah cita rasa yang menggugah selera. Di daerah asalnya, jika menggunakan belut basah maka proses yang digunakan cukup lama karena belut akan di bakar menggunakan kayu sehingga aroma yang dihasilkan sangat khas.

Dadiah

makanan khas sumatera barat dadiah

Selain hidangan utama yang sudah terkenal lezat, Sumater Barat juga memiliki hidangan penutup yang tidak kalah enak, salah satunya adalah Dadiah. Dadiah merupakan susu kerbau yang di fermentasi sehingga sangat mirip dengan yogurt. Memiliki tekstur yang lebih padat dari yogurt susu sapi, Dadiah biasa disajikan untuk teman makan nasi atau kudapan lainnya.

Kerupuk Jangek

Kerupuk Jangek terbuat dari kulit sapi yang di jemur kemudian di goreng hingga garing. Di Jawa Barat di kenal dengan Dorokdok. Kerupuk Jangek juga mengandung protein hewani karena berasal dari kulit sapi, mengurangi sakit maag dan rendah kalori sehingga sangat cocok dijadikan cemilan untuk menemani aktivitas sehari-hari.

Sala Lauak

makanan khas sumatera barat sala lauak

Sala Lauak adalah gorengan khas Sumatera Barat yang menggunakan ikan asin sebagai campuran sehingga membuat Sala Lauak lebih gurih. Berbentuk bulat dan ukuran yang kecil sampai sedang, Sala Lauak menjadi cemilan atau menjadi teman makan dengan bumbu Sate Padang yang khas.

Keripik Sanjai

makanan khas sumatera barat keripik sanjai

Keripik Sanjai berasal dari Singkong yang di potong tipis dan di goreng hingga kering. Sekilas memang seperti keripik singkong pada umumnya, yang membedakan adalah bumbu yang menjadi taburan. Bumbu yang menjadi taburan sangat khas karena menempel di keripik, selain itu rasanya pedas manis sangat cocok untuk menjadi cemilan sehari-hari.

Lamang

makanan khas sumatera barat lamang

Salah satu makanan khas yang biasa disajikan ketika ada acara atau hari besar di Sumatera Barat. Lamang terbuat dari ketan yang dimasak dengan santan kemudian di bakar di dalam bambu membuat aroma Lamang sangat khas. Lamang biasanya ditemani Tapai sebagai topping untuk menambahkan cita rasa yang kaya dari makanan ini.

Kuliner asal Sumatera Barat di atas sudah banyak di kenal karena rasanya yang lezat, tidak hanya hidangan utama bahkan camilannya pun banyak menjadi favorit banyak orang. Indonesia sangat kaya akan aset budaya, salah satunya adalah kuliner dari berbagai daerah yang sudah banyak di kenal. Makanan khas daerah mana yang paling disukai?

makanan khas sumatera barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *