31 Bahan Makanan yang Tidak Boleh Masuk Kulkas

Kulkas menjadi tempat penyimpanan yang sangat efektif untuk menjaga kesegaran setiap bahan makanan, dan bahkan Anda bisa menyimpan apa pun hanya untuk mendinginkan sesuatu. Kendati demikian, tak semua bahan makanan bisa disimpan dalam kulkas. Alih-alih menjaga kesegaran suatu bahan makanan, suhu dingin pada kulkas justru bisa membuat bahan makanan menjadi lebih cepat rusak. Di bawah ini adalah daftar bahan makanan yang tidak boleh masuk kulkas. Ketahui selengkapnya di bawah ini.

Minyak

Bahan makanan yang satu itu sudah pasti tak boleh disimpan dalam kulkas, dan harus disimpan pada suhu ruang. Jika Anda meletakkan minyak dalam kulkas, baik itu minyak alpukat, minyak sayur, atau bahkan minyak zaitun, maka minyak akan mulai mengental atau mengeras, dan Anda akan kesulitan saat akan menggunakannya.

Selain itu, suhu yang dingin akan membuat minyak menjadi kasar atau bahkan keruh, sehingga minyak tersebut menjadi kurang ideal digunakan untuk memasak. Suhu yang teratur seperti pada suhu ruang akan membuat warna dan konsistensi minyak menjadi lebih utuh, sehingga harus disimpan di tempat sejuk dan gelap, serta jauh dari cahaya. Namun, minyak zaitun cenderung lebih cepat busuk jika tidak disimpan dengan benar. Simpan di tempat gelap yang relatif lebih sejuk dibandingkan tempat lain.

Apapun Bumbunya Tidak Pakai Pewarna

Alpukat

Meski banyak buah yang disimpan dalam kulkas agar kesegarannya terjaga, namun hal tersebut tidak berlaku untuk alpukat. Buah yang cukup mengenyangkan, menjadi bahan utama dalam guacamole, memiliki banyak manfaat, dan seringkali diolah menjadi jus atau menjadi bagian dari smoothie ini memiliki waktu untuk lama matang, dan kemudian tetap seperti itu dalam jangka waktu yang sangat singkat.

Secara umum, buah alpukat berada pada titik paling matang dan dapat dimakan paling lama dua hingga tiga hari. Sedikit sulit jika Anda menyimpan buah alpukat dan mengetahui buah tersebut sedang berada dalam proses pematangan di mana. Menggunakan alpukat mentah dapat merusak tekstur guacamole atau olesan alpukat yang baik.

Alasan utama mengapa alpukat tak boleh masuk kulkas adalah ia akan matang pada suhu ruang, dan ketika disimpan di lingkungan yang sangat dingin seperti kulkas, maka proses pematangannya pun terhenti. Namun, penyimpanan alpukat dalam kulkas bisa berlaku untuk alpukat yang telah dipotong untuk disimpan untuk digunakan nanti, dan harus dibungkus dengan plastik kedap udara. Agar tidak berubah warna menjadi coklat, coba peras air jeruk nipis segar di atasnya – jeruk mengandung antioksidan yang melawan oksidasi yang menyebabkan warna coklat.

Pisang

Bahan makanan yang tidak boleh masuk kulkas lainnya adalah pisang. Buah ini sering ditambahkan ke dalam resep smoothie, roti, dan bahkan muffin dengan rasa yang manis. Pisang merupakan sumber potasium yang sangat baik, namun saat diletakkan di lingkungan bersuhu dingin, buah ini akan sangat rentan terhadap kerusakan.

Selain bisa lebih mudah rusak, pisang juga mengeluarkan gas etilen, yaitu gas alami untuk mematangkan buah, yang pada akhirnya bisa mematangkan buah di sekitarnya yang tak perlu. Dalam hal ini, tempat penyimpanan pisang yang terbaik adalah meletakkannya di atas meja, atau digantung pada gantungan buah. Pisang yang disimpan di kulkas akan melunak dan berubah warna menjadi coklat dengan cepat.

Cokelat

Mayoritas orang akan menyimpan coklat yang lezat di kulkas karena akan membantu mencegahnya meleleh saat cuaca hangat. Namun, tahukah Anda bahwa penyimpanan coklat di kulkas dianggap kurang tepat? Ini karena suhu dingin dapat menumpulkan rasa dan menciptakan “jepretan” yang rapuh pada lapisan coklat. Untuk mencegahnya, Anda bisa mengeluarkan coklat dari kulkas, dan menyimpannya di suhu ruangan sebelum disajikan.

Tomat

Sering diperdebatkan apakah tomat itu sayur atau buah, tetapi sebenarnya ini secara teknis adalah buah. Tomat memiliki rasa masam yang sangat penting dalam kuliner di berbagai negara, dan menjadi bahan pembuatan dari saus tomat yang lezat. Tomat bisa dimakan sendiri dalam ukuran sekali gigit, dipotong dadu dan digunakan dalam salad, atau yang lainnya.

Dalam hal ini, penting untuk mengetahui tempat penyimpanan terbaik bagi tomat. Buah ini memiliki tingkat kematangan yang jauh lebih baik pada suhu ruang daripada disimpan di dalam kulkas. Suhu dingin akan dengan cepat mengubah tekstur tomat menjadi seperti tepung karena kerusakan pada dinding selnya. Biarkan tomat di atas meja (bukan di bawah sinar matahari). Mereka bisa dimasukkan ke dalam lemari es setelah Anda memotongnya, tapi rasanya akan berubah. Jadi, tomat tidak boleh disimpan dalam kulkas.

Kopi

Kopi harus dijauhkan dari kelembapan apa pun, agar tidak mudah berjamur atau merusak rasanya sebelum Anda sempat menyeduh semuanya. Simpan dalam wadah kedap udara di konter atau di dapur. Ada beberapa perdebatan tentang menyimpan biji kopi di dalam freezer sebelum digiling untuk meningkatkan rasa, tetapi ini hanya berhasil jika biji kopi disegel dengan benar dalam wadah kedap udara.

Keluarga Allium

Yang dimaksud mengenai keluarga allium termasuk bawang putih, bawang bombay, dan bawang merah. Ketiga umbi-umbian tersebut sangat tidak disarankan untuk disimpan dalam kulkas. Alasan yang mendasari ini adalah bawang putih, bawang bombay, dan bawang merah sangat rentan terhadap kerusakan akibat dingin pada suhu di bawah 40 derajat Fahrenheit, yang artinya keluarga allium tersebut tidak boleh masuk kulkas.

Alih-alih menyimpannya di dalam kulkas, ketiga keluarga allium tersebut justru harus diletakkan di suhu ruang, Anda bisa menggantungnya menggunakan kantong jaring, dan diletakkan di dapur agar memudahkan Anda saat ingin menggunakannya. Selain itu, Anda harus memperhatikan bahwa tempat untuk menyimpan keluarga allium tersebut mendapatkan ventilasi yang cukup.

Jika Anda tidak bisa melakukannya, masukkan ke dalam mangkuk di dapur Anda. Anda boleh menutupinya dengan tas, tetapi pastikan ada banyak lubang ventilasi. Setelah dibelah, umbi ini dapat disimpan di lemari es dalam wadah kecil atau kantong. Tidak apa-apa menyimpan daun bawang di lemari es. Penting untuk diingat bahwa keluarga bawang-bawangan tidak boleh disimpan di dekat kentang. Sayuran tersebut mengeluarkan kelembapan dan mempercepat pembusukan bawang.

Kentang

Bahan makanan yang tidak boleh masuk kulkas lainnya adalah kentang. Ini adalah sayuran yang banyak diolah di seluruh dunia, baik itu dikonsumsi sebagai kentang goreng, mashed potato, atau ditambahkan ke dalam sup. Sayuran ini tak boleh disimpan dalam kulkas karena patinya akan berubah menjadi gula. Kentang juga tak boleh disimpan bersama bawang atau apel, karena tanaman tersebut mengeluarkan gas etilen yang akan merusak kentang.

Sebaliknya, kentang harus dibersihkan terlebih dahulu sebelum disimpan, dan meletakkannya di tempat yang gelap dan sejuk seperti dapur atau ruang bawah tanah. Gunakan keranjang atau kantong kertas untuk menyimpannya. Secara umum, sayuran ini menyukai suhu yang cenderung hangat dibandingkan tanaman umbi-umbian lainnya, jadi, simpanlah kentang pada suhu tersebut.

Ubi Jalar

Sama seperti kentang, ubi jalar juga tidak boleh disimpan di kulkas. Dengan alasan yang berbeda dengan kentang yang cenderung kehilangan teksturnya saat disimpan dalam kulkas, ubi jalar justru akan menghasilkan rasa yang berbeda jika disimpan di kulkas. Lemari yang gelap dan berventilasi baik saja sudah cukup untuk menjaga kesegaran ubi jalar dan rasanya pun akan tetap nikmat.

Labu Musim Dingin

Labu musim dingin tidak suka suhu dingin atau lembap seperti tanaman umbi-umbian. Simpan labu musim dingin di tempat dengan suhu sekitar 50° hingga 65°F. Jika disimpan pada suhu di bawah 50°F, mereka dapat mengalami kerusakan akibat suhu dingin. Di sisi lain, suhu di atas 65°F akan membuat labu siam menjadi berserabut. Jika Anda memiliki kamar tidur yang sejuk, menyimpannya di bawah tempat tidur adalah pilihan yang baik.

Labu Mentega

Selain labu musim dingin, labu mentega atau butternut juga merupakan bahan makanan yang tidak boleh masuk kulkas. Labu mentega memiliki tekstur yang begitu empuk, dan kelembapannya cenderung hilang jika disimpan di dalam kulkas. Sayuran ini harus selalu disimpan pada suhu ruang terutama labu yang belum dipotong. Setelah dipotong, labu mentega dapat disimpan di dalam lemari es hingga empat hari. Bisa juga dibekukan dan disimpan dalam bentuk kubus.

Madu

Madu dikenal akan khasiatnya bagi tubuh, dan memiliki rasa manis yang sangat enak sehingga bisa dijadikan pemanis alami untuk pengganti gula. Bahan makanan ini tidak boleh masuk kulkas, karena suhu dingin akan membuat madu mengkristal lebih cepat dibandingkan jika disimpan di tempat gelap dan sejuk seperti dapur Anda. Dengan kata lain, madu seharusnya disimpan pada suhu ruang. Perlu diingat bahwa seiring berjalannya waktu, madu pada akhirnya akan selalu mengkristal.

Roti

Roti merupakan penganan lezat yang bisa dibuat menjadi hidangan gurih dan manis, seperti garlic bread, roti dengan kayu manis, dan masih banyak lagi. Roti memiliki masa simpan yang relatif cepat, dan umumnya akan bertahan selama tiga hari. Meskipun lemari es dikatakan membantu mencegah roti berjamur, kelembapan lemari es bisa menghilangkan kelembapan dari roti, sehingga menghasilkan irisan yang hambar dan kering. Sebagai gantinya, simpan di dalam freezer untuk dicairkan dan dipanggang kapan pun diinginkan.

Melon Utuh

Bahan makanan yang tidak boleh masuk kulkas lainnya adalah melon utuh. Buah ini memiliki banyak manfaat seperti mengurangi tekanan darah, menjaga kesehatan jantung, meningkatkan kesehatan kulit dan penglihatan, dan bahkan mencegah hidrasi karena banyaknya kandungan air di dalamnya. Tempat penyimpanan terbaik untuk melon utuh adalah suhu ruang.

Alasan mengapa melon utuh tak boleh masuk kulkas adalah kulkas dapat mengurangi separuh jumlah antioksidan. Sebuah studi USDA menemukan bahwa melon pada suhu kamar menghasilkan hampir dua kali lipat tingkat senyawa seperti beta-karoten daripada melon yang didinginkan. Artinya, ini akan memaksimalkan manfaat melon dalam menjaga kesehatan tubuh. Jika Anda tetap ingin menyimpan melon di dalam kulkas, dinginkan irisan melon untuk mencegah pertumbuhan bakteri.

Keju Mozzarella

Keju mozzarella adalah keju yang sering terdapat pada pizza, keju, dan bahkan pada hidangan unik di Indonesia, yaitu ditambahkan ke dalam bakso, dan mi. Ternyata, keju ini tak boleh disimpan pada kulkas atau lemari es, karena suhu dingin dan cenderung kering pada kulkas dapat memperkuat tekstur mozzarella yang lembut serta menumpulkan rasanya. Untuk menikmatinya, simpan keju mozzarella yang baru dibuat pada suhu ruangan, dan jangan simpan di dalam kulkas.

Keju Krim dengan Kulit Lembut

Selain keju mozzarella, keju krim dengan kulit lembut seperti keju brie, camembert, atau yang lainnya juga tak boleh disimpan dalam kulkas. Semua keju krim dengan kulit lembut terasa paling nikmat saat disajikan hangat. Meskipun Anda mungkin seringkali menyimpannya di dalam kulkas, namun saat akan disajikan, sebaiknya diamkan sejenak hingga mencapai suhu ruangan sebelum disajikan agar terasa lebih lezat.

Telur

Wadah penyimpanan khusus telur yang terdapat pada kulkas membuat banyak orang beranggapan bahwa telur bisa disimpan di lemari es. Padahal, telur segar tak perlu disimpan dalam kulkas, karena sebelum sampai ke tangan konsumen pun, para peternak menyimpan telur pada suhu ruang, namun ia memang harus segera digunakan dalam satu atau dua minggu.

Jika Anda ingin membuat resep yang dipanggang, telur yang disimpan pada suhu ruang akan lebih memudahkan Anda. Jika resep memanggang membutuhkan putih atau kuning telur bersuhu ruangan, pisahkan terlebih dahulu lalu biarkan hangat di meja. Namun, penyimpanan telur di dalam kulkas bisa berguna jika Anda ingin membuat resep di mana putih dan kuning telur terpisah, karena kuning telur yang hangat lebih rentan pecah. Pada akhirnya, ini akan bergantung pada cara bagaimana Anda akan mengolahnya.

Terong

Terong seringkali dimasak menjadi terong balado di Indonesia, dan menjadi bahan utama dalam pembuatan caponata, atau hidangan seperti parmesan terong. Terong atau eggplant ini akan tetap dalam kondisi terbaiknya jika disimpan pada suhu ruang. Artinya, tempat penyimpanan terong yang terbaik adalah diletakkan pada suhu ruang sampai Anda siap menggunakannya.

Mentega

Anda mungkin sering menggunakan mentega untuk olesan roti, membuat roti bakar, ayam panggang, atau ayam mentega. Dalam hal penyimpanan mentega, USDA mengatakan tidak masalah jika mentega dibiarkan semalaman pada suhu ruang agar ia cukup lembut untuk dioleskan keesokan paginya. Sementara mentega yang didinginkan dan akan digunakan sebagai olesan roti, akan membuat Anda harus menunggu mentega tersebut cukup lembut.

Mayones

Mayones yang seringkali digunakan dalam membuat sandwich atau sebagai saus salad memang begitu lezat dan lembut. Meski Anda biasanya akan menyimpan mayones di dalam kulkas, terutama untuk memperpanjang umur simpannya dan mencegah potensi kontaminasi dari peralatan makan, namun mayones yang disimpan di suhu ruang akan menghasilkan tekstur yang lebih lembut dan rasa yang lebih kaya. Jika dikeluarkan dari kulkas, Anda bisa menghangatkannya sejenak untuk membuat rasanya lebih dalam dan tajam.

Selai

Selai yang dioleskan di atas roti tawar menciptakan rasa lezat yang akan melengkapi cita rasa roti. Rupanya, selai adalah salah satu bahan makanan yang tidak boleh masuk kulkas, khususnya jika segel stoples selai belum dibuka. Namun, jika stoples selai sudah dibuka, kulkas memang menjadi tempat penyimpanan yang terbaik, dan simpanlah di dalam kulkas selama yang tertera pada label.

Selai Kacang

Secara lebih spesifik, selai kacang adalah bahan makanan yang tidak boleh masuk kulkas. Hal ini terutama karena minyak yang terdapat dalam selai kacang mungkin terpisah dan konsistensinya dapat rusak, sehingga, Anda disarankan untuk menyimpannya di lemari dan menghabiskannya dalam waktu enam hingga sembilan bulan. Khusus untuk selai kacang olahan, jangan disimpan di lemari es, karena suhu dingin dapat membuat olesannya mengeras.

Nutella

Nutella yang disukai oleh banyak orang juga tak boleh disimpan di dalam kulkas. Meski Anda mungkin akan berpikir bahwa kelezatan selai coklat kacang Nutella akan lebih nikmat jika disimpan di kulkas. Namun, tindakan tersebut bisa membuat minyaknya terpisah, dan teksturnya menjadi berkapur. Oleh karena itu, simpanlah Nutella di dapur atau lemari.

Saus Steak dan Barbekyu

Steak yang dicocol dengan saus steak atau barbekyu terasa begitu lezat dan melengkapi kelezatan dari steak. Meski Anda mungkin menyimpan saus tersebut di dalam kulkas, namun jangan menggunakan saus steak dan barbekyu dalam keadaan dingin saat akan dinikmati dengan sepotong steak, karena steak Anda akan mengepul panas. Cara terbaiknya adalah keluarkan botol saus dari lemari es sebelum makanan siap, agar semua rasa bisa menyatu.

Buah Kering

Buah kering menjadi cara yang tepat untuk menambahkan pada smoothie bowl yang dapat memberikan manfaat ekstra. Meski banyak buah-buahan segar yang bisa disimpan di dalam kulkas, namun itu tidak berlaku untuk buah kering. Buah kering yang dimaksud seperti kurma dan aprikot kering, suhu rendah dan pendinginan malah akan menambah kelembapan berlebihan pada buah kering tersebut, sehingga membuatnya terlalu basah. Yang tepat adalah menyimpan buah-buahan kering pada tempat sejuk dan kering, serta jauh dari sinar matahari, dan letakkan dalam wadah kedap udara. Suhu tersebut akan membuat buah kering bertahan cukup lama.

Paprika

Paprika banyak digunakan di seluruh dunia, baik itu dalam bentuk segar atau paprika bubuk. Paprika segar memiliki tekstur yang renyah, dan untuk alasan tersebut, paprika segar tak boleh disimpan di kulkas, karena hal tersebut justru akan menghilangkan kerenyahannya. Tempat sejuk adalah tempat yang bisa mempertahankan umur simpan paprika selama satu atau dua hari. Untuk mencegahnya rusak atau membusuk, belilah paprika segar hanya saat Anda membutuhkannya.

Sirup

Kebanyakan sirup rendah air dan konsentrasi gula tinggi. Baik itu toples sirup maple atau sirup emas, dibuat dengan cara serupa. Oleh karena itu, bahan makanan ini tidak memerlukan pendinginan, dan sebaliknya, sirup dapat disimpan dengan baik di rak biasa. Faktanya, sirup bisa menjadi kaku jika disimpan di lemari es, hal itu akan menyusahkan Anda saat ingin menggunakannya.

Kue Kering

Menjelang Hari Raya Idul Fitri, masyarakat di Indonesia banyak mempersiapkan camilan berupa kue kering untuk disuguhkan kepada para tamu, dan menyimpan kue kering pun tidak boleh dilakukan secara sembarang, karena ia harus disimpan di suhu ruang, dan jika didinginkan, mereka cenderung menjadi basah karena kondensasi yang tidak dapat dihindari. Anda bisa menyimpannya dengan membungkus kue kering dalam kantong kertas dan simpan dalam suhu ruangan agar tetap segar.

Bumbu Kering

Bumbu kering menjadi cara praktis dan memiliki masa simpan yang lebih lama dibandingkan bumbu basah. Dalam hal penyimpanan, bumbu kering tak boleh disimpan di dalam kulkas, karena suhu dingin cenderung merusak rasanya dan mungkin akan membuatnya mengembun, sehingga kulkas bukanlah pilihan yang tepat untuk menyimpan bumbu kering. Sebaliknya, simpanlah di lemari yang gelap untuk menghindari panas yang ekstrim untuk mencegah kerusakan. Selain itu, bersihkan lemari yang sama setidaknya setahun sekali.

Herba Segar yang Lembut

Dari indonesia untuk dunia

Herba segar sering digunakan pada berbagai masakan, contohnya adalah seperti daun mint, daun ketumbar, peterseli, dan lainnya. Herba tersebut bisa membuat hidangan menjadi lebih beraroma dan bahkan bisa digunakan sebagai garnish. Namun, tempat penyimpanan yang tepat adalah hal penting untuk menjaga kesegarannya.

Setiap herba tersebut tidak boleh dimasukkan dalam kulkas, karena suhu dingin akan membuat mereka basah dan lembab, sehingga mereka cenderung cepat rusak. Yang terbaik adalah menyimpannya seperti Anda menyimpan bunga dalam vas, yaitu dengan cara dipotong dan simpan di dalam segelas air tawar. Sementara dedaunan lain seperti oregano, rosemary, thyme, sage dan lainnya, harus dibungkus dengan handuk kertas dan disimpan dalam wadah kedap udara.

Basil

Bahan makanan yang tidak boleh masuk kulkas yang terakhir adalah basil. Ini digolongkan sebagai herba yang menjadi bahan integral dalam masakan Italia. Basil tidak boleh disimpan di dalam kulkas, karena jika tanaman tropis tersebut disimpan di bawah suhu 40 derajat Fahrenheit, warnanya akan menjadi hitam dengan cepat. Simpan di meja di tempat yang teduh, dan tiru penempatan bunga di dalam vas, yaitu isi gelas dengan air dan rendam batangnya. Letakkan kantong plastik beritsleting di atas tanaman agar dapat bernapas dan tetap lembap.

Suhu dingin memang menjadi cara termudah agar masa simpan suatu bahan makanan menjadi lebih tahan lama, namun hal tersebut tidak berlaku bagi setiap bahan makanan di atas. Jika Anda masih sering menyimpan bahan makanan di atas di dalam kulkas, segera hilangkan kebiasaan tersebut. Satu hal yang harus dipahami adalah suhu ruang tak selamanya buruk untuk menyimpan berbagai jenis bahan makanan. Cari tahu artikel menarik tentang food preparation tanpa kulkas melalui link berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *