10 Manfaat Luar Biasa Dari Biji Semangka

Mengonsumsi buah semangka di siang terik memang sangat menyegarkan. Namun sebagian orang akan menganggap mengonsumsi semangka cukup merepotkan karena selain berair, kita juga perlu meluangkan waktu untuk memilah dan membuang biji semangka. Hampir semua orang pasti akan membuang biji semangka ketika mengonsumsinya karena dianggap tidak layak dimakan. Padahal biji semangka bisa diolah kembali dan dikonsumsi langsung layaknya cemilan yang menyehatkan. Simak penjelasannya sebagai berikut.

Kandungan Gizi

Biji semangka yang kecil dan berwarna hitam ini ternyata menyimpan sejumlah nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan. Setidaknya biji semangka merupakan sumber dari dua jenis mineral baik yaitu zat besi dan magnesium yang penting bagi kelangsungan fungsi tubuh. Untuk pemahaman lebih lanjut, dalam 1 ons (28,35 gram) biji semangka memiliki kandungan gizi sebagai berikut:

  • Kalori: 158
  • Protein: 8 gram
  • Lemak: 13,3 gram
  • Karbohidrat: 4,34 gram
  • Kalsium: 15,3 mg
  • Zat besi: 2,06 mg
  • Magnesium: 146 mg
  • Fosfor: 214 mg
  • Kalium: 184 mg
  • Seng 2,9 mg
  • Folat: 16,4 mcg
  • Vitamin C: 1,8 mg

Cara Mengonsumsi Biji Semangka

Dengan melihat kandungan gizi di atas, maka biji semangka akan sangat disayangkan apabila dibuang. Bila tidak terlalu suka mengonsumsi biji semangka dalam keadaan mentah, maka bisa mencoba kuaci semangka. Kuaci semangka artinya mengolah biji ini dengan cara dipanggang. Rasanya akan sangat mirip dengan biji bunga matahari yang banyak disukai orang.

Pertama-tama, biji semangka dipisahkan dari buahnya lalu dikumpulkan terlebih dahulu. Kemudian biji semangka dipanggang pada oven atau microwave dengan tingkat kematangan seperti biji bunga matahari atau biji labu panggang. Biasanya suhu yang digunakan 162 derajat Celcius selama 15 menit. Selama proses pemanggangan, biji semangka dapat diaduk dan diratakan untuk membuat biji ini renyah dan matang secara keseluruhan.

Beberapa orang suka menambahkan sedikit minyak zaitun dan garam untuk membuat biji semangka gurih seperti kuaci. Sementara bagi anda yang lebih suka rasa manis dapat menaburkan bubuk kayu manis dan sedikit gula pasir di atas biji semangka. Jenis pemanis lain juga bisa ditambahkan untuk membuat biji semangka sesuai dengan selera anda.

Tak hanya itu, bagi pecinta makanan dengan kombinasi rasa gurih, pedas dan segar, maka dapat juga menambahkan perasan jeruk nipis, garam, dan bubuk cabai selama proses pemanggangan. Dengan cara ini biji semangka dapat dinikmati sebagai cemilan ringan yang menyehatkan.

Baru-baru ini diketahui juga bahwa biji semangka dalam jumlah banyak dapat diekstrak untuk dijadikan minyak biji semangka. Biasanya minyak ini digunakan secara topikal untuk berbagai tujuan kesehatan dan perawatan.

Manfaat Biji Semangka

Tidak perlu khawatir dengan mitos yang beredar bahwa mengonsumsi biji semangka akan membuat semangka tumbuh di dalam perut. Karena faktanya biji semangka justru sangat menyehatkan dengan beragam manfaat sebagai berikut.

Sumber Magnesium Yang Baik

Biji semangka mengandung kalsium yang tinggi sehingga dipastikan dapat mendukung proses metabolisme tubuh. Metabolisme yang baik akan mengubah makanan menjadi energi. Metabolisme ini didukung pula dengan kandungan magnesium yang tinggi di dalamnya. Magnesium juga diperlukan untuk menjaga fungsi saraf dan otot, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menyehatkan jantung, dan menjaga kesehatan tulang.

Sebagai informasi, 4 gram biji semangka terdapat 21 mg magnesium. Artinya biji semangka telah memenuhi 5 persen dari magnesium yang dibutuhkan oleh tubuh. Sementara itu, orang dewasa dianjurkan untuk mengonsumsi magnesium sebanyak 320 gram per hari.

Dikarenakan biji semangka biji belum memenuhi kebutuhan magnesium harian, maka nutrisi ini dapat diperoleh dari sumber pangan lain. Magnesium diketahui dapat membantu menurunkan inflamasi kronik, tekanan darah tinggi, meredakan rasa cemas, dan mengatasi gangguan tidur.

Menjaga Kekebalan Tubuh

Biji semangka dikemas oleh beragam nutrisi yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh seperti zat besi, vitamin B, dan magnesium. Seluruh gizi tersebut memiliki kaitan langsung terhadap sistem kekebalan tubuh termasuk meminimalisir infeksi, mempercepat penyembuhan penyakit, serta melindungi tubuh dari reaksi alergi yang berlebihan.

Biji semangka dapat dikonsumsi setiap hari tanpa efek samping. Segenggam biji semangka juga dapat meningkatkan kadar energi di dalam tubuh berkat kandungan zat besi di dalamnya, sehingga akan meredakan kelelahan yang berlebihan. Ini didukung dengan keberadaan asam amino L-citrulline yang berfokus pada penanganan kelelahan.

Mencegah Komplikasi Diabetes

Asam amino di dalam biji semangka dapat mencegah komplikasi dari penyakit diabetes. Nutrisi ini bekerja dengan cara merilekskan dan melebarkan pembuluh darah sehingga akan menekan stres oksidatif. Dalam sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Applied Sciences and Environmental Management, menjelaskan bahwa biji semangka dapat dipakai untuk mencegah komplikasi pada diabetes jika dikonsumsi setelah diekstrak.

Tak hanya itu, untuk memperoleh manfaat kesehatan ini, altenatif lainnya bisa dilakukan dengan mencampurkan biji semangka ke dalam teh hangat. Segenggam biji semangka dapat dipadukan ke dalam 4 cangkir air lalu dididihkan selama 45 menit sembari menutup panci rebusan. Air rebusan ini bisa didiamkan hingga agak digin, lalu diminum seperti teh herbal.

Menjaga Berat Badan Ideal

Alasan biji semangka dapat menurunkan berat badan karena kandungan kalori di dalamnya yang rendah dan kandungan lemak baik yang menyehatkan. Dalam segenggam biji semangka atau sekitar 4 gram hanya mengandung 23 kalori. Oleh sebabnya biji semangka dapat menjadi cemilan menyehatkan di kala sedang diet.

Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat selanjutnya dari biji semangka adalah dapat mencegah penyakit jantung. Hal ini didasari oleh kandungan mineral dan elektrolit yang dapat meningkatkan kesehatan jantung. Salah satu mineral di dalamnya adalah kalium, yakni nutrisi yang membantu menjaga kestabilan cairan dan volume darah, mengatur tekanan darah sekaligus melindungi diri dari kemungkinan stroke dan penyakit jantung.

Sekali lagi, magnesium juga memberikan kontribusi besar untuk mendukung fungsi jantung dengan mencegah tubuh kehilangan kalium. Lebih lanjut, magnesium juga berperan dalam menurunkan tekanan darah, sehingga melindungi tubuh dari penyakit kardiovaskular seperti kematian jantung mendadak, heterosklerosis, dan aritmia vrentikal.

Memenuhi Kebutuhan Zinc Harian

Pada dasarnya biji semangka adalah sumber mineral yang baik termasuk zinc. Dalam 1 ons biji semangka mengandung sekitar 26 persen zinc yang dibutuhkan oleh tubuh setiap hari. Zinc adalah nutrisi penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, mendukung sistem pencernaan dan saraf tubuh, dan membantu pertumbuhan kembali dari pembelahan sel.

Tak hanya itu, zinc juga memberikan manfaat luar biasa lain, termasuk membantu menyembuhkan luka hingga mampu menjaga indera pengecap dan penciuman. Meskipun zinc dibutuhkan dalam jumlah kecil, namun perannya yang komprehensif dalam tubuh membuat seseorang tidak boleh kekurangan zinc. Oleh sebabnya zinc bisa diperoleh dengan suplemen zinc atau makanan yang kaya akan zinc, termasuk biji semangka.

Menjaga Kesehatan Otak

Magnesium dalam biji semangka memiliki kontribusi besar untuk menyehatkan otak. Ini dapat membantu meningkatkan daya ingat dan melawan pengurangan memori yang disebabkan oleh usia lanjut. Dikaitkan dengan sebuah penelitian, kandungan magnesium yang cukup di otak dapat meningkatkan daya ingat dan mempercepat proses penyerapan hal baru.

Sementara kadar magnesium yang rendah justru mengakibatkan penyakit Alzheimer. Selain itu, biji semangka juga mengandung vitamin B niasin yang penting untuk menjaga kesehatan saraf otak. Biji semangka adalah sumber pangan yang kaya vitamin B. Nutrisi ini dapat menjaga otak dan sistem saraf untuk menjaga mental tetap sehat. Tidak bisa dipungkiri bahwa kesehatan otak berkolerasi positif dengan kondisi mental seseorang. Oleh sebabnya nutrisi di dalam biji semangka juga bisa meminimalisir gangguan mood hingga demensia.

Meningkatkan Kesuburan Pria

Manfaat selanjutnya dari biji semangka dapat menjaga sistem reproduksi pria. Hal ini dikarenakan zinc yang dikandung pada biji semangka berperan besar dalam sistem reproduksi pria dengan menunjukkan aktivitas positif ditingkat molekuler. Suplemen zinc sudah lama dikenal juga sebagai ramuan untuk meningkatkan kualitas sperma pria infertil. Oleh sebab itu, kekurangan zinc pada pria akan mengganggu kesuburannya. Tak hanya itu, biji semangka juga menawarkan manfaat kesuburan yang sama dari kandungan mangan yang sangat penting.

Meningkatkan Kesehatan Kulit

Tak disangka biji semangka yang sering dibuang ini justru dapat meningkatkan kesehatan kulit. Kandungan vitamin C dan antioksidan pada biji semangka membantu membersihkan kulit dari sel-sel kulit mati. Beberapa orang bisa mengekstrak biji semangka untuk menghasilkan minyak yang banyak digunakan pada berbagai produk kecantikan.

Indikasinya untuk mengobati jerawat dan tanda-tanda awal penuaan. Secara teknis, biji semangka membantu meningkatkan penampilan kulit sehat dengan magnesium yang tinggi. Manfaat ini dapat digunakan dalam gangguan kulit seperti eksim, kulit kering, dan gatal.

Dalam hal ini biji semangka bekerja sebagai pelembab kulit. Sementara dalam hal menghambat penuaan dini, biji semangka mengandung zinc yang mendorong pembentukan protein, pembelahan sel, dan perbaikan warna kulit.

Minyak biji semangka dapat menenangkan kulit dan mengontrol minyak berlebih. Berkat kandungan linoleic acid minyak unik ini bisa menjaga kelembapan dan kesehatan kulit. Kandungan linoleic acid sangat mudah menyerap pada kulit, sehingga mengantarkan manfaat hingga ke lapisan kulit terdalam.

Membantu Menguatkan Akar Rambut

Biji semangka dipenuhi oleh nutrisi protein, magnesium, zinc, dan tembaga yang dikenal sebagai nutrisi yang dibutuhkan untuk meningkatkan kekuatan rambut. Biji ini mampu memperkuat rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut, sehingga membantu mencegah rambut rontok atau rambuk rusak.

Tak hanya itu, biji semangka yang dipanggang mengandung tembaga yang membantu produksi melanin yakni pigmen yang memberikan warna pada rambut. Alhasil rambut menjadi bercahaya dan tidak kusam. Cara penggunaannya bisa dengan dikonsumsi langsung atau dijadikan minyak biji semangka untuk dioleskan pada rambut.

Setelah mengetahui manfaat luar biasa dari biji semangka, maka ketika mengonsumsi buah semangka anda tidak perlu repot-repot lagi untuk membuang bijinya. Langsung konsumsi saja biji semangka bersama dengan kesegaran buah semangka, atau bisa juga dikumpulkan terlebih dahulu untuk diolah menjadi cemilan dan minyak yang kaya akan manfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *