11 Hidangan dengan Kayu Manis

Kayu manis – sesuai namanya, ia memiliki rasa dan aroma manis yang begitu khas, serta dengan sentuhan pahit dan pedas. Rempah ini paling banyak digunakan terutama pada pastry, makanan penutup, hingga minuman. Meski demikian, hidangan dengan kayu manis sangatlah beragam, sehingga Anda bisa menggunakannya untuk berbagai keperluan kuliner. Simak hidangan dengan kayu manis di sini.

Cinnamon Roll

Hidangan dengan kayu manis yang pertama adalah cinnamon roll, atau yang diterjemahkan sebagai roti gulung kayu manis. Cinnamon roll memiliki beberapa sebutan, misalnya cinnamon bun (roti kayu manis), cinnamol snail (siput kayu manis), dan cinnamon swirl (gulungan kayu manis). Cinnamon roll memiliki bentuk kue yang digulung, sehingga seringkali disebut sesuai bentuknya.

Roti gulung kayu manis populer di beberapa negara, yang terbuat dari ragi, tepung, mentega, gula, ragi, brown sugar, susu, telur, garam, dan ragi. Adonan cinnamon roll digulung dan dipotong menjadi beberapa bagian, dan kemudian dipanggang. Umumnya, cinnamon roll menggunakan kayu manis bubuk alih-alih kayu manis batang.

Apapun Bumbunya Tidak Pakai Pewarna

Cinnamon roll memiliki banyak sebutan yang berbeda di beberapa negara, misalnya di Swedia disebut kanelbulle, sementara Denmark menyebutnya dengan kanelsnegl. Di sisi lain, cinnamon roll dikenal dengan sebutan kanelbolle dan skillingsbolle ataukanelsnurr. Berbeda dengan di Finlandia, roti gulung ini dikenal sebagai korvapuusti, di Islandia dikenal sebagai kanilsnúður, dan di Estonia dikenal sebagai kaneelirull. Sedangkan di Austria dan Jerman, cinnamon roll disebut dengan Zimtschnecke.

Dengan bahan utama kayu manis, roti gulung ini menyajikan rasa yang begitu lezat, dengan sentuhan kayu manis. Cinnamon roll sering ditemukan dengan tambahan kayu manis bubuk atau gula halus di atasnya. Ini begitu populer, dan bahkan di Swedia dan Finlandia turut merayakan ‘Cinnamon Roll Day‘, setiap tanggal 4 Oktober.

Penyajian cinnamon roll berbeda di setiap negara, meskipun secara tradisional dinikmati sebagai menu sarapan. Di Swedia dan Finlandia, gulungan kayu manis secara tradisional dinikmati saat rehat kopi, atau fika, yang merupakan acara kumpul-kumpul dengan teman. Berbeda dengan di Amerika Utara, cinnamon roll dinikmati untuk sarapan atau pencuci mulut. Saat dimakan untuk sarapan di Amerika Serikat, terkadang cinnamon roll disajikan dengan frosting krim keju (cream cheese).

Franzbrötchen

Kayu manis merupakan rempah yang sangat cocok untuk membuat berbagai pastry, kue, atau makanan penutup, misalnya dengan Franzbrötchen. Ini merupakan kue yang secara tampilan serupa dengan cinnamon roll, tetapi franzbrötchen memiliki tekstur yang lembut dan lembab, yang menggunakan adonan puff pastry manis dengan vanilla di dalamnya.

Franzbrötchen adalah kue yang berasal dari Jerman utara, khususnya Hamburg, yang konon terinspirasi oleh kue-kue Prancis. Meski awalnya hanya bisa ditemukan di wilayah Hamburg, namun franzbrötchen juga banyak ditemukan di kota-kota Jerman lainnya, termasuk Berlin dan Bremen. Akan tetapi, makanan khas tradisional favorit dari Hamburg dan yang asli hanya tersedia di Hamburg, dan toko roti di bagian lain Jerman tidak memiliki franzbrötchen yang selezat aslinya.

Bahan-bahan untuk membuat franzbrötchen termasuk tepung terigu, ragi, gula, garam, mentega, susu, dan tentunya kayu manis. Bahan lain juga mungkin digunakan termasuk cokelat dan kismis. Kue ini memiliki isian berupa campuran gula dan kayu manis. Secara umum, franzbrötchen disajikan dengan kopi dan kue sebagai menu sarapan pagi.

Kibbeh

Kibbeh merupakan hidangan asli Timur Tengah dan dianggap sebagai hidangan nasional Lebanon. Kata kibbeh berasal dari bahasa Arab yaitu kubbah, yang berarti “bola”. Hal itu merujuk pada bentuk kibbeh yang menyerupai bola, dengan bahan utama daging giling, bawang bombay, dan juga bulgur. Daging giling yang digunakan bisa apa saja, termasuk daging sapi tanpa lemak, kambing, domba, ikan atau daging cincang unta.

Secara tradisional, daging dan burghul ditumbuk dengan lesung dan alu, dan bahan tersebut dibentuk menjadi bola-bola, dan dibumbui dengan rempah-rempah termasuk allspice, garam, jintan, kayu manis bubuk, merica, dan ditambah dengan bawang dan kacang pinus. Saat membuat kibbeh, herba lainnya juga bisa digunakan, misalnya marjoram. Dalam masakan Mesopotamia, versi dengan nasi atau farina ditemukan, dan beberapa resep kibbeh menambahkan semolina.

Kibbeh dimasak di atas nampan, dengan cara digoreng atau dipanggang, namun kibbeh juga bisa disajikan mentah. Bentuk yang paling umum dari kibbeh adalah kroket goreng berbentuk torpedo, dengan isian daging, yang disebut dengan kibbeh nabilseeyah. Tipe kibbeh lainnya bisa berbentuk bola daging atau patty, yang dipanggang atau dimasak dalam air kaldu. Sementara kibbeh yang disajikan mentah disebut dengan kibbeh nayyeh,

Lebih lanjut, meskipun kibbeh secara tradisional dibuat dengan daging, tetapi ini juga bisa dibuat menjadi versi vegetarian dengan menggunakan bahan berupa bayam, buncis, labu, dan juga bulgur. Sebagai makanan yang dianggap makanan nasional di banyak negara Timur Tengah, kibbeh bisa disajikan sebagai starter, hidangan utama, atau hidangan sampingan. Kroket goreng ini juga menjadi hidangan yang sempurna untuk makan siang bersama teman-teman di atas piring mezze, yang disajikan dengan saus berbahan dasar tahini.

Pudding Nasi

Pudding nasi atau rice pudding merupakan sajian makanan penutup yang berasal dari Asia, dan terkenal di seluruh dunia. Bahan-bahan untuk membuat rice pudding cukup sederhana, yaitu hanya menggunakan nasi, susu, telur, dan perasa. Rice pudding ini juga menjadi cara yang tepat untuk mengolah nasi sisa menjadi hidangan yang luar biasa.

Untuk membuat pudding nasi, hampir semua jenis beras dapat digunakan, termasuk beras putih, beras ketan, beras basmati, beras arborio, dan beras jasmine. Namun, jika menggunakan nasi mentah, beras berbulir panjang adalah pilihan yang tepat. Satu hal yang tidak bisa digunakan dalam membuat pudding nasi adalah beras merah.

Pudding nasi juga menggunakan rempah-rempah khas termasuk allspice, jahe, kapulaga, kayu manis, pala, dan bahkan cabai rawit. Makanan penutup ini juga menambahkan pemanis seperti gula, gula aren, sirup, dan juga buah. Sementara perasanya bisa menggunakan vanilla, jeruk, air mawar, lemon, pistachio, dan lainnya.

Campuran bahan yang berupa nasi, susu, rempah-rempah, pemanis, dan perasa menghadirkan kelezatan yang sempurna. Hidangan dengan kayu manis yang satu ini bisa dibuat dengan cara dipanggang, direbus, atau dikukus. Rice pudding bisa ditambahkan dengan buah, kacang, krim kocok, atau kismis yang menjadi tambahan tradisional.

Meski sebagian besar orang-orang menyantap ini sebagai makanan penutup, tetapi pudding nasi juga cocok untuk sarapan atau lauk. Rice pudding dapat disajikan dalam keadaan hangat ataupun dingin, yang saat didinginkan menghadirkan tekstur dan rasa yang tepat. Pada dasarnya, pudding nasi adalah hidangan yang begitu serbaguna, yang menghadirkan kekayaan rasa yang begitu lezat, empuk, serta lembut.

Qatayef

Selama bulan suci Ramadhan, banyak kuliner lezat yang begitu menggugah selera, salah satunya adalah qatayer. Disebut juga dengan katayef atau atayef, ini merupakan makanan penutup pokok yang populer di Timur Tengah, yang disajikan sebagai makanan penutup bersama dengan kunafa.

Qatayef terbuat dari panekuk yang diisi kacang dan digoreng kemudian dicelupkan ke dalam sirup kental. Adonan panekuk tersebut terbuat dari semolina, yang umumnya diisi dengan krim manis atau isian kacang kayu manis. dalam pembuatannya, adonan dibentuk menjadi kerucut, yang disebut dengan qatayef asafari, bisa juga adonannya ditutup rapat, dan digoreng atau dipanggang hingga renyah.

Makanan penutup pokok ini memang paling sering disajikan saat menjelang dan selama bulan Ramadhan, sehingga menemukannya selain di bulan suci tersebut mungkin agak sulit. Untuk mendapatkan qatayef, Anda tak perlu menunggu bulan Ramadhan, karena Cairo Food menyediakan makanan lezat ini. Ada beberapa varian rasa yang tersedia, termasuk Qatayef isi kurma, Qatayef isi custard susu, Qatayef keju cheddar, dan Qatayef spesial. Anda bisa langsung mengunjungi official website Cairo Food, dan nikmatilah kerenyahan yang berpadu dengan rasa manis yang begitu lezat.

Dadar Gulung

Makanan tradisional Indonesia, yaitu dadar gulung identik dengan warna hijaunya yang cerah. Nama dadar gulung sendiri konon diambil dari bentuknya yang menyerupai telur dadar yang digulung, sehingga terciptalah sebutan dadar gulung. Ini merupakan makanan khas Indonesia dan Malaysia, yang digolongkan sebagai panekuk atau crepe yang terbuat dari tepung beras tipis.

Adonan kulit dadar gulung secara tradisional dibuat dengan daun pandan atau daun suji, yang menjadi penyedap rasa sekaligus memberikan warna hijau yang indah pada panekuk tradisional ini. Namun, versi dadar gulung yang lebih modern seringkali menggunakan pewarna makanan hijau sebagai gantinya.

Dadar gulung tak hanya berupa kulitnya saja, tetapi juga diberi isian berupa kombinasi parutan kelapa segar yang dicampur dengan gula jawa cair dan kayu manis. Untuk alasan ini, dadar gulung memiliki rasa yang manis dan cocok dijadikan camilan. Kue dadar gulung ini tak hanya ditemukan di Indonesia, tetapi juga ditemukan di Malaysia, Singapura, dan Sri Lanka, dengan nama yang berbeda.

Hotteok

Hidangan dengan kayu manis selanjutnya adalah hotteok, yaitu panekuk yang berasal dari Korea. Adonan panekuk hotteok terbuat dari campuran air, tepung terigu, ragi, gula dan susu. Untuk membuat adonan mengembang, adonan dibiarkan selama beberapa jam. Pancake Korea ini berisi isian manis yang termasuk kayu manis, gula merah, madu, dan kacang-kacangan seperti kacang tanah dan kenari cincang.

Pembuatan hotteok mirip dengan panekuk pada umumnya, yaitu dimasak di atas wajan yang sudah diolesi minyak, dan adonan ditekan rata menjadi lingkaran besar. Ini memiliki ciri khas yaitu bagian luar yang renyah, dengan bagian dalam yang lembut dan kenyal. Sementara ketebalannya bervariasi, hotteok bisa dibuat tipis atau tebal.

Secara tradisional, hotteok menggunakan kayu manis dan kacang-kacangan sebagai isiannya. Namun, variasi yang berbeda terus berkembang sejak awal abad ke-21, seperti green tea hotteok, hotteok jagung, dan hotteok pizza yang lebih modern. Hotteok biasanya disantap selama musim dingin. Panekuk Korea ini juga mengandung gula yang tinggi, yaitu sekitar 230 kalori dalam satu hotteok.

Pisang Geprek

Pisang geprek merupakan sajian olahan pisang yang lezat, dengan menggunakan kayu manis bubuk. Seperti yang kita ketahui bahwa pisang merupakan buah favorit banyak orang, yang dapat diolah menjadi resep yang bervariasi. Sederhananya, pisang geprek dibuat dengan cara digeprek, dan menggunakan adonan yang terdiri dari air, tepung pisang goreng, serta bubuk kayu manis.

Kombinasi buah pisang dengan adonan tersebut digoreng hingga matang, sehingga menghasilkan kulit luar yang begitu renyah, dan berpadu dengan pisang yang lembut serta kelezatan kayu manis. Pisang geprek bisa disantap sebagai camilan seperti halnya pisang goreng – yang menjadi teman minum kopi atau teh. Sebagai pelengkap, pisang geprek juga bisa ditambahkan topping berupa keju, meses, atau kental manis.

Ropang Isi Apel

Ropang merupakan akronim dari roti panggang. Kayu manis memang berpadu sempurna dengan roti, termasuk ropang isi apel ini. Roti yang digunakan bisa berupa roti tawar gandum dan dicelupkan ke dalam tepung pisang goreng. Ropang apel ini diisi dengan potongan buah apel, kayu manis bubuk, dan kismis.

Karena ini adalah roti panggang, maka roti ini dipanggang misalnya dengan menggunakan toaster. Ropang isi apel menawarkan rasa roti yang gurih, manis, dan renyah, serta dengan buah apel yang segar. Ini bisa menjadi menu sarapan yang lezat dan juga sehat, serta mudah dibuat.

Susu Kayu Manis

Aroma dan rasa dari kayu manis tak hanya cocok untuk beragam masakan, tetapi juga dengan minuman seperti susu kayu manis. Susu adalah minuman yang menyehatkan, dan juga dikonsumsi di seluruh dunia. Kombinasi susu dan kayu manis menjadi sesuatu yang menyehatkan dan pastinya lezat.

Susu kayu manis atau cinnamon milk terbuat dari susu bubuk, gula, krimer, dan tentunya kayu manis bubuk. Krimer merupakan tambahan yang pas untuk menambah kekayaan, rasa manis, dan tambahan rasa yang luar biasa pada susu kayu manis. Sementara gula juga menyempurnakan minuman lezat ini. Kayu manis bubuk merupakan tambahan yang paling pas dan praktis untuk ditambahkan ke dalam minuman, dan ia bahkan bisa ditambahkan pada kopi, teh, atau kakao yang diseduh.

Untuk memperkaya rasa, Anda juga bisa menambahkan marshmallow atau whipping cream, yang akan membuat minuman ini menjadi semakin lezat. Susu kayu manis menawarkan aroma yang menenangkan dan juga rasa yang lezat, terlebih lagi jika disajikan dalam keadaan hangat. Ini bisa menjadi pengganti minuman cokelat panas yang sempurna untuk menghabiskan malam yang dingin.

Cokelat Panas

Cokelat panas, atau yang disebut dengan hot chocolate dalam bahasa Inggris merupakan minuman yang begitu popular, yang diketahui telah ada sejak 2.000 tahun yang lalu, dan saat ini dinikmati di seluruh dunia dengan variasi yang berbeda. Ini berbeda dengan minuman kakao panas yang terbuat dari campuran kakao. Cokelat panas terbuat dari cokelat serut, cokelat leleh, atau bubuk cokelat, dan dicampurkan dengan susu atau air yang dipanaskan.

Masak Enak Jadi Mudah

Jika menggunakan cokelat leleh, biasanya disebut dengan “drink chocolate” bukan hot chocolate, dan memiliki rasa yang kurang manis dan konsistensi yang lebih kental. Cokelat panas dapat dibuat setengah manis atau cokelat pahit, yang bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Cokelat panas biasa disajikan dengan topping yang beragam, mulai dari marshmallow, krim kocok, sepotong cokelat padat, hingga keju.

Minuman ini tersebar luas di seluruh dunia dengan variasi yang berbeda. Misalnya di Amerika Serikat, cokelat panas tersedia dalam versi instan berupa bubuk coklat yang bisa langsung diseduh dengan air. Berbeda dengan di Eropa, cokelat panas di sana memiliki konsistensi yang relatif kental dan kaya. Di Nigeria, cokelat panas disebut sebagai “teh” meskipun sebenarnya bukan teh karena kebiasaan orang Nigeria menyebut minuman yang dikonsumsi di pagi hari sebagai “teh”.

Meski cokelat panas sendiri memiliki rasa yang lezat dan kaya, tetapi penambahan kayu manis akan membuat cokelat panas menjadi luar biasa. Misalnya di Meksiko yang menggunakan coklat manis, gula, kayu manis, dan vanili. Sajian minuman ini bisa ditemukan di berbagai tempat, termasuk kafetaria, restoran cepat saji, kedai kopi, dan kedai teh. Sementara bubuk coklat merupakan versi instan yang bisa dibuat di rumah, dan terdapat di toko grosir dan online.

Kayu manis sangatlah populer terutama pada banyak hidangan manis. Berbagai hidangan manis tidaklah lengkap tanpa kayu manis, karena rempah ini menambahkan cita rasa yang begitu lezat, yang tak bisa tergantikan. Namun, aroma dan rasa kayu manis juga bisa dipasangkan dengan hidangan gurih. Itulah sebabnya kayu manis begitu populer sebagai bumbu masakan. Anda bisa membeli kayu manis bubuk dan batang di Cairo Food untuk melengkapi hidangan sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *