Waspada! Inilah 4 Hal Yang Diincar Tikus Dirumah!

waspada inilah 4 hal yang diincar tikus di rumah

Keberadaan Tikus di rumah memang seringkali mengganggu dan meresahkan. Terlebih hewan tersebut membawa banyak virus penyakit yang berbahaya untuk kesehatan. Jika kamu tidak berhati-hati dan mencari cara untuk membuat tikus itu pergi dari rumah, bisa-bisa ia akan menularkan virus tersebut kepada kamu ataupun anggota keluarga mu yang lain.
Sebab itu kamu wajib mengetahui apa yang sebenarnya tikus-tikus itu cari di rumah, dan bagaimana cara mengantisipasi hal tersebut atau mengamankan barang-barang yang sekiranya akan terkontaminasi oleh virus yang di bawa oleh si tikus. Dan pada artikel kali ini lah kami akan memberikan penjelasan secara terperinci.

APA SAJAKAH YANG TIKUS CARI DI RUMAH KITA?

tikus makan

Tentu saja ada beberapa alasan yang membuat tikus singgah di rumah dan membuat penghuni lain resah. Apalagi jika kita tidak kunjung mencari tahu apa saja yang dapat memicu tikus hadir dan tidak mencari cara untuk mengusirnya, yang ada tikus tersebut ‘’betah’’ dan berkembang biak di rumah kita, apa lagi tikus dapat melahirkan sekaligus 6 orang anak bayi dalam waktu 20 hari. Kita pasti tidak ingin hal itu terjadi kan? Sebab kebiasaan hewan tersebut yang suka buang air sembarangan, dapat menyebabkan bau yang tidak sedap dan menjadi sarang penyakit.  Untuk itulah sekarang saatnya kamu mengetahui alasan apa saja yang membuat Tikus ikut ‘tinggal’ di rumah mu.

Sumber Makanan

sumber makanan dapat mengundang tikus

Sama seperti manusia. Tikus juga termasuk ke dalam golongan omnivora yakni pemakan segala. Ia memakan apapun yang manusia makan, terlebih jika kamu gemar menyimpan makanan di atas meja ataupun tempat lain yang terbuka, tikus akan langsung mengetahui keberadaan makanan tersebut melalui indra penciumannya yang tajam.

Sebelum menyantap makanan tersebut, tikus akan lebih dahulu mendeteksi makanan menggunakan kumisnya. Mereka menggunakan kumis mereka seperti halnya manusia menggunakan sidik jari untuk menyentuh atau merasakan sesuatu. Kumis tikus juga berfungsi sebagai pemberi rasa sentuhan yang sangat sensitif untuk membantu mereka menemukan dan membedakan makanan yang ditemukan.

Berikut jenis-jenis makanan yang paling disukai oleh tikus, jika terdapat salah satunya di rumah mu, segera amankan!

  • Buah-buahan
  • Ikan Asin
  • Daging
  • Kacang-kacangan
  • Roti
  • Sereal
  • Selai Kacang
  • Coklat

Sumber Air

sumber air dapat mengundang tikus

Tikus juga akan bertahan di rumah mu, saat ada sumber air yang tersedia, seperti misalnya genangan air, pipa air yang bocor, air-air sisa dalam bak cucian piring, atau air dalam bak mandi yang terbuka begitu saja. Tikus akan mudah menemukan tempat-tempat ini sama seperti mereka menemukan sumber makanan.

Karna Rata-rata tikus membutuhkan 15 – 30 ml air setiap hari ketika mereka hanya mengkonsumsi makanan-makanan kering. Sebab itu jika sumber air itu masih tersedia di rumah mu, otomatis tikus-tikus tersebut juga akan menetap disana, karna ia tidak perlu lagi repot-repot mencari sumber air baru.

Tempat Berlindung

tempat berlindung tikus di rumah

Dimana pun keberadaanya, tikus akan selalu mencari tempat berlindung untuk menaungi dirinya ataupun anak-anaknya. Tempat yang disukai tikus untuk mendapatkan perlindungan ialah tempat yang gelap,kotor dan sulit di jangkau manusia.

Terkadang ia bisa saja bersembunyi di dalam rongga-rongga tembok rumah mu yang terbuka, dapur ataupun di loteng. Ia bisa saja menggunakan koran-koran bekas ataupun kardus bekas untuk membangun sarangnya.

Jika rumah mu masih menjadi tempat berlindung yang aman untuk tikus, ia akan senang hati untuk menetap disana.

Langkah apa yang harus dilakukan agar tikus pergi dari rumah?

tikus dalam sarang

Untuk membuat tikus-tikus nakal yang ada di rumah mu jera, pertama-tama kamu bisa mengamankan apa pun yang biasanya di incar oleh tikus, selain untuk membuatnya pergi, hal itu juga akan menjaga mu terhindar dari beberapa penyakit. Berikut langkah-langkah tepat yang harus kamu lakukan :

Simpan makanan di tempat yang aman

Karna tikus senang berada di rumah yang terdapat sumber makanan untuknya, maka jangan pernah sediakan makanan untuk tikus tersebut, dalam kata lain kamu harus menyimpan makanan mu di tempat yang aman dan tidak bisa di jangkau oleh tikus tersebut, seperti misalnya di dalam kulkas, dalam kotak makan, atau jika kamu suka menyimpan makanan pada laci dapur, kamu harus pastikan laci itu tertutup rapat, dan tidak ada celah sedikit pun untuk tikus tersebut masuk.

Dan saat kamu menemukan makanan mu dalam keadaan yang sudah tidak utuh atau rusak, karna disebabkan oleh tikus nakal, kamu perlu berhati-hati! Sebab tikus dapat mengontaminasi makanan mu melalui urin atau feses mereka dan menyebarkan penyakit berbahaya seperti Hantavirus Pulmonary Syndrome (HPS), Murine Typhus, Rat-Bite Fever (RBF), Leptospirosis atau Salmonella yang diikuti dengan gejala diare akut.

Tutupi Sumber Air

Jika terdapat bak mandi, ember atau wadah lain tempat mu menyimpan air, usahakan lah tutup tempat-tempat tersebut. Lalu periksalah pipa pipa saluran air yang ada di rumah mu, jika ada yang mengalami kebocoran, lebih baik kamu segera memperbaikinya, sebelum tempat tersebut dijadikan markas oleh tikus-tikus nakal. Priksa juga saluran got yang terhubung dengan rumah mu, berilah penghalang berupa besi dan jaring atau benda apapun yang sulit untuk ditembus oleh tikus. Dan jangan biarkan ada air yang tergenang, entah di halaman rumah, ataupun pada tempat-tempat lain di rumah mu.

Jangan Sediakan Tempat

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, tikus akan mencari tempat untuk berlindung, maka jangan sediakan tempat untuknya. Tikus menyukai tempat-tempat yang kotor dan gelap, maka kamu harus rajin-rajin membersihkan seluruh bagian di rumah mu, terutama loteng dan dapur, karna tikus sangat menyukai tempat-tempat tersebut. Dan periksalah seluruh bagian rumah mu, apakah terdapat celah yang bisa membuat tikus masuk seenaknya ke dalam rumah mu? Jika iya segeralah tutup celah-celah itu.

Basmi tikus di rumah

Setelah kamu mengamankan semua yang di incar oleh tikus di rumah mu, dan menutup akses mereka, sekarang saatnya kamu membasmi tikus-tikus yang masih tersisa didalam rumah. Kamu bisa meletakan perangkap tikus yang banyak tersedia di pasaran, seperti lem tikus, ataupun jebakan besi. Atau kamu juga bisa menggunakan racun tikus dan meletakannya pada tempat-tempat yang biasa dilalui olehnya. Untuk tambahan informasi, kamu bisa menggunakan racun tikus yang tidak langsung membuat tikus mati dalam sekejap, karna hal itu akan membuat tikus lain atau kawanannya tidak mau lagi memakan racun tersebut. Pilihlah racun yang memberikan efek 2-3 hari setelah tikus makan, karna hal itu juga akan mempermudah kita saat mencari bangkai tikus, yang biasanya berada di dekat saluran air. Sebab tikus yang memakan racun jenis ini akan mencari-cari sumber air, dan akan mati setelah banyak mengonsumsi air.

Lakukan Kerja bakti rutin

Setelah semua upaya pencegahan sudah kamu lakukan dirumah, maka kamu bisa melakukan pencegahan lebih luas yang menankup lingkunganmu. Lakukanlah kerja bakti atau gotong royong bersama dengan warga sekitar paling tidak satu kali dalam seminggu. Bersihkan saluran air dari sampah, lumut, ataupun benda-denda lain yang membuat air tersumbat, pastikan tidak ada celah untuk tikus dapat masuk kerumah mu ataupun warga sekitar. Sebab, hasilnya tidak akan maksimal jika kamu hanya melakukan pencegahan pada rumah mu saja.

tips mengusir tikus

Itu dia hal-hal yang dapat kamu lakukan untuk mengusir tikus yang berada di rumah mu, pastikan juga untuk selalu menjaga kebersihan, dan jangan biarkan 4 hal yang diincar oleh tikus ada di rumah mu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *