21 Jenis Kerupuk Yang Ada di Indonesia.

cover-kerupuk

Hampir semua orang Indonesia menyukai kerupuk. Cemilan yang gurih dan renyah sangat cocok untuk jadi teman makan. Bahkan ada beberapa orang yang merasa kurang lengkap jika makan tanpa kerupuk. Hampir semua hidangan berat cocok dipadukan dengan kerupuk. Di Indonesia sendiri, kerupuk memiliki banyak jenis yang pastinya enak untuk jadi cemilan atau teman makan harian mu.

Kerupuk apa sajakah yang ada di Indonesia? Berikut 11 Jenis kerupuk yang disukai orang Indonesia:

1. Kerupuk Blek

kerupuk blek

Kerupuk Blek atau kerupuk mawar adalah kerupuk yang umumnya paling sering di konsumsi oleh masyarakat Indonesia, selain murah kerupuk ini pun mudah sekali di temui di warung-warung terdekat. Namun, meski kebanyakan orang sering mengonsumsi kerupuk ini, rata-rata mereka belum mengetahui kalau kerupuk bernama kerupuk blek. Kerupuk Blek memiliki rasa gurih yang renyah, hingga cocok dijadikan pelengkap lauk yang dapat membuat selera makan mu meningkat.

2. Kerupuk Bawang

Kerupuk Bawang

Sesuai dengan namanya, kerupuk bawang adalah kerupuk yang dibuat dengan campuran bawang, rasa kerupuk ini sangat gurih karena campuran bawangnya yang begitu terasa. Kerupuk ini pastinya sangat mudah kita temui, apalagi bagi kamu penggemar nasi uduk, kerupuk ini sering di jadikan tambahan lauk yang di berikan oleh penjual nasi uduk.

Kerupuk ini umumnya memiliki pinggiran yang berwarna-warni, serta tekstur yang sangat renyah.

3. Kerupuk Udang

Kerupuk Udang

Kerupuk ini berasal dari daerah Siduarjo. Selain dijadikan teman makan, kerupuk udang termasuk kedalam kerupuk yang enak untuk di jadikan cemilan. Selain tepung, bahan utama yang digunakan untuk kerupuk ini adalah udang-udang kecil ataupun rebon yang telah dihaluskan, sehingga memberikan rasa yang gurih, ketika kita santap.

4. Kerupuk Kulit

Kerupuk kulit

Kerupuk kulit beberapa daerah menyebutnya kerupuk rambak, adalah jenis kerupuk yang terbuat dari kulit sapi atau kulit kerbau yang diolah dengan diberi penambah rasa. Setelah mengalami proses perebusan dan pengeringan pada terik matahari selama kurang lebih 2-3 hari, kerupuk mentah yang kering ini siap digoreng menjadi kerupuk yang siap untuk dihidangkan.

Rasanya yang gurih, serta teksturnya yang renyah dan lumer dimulut ketika dimakan, menjadikan kerupuk ini banyak diminati di Indonesia, apalagi kini kerupuk kulit hadir dengan rasa yang lebih beragam, seperti misalnya balado ataupun rumput laut.

5. Kerupuk Gendar

Kerupuk gendar atau sering disebut gendar saja, adalah kerupuk yang terbuat dari adonan nasi yang diberi penambah rasa atau ‘bleng’. Bleng bertujuan membuat kekenyalan pada adonan. Kerupuk gendar sangat cocok disantap dengan berbagai hidangan.

6. Emping

Kerupuk emping

Emping adalah sejenis camilan atau berupa keripik yang terbuat dari biji melinjo atau belinjo. Rasanya gurih dan sedikit  pahit. Emping tersedia di pasaran dalam berbagai varian rasa, seperti polos (asli), asin, pedas atau manis. Namun varian gurih paling banyak dinikmati karna selain enak dijadikan cemilan, snack ini juga cocok dijadikan teman makan.

7. Kerupuk Mie

Kerupuk_mi_kuning

Kerupuk Mie adalah kerupuk bulat berwarna kuning yang banyak di konsumsi oleh masyarakat. Umumnya kamu bisa menemukan kerupuk ini di setiap pedagang asinan, ataupun pecel. Karna rasanya yang khas, menjadikan kerupuk ini enak disantap dengan sambal kacang ataupun kuah asinan.

8. Opak

Opak adalah cemilan kering dan renyah sejenis kerupuk yang khas dari Sunda, Jawa Barat. Meskipun bahan dasar opak berbeda dari kerupuk, namun opak yang terbuat dari tepung beras/ketan yang diberi bumbu garam, gula, kelapa parut dan bumbu penyedap, masih cocok untuk disantap dengan nasi.

9. Kerupuk Kemplang

Kerupuk Kemplang

Kerupuk kemplang yang beraromakan ikan ini menjadi oleh-oleh khas Pulau Bangka, dengan bahan dasar ikan tenggiri dan tepung tapioka. Banyak toko oleh-oleh di Pulau Bangka yang menjajakan kemplang. Terlebih, saat berkunjung ke pusat Kota Pangkal Pinang. Di sini, kemplang sangat mudah dijumpai. Kemplang-kemplang ini dijajakan dalam berbagai macam, seperti kemplang mentah dan kemplang panggang.

Kemplang berbentuk bulat pipih dengan rasa yang gurih dan renyah saat digigit sangat cocok dipadukan dengan sambal terasi khas Bangka membuat rasa kemplang menjadi lebih nikmat.

10. Rengginang

Ilustrasi Rengginang

Rangginang adalah sejenis kerupuk tebal yang terbuat dari beras utuh yang dibentuk bulat lalu dikeringkan dengan cara dijemur di bawah panas matahari. Makanan ini memiliki rasa yang gurih dan renyah saat dimakan. Umumnya rengginang sering dijumpai ketika momen lebaran untuk menyambut tamu.

11. Kerupuk Pasir

Sebenarnya nama asli kerupuk in bukanlah kerupuk pasir melainkan kerupuk Mares. Nama Mares itu sendiri konon sudah diberikan pembuat kerupuk pada tahun 1920-an. Arti kata mares diambil dari lemah, berarti tanah atau pasir kasar.

Penamaan kerupuk pasir ini dikarenakan dari proses yang sangat merakyat yaitu dengan menggunakan pasir yang telah diayak atau telah disangrai. Pasir itu digunakan sebagai bahan pengganti minyak dalam proses penggorengan kerupuk. Selain karna rasanya yang gurih, kerupuk ini juga dijadikan favorite karna rendah kolestrol.

12. Kerupuk Ikan

Kerupuk ikan

Kerupuk ikan merupakan kerupuk yang tidak hanya terbuat dari tepung tapioka saja, tetapi juga dicampur dengan ikan. Ikan digunakan sebagai bahan penambah aroma dan cita rasa serta meningkatkan kandungan gizi kerupuk, terutama protein. Jumlah ikan yang ditambahkan umumnya adalah 20% dari total adonan. Ikan yang digunakan harus memiliki aroma dan rasa yang kuat sehingga dapat memperbaiki citarasa dari kerupuk ikan. Jenis ikan yang umumnya digunakan adalah ikan tengiri ataupun ikan kakap.

13. Kerupuk Orong-Orong

Kerupuk yang memiliki lubang di tengahnya ini berasal dari Medan. Rasanya yang gurih dan renyah ini membuat kerupuk orong-orong cocok dijadikan cemilan ataupun cemilan santai mu.

14. Kerupuk Pangsit

Kerupuk Pangsit juga termasuk kerupuk yang menjadi favorite banyak orang, bentuk yang tipis dan gurih ini seringkali kita temukan dalam hidangan bakso atau mie ayam. Tak hanya itu, Kerupuk pangsit juga nikmat untuk dijadikan cemilan ketika menikmati waktu santai.

15. Kerupuk Jengkol

Kerupuk Jengkol mungkin sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Seperti namanya, kerupuk ini terbuat dari bahan dasar jengkol. Rasa dan aroma nya yang khas membuat sebagian orang menyukai kerupuk ini. Namun rasanya yang gurih dan khas ini juga membuat beberapa orang tidak menyukainya, apa lagi bagi mereka yang tidak menyukai jengkol.

16. Kerupuk Tahu

Selain di jadikan lauk, Tahu juga bisa dijadikan kerupuk lho! Biasanya kerupuk tahu dibuat menggunakan tahu pong, atau tahu kosong yang mirip dengan tahu sumedang dan dibalut dengan tepung dan digoreng sampai garing. Sehingga menciptakan perpaduan rasa gurih dan tahu pong yang enak dan lezat. Kerupuk ini sering di jadikan oleh-oleh di beberapa daerah, tentunya dengan rasa dan ciri khas masing masing daerah.

17. Kerupuk Tempe

Hampir sama dengan kerupuk Tahu, kerupuk tempe ialah kerupuk dengan bahan dasar utama tempe yang di balur tepung berbumbu. Biasanya tempe yang hendak dijadikan kerupuk di iris tipis, hingga ketika di goreng ia memiliki tekstur yang renyah, bumbu yang ada pada baluran tepung, membuat kerupuk tempe gurih dan enak untuk di santap.

18. Kerupuk Palembang

Kerupuk Palembang terkenal dengan ciri khas rasa ikannya yang khas dan gurih, sehingga banyak digemari oleh banyak orang. Biasanya kerupuk palembang menggunakan ikan tenggiri untuk membuat rasa kerupuk lebih lezat, sehingga cocok untuk di santap dengan makanan sehari-hari ataupun cemilan dirumah.

19. Rempeyek

Rempeyek
Rempeyek

Rempeyek adalah gorengan yang terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan air, diberi bumbu dan diberi bahan pengisi yang khas, biasanya peyek banyak di jumpai dengan isian kacang tanah, udang rebon atau biji kedelai. Rempeyek juga telah lama menjadi favorite orang Indonesia, karna rasanya yang gurih dan renyah, namun biasanya rempeyek di bandrol dengan harga yang lebih mahal di banding kerupuk lain, terlebih peyek dengan isian rebon. Hal itu lah yang membuat beberapa orang membuatnya sendiri dirumah, karna jauh lebih murah.

20. Kerupuk Bakso Ikan

Kerupuk Bakso ikan adalah jenis kerupuk termasuk dalam kelompok makanan ringan yang gurih dan renyah. Kerupuk ini merupakan kerupuk khas Banten yang sudah sejak lama di produksi secara Home Industry. Namun beberapa daerah, seperti Palembang, Bangka dan kota lain juga memiliki Kerupuk Bakso ikan dengan versi yang berbeda.

Disebut kerupuk bakso karna bentuknya yang bulat-bulat menyerupai bakso, dan memiliki warna putih yang sedikit keruh, hal ini dikarenakan campuran ikan yang terdapat di dalamnya. Kerupuk Bakso biasanya di jadikan cemilan, namun mengonsumsinya bersama dengan nasi ataupun hidangan lainnya juga tetap enak.

21. Peyek Bayam

Peyek Bayam

Hampir sama dengan Rempeyek, kerupuk bayam juga di buat menggunakan tepung beras. Hanya saja, peyek bayam di buat menggunakan bayam raja yang berdaun lebar, serta di baluri dengan tepung berbumbu. Rasa peyek bayam sangat gurih dan enak, serta aroma bawang putih yang biasanya menjadi ciri khas peyek bayam. Makanan ini bisa menjadi alternatif dalam mengolah bayam dan bisa menjadi cemilan atau pengganti kerupuk teman makan nasi.
.

Jadi, itu dia beberapa jenis kerupuk di Indonesia, yang paling banyak diminati. Apakah ada kerupuk favorit dari daerah mu yang belum kami sebutkan? Jika ada share di kolom komentar ya, agar dapat kami update!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *