13 Bumbu untuk Sayur Mayur, Pasti Enak!

Memasak berbagai hidangan makanan membutuhkan bumbu yang sesuai, begitu pula bumbu untuk sayur mayur. Penggunaan bumbu serta rempah yang tepat menjadikan rasa sayur yang dimasak begitu menggugah selera, dan yang terpenting – tidak hambar. Beberapa jenis sayur hadir dalam beragam rasa, mulai dari manis, pedas, segar, hingga bersahaja. Dengan begitu banyak rasa, tak heran bahwa pemilihan bumbu yang sesuai dapat mengubah profil rasa hidangan secara keseluruhan.

Rempah dan bumbu untuk sayur tak hanya meningkatkan rasa dan membuatnya lebih menarik, tetapi memasak dengan bumbu yang sesuai menawarkan banyak manfaat kesehatan. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui bumbu yang cocok untuk masak sayur.

Daftar Bumbu Terbaik Untuk Sayuran

Keterampilan memasak akan selalu menjadi hal yang wajib, namun, pengetahuan mengenai bumbu yang harus digunakan adalah hal yang tak kalah penting agar bisa menghasilkan kelezatan hidangan yang diinginkan. Dengan menggunakan bumbu yang sesuai, hidangan yang pada awalnya biasa saja, dapat menjadi suatu sajian yang luar biasa.

Apapun Bumbunya Tidak Pakai Pewarna

Penyedap rasa yang paling umum dan mendasar adalah garam dan merica. Namun, terdapat beragam jenis bumbu untuk sayuran yang bisa Anda gunakan agar menciptakan hidangan yang lebih menarik dan membuat gaya masakan yang berbeda. Berikut beberapa daftar bumbu terbaik untuk membuat berbagai jenis sayuran.

Bumbu Terbaik untuk Sayuran Kukus atau Rebus

Sayuran kukus atau rebus dapat menjadi sajian yang kaya rasa dengan cara menambahkan bumbu dan rempah yang sesuai sebagai salah satu cara terbaik untuk membumbui sayuran. Sayur yang dikukus atau direbus menjadi metode memasak yang paling sehat karena dapat mempertahankan nutrisi serta rasa alami dari sayuran.

Rosemary

Rosemary menjadi salah satu pilihan terbaik bumbu untuk sayur mayur. Ramuan aromatik ini memiliki rasa yang begitu kompleks, yaitu pedas, lemon, kayu, jeruk, mint, lavender, dan sage. Dengan rasanya yang begitu beragam, menjadikan rosemary sebagai ramuan yang dapat membumbui sayuran.

Untuk memasak sayur, cukup menambahkan rosemary dalam jumlah kecil saja. Rosemary kering atau beberapa tangkai rosemary segar bisa langsung ditambahkan ke dalam air mendidih atau kukusan dan masak bersama sayuran. Ramuan aromatik ini juga seringkali dipasangkan dengan unggas atau ikan.

Thyme

Thyme adalah herbal kering serbaguna yang dapat membumbui semua jenis hidangan, termasuk hidangan Eropa, Inggris, Mediterania, Afrika, Latin dan Amerika Tengah, Amerika regional, dan Karibia. Herbal ini sangat cocok untuk mendukung program diet dan jarang dianggap sebagai allergen.

Thyme segar memiliki cita rasa herbal pekat dengan aroma bunga, kayu, dan rumput yang tajam layaknya lavender dan rosemary. Tambahkan thyme pada bumbu untuk sayur yang akan direbus atau dikukus dengan cara yang sama seperti menggunakan rosemary untuk menciptakan hidangan sayur yang aromatik.

Mint, Ketumbar, Peterseli

Ketiga kombinasi bahan segar ini dapat membumbui sayuran dan menjadi perpaduan terbaik untuk membuat sayuran terasa lebih segar. Untuk menggunakannya, cincang halus atau sobek kombinasi bahan tersebut menjadi potongan kecil, lalu tambahkan ke dalam sayuran rebus dengan sedikit tambahan mentega atau minyak zaitun.

Italian Seasoning

Italian seasoning adalah campuran bumbu dan rempah kering yang populer untuk membumbui hidangan ayam, daging sapi, hingga bumbu marinasi. Potensi campuran bumbu dan rempah ini sungguh tidak terbatas, bahkan Italian seasoning dapat menjadi bumbu untuk sayur hingga menjadi taburan di atas pizza.

Terdapat dua metode dalam menambahkan Italian seasoning ke dalam sayuran kukus atau rebus. Anda bisa menambahkan langsung ke panci atau pengukus Ketika sayuran mendidih sebanyak satu sendok teh, atau campurkan Italian seasoning dengan minyak zaitun dengan takaran yang sama, dan tuangkan di atas sayuran yang sudah dimasak.

Bumbu Terbaik untuk Sayuran Panggang

Sayuran panggang adalah ketika sayuran diletakkan langsung di bawah panas yang berada di atas api atau dikelilingi oleh panas. Metode memanggang menambahkan rasa berasap alami pada sayuran yang membuat rasanya berbeda. Jenis bumbu yang dipilih untuk membumbui sayuran panggang harus diperhatikan dengan benar, karena metode memasak ini beresiko membuat hidangan menjadi gosong dan mengakibatkan rasa yang pahit. Berikut beberapa daftar bumbu untuk sayur mayur yang dipanggang.

Cajun Seasoning

Cajun seasoning merupakan campuran rempah-rempah yang dapat menjadikan suatu hidangan lebih sempurna. Bumbu cajun menjadi campuran rempah yang aromatik, dengan rasa yang tidak terlalu pedas, sehingga cocok menjadi bumbu untuk sayur. Bumbu campuran ini terdiri dari lada hitam, lada putih, cabai rawit bubuk, bawang putih bubuk, dan paprika. Campuran rempah ini dapat dicampurkan dengan minyak zaitun atau jenis minyak lainnya yang dipadukan dengan garam untuk rasa sayur yang luar biasa.

Tandoori Masala

Campuran rempah-rempah India ini diantaranya terdiri dari kunyit, ketumbar, dan jintan. Tandoori Masala adalah salah satu bumbu yang memberikan rasa gurih, aromatik, serta sedikit rasa pedas. Anda bisa menambahkan rempah khas ini ke dalam bumbu untuk sayur yang akan dimasak agar mendapatkan rasa yang beragam. Cara terbaik untuk mendapatkan rasa maksimal dari bumbu ini adalah dengan menambahkan sesendok penuh ke yoghurt kental dan bumbui potongan sayuran setidaknya selama 30 menit sebelum dipanggang.

Bumbu Steak Montreal

Bumbu steak Montreal adalah campuran klasik untuk steak yang berasal dari wilayah Montreal. Meski bumbu ini ditujukan untuk digunakan pada steak, tetapi Anda dapat mengeksplor ini menjadi bumbu untuk sayur yang dipanggang. Hal ini disebabkan steak dan sayuran panggang menggunakan metode memasak yang sama, jadi tak ada salahnya mencoba bumbu ini untuk mendapatkan rasa terbaik.

Taburkan bumbu steak Montreal di atas sayuran bersama dengan garam dan minyak, lalu panggang seperti biasa. Perpaduan rasa bawang putih, lada, serta ketumbar yang kuat dari bumbu ini akan membuat hidangan sayuran panggang Anda menjadi lebih istimewa.

Bumbu Taco dan Fajita

Bumbu taco dan fajita terdapat sedikit perbedaan; bumbu taco biasanya memiliki rasio bubuk cabai yang lebih tinggi dan sedikit lebih pedas, sementara bumbu fajita lebih lembut dan sering mengandung komponen sitrat. Kedua campuran bumbu ini memang sedikit berbeda, tetapi jika dikombinasikan, dapat menghasilkan rasa yang tak biasa.

Dibuat dengan campuran cabai ringan, bawang putih, bawang merah, tomat kering, bumbu taco dan fajita memberikan rasa yang lebih kaya. Untuk memanggang sayuran, tambahkan beberapa sendok teh bumbu taco atau fajita ke dalam sayuran dengan garam dan minyak pilihan Anda.

Jamaican Jerk Seasoning

Bumbu jerk Jamaika mengacu pada campuran bumbu dan rempah-rempah yang bervariasi, tergantung pada pembuatnya, karena bumbu ini biasanya ditambahkan beberapa bumbu lainnya. Namun, jerk seasoning ini selalu menggunakan allspice sebagai campuran utamanya untuk menciptakan rasa yang dominan pada masakan Jamaika.

Beberapa bumbu dan rempah lainnya termasuk bawang putih dan daun bawang serta thyme. Kayu manis, jahe, dan kecap juga terkadang ditambahkan sebagai campuran bumbu ini. Scotch bonnet adalah cabai pilihan yang juga banyak digunakan pada bumbu jerk Jamaika yang memberikan rasa pedas dan rasa manis tropis yang lezat. Kombinasi aromatik dan rasa dari semua bumbu, serta cabai dari bumbu jerk Jamaika adalah pilihan terbaik bumbu untuk sayur yang dipanggang.

Untuk membumbui sayuran panggang dengan bumbu ini, sebaiknya rendam sayuran ke dalam bumbu jerk dan minyak sebelum dipanggang. Hal ini akan membantu penyerapan rasa yang optimal dari rasa pedas allspice dan menghasilkan rasa manis alami sayuran.

Bumbu Terbaik untuk Sayuran Tumis

Metode memasak sayuran lainnya adalah dengan menumis. Metode ini biasanya memakan waktu yang lebih sedikit daripada cara lainnya, dan tergantung pada jenis sayuran yang digunakan. Beberapa sayuran seperti jamur, wortel, paprika, kacang polong, buncis, dan lainnya adalah beberapa di antara jenis sayuran lainnya yang cocok untuk dijadikan tumisan. Di bawah ini adalah pilihan bumbu untuk sayur yang ditumis.

Fine Herbes

Fine herbes mengacu pada campuran bumbu yang memberikan rasa halus pada resep masakan. Fine herbes didefinisikan sebagai campuran dari peterseli cincang segar, daun bawang, chervil, serta tarragon. Bahan lain terkadang ditambahkan pada bumbu ini seperti marjoram, thyme dan selada air.

Campuran ramuan ini paling baik digunakan dalam hidangan di mana bahan-bahannya tidak akan mengalahkan rasa lembut dari herba halus. Jika dipergunakan menjadi bumbu untuk sayur yang akan ditumis, sebaiknya tambahkan fine herbes dan mentega ketika sayuran ditumis untuk mendapatkan rasa halus yang terbaik.

Panch Phoron

Bumbu ini mungkin terdengar asing bagi sebagian orang, tetapi bumbu ini dapat digunakan pada sayuran tumis untuk memberikan tekstur dan rasa yang menarik pada sayuran. Panch phoron terdiri dari campuran lima bumbu utuh seperti biji sawi, biji adas, biji jintan, biji fenugreek dan biji nigella.

Cara menggunakan bumbu ini pada sayuran tumis cukup mudah, yaitu dengan menambahkan satu hingga dua sendok teh panch phoron ke minyak panas untuk 2 cangkir sayuran tumis. Sebelum menumis sayuran, biarkan bumbu ini meresap ke dalam minyak selama beberapa detik.

Bubuk Kari

Bubuk berwarna kuning ini adalah campuran rempah-rempah yang dibuat oleh orang Inggris untuk membangkitkan esensi makanan India dan tidak digunakan dalam masakan asli India. Meskipun “kari” merupakan makanan yang berasal dari India, tetapi bubuk ini tidak dimaksudkan secara khusus untuk membumbui hidangan tersebut.

Salah satu bahan penting yang terdapat pada bubuk kari adalah kunyit; itu sebabnya bubuk ini berwarna kuning. Sementara rempah lain mulai dari bawang putih, biji adas, biji sawi, cengkeh, kayu manis, jahe, hingga lada hitam kerap kali ditambahkan untuk menyemarakkan bubuk kari. Cara terbaik menggunakan bubuk kari sebagai bumbu untuk sayur adalah dengan menambahkannya di awal proses memasak. Semakin awal Anda menambahkan bubuk kari, semakin baik rasa yang didapat pada sayuran yang akan ditumis.

Five Spices

Sehat Dimulai Dari Dapur Anda

Nama five spices sebenarnya tidak mengacu pada jumlah campuran bumbu yang digunakan, melainkan untuk mendefinisikan rasa yang dihasilkan jika menggunakan five spices, yaitu manis, pedas, pahit, asin, dan gurih. Bumbu ini terdiri dari campuran kayu manis, cengkih, adas, adas bintang, dan merica Sichuan.

Rasa dari bumbu ini menciptakan rasa yang begitu kompleks, mengemas aroma hangat, dan juga terdapat rasa pedas yang berasal dari merica Sichuan. Itu sebabnya, five spices menjadi salah satu pilihan yang bisa Anda gunakan sebagai bumbu untuk sayur yang ditumis. Bumbu ini memiliki aroma yang kuat, oleh sebab itu penggunaannya tak boleh berlebihan. Cukup gunakan five spices sebanyak ½ hingga 1 sendok teh five spices untuk menumis sayuran dan memberikan rasa yang begitu menakjubkan.

Cara Mencocokkan Bumbu dengan Sayuran

  • Bit: Bit memiliki rasa manis dan bersahaja, sayuran ini akan sempurna dengan bumbu dan rempah-rempah aromatik, pedas, dan hangat. Jintan, daun bawang, allspice, adas, dill, cengkeh, jahe, ketumbar, tarragon, thyme, dan sage adalah bumbu yang cocok untuk membumbui bit.
  • Brokoli: Brokoli dapat menggunakan hampir semua jenis bumbu dan rempah. Beberapa yang terbaik di antaranya bawang putih, dill, daun bawang, jahe, kemangi, marjoram, oregano, paprika merah bubuk, rosemary, tarragon, dan thyme.
  • Buncis: Buncis sendiri sudah memiliki rasa khas, sehingga tidak perlu menggunakan bumbu yang kuat. Buncis hanya membutuhkan bumbu atau rempah yang membuatnya segar dan beraroma, serta rasa pedas. Bumbui buncis dengan kemangi, daun bawang, dill, pala, bawang putih, lada, mustard, oregano, serpih paprika merah, rosemary, dan thyme.
  • Kentang: Kentang memiliki rasa manis alami yang bekerja dengan baik dengan bumbu dan rempah apa pun. Pasangkan dengan kemangi, bawang putih, serpihan paprika merah, mustard, paprika, merica, rosemary, thyme, oregano, dan sage.
  • Kubis: Kubis memiliki rasa yang ringan sehingga benar-benar membutuhkan bumbu dan rempah-rempah untuk memperkuat cita rasanya. Beberapa bumbu aromatik seperti daun salam, jintan, kucai, ketumbar, kari, dill, adas, bawang putih, jahe, marjoram, mint, pala, peterseli, dan thyme menjadi pilihan bumbu yang tepat.
  • Kubis Brussel: Kubis Brussel merupakan jenis sayuran berukuran kecil dan sangat lezat. Jika kubis ini dimasak dengan cara yang tidak tepat, maka dapat menghasilkan tekstur lembek serta aroma tak sedap. Oleh sebab itu, kubis brussel harus dibumbui dengan baik seperti dengan bawang putih, jintan, marjoram, oregano, pala, peterseli, rosemary, dan thyme.
  • Kembang Kol: Rasa yang sangat lembut ditawarkan oleh jenis sayuran ini. Kembang kol membutuhkan rasa yang dapat menyeimbangkan rasa alaminya. Bawang putih, dill, thyme, adas, jintan, mint, oregano, tarragon, peterseli, jahe, pala, hingga paprika sangat cocok untuk sayuran ini.
  • Jagung: Jagung memiliki rasa manis dan ringan secara alami. Bumbu yang cocok adalah bumbu yang sedikit pedas untuk menjaga keseimbangan rasa. Padukan jagung dengan dill, basil, rosemary, thyme, bawang putih, cilantro, sage, dan paprika.
  • Jamur: Jamur memiliki rasa yang kaya dan bersahaja. Bumbu atau rempah yang dibutuhkan adalah yang dapat membuat rasanya semakin kaya. Pasangkan jamur dengan bawang putih, thyme, jahe, jintan, ketumbar, lada, paprika merah bubuk, dan peterseli.
  • Labu: Secara alami, labu memiliki rasa manis, sehingga akan sempurna jika dibumbui dengan bumbu atau rempah yang hangat dan pedas. Pasangkan dengan kemangi, jintan, ketumbar, bawang putih, jahe, allspice, pala, kayu manis, paprika, thyme, rosemary, sage, kari, dan peterseli.
  • Mentimun: Rasa yang ringan dan berair cocok dipadukan dengan bumbu yang ringan pula, dan juga membutuhkan bumbu yang pedas dan panas. Cobalah padukan mentimun dengan kemangi, daun bawang, dill, ketumbar, peterseli, tarragon, rosemary, mustard, bawang putih, dan mint.
  • Tomat: Tomat menawarkan rasa yang lembut dan manis. Tomat bisa dibumbui hanya dengan bahan sederhana seperti garam. Namun untuk menghasilkan rasa yang berbeda, gunakan kemangi, ketumbar, daun bawang, dill, bawang putih, mint, paprika, lada, rosemary, oregano, peterseli, thyme, paprika merah bubuk, adas, dan tarragon.
  • Sayuran Hijau: Kategori sayuran hijau cukup besar dan termasuk kangkung, lobak Swiss, sawi hijau, dan sawi. Pasangkan sayuran hijau dengan bumbu seperti bawang putih, daun salam, rosemary, pala, jahe, oregano, ketumbar, dan paprika merah bubuk.
  • Terong: Terong adalah salah satu jenis sayuran yang kaya dan beraroma. Bumbu atau rempah yang kuat cocok digunakan untuk membumbui terong. Campurkan terong dengan kemangi, bawang putih, jahe, oregano, peterseli, daun ketumbar, kari, mint, dan sage.
  • Wortel: Wortel secara alami manis dan cocok dipadukan dengan rasa yang ringan dan kuat. Gunakan kemangi, kayu manis, ketumbar, jintan, kari, dill, adas, bawang putih, jahe, bunga pala, pala, paprika, peterseli, rosemary, sage, dan thyme.
  • Zucchini: Zucchini memiliki rasa yang sangat ringan yang alami, sehingga diperlukan bumbu yang memperkuat rasanya. Masak zucchini dengan daun bawang, dill, kemangi, marjoram, bawang bombay, oregano, serpihan paprika merah, bawang putih, ketumbar, merica, dan thyme.

Bumbu atau rempah yang dipilih menyesuaikan rasa alami dari sayuran itu sendiri. Beberapa metode memasak sayuran yang dilakukan juga turut andil dalam pemilihan bumbu yang tepat. Namun, anda bisa bereksperimen lebih luas dengan bumbu yang tersedia, sehingga anda bisa menciptakan hidangan sayuran terbaik versi anda sendiri.

Setelah mengetahui bumbu yang cocok untuk memasak sayur, apakah anda menjadi tak sabar untuk menciptakan hidangan lezat nan sehat? Jika Anda mencari rempah dan bumbu tanpa perisa tambahan, pewarna maupun MSG, dapat melalui link berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *