10 Manfaat Susu Jahe Bagi Kesehatan

Susu jahe adalah minuman yang berasal dari campuran susu murni dan serbuk ataupun potongan jahe. Susu jahe menghasilkan rasa yang khas dan hangat sehingga menjadi cara lain dalam menikmati beragam susu yang lebih segar dan tidak membuat eneg. Ini merupakan minuman yang familiar bagi masyarakat Indonesia. Susu jahe bisa ditemukan di warung kopi ataupun warung makanan yang berada di pinggir jalan. Susu ini selain menghangatkan tubuh disaat cuaca dingin juga dikenal sebagai minuman yang dapat meningkatkan imunitas tubuh. Berikut daftar manfaat dari susu jahe untuk menghangatkan maupun menjaga kesehatan secara umum.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Semua jenis susu pada dasarnya merupakan minuman yang kaya akan nutrisi mulai dari vitamin, protein, kalsium, hingga berbagai senyawa yang baik untuk kesehatan. Sementara jahe sendiri sudah lama dikenal sebagai rempah-rempah yang sangat baik untuk pengobatan herbal. Jahe bersifat anti-radang dan antioksidan karena kandungan senyawa bioaktif gingerol didalamnya. Kombinasi dari susu dan jahe akan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga mencegah penularan berbagai penyakit sekaligus mengurangi resiko dari infeksi bakteri patogen.

Menurunkan Inflamasi Dan Reaksi Alergi

Susu jahe pada dasarnya memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat. Hal ini menjadi alasan mengapa minuman ini dapat meredakan reaksi alergi terutama yang diakibatkan oleh peradangan. Untuk kasus yang lebih parah peradangan kronis tidak hanya menyebabkan alergi, namun memainkan peran utama dalam berbagai kondisi penyakit seperti Alzheimer, penyakit jantung, dan kanker sindrom metabolik.

Oleh sebab itu ada jenis diet yang menekankan pada senyawa anti-inflamasi untuk mengurangi resiko terjangkiti berbagai penyakit tersebut. Tak hanya itu, sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa efek anti-inflamasi dari susu dan jahe sebanding dengan obat farmasi tanpa efek samping. Efek anti-inflamasi ini ternyata juga dapat mengurangi nyeri sendi akibat peradangan dari penyakit osteoarthritis dan rheumatoid arthritis.

Meningkatkan Fungsi Otak

Susu jahe dikatakan dalam sebuah penelitian International Dairy Journal bahwa berperan penting untuk meningkatkan fungsi otak dan mencegah penurunan fungsi otak akibat usia, misalnya pikun. Susu jahe akan meningkatkan kadar faktor neurotropik yang diturunkan dari otak atau disebut BDNF. Faktor ini berupa senyawa yang akan membantu otak untuk membentuk koneksi baru dan mendukung pertumbuhan sel-sel otak. Tingkat BDNF yang rendah biasanya akan terkait dengan gangguan otak misalnya penyakit Alzheimer.

Jahe juga dikenal sebagai bahan yang mampu meningkatkan daya ingat sehingga akan mempertahankan kemampuan otak atau menjaga degradasi memori meskipun usia semakin bertambah. Akan tetapi penelitian lebih lanjut masih terus dilakukan untuk mengantisipasi efek samping dari susu jahe, terutama apabila difokuskan pada peningkatan fungsi otak.

Mencegah Kanker

Kanker disebabkan oleh pertumbuhan sel yang tidak diinginkan, sehingga menghasilkan gangguan pada fungsi tubuh. Untungnya kombinasi susu jahe dianggap sebagai minuman yang mampu mencegah resiko penyakit kanker. Hal ini dikarenakan kandungan omega-3 dalam susu organik yang akan menghambat penyebaran sel radikal bebas. Selain itu susu ini juga mengandung kalsium yang secara alami akan mengurangi resiko penyakit kanker usus besar.

Fungsi ini akan semakin meningkat jika menggunakan jahe sebagai pelengkapnya. Jahe juga menjadi bahan minuman yang memiliki sifat anti-kanker dengan kandungan 6-gingerol yakni zat yang mampu menghangatkan tubuh sekaligus bersifat antioksidan. Kandungan ini juga ditemukan dalam jumlah besar pada jenis jahe merah. Oleh sebab itu apabila anda ingin membuat susu jahe, maka menggunakan jahe merah akan menjadi alternatif yang lebih baik.

Melindungi Dari Penyakit Jantung

Bukan rahasia lagi bahwa penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di dunia. Susu jahe yang dikonsumsi secara rutin akan menurunkan tingkat penyakit jantung yang lebih rendah. Pada dasarnya sifat anti-inflamasi dan antioksidan pada susu dan jahe dapat melindungi tubuh dari kemungkinan terkena serangan jantung. Selain itu kandungan kalium yang tinggi di dalam susu organik akan membantu melebarkan pembuluh darah sehingga melancarkan peredaran darah ke jantung.

Fungsi tersebut akan menekan kemungkinan terkena penyakit stroke atau penyakit kardiovaskular lainnya. Hal ini juga didukung dengan kemampuan dari jahe yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida secara signifikan di dalam tubuh. Penurunan kadar kolesterol juga akan membantu menghindari penyumbatan kolesterol dalam darah. Fungsi dari ekstrak jahe ini setara dengan obat penurun kolesterol atorvastatin.

Meredakan Nyeri Sendi Dan Otot

Selain membantu pertumbuhan otot berkat kandungan asam amino esensial, susu jahe juga ternyata dapat meredakan nyeri sendi dan otot. Nyeri sendi dan otot biasanya terjadi akibat adanya peradangan. Oleh sebab itu dengan ekstrak dari jahe dan campuran susu murni akan mengurangi sakit pada bagian yang nyeri. Contoh peradangan yang bisa diredakan dengan susu dan jahe adalah osteoarthritis. Tak hanya itu, kabar baiknya susu dan jahe juga akan mencegah penyusutan massa otot sehingga akan membantu pertumbuhan otot yang lebih maksimal.

Meredakan Nyeri Menstruasi

Susu dan jahe dapat dikonsumsi ketika sedang menstruasi terutama bagi wanita yang mengalami nyeri akut. Sudah jelas bahwa nyeri saat menstruasi pada setiap wanita memiliki level keparahan tersendiri. Ada yang tetap bisa beraktivitas meski sedang mengalami nyeri, ada pula yang hingga harus mengonsumsi obat pereda nyeri demi mengatasi gangguan ini.

Solusi alami atas masalah tersebut juga bisa dengan mengonsumsi susu jahe 2 kali sehari. Minuman ini memiliki fungsi yang sama dengan obat pereda nyeri sehingga akan menekan sakit saat menstruasi. Ini adalah cara termudah sekaligus aman untuk membuat wanita tetap nyaman ketika menghadapi menstruasi.

Mengatasi Flu

Flu biasa dialami orang-orang ketika musim dingin tiba, daya tahan tubuh menurun, kelelahan maupun terkena hujan secara langsung. Meskipun flu memang cenderung tidak berbahaya, namun tentu saja terserang flu tidak membuat tubuh bisa beraktivitas seperti biasa. Oleh sebab itu flu perlu disembuhkan secepat mungkin. Kabar baiknya susu jahe hangat dapat membuat tubuh lebih rileks, memperkuat daya tahan tubuh dan mempercepat penyembuhan flu.

Mengurangi Gejala Morning Sickness

Susu jahe dapat mengurangi gejala mual dan muntah ketika hamil yang disebut sebagai morning sickness. Jahe menetralisir tubuh ibu hamil sehingga baik dikonsumsi ketika tengah mengalami kondisi ini. Morning sickness biasa terjadi pada trimester pertama kehamilan karena perubahan hormon sehingga disebut sebagai tanda-tanda kehamilan yang paling kentara. Lebih lanjut, manfaat susu jahe sama seperti teh herbal yang akan menekan mual dan membuat tubuh lebih rileks. Ibu hamil boleh mengonsumsi susu jahe dalam porsi yang wajar, yakni 1-2 gelas per hari. Hal ini dikarenakan jahe yang dikonsumsi secara berlebihan mungkin memperbesar resiko keguguran pada ibu hamil.

Mengatasi Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan biasanya terjadi akibat reaksi imun tubuh untuk melawan serangan dari bakteri atau infeksi. Sakit tenggorokan akan menyebabkan sulit menelan dan berbicara sehingga harus diatasi dengan cepat. Seperti yang sudah diketahui, jahe adalah rempah-rempah yang dapat melegakan tenggorokan. Sehingga tak heran jika jahe juga disarankan untuk dikunyah secara langsung, agar meredakan sakit tenggorokan dengan cepat. Namun jika anda tidak tahan dengan rasa pahit dan pedas dari jahe, maka bisa menikmati susu jahe hangat sebagai alternatif.

Membuat Susu Jahe

Susu jahe bisa dikonsumsi 1-3 kali sehari untuk meningkatkan sistem imun atau sekedar menghangatkan badan. Susu jahe dapat dibeli di warung atau pedagang minuman herbal, namun bisa juga dibuat sendiri di rumah. Susu jahe bisa dibuat dengan beragam variasi mulai dari varian original hingga dengan tambahan bahan tertentu. Susu jahe original dibuat dengan cara yang sangat mudah yaitu merebus potongan jahe lalu dicampurkan dengan susu organik.

Sebagai takaran, 1 cangkir air rebusan jahe perlu ditambahkan 2 cangkir susu. Potongan jahe ini juga bisa digantikan dengan penggunaan serbuk jahe asli.Selanjutnya susu jahe bisa juga dibuat dengan cara yang lainnya, misalnya dengan madu dan jeruk nipis. Pertama-tama rebuslah jahe yang sudah diiris tipis-tipis selama 20 menit. Rebusan ini bisa ditambahkan madu dan jeruk nipis untuk membuat jahe lebih kaya rasa.

Selain itu, rebusan jahe juga bisa ditambahkan dengan sereh, susu kental manis dan gula merah untuk membuat susu jahe yang lebih manis. Akan tetapi penggunaan susu kental manis tidak disarankan terlalu berlebihan karena kandungan gula yang cukup tinggi sehingga tidak baik untuk kesehatan.

Pada akhirnya variasi susu jahe sebenarnya tidak terbatas karena bisa ditambahkan dengan berbagai rempah dan bahan lain tergantung selera individu, mulai dari penggunaan jahe merah, cengkeh, kapulaga hingga telur mentah. Hal yang perlu diingat bahwa tetap memperhatikan keseimbangan nutrisi dan manfaat dari susu jahe yang dibuat. Pastikan tidak menggunakan pemanis terlalu banyak, serta memilih bahan-bahan segar dan tidak terkontaminasi bakteri.

Demikian informasi mengenai manfaat susu jahe bagi kesehatan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *