Manfaat Beras Basmati Bagi Kesehatan

manfaat beras basmati bagi kesehatan
manfaat beras basmati bagi kesehatan

Beras basmati termasuk salah satu jenis beras long grain yang paling terkenal dan populer di banyak negara di dunia. Meskipun berasal dari India, namun beras ini diekspor ke berbagai negara termasuk di Indonesia. Beras basmati memiliki banyak manfaat dan kelebihan dibandingkan beras lainnya seperti memiliki panjang dan aroma yang berbeda. Selain juga sifatnya yang tidak lengket seperti jenis beras lainnya, beras basmati mampu menyerap air lebih banyak. Beras Basmati berasal dari India dan belum dibudidayakan ditempat lain, hal ini menjadikannya sangat unik terjaga dari sisi kualitasnya.

Secara umum terdapat dua jenis beras basmati, yaitu putih dan coklat. Jenis beras ini sangat berbeda dari yang lain, karena mengandung vitamin dan mineral, serat, karbohidrat, protein, serta memiliki lebih sedikit lemak daripada jenis beras lainnya.

Kandungan Gizi Beras Basmati

Rahasia masakan lebanon autentik

Satu mangkuk beras basmati  yang sudah dimasak (163 gram) terdiri dari

  • Kalori : 210
  • Protein : 4,4 gr
  • Lemak : 0,5 gr
  • Karbohidrat : 45,6 gr
  • Serat : 0,7 gr
  • Sodium : 399 mg
  • Asam Folat : 24% DV (Daily Value)
  • Thiamine : 22% DV
  • Selenium : 22% DV
  • Niacin : 15% DV
  • Tembaga : 12% DV
  • Zat besi : 11% DV
  • Vitamin B6 : 9% DV
  • Zinc : 7% DV
  • Fosfor : 6% DV
  • Magnesium : 5% DV

Dari kandungan gizi tersebut, maka beberapa manfaat beras basmati bagi kesehatan termasuk diantaranya :

Bagus Dikonsumsi Penderita Diabetes

basmati untuk penderita diabetes
basmati untuk penderita diabetes

Beras Basmati dinyatakan baik dan aman bagi penderita diabetes karena memiliki Indeks glikemik paling rendah dibandingkan semua jenis beras yang ada. Beras basmati juga rendah akan senyawa arsenik yang berbahaya bagi kesehatan. Arsenik yang rendah membuat beras basmati bermanfaat untuk mencegah penyakit diabetes, penyakit jantung hingga kanker. Hal ini menjadikan beras basmati opsi dan pilihan yang tepat bagi para pasien dari penyakit tersebut.

Beras Basmati Baik Untuk Diet

basmati untuk diet
basmati untuk diet

Makanan yang kaya akan serat dapat mengurangi nafsu makan Anda, serta menghambat jumlah lemak yang diserap oleh tubuh, dan juga memberi rasa kenyang yang lebih cepat. Dalam hal ini beras basmati mengandung jumlah amilosa yang tinggi, dimana amilosa adalah jenis karbohidrat yang lebih sulit dicerna bagi tubuh manusia. Amilosa bekerja dengan fungsi yang sama seperti serat sehingga beras basmati bisa digunakan sebagai beras untuk diet. Hal ini bisa menjadikan anda mengurangi atau bahkan berhenti ngemil karena merasa kenyang lebih lama. Jadi dengan mengkonsumsi beras jenis Basmati, maka bisa membantu diet anda karena dapat memberikan energi yang lebih banyak serta mengontrol nafsu makan.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

basmati untuk kesehatan jantung
basmati untuk kesehatan jantung

Beras basmati memiliki kadar lemak jenuh yang paling rendah dibandingkan dengan jenis beras lainnya. Seperti kita ketahui bahwa lemak jenuh memang tidak baik bagi jantung, tapi bayangkan jika anda bisa mengkonsumsi makanan dengan kandungan lemak jenuh terendah, tentu hal ini adalah opsi terbaik. Juga dikarenakan beras Basmati memiliki banyak kandungan serat, sehingga dapat memperlancar sistem kardiovaskular jika dikonsumsi secara teratur.

Disisi lain, beras basmati juga mengandung banyak lemak tak jenuh yang baik bagi kesehatan tubuh karena lemak tidak jenuh dapat membantu melindungi terhadap pembekuan dan masalah kesehatan lainnya yang terjadi di dalam arteri.

Studi ilmiah juga menemukan bahwa asupan harian serat yang baik setiap hari, dapat melindungi jantung dari penyakit mematikan.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

basmati untuk pencernaan
basmati untuk pencernaan

Kadar air dalam saluran pencernaan dapat dengan mudah dipertahankan selama Anda rutin mengonsumsi jumlah serat secara normal. Beras basmati memiliki serat larut yang dapat membantu gerak kotoran dalam perut dan usus sehingga pembuangan kotoran bisa menjadi lancar.

Apapun Bumbunya, Tidak Pakai Pengawet

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengurangi asupan serat bisa menyebabkan sembelit, serta masalah pencernaan lainnya.

Mampu Mencegah Pembentukan Sel Kanker

Beras basmati memiliki kandungan serat lebih banyak dari beras jenis lainnya sekitar 20%. Hal ini dapat membantu mencegah pembentukan sel kanker dikarenakan ini adalah salah satu manfaat dari serat. Hampir semua jenis kanker bisa dicegah asalkan serat dikonsumsi secara rutin, khususnya kanker pencernaan dan kanker payudara.

Serat pada beras basmati terutama dikaitkan dengan pencegahan  kanker kolorektal. Menurut ahli kesehatan, mengonsumsi beras basmati setiap hari dapat membantu mengurangi risiko kanker sekitar 17%.

Baik Untuk Menurunkan Tekanan Darah

basmati menurunkan tekanan darah
basmati menurunkan tekanan darah

Jika dikonsumsi secara teratur, beras basmati jenis coklat dapat membantu menurunkan, tekanan darah karena magnesium dan potassium yang dimiliki oleh beras jenis ini.

Beras basmati mengandung magnesium dan potassium, keduanya telah terbukti dalam studi ilmiah untuk mengurangi tekanan darah jika dikonsumsi dalam dosis reguler hingga tinggi setiap hari.

Kalium dan magnesium keduanya bekerja dengan cara yang sama, dengan merelaksasi dinding pembuluh darah, yang pada gilirannya menyebabkan tekanan darah yang lebih rendah. Seiring waktu, orang yang didiagnosis dengan hipertensi mungkin telah mengurangi gejala tekanan darah tinggi jika mereka makan beras basmati secara teratur.

Membantu Menjaga Kesehatan Otak

Beras basmati mengandung vitamin yang disebut tiamin, yang biasa disebut sebagai “vitamin otak”. Tidak hanya memiliki kemampuan untuk meningkatkan konsentrasi dan memori, tetapi dapat membantu fungsi positif dari sistem saraf dan meningkatkan keseluruhan mental positif.

Selain itu, uji coba dan penelitian telah menemukan bahwa kadar tiamin sangat penting dalam mencegah timbulnya penyakit Alzheimer dan demensia. Dalam satu studi, tiamin ditentukan sebagai bantuan positif dalam mengobati pasien dengan Alzheimer, dan dengan mengkonsumsi setiap hari maka dapat mengurangi gejala pada pasien dengan penyakit ini.

Bumbu Terbaik Untuk Masakan Ternikmat

Makan nasi basmati dapat mencegah penyakit serius serta meningkatkan memori dan ketajaman Anda setiap hari.

Sebagai Sumber Energi Yang Bagus

basmati sebagai sumber energi
basmati sebagai sumber energi

Karbohidrat pada dasarnya adalah bahan bakar yang membuat tubuh bergerak setiap hari. Tanpa asupan karbohidrat yang tepat, kita tidak akan bertahan. Beras basmati kaya akan karbohidrat kompleks, yang dapat meningkatkan fungsi metabolisme dalam tubuh. Jika Anda sama sekali tidak memiliki energi, itu mungkin karena Anda tidak mendapatkan cukup karbohidrat, karena merekalah adalah yang memberikan energi kepada sel.

Karbohidrat menyediakan fungsi penting untuk sistem saraf dan aktivitas otak. Inilah sebabnya mengapa ahli diet menyarankan bahwa setidaknya 50% dari asupan kalori harian Anda seharusnya adalah karbohidrat.

Beras basmati mengandung karbohidrat sehat yang akan meningkatkan energi Anda dan membantu Anda menyelesaikan tugas sehari-hari tanpa merasa lesu dan lemah sepanjang hari. Tak ada salahnya menjadikan beras basmati sebagai makanan pokok untuk menunjang aktivitas harian anda menjadi lebih bersemangat.

manfaat beras basmati bagi kesehatan
manfaat beras basmati bagi kesehatan

Memang seperti kita ketahui bahwa beras basmati harganya cukup mahal di Indonesia karena termasuk beras dan barang Import, tapi jika dibandingkan dengan manfaatnya, tentu wajar jika kita sedikit berkorban untuk mendapatkannya. Jika anda tertarik membeli beras basmati asli yang diimport langsung, maka anda bisa membelinya melalui Cairo Food. Cairo Food menyediakan beras basmati dengan kualitas premium dan terdiri dari berbagai ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda.

masak 2 kg daging fajitas

Leave a Reply

Your email address will not be published.