Panduan Mengenai Varietas Dan Jenis Beras Secara Umum

Beras adalah bahan pangan pokok di banyak negara dunia, termasuk di Indonesia. Tak heran jika variasi beras berkembang cukup banyak di setiap negara. Seringkali variasi beras dipilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing orang. Hal ini dikarenakan beras tidak hanya sebagai bahan makanan yang membuat kenyang, namun bisa membentuk pola hidup sehat yang dijalani.

Di Indonesia, produk beras putih dengan bulir pendek menjadi produk utama yang paling banyak dikonsumsi. Kadang ini membuat sebagian orang tidak menyadari ada banyak jenis beras lain yang bisa dicoba atau mungkin lebih cocok dengan kondisi kesehatannya. Oleh sebab itu, artikel ini akan menjadi panduan mengenai varietas atau jenis beras secara umum yang akan menambah pengetahuan anda.

Basmati Rice

Rahasia samosa autentik

Basmati rice atau beras basmati adalah jenis beras long grain yang paling populer di antara kelompok beras yang sama. Beras basmati dianggap mahal, meskipun sebenarnya harganya wajar mengingat ini adalah beras impor dan membutuhkan proses panjang untuk produksinya. Beras yang satu ini berasal dari India, sehingga tak heran jika paling banyak digunakan dalam hidangan nasi di wilayah Asia Selatan. Selain itu, beras basmati identik dengan nasi biryani yang merupakan makanan khas Arab dan India.

Secara morfologi beras ini memiliki bulir panjang, tekstur yang kering, terpisah dan aroma harum ketika dimasak. Tak hanya itu, beras basmati juga kaya akan amilosa sehingga membutuhkan air yang lebih banyak ketika dimasak. Sebagian orang juga merekomendasikan untuk merendam beras sekitar 30 menit dalam air hangat untuk membuat teksturnya sempurna. Beras basmati kini tersedia versi white basmati dan brown basmati.

Jasmine Rice

Jasmine rice atau diartikan beras melati adalah jenis beras long grain yang berasal dari Thailand. Nama “melati” diambil dari bunga melati yang memang populer di Asia Tenggara. Beras melati memiliki aroma dan rasa manis yang lezat. Beras ini memiliki kandungan amilopektin yang tinggi sehingga teksturnya justru sedikit lengket dan lembut ketika dimasak.

Beras melati memiliki berbagai warna. Beras melati putih, sebagian besar diproses dan memiliki kesamaan nutrisi dengan nasi putih biasa. Sementara beras melati coklat dinilai memiliki kandungan nutrisi yang lebih lengkap. Beras melati juga hadir dalam varietas hitam, ungu, dan merah, masing-masing dengan profil nutrisi yang sedikit berbeda. Oleh sebabnya, pastikan untuk membaca label nutrisi nasi melati yang anda masak untuk mendapatkan informasi nutrisi yang paling akurat.

Calasparra and Bomba Rice

Calasparra dan Bomba Rice adalah beras asli daerah Murcia, Spanyol. Bersama dengan beras yang diproduksi di Valencia dan Delta Ebro, jenis Calasparra adalah salah satu dari tiga beras Spanyol dengan Denominación de Origen sejak 1986.  Beras Calasparra matang lebih lama dari jenis beras lainnya dan sangat menyerap air, sehingga sangat cocok untuk membuat paella.

Sementara beras bomba adalah varietas beras yang juga berbiji pendek dan dibudidayakan di bagian timur Spanyol. Persamaannya dengan Calasparra adalah penggunaannya dalam memasak hidangan paella. Kadang beras bomba disebut juga sebagai beras Valencia karena sering dijadikan beras utama di wilayah tersebut. Bomba adalah salah satu varietas beras paling mahal dari Spanyol, terutama yang berada dalam varietas Denominación de Origen (D.O.) dari Calasparra dan Moratalla.

“Sushi” Rice

Sushi rice adalah sushi yang dibuat dengan memasak beras berbulir pendek Jepang. Beras ini kemudian dibumbui dengan campuran cuka beras, gula, garam, dan seringkali dengan kombu. Dalam bahasa Jepang, sushi rice juga dikenal sebagai sushi-meshi , su-meshi (酢飯), atau shari (シャリ).

Semua orang Jepang hanya menggunakan nasi rasa cuka ini, saat membuat berbagai jenis sushi, bukan untuk membuat hidangan nasi. Perbedaan utama antara nasi sushi dan nasi putih adalah teksturnya. Nasi sushi jauh lebih lengket daripada nasi putih, sehingga memang ideal untuk meracik sushi.

Apapun Bumbunya, Tidak Pakai MSG

Arborio and Carnaroli Rice

Varietas beras terbaik untuk risotto memiliki butiran yang montok, pendek hingga sedang, dengan kandungan pati yang tinggi. Inilah yang memberi risotto tekstur krim khasnya. Jenis beras untuk risotto yang paling cocok adalah arborio dan varietas lain yaitu carnaroli.

Arborio lebih lebar dan lebih panjang, dan tidak terlalu bertepung. Ini menghasilkan risotto yang sedikit lebih tebal dan lebih lembut. Ketersediaannya yang luas membuatnya menjadi varietas pilihan. Sedangkan, Ccarnaroli yang dikenal sebagai “raja” atau “kaviar” dari nasi risotto, dikatakan menghasilkan risotto paling kental. Ini adalah nasi pilihan di sebagian besar wilayah Italia.

Sticky/Glutinous Rice

Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, sticky atau glutinous rice adalah beras ketan. Kadang disebut juga sebagai beras manis. Ini adalah jenis beras yang tumbuh terutama di Asia Tenggara, India Timur Laut dan Bhutan. Beras manis ini memiliki butiran buram, kandungan amilosa yang sangat rendah, dan menjadi lengket saat dimasak.

Beras ketan adalah makanan pokok di Laos dan sangat disukai masyarakat di sana, namun sebenarnya memiliki penggemar berat di seluruh Asia. Secara tradisional, beras yang satu ini dimasak di atas uap dalam keranjang anyaman berbentuk kerucut.

Carolina Gold Rice

Carolina gold rice adalah jenis beras bulir panjang yang sedikit berbeda dengan spesies beras di Asia. Sesuai namanya, beras ini memiliki sedikit rona warna emas. Beras Carolina juga memiliki rasa kacang dan tinggi kandungan nutrisi. Beras Carolina gold adalah “kakek moyang” dari beras bulir panjang di Amerika.

Selain itu, Carolina gold adalah beras non-aromatik halus dengan sifat pati bunglon yang memungkinkannya menghasilkan butiran yang halus. Bahkan ini menghasilkan nasi yang mirip ketan dan sangat lembut. Variasi premiumnya adalah beras Anson Mills Carolina Gold yang diklaim memiliki rasa yang bersih, manis, dan nutrisnya lebih unggul daripada beras bulir panjang modern.

Wild Rice

Wild rice bisa diartikan sebagai padi liar. Ini sebenarnya adalah biji-bijian dari empat spesies rumput yang berbeda. Meskipun secara teknis ini bukan beras, ini sering disebut sebagai beras agar lebih praktis. Teksturnya yang kenyal memiliki rasa pedas dan bersahaja sehingga menurut banyak orang rasanya menarik.

Penjelajah Inggris menyebut tanaman air ini sebagai wild rice atau nasi India, sedangkan orang Prancis melihat kemiripan dengan gandum dan menyebutnya folle avoine. Wild rice diakui sebagai gandum utuh dan mengandung sekitar tiga kali lebih banyak serat dan protein. Nutrisi ini secara signifikan lebih banyak daripada nasi putih, menjadikannya pilihan yang lebih mengenyangkan untuk diet sehat. Selain itu, wild rice juga kaya akan antioksidan.

Black Rice

Beras hitam juga dikenal sebagai purple rice, yaitu sejenis beras ketan. Beras hitam pernah disebut Forbidden Rice di Tiongkok kuno, karena hanya masyarakat dari kelas atas yang mampu memakannya. Saat ini terdapat beberapa jenis beras hitam yang tersedia termasuk, beras hitam Indonesia, beras hitam balatinaw pusaka Filipina, beras ketan hitam pirurut, dan beras hitam melati Thailand.

Beras hitam memiliki warna hitam pekat dan biasanya berubah menjadi ungu tua saat dimasak. Warna ungu gelap ini dihasilkan dari kandungan komponen warna antosianin, yang kadarnya lebih tinggi daripada biji-bijian berwarna lainnya. Beras ini sangat cocok untuk membuat bubur, makanan penutup, kue beras hitam tradisional Cina, roti, dan mie.

Red Cargo Rice

Red cargo rice atau beras merah kargo adalah jenis beras bulir panjang tanpa ketan yang mirip dengan beras merah. Nama “kargo” pada beras ini berawal dari proses transport beras yang menggunakan kargo dan diangkut dalam jumlah besar. Warna beras ini ada yang merah, ungu, atau merah marun.

masakan negara apapun cairo food bumbunya

Sekam bulir beras dihilangkan selama proses penggilingan, sehingga tetap mempertahankan semua nutrisi, vitamin, dan mineral utuh di lapisan dedak. Beras merah kargo membutuhkan waktu lebih lama untuk dimasak daripada nasi putih, tetapi tidak selama beras merah asli. Perendaman beras dalam air minimal 30 menit sebelum dimasak agar menghasilkan tekstur yang lebih lembut.

Parboiled Rice

Parboiled rice diartikan sebagai nasi setengah matang. Beras ini dimasak terlebih dahulu dengan kulitnya yang tidak dapat dimakan sebelum diproses lebih lanjut. Parboiled rice juga disebut nasi yang dikonversi. Tiga langkah dasar untuk membuat parboiled rice adalah perendaman, pengukusan, dan pengeringan. Langkah-langkah ini membuat beras lebih mudah diproses dengan tangan, sekaligus meningkatkan profil nutrisi khususnya kandungan thiamin. Proses ini akan mengubah tekstur beras dan membuatnya lebih tahan terhadap hama.

Long-grain White Rice

Long-grain white rice atau beras berbulir panjang biasanya merujuk pada jenis beras yang butirannya panjang, ramping dan berwarna putih. Panjang beras ini empat hingga lima kali lebih panjang dibandingkan lebarnya. Berbeda dengan beras basmati dan beras melati yang aromatik, biasanya long-grain white rice tidak menonjolkan aroma, namun hanya bentuknya yang lebih panjang  dan warnanya hanya putih saja.  Beras berbutir panjang ringan dan kering saat dimasak, sehingga sangat ideal untuk pilaf, lauk pauk, atau salad, di mana anda membutuhkan butiran nasi yang tidak lengket satu sama lain.

Calrose

Calroses adalah varietas beras berbulir medium yang terkenal sebagai produk industri California. Nama Calroses berasal dari kata “Cal” yang artinya California, dan “Roses” dari kata blue rose yaitu jenis beras medium yang sebelumnya dikembangkan di Louisiana. Calroses memiliki tekstur yang lunak dan lengket setelah dimasak, sehingga ideal untuk membuat sushi, sup dan salad. Beras calrose juga memiliki rasa yang sangat ringan, yang berarti dapat menyerap semua bumbu dan rempah-rempah yang memiliki rasa kuat.

Semua jenis beras memiliki keunikan tersendiri, baik dari segi warna, bentuk, ukuran, aroma hingga kegunaan. Beberapa jenis beras memiliki indeks glikemik rendah yang cocok untuk pasien diabetes. Sementara beras lain ada yang tinggi vitamin, sehingga bagus untuk memenuhi asupan vitamin sekaligus mengenyangkan. Oleh sebabnya, varietas dan jenis beras bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing orang.

masak 1 kg sate padang

Leave a Reply

Your email address will not be published.