9 Buah Yang Mengandung Zat Besi, Bagus untuk Ibu Hamil

9 buah yang mengandung zat besi, bagus untuk ibu hamil

Mengonsumsi nutrisi bagi ibu hamil sangatlah penting untuk menjaga pertumbuhan dan perkembangan janin. Nutrisi yang paling dibutuhkan ibu hamil ialah zat besi. Hal ini disebabkan karena janin juga mengambil zat besi yang ada pada sel darah sang ibu. Sehingga ibu hamil kerap kekurangan zat besi bagi tubuhnya. Bila kekurangan zat besi, Ibu hamil cenderung mudah lemas, letih, lesu, dan sering merasa pusing.

Data WHO menunjukkan bahwa lebih dari 45% ibu hamil mengalami kekurangan zat besi. Zat besi ni merupakan suatu zat dalam tubuh manusia yang erat dengan ketersediaan jumlah darah dalam tubuh. Tubuh akan menghasilkan darah merah jika nutrisi zat besi terpenuhi. Apabila kebutuhan zat besi tidak terpenuhi, tubuh tidak dapat memproduksi hemoglobin yang berperan dalam membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Kondisi ini sering disebut anemia.

Bagi ibu hamil, zat besi ini berguna untuk memproduksi lapisan sel per sel pada janin sehingga terjadi pembentukkan tubuh yang sempurna. Defisiensi zat besi dapat membahayakan kondisi sang ibu, karena gejala yang muncul seperti mudah lelah dan seringnya pusing dapat menyebabkan fungsi kekebalan tubuh menurun dan meningkatkan risiko terjadinya infeksi, susah beraktifitas, serta dapat meningkatkan risiko pendarahan saat melahirkan.

Perlu diperhatikan bagi ibu hamil trimester pertama dan kedua, bahwa trimester inilah yang rentan apabila kekurangan zat besi. Bila sang ibu mengalami anemia di trimester ini, tentu dapat membahayakan janin, karena meningkatkan risiko lahir prematur (sebelum waktunya) sebesar dua kali lipat, dan risiko bayi lahir dengan berat lahir rendah (BBLR) sebesar tiga kali lipat.

Wah, ternyata penting banget nih zat besi bagi ibu hamil. Tidak perlu khawatir, berikut 9 buah yang mengandung zat besi untuk dikonsumsi Ibu hamil!

Kurma

Buah yang sering disantap saat ramadan ini memang memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah banyaknya kandungan zat besi. Konsumsi setiap hari buah ini, untuk mendapat nutrisi zat besi yang cukup bagi janin dan juga sang ibu.

Di dalam 100 gram kurma, terdapat sekitar 4,79 mg (miligram) zat besi. Wah, cukup tinggi bukan? Selain terdapat zat besi, kurma juga banyak mengandung mineral, kalsium, kalium, dan magnesium yang juga penting bagi ibu hamil. Tidak ada salahnya jika kamu mengonsumsi kurma setiap hari, karena kandungan zat besinya yang cukup tinggi.

Naga

9 buah yang mengandung zat besi, bagus untuk ibu hamil buah naga

Siapa sih yang tidak tahu buah naga? bentuknya yang cantik menyerupai naga ini menjadi daya tarik penampilannya. Berwarna merah yang mencolok membuat kita ingin menyantapnya. Tak jarang, banyak anak kecil yang menyantap buah naga ini karena warna dan penampilannya yang cantik.

Buah naga kini menjadi perhatian publik karena memiliki nutrisi yang cukup tinggi. Dilansir dari kontan.co.id, bahwa dalam satu porsi buah naga dengan 6 ons, kamu bisa mendapatkan zat besi sebesar 1000 mg (miligram). Selain kandungan zat besi yang tinggi, buah naga ini memiliki juga nutrisi magnesium 68 miligram. Buat kamu yang ingin mengonsumsi buah dengan nutrisi tinggi, jangan ragu deh buat konsumsi buah naga ini.

Kesemek

9 buah yang mengandung zat besi, bagus untuk ibu hamil kesemek

Kesemek adalah buah yang dikenal sebagai buah kaki, karena tangkai-tangkainya yang banyak menyerupai bagian tubuh kaki. Buah ini merupakan sejenis buah-buahan yang berasal dari marga Diospyros. 

Buah yang berbentuk seperti tomat dan bulat ini, memiliki warna oranye ketika tua dan hijau ketika muda. Baiknya, kamu konsumsi buah ini saat berwarna oranye ya, karena itu adalah tanda buah sudah matang dan rasa asam yang ada dalam buahnya sudah tidak terasa.

Siapa sangka, dalam 100 gram buah kesemek, kamu bisa mendapat 2,5 mg (miligram) zat besi. Maka dari itu buah ini sangat populer di Jepang dan mereka menjadikan kesemek sebagai buah nasional bangsa Jepang. Jadi, kamu tidak perlu ragu lagi untuk mengonsumsinya setiap hari.

Aprikot Kering

9 buah yang mengandung zat besi, bagus untuk ibu hamil aprikot kering

Buah Aprikot menjadi pilihan dari berbagai resep masakan. Pasalnya buah ini sangat nikmat bila dijadikan bahan masakan, seperti bubur manis aprikot bahkan juga aprikot cake. Tak jarang, kalian menemukan buah ini dalam bentuk kering, misalnya pada hiasan kue ulang tahun, topping es krim, sampai topping oatmeal.

Buah ini memang lebih sering dijumpai dalam bentuk kering, karena rasanya yang cocok sekali untuk bahan tambahan makanan. Seperti halnya buah kesemek, aprikot kering ini dapat menjadi salah satu sumber zat besi yang cukup besar. Dalam 100 gram buah apricot, kamu bisa mendapatkan 2,7 mg (miligram) zat besi. Oh ya, Selain zat besi yang cukup besar, aprikot kering ini juga dapat mengatasi sembelit, karena memiliki serat yang baik untuk tubuh.

Plum Kering

9 buah yang mengandung zat besi, bagus untuk ibu hamil plum kering

Buah Plum atau Prunus Domestica ini banyak dibudidayakan di Amerika dan Eropa. Buah ini masih erat bersaudara dengan buah persik dan almond. Buah yang cenderung memiliki warna ungu tua kemerahan ini, terkenal karena mengandung vitamin A yang cukup tinggi yaitu sekitar 5%.

Tahu kah kamu, bahwa dalam 100 gram buah plum kering terdapat 3,52 mg (miligram) zat besi utuh dari saripatinya. Pastinya kandungan ini cukup membuat tubuh kamu kuat dan tidak mudah lelah bila dikonsumsi setiap hari. Tak hanya karena zat besinya saja, kamu perlu mempertimbangkan kandungan lain yang baik untuk tubuhmu, yaitu antioksidan. Antioksidan ini berfungsi untuk melawan radikal bebas yang masuk ke tubuh kamu. Selain itu, zat antioksidan juga bekerja memperbaiki sel kulit yang rusak, sehingga seringkali dimanfaatkan untuk kecantikan. Wah, dalam satu buah saja, kamu sudah bisa mendapatkan dua manfaat yang nyata, yaitu tercukupinya zat besi bagi ibu dan janin, juga wajah kulit ibu hamil yang bisa cerah dan glowing.

Bit

9 buah yang mengandung zat besi, bagus untuk ibu hamil buah bit

Benar nggak sih bahwa buah bit ini sering kamu temui di rumah sakit? Yap, buah ini memang terkenal sangat baik untuk mengobati rasa lemas, lesu dan letih karena anemia. Beberapa ahli menyatakan bahwa bumil perlu untuk mengonsumsi buah bit ini untuk mengurangi rasa lemas, dan kelelahan yang berlebih.

Buah bit memang bagus untuk atasi kekurangan sel darah merah, bukan karena warnanya ya, namun karena kandungan zat besi di dalamnya. Apabila kamu mengonsumsi 100 gram buah bit, kamu akan mendapat 0,8 mg (miligram) zat besi. Tentu saja, buah ini pantas menjadi sasaran konsumsi ibu hamil. Untuk kamu yang bingung dalam mengolah buah bit coba produk dari Cairo Food, yaitu Chai Bit.

Anggur

Buah kecil yang lezat ini menjadi salah satu pilihan bagi ibu hamil. Sebab, dalam 100 gram buah anggur, kamu bisa mengonsumsi 0,3 mg (miligram) zat besi. Ternyata cukup banyak juga, ya. Buah yang dibandroll dengan harga cukup murah ini, ternyata juga memiliki antioksidan yang tinggi. Seperti halnya Plum kering, apabila ibu hamil sering mengonsumsi buah ini, maka kadar zat besi terpenuhi, dan wajah bisa menjadi cerah. Pilihan yang baik, bukan?

Pisang

Pisang adalah buah sudah banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Rasanya yang manis, teksturnya yang empuk, memiliki kelezatan sendiri bagi penggemarnya. Apalagi, pepohonan pisang ini sangat mudah sekali ditemukan. Tak jarang, pohon pisang ini sering kamu lihat ketika sedang melewati suatu jalan, betul tidak?

Buah berwarna kuning yang satu ini juga tidak kalah penting dengan buah lainnya. Buah pisang ini memiliki serat, mineral, kalsium, vitamin C dan zat besi yang cukup tinggi. Dalam kandungan pisang 100 gram, kamu dapat mengonsumsi energi 99 kkal, karbohidrat 25,8 gr, Kalsium 8 mg (miligram) dan zat besi 1 mg (miligram). Tentunya kandungan ini merupakan kandungan utama yang diperlukan oleh tubuh.

Delima

9 buah yang mengandung zat besi, bagus untuk ibu hamil delima

Buah yang berasal dari Iran ini dapat tumbuh dalam tanah yang memiliki kelembapan sedang. Buah delima ini memiliki warna merah dan biji buah yang banyak. Buah delima seringkali menjadi pewarna bahan makanan lho, misalnya saja pewarna alami pada bolu dan mie.

Buah yang memiliki nama ilmiah Punica granatum ini memiliki serat yang cukup tinggi. Selain itu kandungan zat besi pada buah ini sebanyak 0,3 mg (miligram) dalam berat 100 gram. Termasuk cukup untuk memenuhi kadar zat besi pada ibu hamil. Rasa manis dalam buah ini, seringkali dijadikan jus untuk keseharianmu. Tidak perlu khawatir dengan rasanya, sudah pasti lezat dan nikmat sekali.

9 buah yang mengandung zat besi, bagus untuk ibu hamil

Wah, ternyata banyak juga ya buah-buahan yang memiliki kandungan zat besi cukup tinggi. Para ibu hamil kini tidak perlu ragu lagi untuk mengonsumsinya. Pastikan buah yang kamu konsumsi adalah buah yang masih segar, agar kandungan gizi dan seratnya belum berkurang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *