Membandingkan Merek Beras Basmati, Mana Yang Terbaik?

Beras basmati termasuk jenis beras long grain yang paling terkenal diantara jenis beras bulir panjang lainnya. Beras basmati dikenal secara tradisional sebagai beras yang tumbuh di India dan Pakistan, meskipun kini di beberapa negara lain juga mulai membudidayakannya, seperti di AS dan Nepal. Kelebihan beras basmati terletak pada aroma, rasa, dan kandungan gizi-nya yang cenderung lebih tinggi dibandingkan beras putih biasa. Sebagian juga menggunakan beras basmati sebagai makanan pokok untuk diabetes dan orang yang sedang diet karena indeks glikemik (GI) nya rendah, serta dibudidayakan secara lebih organik.

Daawat

Daawat adalah brand produsen beras Basmati dari India. Daawat salah satu produk unggulan dari LT Foods, sebuah perusahaan makanan global yang sudah berdiri sejak tahun 1950. Sementara merek daawat muncul tahun 1978, dan dengan cepat menjadi merek beras premium dan paling laris di India. Kini Daawat menghadirkan beragam variasi beras basmati yang disesuaikan dengan ragam kebutuhan konsumen.

Biryani

Rahasia shish taouk autentik

Ciri khas beras Daawat Biryani adalah panjang bulir berasnya. Daawat Biryani adalah beras basmati terpanjang di dunia yang memberikan presentasi terbaik untuk membuat nasi Biryani. Setiap butir beras Daawat Biryani memanjang hingga 18-24 mm saat dimasak. Ini sangat cocok untuk memasak jenis biryani Hyderabadi, Kolkata Biryani dan masih banyak lagi.

Tradisional

Beras basmati Daawat Tradisional merupakan salah satu varian Daawat yang paling banyak disukai. Setiap butirnya memberikan perpaduan rasa dan aroma nutty dan eksotis. Ini dikenal sebagai beras basmati yang cocok untuk pangan sehari-hari dan membangkitkan kembali rasa otentik masakan kerajaan di India. Daawat Tradisional cocok untuk membuat plain rice dan Jeera rice.

Super

Daawat Super adalah variasi beras Daawat yang menyajikan beras basmati dengan bentuk bulir yang panjang, ramping, tekstur sempurna, dan halus. Ini adalah jenis beras super dan serbaguna yang akan membuat nasi anda cocok untuk standar masakan sultan. Nah, biasanya variasi  Daawat Super digunakan untuk memasak plain rice dan fried rice.

Pulav

Beras basmati ini dicirikan dengan bentuknya yang ramping dan setiap butirannya yang berkilau. Ini paling cocok untuk membuat sayuran pulav, pilaf, dan kebuli pulav. Selain itu, Daawat Pulav cocok untuk hidangan khas dari Arab, Timur Tengah, dan Asia Selatan karena rasa dan bentuknya yang lebih mencolok dibandingkan jenis lain.

Rozana

Ini adalah jenis beras basmati terbaik dari Daawat untuk kelas menengah. Rozana memiliki panjang ¾ dari bulir beras basmati versi premium. Ini dikhususkan untuk masakan sehari-hari yang menjanjikan rasa dan aroma yang kaya karena beras dibiarkan menua secara alami. Rozana terdiri dari variasi Gold, Super, dan Gini yang disesuaikan dengan harga jualnya yang semakin murah.

Brown Rice

Beras basmati Daawat Brown Rice menggunakan Hydration Enhancement Tehnology (HET) sehingga menghasilkan beras basmati yang kaya akan nutrisi. Ini juga menjadikan beras lebih cepat dimasak, yaitu cukup memakan waktu 15 menit saja.

Golden Sella

Proses pratanak memungkinkan Daawat Golden Sella untuk mempertahankan lebih banyak vitamin dan mineral dari biji-bijian asli. Prosedur ini mengubah tekstur dan menjamin butiran yang lebih terpisah dan utuh saat dimasak. Satu porsi nasi pratanak dari Golden Sella Daawat ini bebas kolesterol, gluten, rendah natrium dan lemak jenuh.

Chef’s Secretz

Seri Daawat ini dicintai oleh koki di seluruh dunia. Beragam Daawat Chef’s Secretz sangat cocok untuk industri layanan makanan, sehingga menjadi pilihan pertama bagi para master chef. Butiran Chef’s Secretz memiliki daya tahan yang kuat. Beras ini menghasilkan porsi nasi yang lebih banyak, dapat menahan panas berlebihan dan tetap utuh meskipun mengalami proses pengadukan agresif saat memasak.

Apapun Bumbunya, Tidak Pakai Pengawet

India Gate

India Gate adalah merek beras di bawah naungan KRBL Ltd. yaitu sebuah perusahaan yang terintegrasi dengan banyak perusahaan beras. Perusahaan ini sudah berjalan sejak 1889 sehingga produk yang dihasilkan tidak diragukan lagi kualitasnya.

Daily Range

Ini adalah variasi merek India Gate yang ramah di kantong. Ini cocok untuk penggunaan sehari-hari dan membuat makanan biasa menjadi lebih enak. Bagi mereka yang lebih menyukai produk berkualitas untuk konsumsi sehari-hari, varian aromatik ini dapat membuat setiap hidangan berkesan. Meskipun butirannya pecah, beras ini masih bisa memanjang hingga tiga kali lipat dibandingkan saat masih mentah. Beras ini disimpan selama minimal 1,5 tahun sehingga menghasilkan volume, kelembutan, dan hasil yang lebih baik dari beras biasa. Basmati versi ini tersedia dalam 3 varian yaitu Mogra, Mini Mogra dan Mini Mogra II yang disesuaikan dengan kualitas dan harganya.

Premium Range

Beras ini  berada di atas kelas Mogra, namun masih ideal untuk orang yang suka menikmati nasi sebagai makanan pokok. Varian basmati ini sangat aromatik, penuh rasa, dan butirannya panjang dan ramping dibandingkan versi Mogra. Premium Range terdiri dari seri yang paling mahal yaitu Super Basmati Rice, Select Rice dan Tibar Rice.

Health Range

Khusus untuk jenis basmati yang menekankan pada kandungan gizi yang lebih tinggi, India Gate mengeluarkan 3 seri dalam varian ini yaitu Natural Quinoa, Brown Rice dan Brown Basmati Rice. Nah, secara khusus Brown Basmati Rice mengandung nilai GI yang lebih rendah, memberikan tubuh energi yang lebih banyak dan membantu proses metabolisme yang lebih baik.

Special

Varian beras basmati spesial dari India Gate mengeluarkan produk dengan nama Basmati Rice Classic. Sesuai namanya ini adalah seri spesial untuk hidangan tertentu, khususnya varian klasik untuk nasi biryani. Keunggulan Basmati Rice Classic terletak pada ukuran bulirnya yang kokoh dan panjang, sehingga menaikkan volume hidangan hingga 30% serta dapat memanjang hingga 3 kali lipat dibandingkan ukuran saat masih mentah.

Kohinoor

Kohinoor Specialty Foods menyajikan berbagai macam nasi basmati aromatik berbutir panjang yang sempurna untuk setiap kesempatan. Setiap paket Nasi Basmati Kohinoor hadir untuk anda dengan standar kualitas yang terjamin dari produk Kohinoor.

Kohinoor Tibar Authentic

Dipelihara, ditanam, dan diproses dengan hati-hati seri Kohinoor Tibar Authentic ini selalu populer dikalangan masyarakat menengah. Setiap bungkus Kohinoor Basmati Rice Tibar hadir dengan standar kualitas yang terjamin dari produk Kohinoor. Panjangnya memang hanya sekitar 3/4 dari panjang butir basmati penuh atau yang versi premium, sehingga cocok untuk makanan sehari-hari.

Kohinoor Traditional Authentic

Dibudidayakan di kaki pegunungan Himalaya, Kohinoor mempersembahkan Beras Basmati yang dilabeli 100% Tradisional.. Beras basmati ini beraroma dan ekstra panjang, karena disimpan lebih dari 24 bulan dan diproses di fasilitas kelas dunia, untuk memberikan rasa kacang aromatik dan memperkaya rasa hidangan anda. Kohinoor memastikan bahwa setiap butir Beras Basmati menjalani pemeriksaan kualitas yang ketat sehingga setiap makanan yang dimasak, membawa kebahagiaan tak terbatas untuk makanan keluarga.

Kohinoor Super Silver Authentic Basmati Rice

Biji-bijian kaya rasa dan aromatik dari Kohinoor Super Silver Authentic Basmati Rice dapat mengubah hidangan nasi apa pun menjadi pengalaman yang menyenangkan. Itu sebabnya beras ini sempurna untuk hidangan sehari-hari. Setiap butir dari Kohinoor Super Silver Authentic Basmati Rice mempertahankan cita rasa sebenarnya dari basmati. Beras ini secara alami diproses dan dipelihara dengan sangat hati-hati sehingga menghasilkan rasa otentik dari setiap hidangan.

Kohinoor Extra Long Gold Authentic

Beras Basmati ini memiliki ukuran yang ekstra panjang. Padinya ditanam dan diolah dengan air sungai Himalaya. Beras Basmati yang sangat panjang ini memiliki rasa manis dan aroma yang mengesankan (aromanya sangat wangi).

Kohinoor Royale Authentic

Butir nasi Kohinoor Royale Authentic sangat panjang dan beraroma paling cocok untuk hidangan spesial seperti Biryani. Ini mungkin bukan pilihan yang tepat untuk konsumsi harian, namun untuk hidangan khusus bagi para tamu atau perayaan, maka beras ini paling cocok karena memiliki rasa paling unik.

Tilda

Tilda adalah perusahaan dari Inggris, yang 40 tahun lalu memperkenalkan dunia Barat dengan beras basmati. Seiring berjalannya waktu, Tilda telah menjadi merek beras basmati yang dikenal secara global, dan saat ini perusahaan menjual beras ke lebih dari 50 negara.

Pure Basmati Rice

Beras basmati ini cukup unik, karena rasanya yang menggoda, aroma menonjol, dan tekstur yang sangat lembut. Seperti sampanye, beras Pure Basmati dari Tilda, hanya dapat ditanam dan dipanen di satu tempat, yaitu di kaki pegunungan Himalaya. Bulir beras ini telah diuji kemurniannya, karena varian ini mempercayai bahwa hanya Basmati asli yang memiliki karakteristik unik.

Basmati & Wild Rice

Tumbuh di kaki bukit Himalaya, Basmati memiliki rasa aromatik yang unik. Ringan dan halus, ini adalah pendamping yang sempurna untuk Wild Rice yang bertekstur lebih kencang dan memiliki sentuhan rasa teh hitam. Wild Rice juga lebih menarik secara visual sehingga akan menyempurnakan hidangan mewah anda. Seri Basmati & Wild Rice mengandung Parboiled Basmati Rice (85%) dan Wild Rice (15%).

Wholegrain Brown Basmati Rice

Dengan lapisan dedak utuh, beras basmati memiliki rasa nutty yang khas. Ini kaya akan nutrisi dan serat alami, menjadikannya beras terbaik untuk gaya hidup sehat. Ini juga memiliki GI rendah hingga sedang. Beras ini sangat lezat dalam sup, salad, campuran sayuran seperti ratatouille dan casserole dengan rasa yang lebih kuat.

White & Wholegrain Basmati Rice

Ini adalah perpaduan unik dan seimbang yang memberi anda rasa terbaik dari keduanya yaitu rasa Basmati Putih, dengan manfaat nutrisi dari Wholegrain. Wholegrain Basmati sama dengan Brown Basmati.

Grand Extra Long Basmati Rice

Tilda Grand sangat cocok untuk acara-acara ketika anda ingin mengesankan keluarga dan teman-teman. Beras ini dibudidayakan di lembah berkabut Himalaya di mana peredam iklim memungkinkan biji-bijian tumbuh lebih lama. Biji-bijian ekstra panjang ini akan dimasak sebagai butiran halus terpisah, yang cocok untuk biryani spesial.

Golden Sella Basmati Rice

Golden Sella basmati memiliki rasa yang lezat dan daya tarik visual mirip seperti Pure Basmati, namun bonusnya varian ini memiliki kemampuan mempertahankan tekstur utuh dari beras hingga matang. Basmati ini direbus bersama dengan kulitnya, sehingga mengalami proses yang benar-benar alami, memungkinkan anda memasak dan mengaduk nasi ini tanpa kehilangan teksturnya. Ini cocok digunakan sebagai nasi pendamping casserole dan daging panggang segar.

Wholegrain Basmati & Quinoa

Dengan lapisan dedak bergizi yang dibiarkan utuh, Brown Basmati memiliki rasa yang lebih nikmat. Ini adalah teman yang sempurna untuk quinoa yang renyah, yang dikemas dengan protein alami. Kombinasi ini menciptakan kesan hidangan yang mewah.

Royal

LT Foods baru-baru ini mengakuisi merek Royal tepatnya tahun 2007. Sejak saat itu Royal juga menjual beras basmati premium. Bahkan Royal adalah merek dagang nomor 1 untuk beras Basmati paling laris di Amerika. Inilah yang menjadikan LT Foods dikenal sebagai “ahli beras” global melalui produk Daawat dan Royal. Nah, Royal tidak memiliki banyak variasi beras basmati. Bahkan hanya memiliki satu jenis yang dinamakan Royal Authentic Basmati Rice.

Royal Authentic Basmati Rice berangkat dari keyakinan bahwa beras basmati otentik hanya bisa diperoleh dari kaki Pegunungan Himalaya. Di sana, keselarasan sempurna antara iklim, tanah subur, dan mata air murni menghasilkan biji-bijian beras yang paling luar biasa. Beras long grain dari Royal memiliki aroma yang memikat dan ditanam secara cermat dari para petani kompeten di India.  Beras ini berumur satu tahun, yang berarti memiliki rasa ekstra yang kaya. Ini dianggap salah satu jenis Basmati terbaik, karena waktu memasaknya yang singkat hanya 20 menit dan keserbagunaannya. Beras ini dapat digunakan untuk tumisan, pilaf, kari, dan makanan pendamping yang lezat.

Abu Kass

Abu Kass adalah perusahaan dari Arab Saudi yang sudah mengekspor produk beras basmati ke lebih dari 18 negara, termasuk di Indonesia. Beras Basmati Merek Abu Kass merupakan beras basmati dengan Grade A yang wangi dan special. Merek Abu kass termasuk yang paling dicari dan banyak dipakai di Restoran Arab.

Produk ini dikemas dalam karung bersegel yang dilabeli Indian Mazza Basmati Rice. Bagi anda yang kurang suka dengan tekstur nasi yang lembek, maka beras basmati Abu Kass bisa dijadikan pilihan. Teksturnya cukup padat dan terpisah saat sudah matang, sehingga paling cocok untuk membuat nasi goreng kambing.

Pride of India

Pride of India adalah perusahaan yang menghadirkan makanan dan produk herbal alami dari India. Produknya diklaim dapat meningkatkan kesehatan tubuh manusia secara keseluruhan. Pride of India menjual produk alami dan organik mulai dari teh, rempah, biji-bijian dan beras. Banyak jenis beras basmati yang juga menjadi produk unggulan dari perusahaan ini, diantaranya:

Extra Long Indian Golden Basmati Rice

Extra Long Indian Golden Basmati Rice adalah salah satu produk terbaik dari Pride of India, yang kadang disebut Golden Sella. Beras ini ditanam secara alami di kaki bukit Himalaya dan berumur setidaknya dua tahun untuk menghadirkan kesempurnaan dan rasa di setiap gigitan. Ini termasuk beras pratanak yang kaya nutrisi, mudah dicerna tubuh, serta cocok untuk hidangan spesial seperti pulao, nasi jeera, nasi goreng, atau nasi kukus.

Green Heights

Green Heights menghadirkan beras basmati yang bergizi sehat dan tumbuh secara alami untuk meningkatkan kesehatan manusia secara keseluruhan. Green Heights membawa visi untuk mengintegrasikan tradisi berabad-abad yang lalu, dengan mengonsumsi makanan alami dari pertanian yang kealamiannya sampai pada penyajian di atas meja. Keamanan pangan adalah prioritas nomor 1 untuk semua produk Green Heights karena diproduksi di fasilitas food grade Amerika, higienis, dan aman.

Beras Basmati Green Heights 100% asli dan tumbuh secara alami tanpa bahan kimia atau pestisida. Berumur selama 1 hingga 2 tahun, beras ini memiliki aroma yang menyegarkan, rasa manis dan ekstra lembut, sehingga menjadikannya pilihan beras basmati yang memiliki kenikmatan yang mutlak.

Extra Long Indian White Basmati Rice

Ini adalah seri beras basmati eksklusif dari Pride of India yang ditanam dan dibudidayakan di kaki pegunungan Himalaya. Tanahnya yang subur kaya akan nutrisi yang membuat butiran beras memiliki rasa dan aroma ambrosial saat dimasak. Beras ini bebas gluten dan BPA, dan sering disarankan untuk makanan tambahan bagi vegan dan orang yang sedang diet.

Lundberg Family Farm

Sejak tahun 1937, Lundberg Family Farm berkomitmen untuk menanam padi yang sehat dan lezat serta menjaga kelestarian lingkungan disekitarnya. Lundberg menggunakan praktik pertanian organik, tanpa GMO (Genetically Modified Organism), memperhatikan kesehatan tanah, menyediakan habitat bagi ratusan spesies, dan mengimbangi fasilitas manufaktur dengan 100% energi terbarukan. Saat ini Lundberg juga menyajikan beberapa variasi beras basmati yang dijamin organik.

California White Basmati Rice

California White Basmati selalu menjadi favorit keluarga di khususnya di negara-negara barat, karena keserbagunaan dan aromanya yang menyenangkan. Beras ini memiliki butir medium, tipis, ringan dan tidak akan menggumpal saat dimasak. Ini membuat varian California White cocok untuk resep kari, tumis, salad, pilaf, dan hidangan penutup yang membutuhkan kernel berbeda dengan tekstur lembut. Namun rasanya cukup ringan sehingga bisa dikombinasikan dengan banyak bumbu dan rempah.

Brown Basmati Rice – Sustainable

Brown Basmati memiliki warna yang cenderung lebih gelap atau kecoklatan. Butir panjang dan tipis, sertan tidak akan menggumpal saat dimasak, membuatnya cocok untuk banyak jenis masakan yang membutuhkan waktu memasak cepat dan rasa yang lebih lembut. Beras ini tumbuh di banyak negara bagian Amerika, dan bersertifikat bebas gluten, vegan, halal dan non-GMO.

Organic Brown Basmati Rice

Sama seperti varian sebelumnya, namun ini adalah jenis beras basmati yang hanya dibudidayakan di California. Beras basmati ini telah diakui sebagai produk organik oleh USDA dan CCOF. Selain itu, spesifikasinya lebih lanjut termasuk Non-GMO Project Verified, Certified Gluten-Free,Vegan, dan 100% dibuat dari beras asli atau gandum utuh.

Crown Basmati

Crown Basmati adalah merek dagang dari perusahaan DRRK Foods Pvt. Ltd. yang menawarkan berbagai pilihan beras berkualitas tinggi. Berbagai macam varietas beras disediakan dengan menjaga rasa dan aroma tradisional. Crown Basmati berasal dari India, namun beberapa produk khususnya beras basmati ada juga yang dibudidayakan dari Pakistan.

Crown Sapphire Creamy Sella

Crown Sapphire Creamy Sella Basmati Rice dikenal luas karena aromanya yang unik dan rasanya yang luar biasa. Dikenal karena kualitasnya yang tinggi dan mudah dimasak. Beras ini dirawat dan dibudidayakan dengan hati-hati untuk mempertahankan teksturnya yang lembut dan nilai gizinya yang tinggi.

Crown Amber Golden Sella

Crown Amber Golden Sella Basmati Rice adalah salah satu dari 1121 Golden Sella Rice kualitas tinggi India terbaik. Beras ini sepenuhnya higienis dan 100% bebas pemalsuan, memiliki rasa dan aroma yang unik. Mudah dimasak, memiliki aroma yang luar biasa dan juga dianggap bermanfaat bagi kesehatan. Karena nilai GI yang rendah, variasi ini direkomendasikan untuk penderita diabetes. Crown Amber Golden Sella cocok untuk masakan Mughlai, India, Cina, dan Kontinental.

Crown Classic Basmati Rice

Crown Opal Super Basmati Rice menawarkan rasa yang dapat mengubah makanan sehari-hari anda menjadi mewah. Crown mengklaim sangat berhati-hati saat memproses beras ini, untuk mempertahankan rasa dan nilai gizinya.

Crown Classic Basmati Rice adalah kultivar yang dilepas paling lama di dunia. Ini memiliki panjang kernel (butir) rata-rata yang panjang, yaitu sekitar 8,4 mm per butir. Rasio elongasi kernel berkisar antara 2 hingga 2,5, yaitu panjang kernel beras matang hingga panjang kernel mentah. Berumur alami selama 1,5 tahun, Beras Basmati jenis ini cocok untuk memasak Biryani karena tidak lengket, namun rasanya tetap lembut.

Crown Opal Super Basmati Rice

Crown Opal Super Basmati Rice menawarkan rasa yang dapat mengubah makanan sehari-hari anda menjadi kenikmatan gourmet (mewah).  Untuk memaksimalkan rasa itu, Crown sangat berhati-hati saat memproses produk, sehingga 100% bersih dari debu atau filler apapun. Hasilnya beras super ini memiliki rasa dan aroma yang unik.

Dunar

Dunar adalah merek beras basmati dari yang sudah ada sejak tahun 1956 sebagai usaha kecil Beras Basmati di Karnal, Haryana. Dunar adalah pemasok basmati premium dan dikenal luas karena investasinya pada peralatan modern yang bagus dan berteknologi tinggi, sehingga menghasilkan beras basmati terbaik dan konsisten.

Dunar Legacy

Dunar Legacy adalah varian beras Dunar paling otentik, manifestasi paling asli dari apa yang disebut Basmati tradisional India. Dunar Legacy berasal dari garis keturunan benih basmati murni asli. Baik itu daya tarik visual atau nilai gizi, Dunar Legacy benar-benar produk yang unik dan cocok untuk hidangan spesial, yang terbaik di antara varietas basmati yang lainnya.

Dunar Elonga

Dunar Elonga adalah varietas basmati 1121 butir ekstra panjang. Nama ‘Elonga’ mewakili fakta bahwa varietas ini memiliki pemanjangan maksimum, di antara semua varietas beras. Tekstur halus dan tampilan ramping Dunar Elonga dianggap sangat estetik atau bahasa modern-nya instagramable. Dunar Elonga akan mengguggah selera dengan tekstur lembut, rasa kacang dan sedikit lengket (creamy).

Dunar Nutritia

Beras basmati ini tergolong brown rice yang memadukan kelezatan Basmati dan kandungan gizi. Nutritia relatif rendah kalori, tinggi serat dan dapat dimasukkan ke dalam berbagai hidangan sambil tetap mempertahankan profil nutrisi dari grains utuh.

Dunar Nawazish Gold

Nama lain dari variasi ini adalah Dunar Elonga Golden Sella. Warna butirannya menyerupai emas namun transparan. Bahkan setelah dimasak, menghasilkan nasi dengan warna emas yang halus dan memberi daya tarik visual. Setiap butiran nasi tidak pecah dan terpisah saat dimasak sehingga tampilannya sangat bagus.

Aahu Barah

Aahu Barah Brand adalah bagian dari Global Commodities Inc. yang berpusat di AS. Produk Aahu Barah berkomitmen terhadap kualitas dan kesehatan. Oleh sebabnya baik beras basmati dan produk buah kering, akan dikirim dalam kualitas terbaik untuk pengiriman di seluruh dunia. Aahu Barah cukup unik, karena produk di ekspor besar-besaran, namun kualitas tetap premium meskipun menjangkau negara-negara kecil sekalipun.

Basmati Rice dari Aahu Barah salah satu jenis basmati terbaik yang layak dicoba. Jenis  ini adalah pilihan utama bagi koki terkenal dan restoran, yang menjadi pemenang penghargaan di India. Basmati Rice Aahu Barah memiliki butiran panjang yang khas, dan sangat direkomendasikan untuk anda yang membutuhkan beras super sehat.

Alasanya produk ini tergolong Non-GMO, tanpa sodium, gula, lemak dan tanpa kolesterol. Sebaliknya beras ini paling kaya akan protein dan zat besi, serta aromanya sangat kuat (wangi). Beras ini juga dijual dalam packaging karung goni tradisional yang dilabeli tulisan extra clean dan super basmati sela.

Food To Live

Food to Live adalah merek dagang yang menjual berbagai makanan alami, organik dan mentah yang khusus untuk diet dan vegan. Kebanyakan produknya adalah buah-buahan kering, kacang-kacangan, rempah dan beras atau gandum (grains).

Beras basmati Food to Live menggunakan nama Organic Brown Basmati Rice. Ini adalah jenis beras basmati yang khusus untuk kesehatan. Beras ini sangat kaya akan vitamin dan mineral yang berharga. Hal ini dikarenakan beras basmati Food to Live hampir tidak digiling, sehingga mempertahankan semua nutrisi dalam dedak, yang merupakan tempat utama penyimpanan vitamin.

Secara lengkap beras ini mengandung vitamin E, vitamin B, mangan, selenium, fosfor, magnesium, dan tembaga. Tidak ada ketentuan jumlah maksimum beras basmati organik ini untuk dikonsumsi, namun porsi standar adalah satu cangkir atau 28 gram yang disesuaikan degan seporsi makanan orang dewasa.

Seeds of Change

Seeds of Change adalah perusahaan benih dan makanan organik yang dimiliki oleh Mars, Inc. sejak  2010. Perusahaan tersebut berbasis di Santa Fe, New Mexico. Salah satu produk unggulannya adalah beras basmati. Namun hanya ada satu jenis beras basmati Seeds of Change yaitu Organic Brown Basmati Rice.

Beras basmati ini adalah paket organik, berkualitas tinggi, bebas BPA dan dimasak dalam waktu kurang dari dua menit. Produk ini termasuk beras basmati instan yang bisa dimasak dalam microwave hanya dalam 90 detik. Tentu saja ini adalah produk untuk anda yang suka kepraktisan.

Sementara untuk rasanya, maka tidak jauh berbeda dengan brown rice lainnya yaitu rasa kacang yang menonjol dan sedikit kenyal dibandingkan versi beras basmati putih. Organic Brown Basmati Rice dari Seeds of Change diproses dengan cara yang ramah vegetarian dan bebas pewarna, pengawet dan perasa buatan.

Lal Qilla

Lal Qilla adalah merek beras Basmati dari perusahaan besar ASCW di India. ASCW atau Amar Singh Chawal Wala adalah produsen terkemuka bersertifikat ISO 22000, APEDA dan HACCP di India sehingga beras basmati yang dihasilkan telah berstandar ekspor.

Lal Qilla Pure Traditional

Beras basmati tradisional Lal Qilla adalah yang terbaik di antara semua jenis beras yang ditawarkan merek ini. Seri ini adalah yang paling top dalam hal rasa, warna putih mutiara dan berbutir panjang. Nasi basmati ini diperkaya protein alami, sehingga menjadi beras basmati tradisional yang asli dan menjadi pillihan favorit untuk masakan India dan Cina.

Lal Qilla Whiteline Classic

Masih tergolong kelas Premium 1121, beras Basmati ini berumur setidaknya 2 tahun dan bentuknya cukup panjang, dengan tekstur halus dan tidak mudah pecah. Pemanjangan bulir beras akan maksimal setelah dimasak.

Lal Qilla Silver Line Basmati Rice

Beras Basmati seri ini menjadi perpaduan versi tradisional dan classic sehingga melahirkan beras basmati yang unik, kaya rasa dan mengikuti selera konsumen global. Ini menjadi produk yang paling banyak diekspor di berbagai negara.

Lal Qilla Brown Basmati Rice

Salah satu produk terbaik karena melwati kontrol kualitas yang sangat ketat. Beras ini diperoleh dari pegunungan Himalaya dengan metode peningkatan kualitas, mulai dari kualitas benih hingga gradasi hingga penerapan teknik perlindungan tanaman. Lal Qilla memastikan bahwa setiap biji-bijian saat dimasak memanjang 2,5 kali lipat dari ukuran mentah sehingga memberi anda 100% beras basmati kualitas murni dan lebih rendah GI.

507 Basmati Gold Rice

Ini adalah variasi beras basmati yang diperoleh dari tanaman padi di Thailand. Biasanya jenis ini disarankan untuk memasak nasi biryani yang menjadi kebanggan India. Nasi lezat ini pasti akan lebih unggul dalam rasa dan tekstur, sangat cocok untuk biryani lezat dengan harga yang lebih terjangkau.

Vedaka

Brand Vedaka juga mengeluarkan beras basmati dengan nama Vedaka Super Basmati Rice. Nasi biryani alami dan aromatik ini dipanen dari dataran Indo-Gangga di kaki pegunungan Himalaya. Beras ini ekstra panjang dan menjalani tes laboratorium yang ketat sehingga telah memenuhi standard keamanan pangan FFSAI. Beras basmati dari Vedaka ini diperuntukkan untuk masakan sehari-hari.

Taj Mahal

Taj Mahal adalah satu brand beras ternama di India dan bagian dari New Bharat Group yang sudah mengekspor produk berasnya ke lebih dari 45 negara di dunia. Berlokasi di Punjab, India, Taj Mahal mengeluarkan variasi beras basmati yang disesuaikan dengan berbagai kebutuhan konsumen.

Fiesta Supreme Sella

Beras Basmati yang sangat panjang, dengan aroma dan rasanya yang unik. Tanah untuk budidaya beras ini memang sangat subur dan kondisi iklim pegunungannya berkabut sehingga menghasilkan beras berkualitas terbaik. Rata-rata panjang butir beras Taj Mahal adalah 8,30 mm ke atas.

Taj Mahal Zest

Produk ini identik dengan kualitas yang tak tertandingi, dipilih dengan cermat dari ladang subur Punjab. Taj Mahal Zest Basmati Rice benar-benar menghasilkan bulir beras warna mutiara dan beraroma khas dari pedesaan yag masih alami di India.

Taj Mahal Relish

Merupakan varian beras basmati dengan harga terjangkau yang diproses khusus untuk konsumsi sehari-hari. Beras ini telah diakui secara global karena rasanya yang lembut, sehingga menambahkan sentuhan mewah pada setiap hidangan.

Taj Mahal Nourish Brown

Nama lainnya adalah Extra Long Grains of Taj Mahal Nourish Brown Basmati Rice, yang merupakan produk dengan semua nutrisi penting dan alami. Selain lezat, Brown Basmati ini bergizi tinggi, sehingga cocok untuk konsumen yang sedang diet, mengurangi kadar gula atau yang ingin memulai pola hidup sehat. Taj Mahal Nourish tersedia dalam kemasan jar yang menarik.

Fortune

Pada tahun 2000, Fortune mengawali bisnis minyak nabati, kemudian mulai mengeksplorasi cita rasa dapur India utara. Saat ini Fortune juga menyediakan produk beras basmati, tidak hanya satu, namun banyak seri dan variannya.

Biryani Special

Butirannya panjang, tekstur tidak lengket dan aromanya wangi sehingga menjadi beras yang cocok untuk membuat nasi biryani. Beras basmati premium ini dipastikan cocok untuk semua jenis biryani yang akan anda buat.

Classic Basmati

Jadikan pesta biryani anda penuh cita rasa kerajaan dengan bulir basmati premium terpanjang di dunia. Ini adalah golongan beras basmati yang disimpan setidaknya 2 tahun untuk memaksimalkan ukuran dan aroma beras.

Traditional Basmati

Masak Enak Jadi Mudah

Sajikan masakan rumahan dengan aroma menawan dan cita rasa tradisional khas basmati. Ini diperoleh dari kaki bukit Himalaya yang masih asri dan organik.

Everyday Basmati

Tambahkan rasa unik dengan sentuhan ekstra pada hidangan sehari-hari. Nasi Basmati Fortune Everyday adalah pilihan terbaik untuk nasi putih dan hidangan seperti Nasi Jeera, Nasi Goreng, Kheer, Khichdi, dll.

Tata Sampann

Tata Sampann sudah mulai menjalankan bisnis bahan makanan alami sejak tahun 1964. Produknya menekankan pada rasa dan kualitas yang berjalan beriringan dengan manfaat produk bagi kesehatan. Moto dari brand ini adalah Sarvgunn Sampann yang artinya diberkahi dengan setiap kualitas yang baik.

Salah satu produk Tata Sampann adalah beras basmati. Ini adalah produk vegetarian karena diproses tanpa ada unsur hewani dan tidak melibatkan kerusakan lingkungan. Nasi basmati Tata Sampann menghadirkan kombinasi rasa yang lezat, aroma yang menyenangkan, dan kebaikan nutrisi alami yang melimpah. Melalui proses yang minimal, anda akan mendapatkan beras basmati murni dan berkualitas tinggi. Beras ini adalah sumber nutrisi mikro seperti seng dan fosfor.

Dari 18 merek beras basmati dalam artikel ini, mana yang jadi favorit anda? Perlu diketahui bahwa setiap mereka punya kelebihan dan keunikan masing-masing. Beberapa menawarkan keuggulan dalam hal rasa dan aroma, dan beberapa lainnya memberi pilihan terkait tekstur dan ukuran bulir beras. Masing-masing beras juga memiliki profil nutrisi yang sedikit berbeda, sehingga anda bisa membaca detail kandungan gizi pada kemasan sebelum membelinya. Dengan demikian pilihlah beras basmati terbaik sesuai dengan kebutuhanmu, hidangan yang akan dibuat, budget anda, dan ketersedian beras tersebut di wilayah mu.

masak 1 kg sate padang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *