9 Hidangan dengan Kapulaga

Rempah-rempah memiliki tempat khusus di dapur setiap rumah tangga karena ia dapat digunakan untuk menyempurnakan hidangan, seperti halnya kapulaga. Rempah yang berasal dari keluarga jahe ini banyak digunakan di seluruh dunia, terutama di India. Mulai dari makanan utama hingga makanan penutup, berikut adalah hidangan dengan kapulaga.

Kheer

Kheer atau yang juga dikenal payasam merupakan makanan penutup populer yang berasal dari India Utara, yang mirip dengan rice pudding. Kata “Kheer” berasal dari kata Sansekerta “Skheer” yang berarti susu. Hal ini mengacu pada bahan utama kheer, yaitu susu. Pudding nasi ini telah ada selama lebih dari 2000 tahun, dan menjadi salah satu makanan penutup tertua di dunia, yang dibuat di India dan budaya sekitarnya.

Kheer adalah sejenis pudding nasi (rice pudding), sehingga beras juga menjadi bagian dari pembuatan kheer. Variasi beras yang digunakan adalah beras basmati, tetapi variasi populer lainnya seperti di India Selatan, beras yang digunakan adalah beras berbulir pendek. Payasam ini juga umumnya menggunakan susu atau krim penuh lemak, gula, dan kapulaga. Namun, cairan lainnya juga bisa digunakan, seperti susu almond atau santan, terutama bagi para vegan.

Apapun Bumbunya, Tidak Pakai MSG

Rice pudding ala India ini juga menggunakan rempah untuk melengkapi rasanya, yang mencakup kapulaga, cengkeh, kunyit, pala, dan kewra atau air mawar. Sajian makanan penutup ini tersebar luas di seluruh wilayah India, yang masing-masing wilayah menggunakan variasi bahannya sendiri. Sebagai contoh, Payasam India Selatan terbuat dari beras bulir pendek, ghee, dan jaggery, sedangkan Bengali Payesh menggunakan beras Gobindobhog dan jaggery kurma.

Makanan penutup dari India ini bisa dikonsumsi oleh para vegan, karena susu atau krim penuh lemak bisa diganti dengan santan dan susu almond, serta dibuat dengan banyak tambahan termasuk bihun, sagu (tapioka mutiara), lentil atau sayuran seperti labu dan wortel, sehingga menjadikannya sempurna untuk para vegan. Namun, susu atau krim penuh lemak tak bisa dikonsumsi oleh orang yang sedang diet.

Kheer atau payasam ini begitu lezat, beraroma, lembut, dan menjadi makanan penutup yang otentik, yang mudah dibuat untuk orang banyak saat disajikan dalam ramekin atau cangkir custard individual. Kheer bisa dikonsumsi sebagai sarapan, makanan penutup, atau untuk dikonsumsi saat seseorang menginginkan sesuatu yang manis.

Makanan penutup ini menjadi hidangan penutup musim panas yang menjadi luar biasa terutama saat disajikan dingin. Bahkan, rasanya yang manis dan lembut cocok untuk menghilangkan rasa pedas dari hidangan utama yang dikonsumsi. Selain itu, kheer juga bisa dibuat untuk acara-acara tertentu, seperti festival atau perayaan. Pada dasarnya, kheer adalah makanan penutup lezat yang bisa dinikmati kapan pun.

Tandoori

Hidangan dengan kapulaga lainnya adalah tandoori, yang merupakan jenis hidangan gurih. Tandoori merupakan hidangan daging yang diasinkan dengan yogurt, dan dimasak di atas api besar pada alat tradisional yang bernama tandoor. Daging akan dimasak di dalam oven tandoor, dengan suhu yang sangat panas hingga matang.

Dalam pembuatan tandoori, yogurt merupakan salah satu bahan penting untuk mengasinkan daging karena memiliki keasaman alami. Rasa yogurt plain yang ringan adalah jenis yogurt yang paling cocok digunakan untuk hidangan tandoori. Produk fermentasi susu ini juga memastikan bumbu dan rempah tetap terasa pada hasil akhirnya.

Setiap hidangan selalu menggunakan bumbu dan rempah, begitu pula dengan tandoori yang berasal dari India. Secara tradisional, tandoori dibumbui dengan rempah seperti bawang putih, cabai rawit, garam masala, ketumbar bubuk, dan jahe. Garam masala merupakan perpaduan rempah yang dipanggang dan dihaluskan termasuk kapulaga, cengkeh, jintan, kayu manis, lada hitam, dan pala.

Ciri khas dari hidangan dengan daging ini adalah warnanya, yang bisa berkisar dari warna merah hingga kuning. Hal ini dipengaruhi oleh bumbu yang digunakan. Sebagai contoh, warna merah dihasilkan oleh biji annatto tanah, sementara warna kuningnya berasal dari saffron, yang merupakan rempah termahal di dunia, tetapi saffron bisa digantikan dengan kunyit sebagai alternatif yang lebih terjangkau.

Tandoori memiliki banyak jenis, yaitu chicken tandoori, chicken tikka, chicken malai tikka, fish hariyali, tandoori aloo, dan tandoori prawn. Hidangan tandoori ini bisa dikonsumsi sebagai starter atau makanan pembuka, atau sebagai hidangan utama. Menikmati tandoori umumnya disajikan dengan roti naan atau roti pita, tetapi bisa juga dikonsumsi sebagai bahan dasar kari berbasis krim.

Biryani

Biryani atau biriani, beriani, atau briyani adalah hidangan berupa nasi asal Anak benua India, termasuk Pakistan, yang sarat dengan rempah-rempah. Biryani tak hanya berupa nasi (umumnya beras basmati), tetapi tambahan umum lainnya seperti telur, aneka daging termasuk daging sapi, kambing, ayam, ikan, udang, dan sayuran juga turut melengkapi hidangan ini.

Hidangan nasi ini begitu populer, yang menjadi makanan favorit terutama anak benua India. Biryani bahkan menjadi makanan pokok di banyak rumah tangga, karena biryani menyajikan porsi hidangan yang lengkap. Lauk pauk yang digunakan pada nasi biryani bisa sangat bervariasi di setiap daerah, yang memanfaatkan bahan makanan di sekitarnya.

Kota-kota pesisir di India memiliki sumber makanan yang berasal dari laut, sehingga jenis makanan laut seperti ikan atau udang bisa digunakan. Sementara daerah pedalaman biasanya menggunakan daging kambing atau ayam, dan bisa juga menggunakan daging sapi atau domba. Keistimewaan dari biryani adalah ia bisa dibuat menjadi hidangan vegetarian, meskipun secara tradisional, ia disajikan dengan daging.

Meskipun biryani dapat dibuat dengan berbagai jenis nasi seperti seeraga samba atau jeerakasala, nasi basmati berbulir panjang biasanya menjadi bahan utama yang digunakan. Biryani sarat akan rempah aromatic yang melengkapi hidangan, beberapa rempah termasuk cengkeh, daun salam koja, bawang Bombay, bawang putih, daun mint, jahe, jintan, kapulaga, kayu manis, dan ketumbar.

Hidangan ini dimasak dengan minyak samin, dan disajikan dengan bawang merah karamel, buah kering atau segar, kacang-kacangan, irisan lemon, hingga herba segar. Biryani juga umumnya disajikan dengan chutney dahi dan mirchi ka salan. Di antara banyaknya lauk yang menemani sajian biryani, Anda bisa mencicipi biryani ayam atau biryani kambing yang tersedia di Cairo Food.

Zafrani Pulao

Hidangan dengan kapulaga selanjutnya masih berasal dari India, yaitu zafrani pulao. Kata Zafrani berarti “dibumbui dengan saffron”, yang secara harfiah adalah hidangan nasi dengan saffron. Hidangan nasi dari India ini menggunakan beras yang umum digunakan di India, yaitu beras basmati. Ini juga dibuat dengan tambahan kacang dan saffron, sertta gula atau susu kental manis.

Zafrani pulao juga menggunakan rempah dan bahan lainnya termasuk cengkeh, daun salam, kapulaga, kayu manis, air, garam dan ghee. Perpaduan nasi dengan rempah-rempah aromatik ini menghadirkan rasa yang ringan, kaya akan rempah, dan juga sedikit manis karena adanya tambahan gula dan susu kental manis.
Nasi aromatik India ini cocok disantap sebagai menu makan malam, untuk menjamu tamu, atau dikonsumsi untuk menu berbuka puasa di bulan suci Ramadhan.

Selain itu, zafrani pulao juga umum disajikan pada perayaan festival Dipawali dan juga perayaan keagamaan seperti Idul Fitri. Ini dapat disajikan dengan kari India apa pun – terutama Paneer Butter Masala, Prawn Curry, atau Dal Makhani, atau bisa juga dengan ayam methi atau ayam kali mirch, dan hidangan favorit lainnya.

Tahri

Tahri atau yang juga disebut dengan tehri merupakan hidangan nasi asal negara bagian Uttar Pradesh, India. Hidangan nasi ini mirip dengan biryani dan pulao, tetapi tidak begitu populer seperti kedua hidangan nasi tersebut. Meski demikian, tahri merupakan hidangan vegetarian penting di Uttar Pradesh dan wilayah India Utara, serta terkenal terkenal di wilayah Awadh.

Hidangan nasi vegetarian tradisional ini kemungkinan besar dipengaruhi oleh cara pembuatan biryani di mana daging diganti dengan sayuran musiman, sementara proses memasak nasi dan sayuran secara bersamaan tanpa lapisan bumbu diduga terinspirasi dari pulao. Sayuran yang digunakan bisa berupa bawang bombay, tomat, potongan kedelai, dan kentang adalah salah satu versi tahri yang umum. Sayuran dimasak setengah dengan bumbu utuh dan bubuk, dadih, dan bawang goreng. Nasi mentah yang direndam ditambahkan dan dicampur dengan air sebelum dimasak di atas dum.

Proses pembuatan tahri ini menggunakan rempah terutama kunyit, jah, ghee, air, asafoetida, dan garam, serta bisa juga menggunakan kapulaga untuk menamah aromanya. Tahri biasanya disantap dengaan Vataka, atau sejenis perkedel goreng yang terbuang dari tepung gram hitam dan tepung beras yang dicampur dengan kunyit. Hidangan vegetarian tradisional ini memiliki beberapa jenis yang paling populer, termasuk Aloo ki Tahri, Veg Tahri.

Cheesecake

Cheesecake, mengacu pada makanan penutup populer di restoran di seluruh dunia, yang bisa menggunakan kapulaga. Cheesecake secara sederhana diterjemahkan sebagai “kue keju”, tetapi secara teknis ini bukanlah kue atau bolu, melainkan dikategorikan sebagai custard atau pai, di mana bahan pembuatan cheesecake seperti telur dan susu dipanggang atau dimasak dengan air panas, yang menyebabkan konsistensinya mengental.

Hidangan penutup ini berbahan dasar keju, susu, gula, dan telur. Meski umumnya dibuat menggunakan krim keju atau cream cheese, tetapi keju lainnya juga dapat digunakan, termasuk keju cottage, mascarpone, ricotta, neufchâtel, dan bahkan keju quark. Beberapa variasi resep cheesecake bahkan bisa menggunakan krim asam.

Sebagian besar resep cheesecake menggunakan kerak yang rapuh, yang terbuat dari biskuit atau biskuit graham yang dihancurkan. Sementara variasi cheesecake lainnya dibuat tanpa kerak, sehingga secara tampilan lebih mirip dengan pudding. Secara keseluruhan, cheesecake memiliki tekstur yang begitu lembut, dengan rasa yang sangat lezat, yang bisa berkisar dari rasa manis hingga tajam.

Cheesecake bisa dibuat dengan atau tanpa dipanggang, dan paling pas disajikan dalam keadaan dingin, dengan menyimpannya terlebih dahulu di lemari es sebelum disajikan. Sajian makanan penutup ini bisa diberi hiasan berupa krim kocok, buah segar seperti stroberi, dan lapisan gula. Selain itu, cheesecake biasanya menjadi lebih lezat dan lebih kaya sehari setelah dibuat, itulah sebabnya cheesecake banyak dibuat oleh juru masak sehari sebelum disajikan.

Cardamom Cookies

Cardamom cookies atau kue kering kapulaga ini merupakan camilan lezat, yang populer di negara-negara Skandinavia. Kapulaga memang seringkali digunakan pada aneka kue di Skandinavia, termasuk cardamom cookies. Di Iraq, terdapat pula cardamom cookies yang disebut shakar lama atau ghraybeh, yang terbuat dari kapulaga dan kacang almond.

Kue kering kapulaga ini berbahan dasar kapulaga, gula, tepung gandum utuh, tepung serbaguna, baking soda, mentega, kayu manis, dan telur. Secara tampilan, cardamom cookies mirip dengan Snickerdoodle yang terbuat dari kayu manis. Kue kering ini menghadirkan aroma dan rasa yang kaya dan kuat saat dipanggang, dan memiliki tampilan bintik-bintik. Kue ini memiliki pinggiran yang renyah dan lembut di bagian tengah untuk kombinasi tekstur yang bagus. Cardamom cookies bisa dinikmati dengan secangkir teh atau kopi, yang melengkapi hari-hari.

Chai Masala

Kapulaga merupakan rempah utama dalam pembuatan chai di India, salah satu jenis chai yang terkenal adalah chai masala. Ini adalah minuman berupa teh rempah, yang terbuat dari teh hitam dan dicampur dengan rempah-rempah aromatik khas India. Chai masala berasal dari anak benua India, dan saat ini popularitas chai masala kian meningkat, sehingga menjadi menu di setiap gerai minuman teh dan kopi.

Chai masala umumnya menggunakan teh hitam (black tea), dengan rempah-rempah berupa adas, cengkeh, kayu manis, dan kapulaga. Beberapa bahan lainnya termasuk gula dan susu juga menjadi inklusi yang umum. Chai masala telah menyebar di seluruh dunia, termasuk Malaysia dan Singapura, yang mengenal minuman ini dengan teh masala.

Di luar India, ini banyak ditemukan di restoran India. Teh dengan campuran rempah ini begitu harum dan nikmat, yang bisa dinikmati selagi hangat di waktu sarapan, atau pada saat sore hari, dengan rasa teh seperti jeruk, bunga dan manis. Anda bisa langsung membuat chai masala di rumah dengan membeli Chai Masala di Cairo Food.

Susu Kapulaga

Masak Enak Jadi Mudah

Selain berupa teh, kapulaga juga bisa ditambahkan ke dalam segelas susu hangat. Susu kapulaga terkenal di India, yang diambil dari kata Hindi untuk kapulaga (Elaichi), sehingga seringkali dikenal sebagai susu elaichi. Resep susu kapulaga memiliki banyak variasi, dan resep paling sederhana hanya mengandung sedikit susu, kapulaga, dan gula. Resep lain termasuk batang kayu manis, benang safron, madu, pala, kacang almond yang dihancurkan, dan rempah aromatik lainnya.

Susu elaichi atau kapulaga ini terutama dinikmati di India dan Pakistan, namun saat ini telah menyebar luas dan dinikmati di seluruh dunia karena dikenal memiliki manfaat yang luas, seperti membuat tidur malam lebih nyenyak, memperbaiki pencernaan, memerangi bakteri yang menyebabkan bau mulut, dan menyediakan antioksidan yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

Susu kapulaga lebih nikmat disajikan selagi hangat, dengan aroma kuat dari kapulaga akan membuat tubuh lebih bersemangat terutama jika diminum saat siang hari. Selain itu, susu elaichi ini juga paling tepat dinikmati saat malam hari, terutama karena manfaatnya yang bisa membuat tidur lebih nyenyak. Pada dasarnya, susu kapulaga ini merupakan minuman yang lezat sekaligus menyehatkan.

Kapulaga adalah rempah yang bisa digunakan untuk beragam masakan di seluruh dunia. Potensinya yang luas membuat kapulaga dapat digunakan pada banyak hidangan, termasuk minuman. Jika Anda ingin menggunakan kapulaga pada masakan, temukan di Cairo Food, yang menyediakan kapulaga hijau, kapulaga putih, dan kapulaga hitam. Dengan begitu, hidangan yang dibuat menjadi lebih istimewa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *