13 Rempah Untuk Campuran Smoothies Anda

Smoothies dikenal sebagai minuman yang berbahan dasar buah atau sayuran. Teksturnya yang lebih padat dan kental dibandingkan jus banyak disukai sebagai alternatif minuman sehat yang mengenyangkan. Namun siapa sangka rempah-rempah juga dapat ditambahkan ke dalam smoothies untuk menambahkan beberapa manfaat kesehatan dengan cara yang mudah dan lezat. Berikut 13 rempah-rempah yang bisa dinikmati bersama smoothies anda!

Kayu Manis

Kayu manis adalah rempah-rempah yang memberikan aroma pada masakan. Manfaat kayu manis dapat memperkuat kekebalan tubuh yang disertai dengan kandungan kalsium dan zat besi yang tinggi. Aroma hangatnya memiliki efek yang menenangkan sekaligus memberi energi pada pikiran. Ini juga dikenal sebagai rempah-rempah yang dapat menambah stamina dan telah terbukti mampu meningkatkan gula darah.

Oleh sebabnya rempah-rempah ini cocok dikonsumsi oleh penderita gula darah rendah. Untuk diet sehat, kayu manis bubuk bisa ditambahkan sebanyak satu sendok teh ke dalam smoothies dan dikonsumsi sebanyak dua kali sehari. Kayu manis cocok dicampurkan dengan smoothies apel, nanas, pisang, dan smoothies hijau.

Allspices

Ketika berbicara tentang rempah-rempah, mungkin banyak orang yang kurang mengenali rempah allspices ini. Allspice disebut juga merica Jamaika, sekilas tampilannya mirip seperti merica biasa namun rasanya seperti kombinasi biji pala, cengkeh, dan kayu manis. Oleh sebabnya ini adalah rempah-rempah kecil yang terbungkus menjadi ragam rasa.

Cukup tambahkan sejumput bubuk allspice atau setara dengan 1/8 sendok teh ke dalam smoothies anda. Biasanya allspices cocok ditambahkan pada beragam jenis buah karena rasanya yang ringan dan menyatu dengan baik dalam resep manis dan gurih. Resep smoothies allspices juga sudah banyak tersedia secara online yang mayoritas menggunakan labu dan pisang.

Vanilla

Vanilla termasuk rempah-rempah termahal di dunia setelah saffron dan cardamom. Vanilla juga merupakan jenis rempah yang digunakan dalam beragam produk kuliner dan non kuliner. Vanilla memiliki aroma yang manis sehingga sangat mudah dicampurkan dengan smoothies.

Tak heran jika ekstrak vanilla sudah banyak ditemukan dalam berbagai resep smoothies. Untuk rasa manis dan aroma ekstra, maka cukup tambahkan seperempat sendok teh ekstrak vanilla pada smoothies kurma, pisang, nangka, dan buah-buah lainnya. Sebagai informasi, menambahkan vanilla juga dapat dikombinasikan dengan campuran kayu manis dan kapulaga.

Kapulaga Hijau

Kapulaga hijau adalah salah satu rempah-rempah yang banyak disukai karena cocok digunakan pada makanan yang manis dan gurih. Rempah ini memiliki rasa hangat seperti bunga dan sangat aromatik. Sebenarnya kapulaga hijau dapat dinikmati dalam bentuk biji langsung, namun menggunakan kapulaga versi bubuk akan jauh lebih praktis.

Kapulaga biasanya digunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti gas atau sembelit, sekaligus dikenal sebagai tanaman herbal yang baik untuk mengurangi tekanan stres mental. Ini termasuk rempah yang digunakan dalam metode penyembuhan Ayurveda India yang biasa digunakan dalam takaran yang sedikit.

Meskipun biasanya kapulaga umum digunakan pada campuran kari pedas, namun kapulaga hijau juga bisa dicampurkan dalam smoothies. Gunakan setengah sampai satu sendok teh bubuk kapulaga hijau ke dalam smoothies, yang bisa dipadukan dengan buah berry, yogurt, dan vanilla. Ini adalah kombinasi bahan minuman tonik pencernaan yang sangat mujarab. Tambahkan sedikit es batu juga jika ingin menikmati rasa yang lebih segar.

Lada Hitam

Lada hitam yang diproses dengan tahap yang lebih sederhana dibandingkan lada putih membuat rasa dan aromanya lebih kuat. Lada hitam juga punya cita rasa yang lebih pedas. Lada hitam memiliki sifat anti-inflamasi dan kaya akan antioksidan. Ini membuat lada hitam disukai karena dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi bakteri.

Rempah-rempah penghangat ini bisa dicampurkan di dalam smoothies sebanyak 1/8 sendok teh untuk versi bubuknya. Biasanya orang menyukai kombinasi lada hitam dengan rempah-rempah lain, misalnya basil atau kunyit, yang kemudian dicampurkan pada smoothies buah-buahan maupun sayuran. Minuman ini menjadi cara cepat untuk mendapatkan manfaat anti-inflamasi yang sangat kuat dan menyehatkan.

Jahe Putih

Jahe dikenal sebagai rempah penghangat yang sudah biasa dijadikan bahan campuran untuk minuman. Mengonsumsi jahe dapat membantu mengatasi mual karena sifat anti-inflamasinya. Rempah-rempah ini bisa digunakan dalam bentuk bubuk maupun jahe segar.

Jahe cocok dipadukan dengan beragam makanan antara lain kacang almond, kacang mete, kelapa, kakao, vanilla bean, maca, beri, pisang, nanas, wortel, mangga, dan sayuran hijau. Smoothies dengan campuran jahe akan memberikan sensasi rasa yang segar dan kuat. Tak heran jahe banyak digunakan sebagai rempah utama dalam minuman penghangat. Gunakan sejumput bubuk jahe atau jahe parut segar ke dalam smoothies untuk menikmati kesegaran minuman sehat ini.

Buah Bit

Buah bit termasuk jenis rempah-rempah dalam kategori umbi-umbian. Buah bit atau bitroot ini bisa dimanfaatkan sebagai campuran makanan, minuman, maupun pewarna. Buah bit yang paling umum digunakan adalah jenis bit merah yang memiliki warna merah tua hingga ungu. Rasa dan teksturnya yang lembut sekaligus manis membuat buah bit sangat cocok dicampurkan dalam smoothies.

Buah bit dikenal sebagai bahan yang baik untuk menurunkan tekanan darah sehingga baik dikonsumsi bagi penderita hipertensi. Biasanya buah bit bisa dijadikan jus secara langsung, namun bukan berarti buah ini tidak bisa difungsikan layaknya rempah. Bubuk buah bit dapat dijadikan campuran smoothies yang enak. Biasanya buah bit cocok dipadukan dengan smoothies beri-berian termasuk stroberi, blackberry, maupun raspberry. Cukup campurkan 1 sendok teh bubuk buah bit ke dalam smoothies favorit anda.

Daun Mint

Daun mint merupakan daun herba yang memiliki kandungan antioksidan dan vitamin yang baik untuk kesehatan. Rasa daun mint cenderung dingin dan menyegarkan sehingga banyak digunakan dengan produk kesehatan gigi. Daun mint ternyata bermanfaat sebagai bahan alami untuk meringankan kram menstruasi, mengatasi gangguan pencernaan, meredakan sakit kepala hingga meningkatkan fungsi otak.

Daun mint sangat umum digunakan pada smoothies yang terbukti dengan banyaknya resep yang beredar secara luas terkait kombinasi smoothies dan daun mint. Biasanya cukup menggunakan seperempat hingga setengah sendok teh daun mint bubuk ke dalam smoothies buah-buahan, seperti nanas, stroberi, mentimun, apel, dan mangga. Banyak juga yang menggunakan daun mint utuh dan segar sebagai pewangi smoothies yang memberikan efek rileksasi.

Bunga Lawang

Bunga lawang atau pekak adalah rempah yang memiliki rasa yang sangat mirip dengan adas manis. Bunga lawang dikenal sebagai penambah aroma dan penyedap rasa pada makanan. Layaknya rempah-rempah lain, bunga lawang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga akan menghambat pertumbuhan bakteri sekaligus mampu melawan beberapa strain bakteri yang kebal dari antibiotik. Cukup gunakan 2-3 buah bunga lawang utuh pada smoothies anda untuk dapat menikmati smoothies yang lebih kuat dan segar.

Kunyit

Kunyit adalah rempah-rempah yang umum digunakan pada makanan maupun sebagai obat tradisional. Sebenarnya kunyit yang memiliki warna pekat ini memiliki rasa yang pahit, pedas dan cukup kuat. Namun, jika menggunakan kunyit dalam jumlah kecil pada smoothies maka rasanya tidak akan terasa. Meski demikian, rempah-rempah ini dalam takaran sedikit sekalipun sudah bisa memberikan manfaat anti-inflamasi serta sebagai obat penghilang rasa nyeri secara alami.

Tak hanya itu, kunyit juga dikenal sebagai rempah yang membantu meredakan gangguan pencernaan, melindungi arteri, menjaga kesehatan otak dan jantung, hingga mengurangi kadar stres. Smoothies dengan sedikit kunyit akan lebih enak jika ditambahkan dengan susu almond, wortel, mangga, nanas, dan pisang. Kunyit utuh berukuran 2 cm bisa diparut langsung ke dalam smoothies atau dapat juga menggunakan sejumput versi kunyit bubuk untuk cara yang lebih praktis.

Cengkeh

Cengkeh memiliki aroma yang manis dan hangat sehingga cocok untuk hidangan yang gurih dan juga hidangan manis. Ini menjadikannya rempah-rempah yang tepat untuk smoothies. Secara tradisional, rempah-rempah ini telah digunakan sebagai obat untuk sakit gigi dan melawan sakit akibat peradangan. Biasanya penggunaan cengkeh bisa dibarengi dengan rempah lain seperti kayu manis, kapulaga, dan pala.

Ini juga cocok dipadukan dengan smoothies pisang, stroberi, mangga, buah persik dan kacang-kacangan. Cukup gunakan sejumput bubuk cengkeh atau setara dengan 1/8 sendok teh ke dalam smoothies kesukaan anda. Minuman smoothies cengkeh bisa diminum di malam hari untuk meningkatkan imunitas dan menjaga napas tetap segar ketika bangun di pagi hari. Secara khusus, cengkeh juga bisa dijadikan rempah tambahan dalam smoothies yang ditujukan untuk memperbanyak produksi ASI.

Caraway

Caraway atau jintan termasuk rempah-rempah dari famili peterseli. Rasanya cenderung manis dengan sedikit pahit yang menghangatkan. Rempah ini baik untuk dikonsumsi saat mengalami gangguan pencernaan maupun kekurangan zat besi. Tak hanya itu, caraway juga merupakan sumber antioksidan, anti-bakteri, anti-inflamasi yang baik untuk melindungi organ tubuh dari kerusakan.

Caraway sering digunakan pada masakan khas Asia, Afrika, dan Meksiko. Caraway juga biasa dicampurkan pada smoothies bersama dengan yogurt. Gunakan caraway sebanyak setengah sendok teh untuk dicampurkan pada smoothies buah. Untuk memaksimalkan kesegaran smoothies, biasanya caraway dipadukan bersama daun mint.

Basil

Daun basil sekilas memang seperti daun kemangi, namun basil lebih umum digunakan untuk membuat pasta maupun masakan. Sedangkan kemangi lebih sering disajikan sebagai lalapan. Daun basil paling cocok dijadikan campuran smoothies hijau atau smoothies sayur-sayuran yang memberikan manfaat kesehatan langsung pada organ ginjal.

Ginjal adalah organ utama yang membuang produk limbah dan racun dari aliran darah sehingga penting untuk menunjang kesehatan dalam jangka panjang. Biasanya 3-4 daun basil segar sudah cukup untuk memberikan rasa segar dan sehat pada smoothies. Daun basil bisa diblender bersama dengan sayur atau dipadukan dengan buah-buahan.

Nah, itulah 13 rempah-rempah yang bisa ditambahkan untuk smoothies anda agar rasanya lebih segar dan sehat. Tambahan rempah-rempah akan memberikan smoothies lebih kaya manfaat bagi kesehatan. Nikmati segelas smoothies anda dalam jumlah yang tepat, karena mungkin smoothies dapat berbahaya bagi kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *