40+ Tips dari Chef Gordon Ramsay

Chef Gordon Ramsay mungkin tak asing lagi bagi Anda yang sering menyaksikan acara TV bertemakan acara memasak, . Ia adalah seorang chef yang terkenal di kalangan pemirsa TV karena kritikannya yang pedas terhadap murid koki dan pesaing reality show.

Terlepas dari kritikannya yang terkenal pedas, tetapi chef yang satu ini meraih kesuksesan dan memiliki pencapaian sebagai koki dan pemilik beberapa restoran, seperti Restoran Gordon Ramsay. Dari segudang bakat yang dimiliki terkait dunia kuliner, Anda mungkin ingin mengetahui sedikit saja tips memasak darinya. Berikut adalah tips memasak langsung dari Chef Gordon Ramsay.

Jaga Pisau tetap Tajam

Pisau yang tajam sangat penting ketika akan memotong di dapur. Selain itu, memotong dengan pisau tajam 10 kali lebih cepat dan efisien. Sebaliknya, pisau dapur yang tumpul akan sangat membahayakan dan dapat menyebabkan masalah lainnya. oleh sebab itu, Gordon Ramsay membagikan tips untuk selalu asah pisau Anda sebelum dan setiap kali Anda menggunakannya.

Apapun Bumbunya, Tidak Pakai Pengawet

Manfaatkan Pengupas Sayuran Sederhana Anda

Pengupas sayuran sangat serbaguna. Ini brilian untuk mengiris pita ultrathin atau sayuran yang sempurna untuk hidangan Asia, sangat cocok untuk membuat serutan parmesan panjang yang lembut untuk sup dan salad, pengupas sayuran juga dapat membuat ikal cokelat yang indah.

Peppermill Lebih Fleksibel

Kencangkan sekrup atas untuk mendapatkan lada halus yang ideal untuk sup dan saus. Untuk bumbu umum, Anda menginginkannya digiling sedang, jadi pasang sekrup di tengah, dan kendurkan segera untuk lada kasar. Ini akan sempurna untuk steak dan ikan.

Mengupas Bawang Putih

Untuk satu siung, cukup ditumbuk dengan bagian belakang pisau dan kulitnya mudah terkelupas. Untuk bagian kepala utuh, hancurkan, pisahkan ke dalam mangkuk. Tutup dan kocok keras selama sekitar 10 detik. Kemudian gunakan bawang putih yang telah dikupas untuk berbagai masakan.

Cara Mengupas Bawang Bombay

Akar bawang bombay cukup dibiarkan saja di tempatnya. Jika Anda memotongnya, bawang akan mulai mengeluarkan cairannya sehingga akan membuat mata Anda perih. Iris ke depan, biarkan beban pisau bekerja. Gunakan tiga jari, satu di depan, dua di belakang, dan bagian jari ini yang akan mengarahkan pisau. Jari-jari diletakkan di atas bawang bombay, arahkan pisau ke arah akar, dan usahakan sedekat mungkin ke akar.

Kemudian, dorong kembali bawang bombay, dorong pisau setengah ke dalam agar posisi bawang sedikit miring mengarah ke pisau. Satu di atas, lalu mencengkeram bawang seperti bola tenis, menahannya di tempatnya. Berat pisau cukup untuk memotong bawang itu sampai ke pangkal akar. Putar pisau, lalu mulai potong, dan hanya akarnya yang tersisa. Anda akan mendapatkan bawang cincang halus yang sangat bagus.

Pemanasan Awal

Pemanasan awal sangat bagus untuk dilakukan, terutama jika resep membutuhkan wajan dengan suhu panas. Chef Gordon Ramsay juga mengatakan demikian. Nyalakan kompor atau apapun yang akan digunakan lebih awal, sehingga panasnya berasap, dan selalu ingat untuk memanaskan oven Anda setidaknya 20 menit sebelum memasak.

Juru Masak yang Bersih adalah Juru Masak yang Efisien

Untuk menjadi juru masak yang efisien, kebersihan pada area dapur harus dijaga. Gordon Ramsay memberikan tip agar menciptakan area memasak yang rapi, harus selalu membuang sampah apapun yang berada di sebelah Anda. Kumpulkan sampah hingga menjadi satu, maka ini akan menghemat Anda untuk bolak-balik ke tempat sampah.

Jangan Pernah Menambahkan Garam ke Telur sebelum Memasaknya

Tidak sedikit orang yang menambahkan sejumput garam pada telur yang akan dimasak, akan tetapi, hal tersebut merupakan cara yang keliru. Menambahkan garam pada telur sebelum dimasak akan merusak tekstur dan menumpulkan warna alih-alih menyimpan bumbu Anda sampai akhir.

Pastikan Daging berada pada Suhu Ruang

Jangan memasak langsung daging saat baru saja dikeluarkan dari lemari es. Chef Gordon Ramsay membagikan sebuah tips; sebelum Anda mulai memasak langsung dari lemari es, serat remis akan kencang sehingga menghasilkan daging yang keras, jadi selalu diamkan untuk beberapa saat. Daging yang sudah dibiarkan hingga mencapai suhu ruang akan menjadi lembut dan juicy.

Cara Menghilangkan Biji Cabai

Untuk mengeluarkan bijinya, pegang dengan tegak dan gosok cabai di antara tangan Anda. Benihnya sangat panas, cara ini hanya melepaskannya dari dalam. Ketukkan cabai perlahan pada meja Anda dan sekali lagi, berikan gosokan kecil terakhir. Potong bagian atasnya, lalu buka saja, dan mereka keluar seperti miniatur smarties kecil. Potong sedikit bagian bawah.

Tip Bagus untuk Menggunakan Cabai Cadangan

Ikat batang cabai menggunakan tali, lalu gantung di dapur Anda hanya dalam beberapa minggu, Anda akan mendapatkan cabai kering Anda sendiri. Setelah mendapati cabai cadangan, Anda bisa langsung menambahkan ke hidangan Anda untuk menambah pedas sesuai keinginan.

Cabai Serbaguna

Cabai merupakan salah satu bumbu yang serbaguna. Jika Anda menyukainya dalam hidangan gurih, tipnya adalah mencoba menambahkannya ke ganache cokelat leleh untuk truffle cabai cokelat atau ditaburkan di atas buah segar seperti mangga atau semangka.

Mencegah Kulit Sensitif Terbakar saat Bekerja dengan Cabai

Panas dan pedasnya cabai dapat membuat kulit terbakar, terutama bagi orang dengan kulit sensitif. Chef Gordon Ramsay membagikan tipsnya untuk menghilangkan rasa panas dan pedas pada tangan, yaitu gunakan lemon. Peras sedikit air lemon yang menjadi jus lemon segar dan Anda dapat langsung menggunakannya untuk menghilangkan panas.

Bumbui Minuman Anda

Mungkin selama ini Anda berpikir bahwa hanya makanan saja yang dapat dibumbui, namun ternyata minuman juga dapat dibumbui untuk sentuhan yang berbeda. Untuk sentuhan Meksiko, tambahkan sejumput saus cabai pedas ke bir, atau gunakan koktail untuk memberi minuman Anda jenis kue yang sangat berbeda.

Cara Memarut Lemon

Chef Gordon Ramsay memberikan tips untuk memarut lemon. Cara memarut lemon yang salah dapat menyebabkan piff pahit putih di dalamnya terlihat, dan dapat menghancurkan rasa khas dari lemon. Chef Gordon Ramsay membagikan tips untuk menggunakan parutan asli, ini sangat penting jika kita pakai untuk mendapatkan parutan halus. Hal terpenting tentang memarut lemon adalah goresan panjang yang bagus, maka dari itu lakukan dengan cara memutar lemon. Lakukan hal yang sama untuk memarut jeruk atau jeruk nipis.

Bawang Putih adalah Bahan Utama dalam Hidangan Pedas

Kita semua tahu bahwa bawang putih memainkan peran penting dalam banyak hidangan. Mengetahui hal tersebut, Chef Gordon Ramsay menyarankan untuk mencincang halus bawang putih dan tambahkan sejumput garam untuk abrasi yang membantu memecah serat bawang putih untuk hasil yang jauh lebih baik.

Buang Kulit Jahe dengan Sendok Teh

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari akar jahe, cukup buang kulitnya menggunakan sendok teh. Sendok teh lebih mudah daripada menggunakan pisau dan Anda bisa mengatasi bagian yang rumit atau hanya membiarkan kulitnya tetap bersih dan mencucinya dengan baik.

Jangan Pernah Membuang Pod Vanilla

Pada tips ini, Chef Gordon Ramsay menyarankan untuk menyimpan pod vanilla. Hal ini dikarenakan pod vanilla cocok untuk ditaburkan pada kue, biskuit, atau bubur. Untuk menyimpannya, cukup tempelkan di dalam stoples gula, dan biarkan meresap sempurna.

Letakkan Sisa Rempah-rempah di Jar Kedap Udara

Rempah-rempah dapat menyisakan bagian yang tersisa ketika digiling. Jika masih ada sisa, Anda dapat menyimpannya dalam toples kedap udara dan dapat bertahan hingga dua bulan. Rempah sisa ini bisa digunakan kembali pada hidangan yang Anda buat selanjutnya.

Cara Memasak Beras Basmati

Beras basmati adalah raja dari semua beras yang lembut dan lezat. Chef Gordon Ramsay memberikan tips untuk memulai dengan 400gram beras. Beras di tempatkan lalu bilas debu dan kanji. Selalu gunakan air dingin, dan cukup bilas beras agar beras tidak menggumpal di dalam wajan dan membuatnya menjadi sangat ringan dan halus. Setelah beras telah matang, Anda dapat langsung menghidangkannya.

Cara Membuat Beras Pulen Biasa

Masukkan tiga buah kapulaga dan ambil potnya dan tusuk saja agar semua rasa bisa keluar. Gunakan pot kapulaga dan adas bintang. Adas bintang membuatnya sangat enak dan harum. Sementara garam dan merica jauh lebih efektif untuk membumbui nasi daripada setelah matang, Anda dapat mulai menggunakannya setelah matang. Ini pada dasarnya, takarannya adalah satu bagian beras berbanding satu setengah bagian air. Selalu mulai dengan air dingin. Setelah menambahkan air, tutup penanak nasi, dan biarkan mendidih selama delapan sampai sepuluh menit.

Koki yang Baik Tidak Membuang-buang Apa pun

Chef Gordon Ramsay mengatakan bahwa menjadi koki yang baik memanfaatkan apapun yang tersisa. Selalu manfaatkan sisa makanan Anda dengan menggunakan nasi tadi malam dalam tumisan, orak-arik dengan telur atau hidangan sederhana untuk membuat salad segar yang lezat.

Lemon dan Air untuk Menghentikan Pencoklatan

Chef Gordon Ramsay membagikan tip yang bagus untuk menghentikan kentang, apel, dan alpukat dari perubahan warna, atau menjadi coklat. Cukup tutupi dengan air dan tambahkan perasan lemon, keasamannya membantu menghentikan daging dari oksidasi yang menyebabkan warnanya berubah.

Menjaga Herbal Segar

Herbal sangat bagus untuk menambah rasa tanpa menghabiskan banyak uang untuk mempertahankannya dalam kondisi terbaiknya, cukup masukkan ke dalam segelas air dan mereka akan tetap segar hingga seminggu. Dan jika Anda memiliki herbal ekstra yang tersisa, simpan dan buang dengan membuat minyak dengan rasa yang luar biasa. Tip dari Chef Gordon Ramsay adalah tempatkan batang yang sudah dicuci dan dikeringkan dalam botol, tutupi dengan minyak zaitun hangat, lalu tutup dan biarkan meresap. Ini akan bagus untuk hidangan pada salad, pasta, atau taburan pada sayuran.

Memasak Pasta

Pasta dapat menjadi pilihan yang bagus untuk disimpan di lemari. Ini dapat dengan mudah matang atau terlalu matang. Tip dari Chef Gordon Ramsay adalah gunakan panci yang besar untuk merebus air, hal ini memastikan pasta memiliki ruang yang cukup untuk dimasak secara merata. Pasta juga harus dibumbui dengan baik. Gunakan minyak zaitun untuk mencegah pasta saling menempel.

Pasta membutuhkan waktu tiga setengah hingga empat menit, jadi masukkan ke dalam panci saat air telah mendidih, lalu putar perlahan dan pastikan semua bagian pasta terendam dengan baik di dalam panci. Jika Anda buruk dalam mengatur waktu, setel pengatur waktu. Untuk mengujinya, angkat sedikit untaian, dan Anda benar-benar bisa merasakannya dengan jari Anda. Kemudian, ke dalam saringan, tiriskan pasta dengan bumbu ringan, garam, dan merica, dan satu sendok makan minyak zaitun. Campurkan ketiganya agar pasta tidak saling menempel.

Menggunakan Roti Cadangan

Chef Gordon Ramsay membagikan sebuah tip untuk memaksimalkan penggunaan roti cadangan. Blitz sisa makanan menjadi remah roti, bagus untuk isian atau kue kepiting, atau potong-potong dan bekukan untuk crouton sesuai permintaan. Anda juga bisa menggunakannya pada salad pedesaan yang lezat.

Buncis dan Lentil

Seperti yang kita ketahui, buncis atau lentil banyak digunakan untuk sup dan semur dan harganya mahal. Pada tip ini, Chef Gordon Ramsay mengatakan untuk tidak membumbui buncis dan lentil sampai akhir memasak atau bumbu serta garam yang digunakan akan membuatnya menjadi keras.

Kentang Sempurna

Kentang mangkuk yang sempurna selalu dimulai dengan air dingin bukan dengan air mendidih. Dengan cara ini, saat bagian tengah kentang dimasak, bagian luarnya tidak akan hancur. Saat Anda memasak kentang, selalu masak dengan jumlah ekstra, sehingga masih meninggalkan sisa.

Cara Menguliti dan Memotong Tulang Ikan

Ini pada dasarnya adalah sisi salmon yang diiris, yang telah diambil dari tulangnya. Ambil pisau Anda – pisau fleksibel atau pisau fillet yang sangat bagus. Pertajam sedikit, angkat pangkal lalu sobek sedikit di ujung sana. Putar pisau seolah-olah berada secara horizontal di bawah salmon.

Tarik kulit dan iris salmon di bawahnya, dan biarkan pisau bekerja. Dapatkan kulit Anda, balikkan, dan periksa apakah Anda tidak meninggalkan terlalu banyak salmon di atas kulit. Tarik ke belakang dan perlahan ambil kulitnya, bungkus dengan jari Anda, tarik salmon ke arah Anda. Ambil pisaunya, dan jalankan saja pisaunya. Kemudian, dengan sepasang pinset, gunakan pinset ikan atau pinset biasa. Cari bagian kepala salmon dan tarik dengan kulitnya.

Jangan Buang Tulang Ikan

Masih banyak rasa pada hiasan dari ikan yang berafiliasi. Tulang ikan dapat dimanfaatkan kembali. Pada tip yang dibagikan Chef Gordon Ramsay, Anda bisa menambahkan air, anggur, daun salam, dan beberapa sayuran cincang untuk membuat ikan sederhana namun serbaguna di rumah. Ini juga bagus ntuk membuat bahan dasar yang sempurna untuk membuat sup ikan yang lezat.

Sayuran Bebas Stres Beraroma

Tip yang bagus untuk sayuran bebas stres dengan rasa intens adalah mengukusnya dengan jusnya sendiri. Chef Gordon Ramsay memberikan sebuah tips dengan menambahkan mentega dan bumbu ke dalam wajan dengan kenop, lalu masak dengan api kecil dengan penutup untuk mengunci kelembapan.

Kentang Panggang Renyah

Untuk kentang panggang yang renyah, tip yang dibagikan oleh Chef Gordon Ramsay adalah parboil, biarkan mengering, lalu taburi dengan semolina atau tepung untuk membuatnya kasar. Ini juga memastikan mereka agar benar-benar renyah ketika dipanggang di dalam oven.

Daging dan Ikan Browning

Tip yang bagus untuk membuat daging atau ikan kecokelatan adalah dengan mengeringkannya dengan gulungan dapur sebelum Anda memasak, dan kemudian Anda akan mendapatkan warna yang jauh lebih baik. Kelembaban yang terlalu banyak membuat daging mengukus alih-alih gosong, dan Anda akan kehilangan kerak cokelat yang kaya itu. Untuk tuna capacho, bekukan terlebih dahulu, dan potongannya akan indah.

Anggur Sisa untuk Memasak

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa chef yang baik tidak membuang apapun. Termasuk menyimpan sisa anggur untuk memasak. Tipnya adalah membekukan sisa anggur di dalam kantong freezer atau baki es batu. Ini juga bagus untuk kaldu dan saus.

Sup atau Rebusan dalam Wadah

Saat Anda membekukan sup atau semur dalam wadah, Chef Gordon Ramsay membagikan tip yang bagus, yaitu jangan mengisi wadah terlalu penuh, ini tentu akan sangat merepotkan jika harus membersihkan bagian yang tumpah. Selalu sisakan ruang untuk mengembang di dalam wadah.

Es Krim Keju Buatan Sendiri

Untuk membuat es krim keju lezat yang dibuat sendiri, Chef Gordon Ramsay memberikan tips untuk membeli es krim vanila dengan kualitas tinggi, dan membuatnya dengan mencampurkan beberapa toping manis, seperti beri, cokelat, atau rum, dan kismis lezat.

Sisa Lemon dan Limau

Lemon dan limau menjadi dua bahan yang penting untuk makanan dan minuman. Tip fantastis untuk sisa lemon dan limau adalah memotongnya menjadi irisan. Bekukan dan gunakan keduanya seperti es batu. Mereka tidak akan menyamarkan rasa minuman Anda, tetapi dapat menambah rasa pada minuman.

Cara Mengukir Ayam dengan Sempurna

Buka kaki dan tusuk kulitnya dengan hati-hati, jangan sampai memotong bagian dada. Tarik bagian sayap di atas dada, dan drum ke belakang atau ke arah luar, dan potong lurus dengan pisau. Rasakan bagiannya dengan berat pisau, dan irislah. Iris saja ke tulang dan kikis tendonnya, turunkan dan kencangkan di atasnya. Tarik keluar sayapnya, rasakan di mana ujung sambungannya dan potong saja. Letakkan ayam di atas papan, dan potong dada di bagian belakang mahkota.

Cara Menghentikan Pembakaran Tusuk Sate

Tusuk sate seringkali menjadi ikut gosong ketika digunakan untuk membakar hidangan. Kiatnya adalah saat Anda membuat kebab, rendam tusuk sate dalam air terlebih dahulu, atau untuk tusuk sate dengan rasa tambahan, cabut cabang rosemary dari daunnya dan gunakan sebagai gantinya.

Marinasi Ikan dan Daging

Ikan dan daging harus dimarinasi sebelum dimasak untuk menciptakan rasa yang lezat. Chef Gordon Ramsay membagikan tip penting. Agar tidak repot marinasi ikan dan daging, tipnya adalah dengan memasukkannya ke dalam kantong penyimpanan plastik saat dimarinasi.

Lemon atau Jeruk Nipis untuk Marinasi

Lemon atau jeruk nipis sangat berguna untuk bahan marinasi. Chef Gordon Ramsay mengatakan, untuk mendapatkan jumlah jus dari lemon atau jeruk nipis adalah menggulungnya dengan keras di bawah telapak tangan Anda selama satu menit sebelum membuat jus yang akan digunakan untuk marinasi.

Lemon untuk Beras

Chef Gordon Ramsay mengatakan bahwa lemon juga bagus untuk beras. Dalam tip yang dibagikan, ia mengatakan untuk menambahkan beberapa tetes jus lemon saat Anda memasaknya memberikan bulir beras dengan tampilan yang lebih bagus, yakni terlihat bagus, putih, dan cerah.

Memasak Rare Steak

Jika Anda menyukai rare pada tingkat kematangan steak, maka tip ini akan sangat berguna. Chef Gordon Ramsay mengatakan, untuk memasaknya, Anda bisa menyentuh steak dengan tangan dan merasakannya memiliki tingkat kematangan rare. Saat mulai memasak, mereka menjadi lebih kencang, sedang, ada yang semi-keras dengan sedikit perlawanan matang dengan baik.

Memasak Daging atau Ikan Lebih Cepat

Masak Enak Jadi Mudah

Daging dan ikan harus dimasak dengan tepat. Di sini, Chef Gordon Ramsay memberikan sebuah tip untuk memasak daging atau ikan dengan lebih cepat. Tip yang bagus adalah mencetaknya, yang memungkinkan panas menembus lebih cepat. Ini juga memungkinkan bumbu meresap lebih dalam.

Menjaga Tupperware Bebas Noda

Anda pasti tak ingin Tupperware Anda memiliki noda membandel, bukan? Untuk menjaganya, Anda bisa mengikuti tip dari Chef Gordon Ramsay. Lapisi Tupperware tipis-tipis dengan minyak yang berfungsi sebagai pembatas antara plastik dan makanan. Dengan demikian, Tupperware Anda akan bebas noda.

Penanaman Bibit Cabai

Gunakan dalam tumisan cepat atau saus, ambil 450 mil biji cabai kering dan gunakan corong tuang ke dalam botol yang sudah disterilkan. Tambahkan lima cabai Thailand utuh, tutup dengan gabus atau penutup, dan biarkan meresap selama beberapa minggu.

Beberapa tips yang diberikan oleh Chef Gordon Ramsay tentu sangat berguna, baik untuk ibu rumah tangga, ataupun untuk yang sedang merintis dalam dunia kuliner. Selain itu, tips di atas menyadarkan kita bahwa bahan-bahan yang tersedia memiliki manfaat yang tak terbatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *