Mengenal Ajitama dan Cara Membuatnya

Popularitas ramen sudah begitu mendunia, yang berasal dari Jepang dan Tiongkok. Kelezatan ramen tak hanya terletak pada mi dan kuah kaldunya saja, tetapi bahan makanan yang menjadi tambahannya juga melengkapi setiap rasa hidangan, salah satunya adalah ajitama, atau telur ramen. Menyantap ramen tanpa ajitama tidaklah lengkap. Jika Anda belum mengetahui apa itu ajitama dan cara membuatnya, simak artikel berikut ini,

Mengenal Ajitama

Pertama-tama, penting untuk mengetahui apa itu ajitama sebelum mempelajari cara membuatnya. Singkatnya, ini adalah telur ramen yang dibuat dengan cara merebus telur. Meski sangat sederhana, ajitama sendiri begitu disukai karena rasanya. Nama ajitama sendiri berasal dari Ajitsuke Tamago atau Nitamago, dan banyak yang menyebutnya sebagai telur asin Ajitsuke Tamago.

Ajitama memiliki bahan dasar yang merupakan sarat umum dalam pembuatannya, yaitu telur berkualitas, shoyu, sake, dan mirin, tetapi beberapa bahan dapat digantikan. Sebagai contoh, Anda mencari alternatif yang halal untuk membuatnya, dan shoyu, mirin halal, dan air atau sirup jagung dapat digunakan dengan perbandingan (1:1:1) tanpa perlu adanya proses pemanasan.

Apapun Bumbunya, Tidak Pakai MSG

Bumbu-bumbu ajitama juga bisa divariasikan dengan rempah-rempah, seperti bawang putih, bunga lawang, jahe, atau bumbu lainnya. Anda harus memanaskan campuran tersebut agar bumbu tersebut dapat meresap dengan baik ke dalam cairan. Semua bumbu tersebut adalah sebagai marinade dari ajitama, sehingga rasanya lebih keluar saat disantap.

Ajitama atau ajitsuke tamago lebih dari sekadar telur rebus biasa. Ini memiliki kuning telur dengan kekentalan yang seperti selai, dengan rasa umami, manis, asin, dan kaya, yang berpadu dengan kelezatan ramen. Pada dasarnya, ajitama sering hadir sebagai bagian dari ramen, tetapi ia juga bisa dimakan sendiri sebagai camilan, atau dimasukkan sebagai bagian dari bento.

Lebih dari itu, ajitama begitu lezat dan serbaguna, Anda bahkan bisa menambahkannya ke dalam salad atau sandwich. Ia bahkan bisa dinikmati dengan sup atau hidangan utama sederhana. Di Jepang, telur rebus yang diasinkan ini juga sering direndam dalam campuran miso, sehingga memberikan rasa umami pada bagian putihnya.

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Ada 5 bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat ajitama. Bahan-bahan yang dibutuhkan memanglah sedikit, tetapi pemilihan serta cara membuatnya berpengaruh terhadap hasil akhir ajitama. Pertama, ajitama membutuhkan telur yang segar dan berkualitas, terutama saat Anda berencana membuat telur rebus.

Kecap asin atau shoyu dalam bahasa Jepang juga merupakan bahan yang penting karena ia menambahkan rasa umami pada hasil akhir telur ramen lezat ini. Untuk alternatif yang lebih sehat, Anda bisa menggunakan shoyu rendah sodium tanpa harus mengorbankan rasa. Ini juga bisa digantikan dengan kecap jamur, yaitu kecap hitam Tiongkok yang telah dicampur dengan rasa jamur jerami, memberikan rasa umami yang luar biasa di atas kecap hitam yang manis dan kaya rasa. Bahan selanjutnya adalah mirin, yaitu anggur beras manis Jepang yang menambahkan rasa umami dan menjadi dasar banyak saus Jepang. Sake dan gula juga diperlukan agar rasanya lebih gurih, manis, dan kaya.

Cara Membuat Ajitama

Rebus Telur

Cara membuat ajitama yang pertama tentulah dengan merebus telur. Meski Anda bisa merebus dengan air dingin, tetapi air panas lebih disarankan karena ia tak perlu ditunggu hingga mulai mendidih. Air panas juga cenderung lebih konsisten daripada menggunakan air dingin. Selain itu, merebus telur dengan sempurna adalah hal yang dibutuhkan.

Dalam membuat ajitsuke tamago atau telur ramen, ia harus dibuat hingga bagian putihnya benar-benar matang, sekaligus menjaga kuning telurnya tetap cair, lembut, berwarna emas, dan tetap hangat. Cara untuk merebus telur dengan sempurna adalah memperhatikan suhu. Ingatlah bahwa putih telur mulai mengeras pada suhu sekitar 155°F (68°C), sementara kuning telur akan mengeras pada suhu 158°F (70°C). oleh karena itu, rebuslah telur sampai seluruh putih telur mencapai suhu setidaknya 155°F, tetapi sebelum kuning telur mencapai suhu 158°F.

Cara merebus telur tersebut memang tampak sederhana, tetapi yang sulit adalah berapa lama waktu yang dibutuhkan. Anda bisa merebus telur dengan interval dua menit mulai dari satu menit hingga 15 menit dan memotongnya menjadi dua. Lama waktu yang dibutuhkan saat merebus telur adalah lima menit 45 detik. Jika kurang dari waktu tersebut, misalnya lima menit, telur terlalu lunak, sementara dalam tujuh menit, telur menjadi terlalu keras. Untuk menjaga telur tetap empuk, sangat penting untuk tidak merebus telur terlalu lama, solusinya adalah dengan menjaga suhu air sekitar 190°F (88°C), dan ingatlah Anda tidak harus menggunakan air mendidih.

Tambahkan Cuka dan Garam saat Merebus Telur

Ada beberapa tips mengenai pembuatan ajitama, yaitu dengan menambahkan cuka dan garam sata merebus telur. Jika Anda memiliki metode khusus dalam memasak telur rebus, penambahan cuka dan garam selama proses perebusan telur akan mempermudah saat Anda mengupas telur. Ini bisa membuat kulit telur terkelupas dengan sempurna setiap saat.

Kupas Telur Rebus

Selama melalui proses perebusan, tahap selanjutnya yang harus dilakukan tentulah mengupas telurnya. Terkadang, mengupas telur menjadi sulit karena bagian dalamnya mudah ikut terkelupas, sehingga tidak menghasilkan telur yang terkelupas dengan sempurna. Selain menambahkan cuka dan garam, Anda bisa mencelupkan telur ke dalam penangas es agar pemasakan segera berhenti, atau bisa juga menggunakan air es atau air dingin yang mengalir.

Cara termudah untuk mengupas telur adalah dengan memecahkan kulit telur secara perlahan dari atas ke bawah. Kemudian mulai dari bagian bawah (ujung yang lebih lebar) telur saya mulai mengupas cangkangnya sedikit demi sedikit. Anda bisa mencoba mengupasnya di bawah air mengalir agar lebih mudah terkelupas. Ajitama memang harus terkelupas dengan sempurna dan memastikan permukaan telur halus karena alasan estetika.

Buat Bumbu Marinasi

Seperti yang telah disebutkan bahwa ajitsuke tamago atau ajitama memerlukan bumbu marinasi agar menghasilkan rasa umami yang kaya. Dalam hal ini, bumbu marinasinya tak perlu dimasak. Yang harus dilakukan hanyalah memasukkan semua bahan ke dalam wadah dan mengaduknya hingga tercampur.

Saat membuat bumbu marinasi, inilah waktu yang tepat untuk menambahkan bumbu aromatik agar menambahkan rasa. Anda bisa menambahkan bumbu seperti bawang putih, bunga lawang, cabai, jahe, dan lainnya. Anda harus memanaskan campuran mirin kecap agar menambah rasa. Biarkan campuran yang sudah dipanaskan mendingin hingga mencapai suhu ruang sebelum Anda menambahkan telur.

Rendam Telur dalam Bumbu Marinasi

Setelah proses perebusan telur dan pembuatan bumbu marinasi selesai, cara membuat ajitama yang selanjutnya adalah merendam telur ke dalam bumbu marinasi. Anda harus menyiapkan wadah yang cukup untuk merendam telur ke dalam bumbu, namun ada beberapa yang menjadi catatan. Telur rebus cenderung lebih ringan daripada telur asin manis, sehingga saat direndam dalam cairan, ia akan mengapung ke atas dan menyembul keluar. Ini tentunya membuat marinasinya tidak merata. Restoran biasanya memiliki perangkat bertautan yang dimaksudkan untuk menahan telur di bawah cairan saat diasinkan. Koki rumahan mengatasi masalah ini melalui metode lain.

Salah satu teknik umum yang bisa dilakukan adalah memasukkan telur dan bumbu marinasi ke dalam kantong plastik beritsleting, dan keluarkan semua udara di dalamnya dengan berhati-hati, agar cairan menyebar ke seluruh telur. Ini adalah cara efektif, tetapi memang sedikit rumit dan agak berantakan.

Cara lainnya adalah menutupi bagian atas wadah dengan handuk kertas. Benda tersebut bisa digunakan karena handuk bisa menyerap cairan ke atas dan ke sekeliling telur, dan memastikan semua sisi terkena bumbu secara merata. Menggunakan handuk kertas juga bisa dilakukan untuk resep lainnya, misalnya saat merendam sayuran dalam cairan pengawet, atau yang lainnya.

Biarkan telur ramen terendam selama minimal 2 jam, namun Anda juga bisa membiarkannya terendam selama 12 jam hingga 24 jam. Jika Anda ingin merendamnya lebih lama, disarankan untuk menambahkan sedikit air ke dalam bumbunya. Hal ini untuk mengencerkan rasa asin pada kecap karena mungkin ada yang menganggapnya terlalu asin.

Jika ingin menyimpan ajitama selama beberapa jam, dinginkan telur ramen dalam lemari es. Ajitama tetap terasa lezat apa pun suhunya, baik itu di lemari es, suhu ruang, atau bahkan saat dihangatkan. Ajitama yang didinginkan akan menghangat dalam semangkuk ramen tanpa membuat kuning telur jammy terlalu matang.

Jangan Memarinasi Telur Secara Berlebihan

cek ratusan koleksi lainnya

Tak jarang orang yang berpikir bahwa semakin lama proses perendaman suatu bahan dalam bumbu marinasi, maka hasilnya akan membumbui setiap lapisan makanan dengan sempurna. Sayangnya, ini tidak selalu berlaku pada semua jenis makanan, misalnya dalam kasus ajitama. Bumbu marinasi memang sangat bagus untuk membumbui lapisan luar makanan, tetapi membiarkan makanan Anda terlalu lama berada di dalam bumbu marinasi dapat menyebabkan kerusakan kimiawi pada teksturnya.

Jika direndam terlalu lama, semua bagian baik itu putih dan kuning telur, seluruhnya akan menjadi keras seluruhnya. Makan telur ini juga cukup tidak enak. Bagian putih telurnya keras, kering, dan sangat kenyal, sedangkan bagian kuning telur yang sudah diawetkan akan mengeras, lengket, kenyal, dan teksturnya hampir seperti fudge, dengan rasa yang tidak enak. Ini tentunya bukan apa yang diharapkan saat membuat ajitama.

Proses perendaman ajitama dalam bumbu marinasi tak perlu dilakukan terlalu lama, cukup rendam minimal 2 jam, dan maksimal 24 jam, dan jangan lebih dari batas waktu tersebut, Beberapa jam dalam rendaman saja sudah cukup untuk mendapatkan telur dengan rasa manis-asin yang nikmat di lapisan luarnya. Rasanya juga cukup kuat untuk membumbui setiap gigitan, meski hanya menembus satu atau dua milimeter.

Mengetahui lebih lengkap mengenai ajitama dan cara membuatnya adalah hal yang menyenangkan, karena kita bisa mengetahui bahwa meski tampak sederhana, proses merebus telur bisa sedikit kompleks namun menghasilkan cita rasa yang lezat. Dengan demikian, Anda pun bisa membuat ajitama kapan pun Anda mau. Kenali aquafaba dan cara membuatnya pada link berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *