18 Bumbu untuk Seafood, Bikin Nagih!

Memasak dengan ikan atau jenis seafood lainnya seperti udang, cumi-cumi, kerang, remis, tiram, langoustine atau lobster Norwegia, dan lainnya dapat dimasak dengan cara yang paling sederhana. Keistimewaan memasak seafood lainnya adalah waktu memasaknya yang cepat, sehingga berbagai jenis seafood dapat menjadi pilihan menu makanan yang sempurna.

Jika Anda sedang mencari cara baru untuk membumbui seafood favorit Anda, ada banyak bumbu dan rempah untuk memberikan rasa yang menarik pada semua jenis makanan laut. Berikut adalah beberapa bumbu terbaik yang bisa membumbui hidangan seafood Anda.

Lemon dan Kemangi

Daftar bumbu terbaik untuk seafood adalah lemon dan kemangi. Seafood biasanya membutuhkan bumbu yang dapat menghilangkan bau amis sekaligus melezatkan hidangan. Perpaduan ini akan sangat cocok untuk membumbui seafood karena lemon bisa dimanfaatkan sebagai penghilang bau amis pada makanan laut, terutama ikan.

Apapun Bumbunya, Tidak Pakai MSG

Sementara rasa kemangi yang halus serta aromatik, membuat kemangi menjadi bumbu yang sangat sempurna untuk membumbui segala jenis seafood. Kemangi bekerja secara efektif untuk sebagian besar ikan putih seperti ikan cod atau rockfish. Untuk menggunakannya, peras lemon dan cincang kemangi hingga halus lalu tambahkan ke atas fillet ikan putih dengan tambahan mentega untuk perpaduan sempurna dan untuk menciptakan hidangan yang lezat dan sehat.

Daun Mint

Seperti yang telah disebutkan bahwa segala jenis seafood cenderung memiliki bau amis, sehingga seafood membutuhkan bumbu yang dapat menyamarkannya, dan daun mint adalah salah satu bahan yang paling sempurna. Sentuhan daun mint membantu memperkaya rasa hidangan seafood yang akan dimasak. Selain itu, bau daun mint yang segar juga dapat menggugah selera Anda. Bau segarnya yang kuat dapat menghilangkan rasa alami dari seafood Anda, sehingga penggunaannya perlu diperhatikan.

Peterseli

Peterseli adalah ramuan yang berair dan berasa hijau yang mendukung rasa ikan dan makanan laut yang lembut dengan cukup baik. Peterseli sendiri memiliki aroma yang sedikit pahit sehingga dapat menyempurnakan hidangan gurih. Peterseli dapat menjadi hiasan yang akan mempercantik hidangan seafood dengan menaburkan di atasnya. Cincang peterseli hingga halus untuk membumbui sekaligus menghias hidangan seafood anda untuk tampilan yang menarik.

Marjoram

Bumbu yang cocok untuk masak seafood selanjutnya adalah marjoram. Marjoram termasuk keluarga mint dan berkerabat dekat dengan oregano, itu sebabnya marjoram sering disalahartikan sebagai oregano. Bumbu dengan rasa yang lebih lembut dan halus dari oregano, yaitu rasa bersahaja dan kayu, serta beraroma pinus dan jeruk, memberikan rasa hangat dan pahit yang tajam.

Adas

Adas bisa dijadikan bumbu dasar bagi makanan laut. Adas sering digunakan sebagai hiasan, tetapi adas yang baru dipanen memiliki rasa yang lembut dan manis yang akan melengkapi rasa seafood yang lembut dan meningkat cita rasa seafood. Anda bisa mulai menaburkan adas ke atas makanan laut, uleni menjadi mentega untuk dilelehkan di atas fillet ikan, atau gunakan adas kering untuk membumbui saus lemon. Selain itu, Anda bisa menggunakan biji adas yang pedas dengan menambahkan casserole untuk makanan laut.

Rosemary

Bumbu serbaguna yang memiliki rasa pinus yang kuat dapat membumbui hidangan seafood Anda. Rosemary adalah salah satu keluarga mint lainnya yang bisa digunakan dalam bentuk segar atau kering. Anda bisa menggunakan rosemary pada potongan ikan yang rasanya lebih kuat seperti salmon atau tuna.

Kucai

Kucai adalah bahan lainnya yang cocok untuk membumbui seafood. Dengan rasa yang menyerupai bawang dan memiliki sedikit kandungan bawang putih, kucai akan sangat efektif untuk beberapa bahan makanan seperti dalam saus lemon dan mentega, bumbu marinasi, hingga digunakan sebagai hiasan pada ikan bakar.

Kucai dapat bekerja secara efektif baik secara individu, maupun dipadukan dengan beberapa bahan lain seperti tarragon, peterseli, dan chervil. Tak hanya itu, kucai juga merupakan pilihan tepat untuk menambahkan sedikit warna yang lebih menarik pada hidangan anda.

Tarragon

Ada tiga jenis utama tarragon, yaitu Prancis, Rusia, dan Meksiko, meskipun dua yang pertama paling banyak digunakan. Tarragon Prancis memiliki rasa yang ringan, halus dan manis, sedangkan varietas Rusia memiliki rasa yang lebih kuat dan lebih menyengat.

Rempah rasanya mirip dengan licorice, dan memiliki rasa dingin namun hangat. Tambahkan ke saus untuk dituangkan di atas ikan (terutama ikan berlemak seperti salmon), dressing untuk salad seafood, atau dalam pai ikan. Rasanya cukup kuat, jadi gunakan secukupnya.

Thyme

Bumbu yang satu ini berpadu dengan sempurna dengan ikan atau makanan laut lainnya. Rasa thyme yang cukup ringan dapat membumbui ikan panggan dengan tambahan sedikit lemon untuk hidangan yang lezat dan sehat. Saat memasak seafood dengan thyme, hidangan seafood favorit Anda pun akan semakin kaya rasa.

Sage

Sage adalah jenis herbal pedas yang menambah rasa hangat pada hidangan. Sage menawarkan rasa yang bersahaja yang berasal dari perpaduan aroma dan rasa jeruk dan pinus. Ini merupakan herbal yang sangat cocok untuk membumbui seafood. Selain untuk kuliner, sage banyak digunakan pada berbagai hidangan gurih, namun bisa juga dimanfaatkan sebagai obat serta tanaman hias.

Lemon Balm

Lemon balm mengacu pada ramuan subur dengan rasa lemon yang lembut dan cocok untuk membumbui seafood. Anda dapat menggunakannya untuk salah satu dari ratusan resep yang mungkin membutuhkan perasa lemon. Selain sebagai penyedap rasa, lemon balm juga dapat digunakan hiasan untuk hidangan seafood Anda.

Daun Salam

Daun salam adalah salah satu anggota keluarga laurel yang menawarkan aroma yang khas untuk membumbui sejumlah hidangan seafood, terutama ikan seperti ikan cod atau tilapia. Daun salam juga bisa digunakan untuk membumbui sup ikan. Selain untuk membumbui seafood, daun salam juga banyak digunakan pada hidangan sup, semur, dan saus.

Jahe

Bumbu dengan rasa pedas dan hangat serta aromatik ini dapat membumbui berbagai hidangan seafood dengan sempurna. Rasa yang begitu unik ini bekerja secara efektif untuk menciptakan hidangan seafood yang manis dan gurih. Jahe bisa dipadukan dengan daun bawang serta kecap untuk hidangan yang terinspirasi dari Asia.

Untuk membumbui udang, campurkan jahe dengan bawang putih dan cabai secara bersamaan untuk menciptakan seafood yang sederhana dengan cara yang mudah. Sementara untuk rebusan ikan, jahe bisa ditambahkan bersama dengan tomat untuk hidangan penghangat di musim dingin.

Kunyit

Bumbu aromatik lainnya yang dapat membumbui seafood adalah kunyit. Banyak digunakan sebagai pewarna alami pada makanan, kunyit memiliki rasa yang kaya serta hangat. Meskipun kunyit bubuk lebih umum digunakan dalam masakan, tetapi akar kunyit yang segar juga bisa anda gunakan. Gunakan kunyit sebagai bumbu seafood untuk mendapatkan rasa yang kaya, hangat serta aromatik dengan cara diparut atau tumbuk dengan lesung dan alu. Kunyit bisa langsung ditambahkan ke dalam hidangan seafood favorit Anda.

Paprika Asap

Paprika asap adalah jenis paprika yang telah dikeringkan dengan asap. Melalui proses tersebut, paprika asap menjadi jenis bumbu yang memberikan rasa kayu yang pedas dan bersahaja. Ini adalah salah satu bumbu utama dalam paella makanan laut Spanyol. Jika Anda menumis kerang, taburkan sedikit paprika asap untuk mendapatkan saus asap yang kental. Ini juga bagus untuk sup seafood, pasta seafood, dan saus di atas ikan goreng.

Jinten

Bumbu yang hangat dan bersahaja ini memiliki rasa manis dan pahit. Jinten sering digunakan dalam masakan India, Meksiko, dan Timur Tengah. Potensinya yang tak terbatas membuat jinten dapat membumbui berbagai hidangan, termasuk untuk membumbui seafood.

Untuk hidangan sederhana, jinten bisa ditambahkan dengan thyme, paprika, dan lada lemon sebagai bumbu gosok sebelum menggoreng fillet ikan. Tambahkan jinten ke bumbu marinasi atau semur dan kari makanan laut. Anda juga bisa memadukan jinten dengan rasa lain seperti bawang putih, ketumbar, dan bubuk cabai.

Kayu manis

masakan negara apapun cairo food bumbunya

Kayu manis pada seafood mungkin terdengar aneh, tetapi untuk menciptakan hidangan seafood yang berbeda dengan rasa yang lezat, Anda bisa menggunakan kayu manis. Baik ditumbuk atau utuh, bumbu ini bekerja sangat baik dalam hidangan gurih dan mungkin mengejutkan untuk membumbui makanan laut.  Batang kayu manis adalah bahan penting saat membuat tagine ikan Maroko. Gunakan bubuk kayu manis untuk menghangatkan hidangan ikan rebus. Untuk lauk yang akan disukai seluruh keluarga, coba tambahkan kayu manis ke bahan irisan daging ikan Anda.

Cajun Seasoning

Bumbu cajun juga bisa Anda gunakan untuk membumbui seafood. Perpaduan rempah-rempah organik yang aromatik yang terdapat dalam bumbu Cajun dapat meningkatkan hampir semua hidangan makanan laut dan mengubah ikan menjadi makanan yang akan menggugah selera Anda. Perpaduan bumbu yang luar biasa ini terkenal berpasangan dengan udang dan udang karang.

Bumbu terdiri dari jumlah yang tak terhitung, sehingga membuat Anda bisa bereksperimen dengan bumbu apa pun dengan menyesuaikan selera dan hidangan yang akan dimasak. Seafood menjadi pilihan makanan yang lezat dan bergizi. Beberapa pilihan bumbu yang tepat tak hanya dapat menjadikan seafood sebagai makanan yang menggugah selera, tetapi juga dapat menyamarkan bau amis yang berasal dari seafood itu sendiri.

Itulah beberapa bumbu yang cocok untuk masak seafood. Apakah Anda ingin memasak seafood untuk menu makanan hari ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *