15 Kegunaan Garam Masala, Bisa Masak Banyak

Setiap kuliner yang tersedia selalu dilengkapi dengan bumbu khasnya, begitu pula dengan kuliner favorit India dan masakan di seluruh Asia Selatan. Masakan yang dibuat menggunakan bumbu khasnya, yaitu garam masala. Ini adalah perpaduan dari beragam rempah, yang biasanya terdiri dari 4 hingga 14 bumbu yang berbeda, dan banyak cara berbeda untuk membuatnya.

Rempah aromatik ini menciptakan profil rasa yang khas pada masakan yang dibuat dengan garam masala, maka tak heran jika bumbu yang berasal dari India Utara ini memiliki banyak kegunaan kuliner, bahkan di luar negara asalnya. Apa saja kegunaan garam masala untuk masakan? Simak selengkapnya di bawah ini.

Apa itu Garam Masala?

Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai kegunaan garam masala untuk masakan, penting untuk mengetahui campuran rempah-rempah ini. Nama masala diterjemahkan campuran rempah-rempah dan garam diterjemahkan menjadi pedas. Namun, kata pedas tersebut bukan menggambarkan rasa yang sesungguhnya, melainkan untuk menggambarkan profil rasa yang hangat ketika dicicipi.

Apapun Bumbunya, Tidak Pakai MSG

Garam masala berasal dari India Utara dan menyebar ke selatan, mengalami penyesuaian dan adaptasi resep. Saat ini, garam masala digunakan di seluruh Asia Selatan dan banyak negara memiliki varian resepnya sendiri. Ada banyak versi garam masala di setiap negara dan wilayah. Resep dasar yang berasal dari India Utara dapat memiliki sedikitnya empat hingga enam bahan, sedangkan versi yang dibeli di toko dapat memasukkan sebanyak 14 bumbu ke dalam campuran.

Campuran rempah aromatik ini biasanya mengandung cengkih, kapulaga, kayu manis dan lada hitam, terkadang juga terdiri dari fenugreek, fuli, daun salam, jahe, jintan, ketumbar, kapulaga hitam dan hijau, dan pala. Sementara variasi lainnya mungkin memiliki tambahan campuran pedas, seperti bubuk cabai.

Hidangan sayur atau daging India sering kali menyertakan garam masala sebagai bumbu. Dalam masakan India Utara, garam masala biasanya dalam bentuk bubuk, sedangkan di bagian selatan negara itu, garam masala sering dibentuk menjadi pasta dengan santan, cuka, atau air. Garam masala terkadang digunakan sendiri, tetapi bisa juga dicampur dengan bumbu lain.

Seperti namanya, garam masala menambahkan kehangatan, sentuhan panas dari lada hitam, serta rasa manis dan aroma bunga. Bumbu garam masala diciptakan untuk menghasilkan bumbu yang harum sekaligus beraroma. Semakin banyak bumbu yang digunakan dalam campuran, semakin kompleks rasanya.

Kegunaan Garam Masala untuk Masakan

Garam masala banyak digunakan pada hidangan daging dan ikan. Sementara hidangan lainnya seperti hidangan sup vegetarian dan vegan yang berbahan dasar kacang-kacangan dan sayuran, juga seringkali menambahkan rempah aromatik ini.

Ayam Tandoori Panggang

Ayam Tandoori adalah hidangan populer di restoran India. Nama tandoori di sini mengacu pada wadah yang digunakan untuk memasak, yaitu tandoor. Tandoor adalah pot tanah liat berbentuk silinder yang dipanaskan dengan api terbuka. Ayam yang dipanggang dengan tandoor akan menghasilkan rasa yang kuat dan dikemas dengan rasa berasap dan kaya akan bumbu yang berasal dari garam masala.

Ayam tandoori panggang membutuhkan garam masala – yang menjadikan ayam berbumbu yang lezat, serta dikombinasikan dengan bubuk cabai kashmiri, bawang merah cincang, pasta bawang putih, cabai rawit, jus lemon, jahe, paprika, dan yogurt penuh lemak. Ayam Tandoori Panggang berair di bagian dalam sambil mempertahankan arang yang bagus di bagian luar, dan memiliki semua warna menarik yang menggugah selera.

Chana Masala

Chana masala, chole masala, atau chholay, tergantung dari mana Anda berasal, adalah salah satu hidangan paling populer di dunia, baik di dalam maupun di luar India dan Pakistan. Ini adalah buncis yang dimasak dengan tomat pedas dan tajam. Chana masala dimulai dengan bahan dasar aromatik seperti bawang bombay, bawang putih, cabai, dan jahe, serta garam masala. Dengan garam masala, seluruh bumbu aromatik tersebut akan terasa semakin kuat dan memperkaya cita rasa masakan itu sendiri.

Moong Dal

Moong dal adalah salah satu lentil yang banyak digemari dalam masakan tradisional India. Moong dal adalah versi kacang hujau utuh, baik dengan atau tanpa kulit. Versi berkulit dengan dengan yellow moong dal, yellow dal, atau yellow petite lentils. Versi split dengan kulit dikenal sebagai chilka moong dal, yang memiliki kulit utuh dan hanya kacang hijau yang dibelah. Moong dal dapat menjadi pilihan menu vegetarian India yang sempurna, sebab hidangan ini bebas gluten, dan kaya akan protein. Garam masala berperan aktif dalam membuat hidangan ini menjadi hangat, beraroma, dan sangat lezat.

Mushroom Masala

Mushroom Masala adalah resep kari India ala restoran yang mudah dan lezat dibuat dengan bawang, tomat, jamur, kacang polong (matar), dan rempah-rempah yang dimasak dalam panci presto Instan dengan nasi pot-in-pot. Kari jamur ini vegan, bebas gluten, rendah karbohidrat, dan bisa dibuat ramah keto.

Ayam Mentega Masala

Hidangan yang satu ini mewakili makanan di banyak restoran India yang enak. Ayam mentega masala adalah hidangan ayam panggang khas India yang direbus dalam tomat bawang yang halus, serta saus kacang mete. Ayam panggang ini bertekstur empuk dan juicy, serta menawarkan rasa yang lembut. Ayam mentega masala dapat disajikan dengan nasi jeera, nasi basmati, butter naan, dan paratha.

Punjabi Shahi Paneer

Hidangan selanjutnya yang menggunakan garam masala adalah Punjabi shahi panner. Shahi Paneer adalah kelezatan India Utara yang populer dan lezat yang berasal dari masakan Mughlai. Nama hidangan ini memiliki makna tersendiri; shahi adalah kerajaan, dan paneer berarti keju India, atau disebut juga dengan keju cottage.

Shahi Paneer adalah hidangan kuah bertekstur krim yang cocok dipadukan dengan chapati, parantha, butter naan, atau nasi. Kubus Paneer direbus dalam saus shahi yang kaya, halus seperti sutra, dan rasanya agak manis. Hidangan ini cocok untuk Raja, dan seperti namanya, Punjabi shahi paneer akan membuat pengunjung ketagihan.

Ketika disantap, Punjabi shahi paneer akan meninggalkan rasa yang agak manis namun sederhana, dan bersatu padu dengan rasa lembut yang berasal dari rempah-rempah utuh, termasuk garam masala. Royal Paneer rasanya enak, itulah sebabnya ini adalah hidangan paling populer di prasmanan vegetarian.

Ayam Tikka Masala

Ayam tikka masala terbuat dari potongan ayam yang menggunakan kombinasi rempah-rempah aromatik antara lain garam masala, jinten, kunyit, dan ketumbar tanah. Rempah-rempah tersebut dicampurkan ke dalam saus tomat kental, yang menjadikan hidangan ini begitu sempurna dan kaya rasa karena ayam akan menyerap seluruh saus dengan maksimal. Ayam ini bisa dibuat dengan menambahkan jenis cabai seperti cabai kashmiri, bubuk cabai merah, atau bubuk cayenne, namun bisa juga dibuat menjadi suatu hidangan tanpa rasa pedas, namun tetap menghadirkan rasa yang lezat.

Paneer Butter Masala

Paneer butter masala, atau dikenal juga dengan butter paneer merupakan hidangan kari dengan rasa yang kaya dan lembut. Ini dibuat dengan paneer, bawang, garam masala, mentega, kacang mete, rempah-rempah, dan tomat. Sesuai dengan namanya, paneer butter masala menggunakan mentega untuk menciptakan rasa yang khas.

Kari ini menjadi hidangan yang paling populer di restoran India yang mirip dengan kadai paneer, palak paneer, matar paneer, dan malai kofta. Hidangan yang lezat, lembut, dan beraroma ini sangat cocok dihidangkan dengan butter naan, chapati, roti, nasi basmati, atau nasi jeera.

Instant Pot Chicken Biryani

Biryani adalah salah satu hidangan India paling populer yang terbuat dari nasi, daging atau sayuran, serta rempah-rempah. Secara tradisional, biryani memiliki lapisan daging dan nasi yang dimasak perlahan di dalam panci dengan bagian bawah yang berat di atas kompor atau di dalam oven. Ini disebut Dum Biryani.

Instant pot chicken biryani ini menghadirkan nasi harum yang dimasak dengan ayam juicy, yang menggunakan banyak bumbu aromatik dan bawang karamel. Hidangan ayam dan nasi India ini populer di seluruh dunia. Versi satu panci yang dibuat dengan panci presto ini mudah dibuat bahkan pada malam hari yang sibuk dalam waktu kurang dari satu jam.

Samosa

Samosa adalah kue kering berbentuk segitiga yang digoreng atau dipanggang dengan nikmat yang populer di banyak bagian dunia. Samosa dirancang khusus untuk menggunakan garam masala. Mereka biasanya berisi campuran daging giling, keju, kentang tumbuk, kacang polong, bawang, dan rempah-rempah, dan dapat disajikan dengan chutney atau yogurt.

Samosa diperkirakan berasal dari Asia Tengah, Anak Benua India, atau Timur Tengah. Seiring waktu, hidangan tersebut menyebar ke bagian lain di Asia dan Afrika saat orang bermigrasi, di mana hidangan tersebut menjadi makanan jalanan yang populer. Saat ini, samosa dinikmati oleh orang-orang dari semua budaya dan dapat ditemukan di supermarket, kafe, dan restoran di seluruh dunia.

Saag Paneer

Saag paneer mengacu pada hidangan sayuran India di mana bayam atau sayuran hijau lainnya direbus dengan jahe, bawang putih, cabai segar, dan rempah-rempah hingga lembut meleleh. Hidangan ini termasuk paneer, atau keju lembut India yang cukup keras untuk dimasak tanpa meleleh.

Rasa pedas cabai serrano pada saag paneer menyeimbangkan krim yang kaya rasa. Sementara sayuran segar dicincang halus sebelum dimasak untuk membuatnya terurai lebih cepat dan menjadi kuah yang lembut. Hidangan ini akan lengkap jika disajikan dengan sedikit krim kental atau yogurt tawar untuk membuat rasanya semakin kaya.

Coconut Lamb Curry

Coconut lamb curry atau kari domba kelapa adalah hidangan one-pot yang menghadirkan rasa luar biasa. Sajian ini terbuat dari daging domba, kentang, dan wortel, lalu dibumbui dengan santan, dan menggunakan banyak rempah yang beragam termasuk garam masala. Kari dengan kuah santan ini harus dimasak dengan api kecil dalam jangka waktu yang lama agar menghasilkan kari dengan rasa yang kaya dan sangat lezat. Sajikan coconut lamb kari dengan nasi basmati, roti naan, atau nasi pilaf untuk melengkapinya.

Lamb Vindaloo

Lamb vindaloo adalah kari India yang berisi potongan daging domba dan berbagai sayuran. Sama seperti vindaloo ayam, dagingnya dimasak dengan saus vindaloo yang pedas dan cuka. Biasanya berisi cabai, pasta kari, dan berbagai bumbu, termasuk garam masala, jahe, dan bawang putih.

Aloo Keema

Bumbu Terbaik Untuk Masakan Ternikmat

Aloo Keema mengacu pada hidangan khas Pakistan & India Utara yang terdiri dari kari, daging cincang atau daging giling dan kentang. Nama aloo keema diambil dari bahan yang digunakannya. Keema berarti daging giling, sementara aloo berarti kentang. Kari Keema, atau qeema, bisa dibuat dengan daging apa saja, tapi versi Pakistan biasanya menggunakan daging sapi. Tambahkan beberapa sayuran renyah seperti bawang merah atau mentimun untuk menambahkan kelezatan rasa. Untuk melengkapinya, sajikan dengan nasi basmati, naan, roti atau paratha, dan roti sandwich yang lezat.

Kaleji Masala

Kaleji Masala atau Mutton Liver Masala adalah olahan semi-kering umum yang dibuat dengan bahan-bahan seperti rempah-rempah utuh, bawang merah, bawang putih, cabai hijau, dadih, bubuk bumbu, garam masala, tomat, dan ketumbar segar. Perpaduan luar biasa dari rempah-rempah yang digunakan menghasilkan rasa pedas yang nikmat.

Meskipun banyak yang mungkin tidak terbiasa dengan rasa kaleji, masala asli yang digunakan dalam persiapan akan memastikannya menjadi sesuatu yang akan disiapkan untuk kumpul keluarga. Kaleji Masala dapat sebagai hidangan pembuka, dengan Rotis atau Kerala Parotta dan bahkan nasi putih.

Kegunaan garam masala dalam dunia kuliner benar-benar seluas jumlah bahan. Garam masala bisa digunakan untuk membumbui masakan di awal, di akhir, atau bersama bahan bumbu lainnya. garam masala paling sering digunakan untuk menambah aroma dan rasa di akhir proses memasak. Cari tahu produk masala lainnya yang tersedia di Cairo Food dengan klik link berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *