Apa Yang Dimaksud Dengan Gizi Seimbang?

Gizi seimbang adalah sususan makanan yang dikonsumsi sehari-hari dengan kandungan gizi dalam jenis dan takaran disesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Penyesuaian tersebut dilakukan dengan prinsip keanekaragaman atau variasi makanan serta aktivitas fisik dan proporsi tubuh masing-masing.

Di Amerika Serikat dan beberapa negara di dunia menggunakan piramida gizi seimbang untuk memetakan apa yang dimaksud dengan gizi seimbang. Daftar makanan atau takaran yang dituliskan pada piramida ini, kemudian disesuaikan lagi dengan budaya dan pola makan setempat.

Tentang Gizi Seimbang

Di Indonesia para pakar gizi bergabung bersama dengan penulis di bawah naungan Yayasan Institut Danone Indonesia (DII). Komunitas ini mengadaptasi piramida makanan namun disesuaikan dengan budaya Indonesia. Mulai dari visualisasinya, piramida ini diubah menjadi bentuk tumpeng, yang kemudian disebut sebagai Tumpeng Gizi Seimbang.

Tumpeng Gizi Seimbang memuat empat prinsip gizi seimbang yang disesuaikan dengan kebutuhan, kebersihan, aktivitas fisik, dan berat badan ideal untuk setiap individu. Dalam visualisasi Tumpeng Gizi Seimbang terdapat satu potongan besar, dua potongan kecil, dan di puncak terdapat potongan terkecil.

Pada masing-masing potongan tersebut, ukurannya mencerminkan jumlah atau porsi makanan yang harus dikonsumsi setiap orang per hari. Bagian paling dasar dari Tumpeng Gizi Seimbang dialasi oleh air mineral, yang menunjukkan bagian terbesar sekaligus kebutuhan utama bagi kehidupan orang, untuk dapat dikatakan sehat.

Setelah kebutuhan air mineral, diatas potongan tumpeng tersebut terdapat makanan pokok yang menjadi sumber karbohidrat dan energi. Makanan ini sangat dianjurkan dikonsumsi minimal 3-8 kali (porsi) sehari. Tepat di atasnya terdapat sayur dan buah yang menjadi pendukung sistem metabolisme tubuh. Golongan ini merupakan sumber vitamin dan mineral.

Dalam bentuk tumpeng gizi seimbang, bagian sayur dibuat lebih besar dibandingkan buah untuk menekankan seberapa penting jenis makanan tersebut. Sayur dianjurkan dikonsumsi sebanyak 3-5 porsi sehari, sementara buah sebaiknya dimakan sebanyak 2-3 porsi setiap hari.

Selanjutnya, potongan pada tingkat ketiga merupakan makanan yang mengandung protein, yang membantu menjaga fungsi sel dan jaringan di dalam tubuh, sekaligus memperbaiki jaringan tubuh yang mengalami kerusakan. Makanan yang termasuk dalam golongan ini antara lain daging, ikan, telur, susu, tempe, dan produk olahan susu seperti keju dan yoghurt.

Pada lapisan terakhir yang menempati puncak Tumpeng Gizi Seimbang, menunjukkan peran bahan makanan pada golongan ini tidak terlalu signifikan. Meski hanya bagian kecil, namun jika tidak dipenuhi, dalam jangka panjang juga akan mengganggu kesehatan. Bagian tumpeng terkecil ini merupakan minyak, gula, dan garam yang sebaiknya dikonsumsi seperlunya.

Sementara alas yang menjadi piringan tumpeng juga memberikan makna lain pada kebutuhan gizi seimbang. Dalam lapisan ini gizi seimbang harus dilengkapi dengan olahraga teratur, menjaga kebersihan, dan memantau berat badan. Selain itu, anjuran ini juga disesuaikan dengan kelompok umur, status kesehatan, aktivitas yang dilakukan, serta riwayat penyakit yang ada sehingga perlu adaptasi dengan kondisi masing-masing orang.

Perbedaan Gizi Seimbang Dengan Empat Sehat Lima Sempurna

Terdapat beberapa perbedaan utama dengan konsep empat sehat lima sempurna yang dipopulerkan olah bapak gizi Indonesia, Prof. Poerwo Soedarmo. Empat sehat lima sempurna dicetuskan tahun 1952, namun saat ini sudah tidak digunakan lagi dan disempurnakan dengan konsep gizi seimbang.

Makna Konsep

Konsep Empat Sehat Lima Sempurna, sangat sederhana dan spesifik. Makanan yang direkomendasikan dalam konsep ini adalah nasi, lauk pauk, sayur, buah, dan susu yang dianggap sebagai penyempurna makanan yang sehat. Jadi, dalam Empat Sehat Lima Sempurna tidak menjelaskan kandungan dan alternatif makanan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan ketersediaan pangan.

Sementara Gizi Seimbang lebih menekankan kandungan zat-zat gizi yang disusun menjadi makanan sehari-hari dengan jenis dan porsi yang bisa disesuaikan. Dalam pola makan gizi seimbang empat prinsip yang perlu diperhatikan adalah makanan beraneka ragam, pola hidup yang bersih, pentingnya olahraga, dan memantau berat badan.

Susu Bukan Penyempurna Makanan Sehat

Di dalam konsep Empat Sehat Lima Sempurna, susu sangat jelas dianggap sebagai minuman yang wajib dan menyempurnakan nutrisi di dalam makanan. Sementara dalam konsep Gizi Seimbang, susu dapat dikelompokkan ke dalam makanan lauk pauk karena mengandung protein dan beragam mineral.

Selain itu, dalam gizi seimbang tidak mengkonsumsi susu juga tidak menjadi masalah selama kebutuhan protein yang didapat dari telur, daging, ikan, dan kacang-kacangan sudah terpenuhi. Dengan kata lain gizi seimbang lebih fleksibel dan mudah diterapkan.

Porsi yang Berbeda

Empat Sehat Lima Sempurna tidak memuat informasi mengenai berapa piring makanan atau berapa porsi makanan yang dapat dikonsumsi dalam sehari. Sementara konsep Gizi Seimbang selain memasukkan porsi yang sebaiknya dikonsumsi, juga mengurutkan jenis makanan mana yang paling prioritas dan penting untuk kesehatan tubuh. Misalnya untuk makanan pokok seperti nasi, kentang, ubi, jagung, dan roti dapat dimakan 3-8 porsi sehari. Alasannya makanan ini menjadi sumber karbohidrat yang akan diolah tubuh untuk menjadi energi, sehingga wajib dipenuhi terlebih dahulu.

Pentingnya Minum Air Mineral

Sudah cukup jelas bahwa konsep Empat Sehat Lima Sempurna tidak membahas apapun terkait air mineral. Konsep ini dinilai terlalu sederhana dan kurang realistis. Padahal hakikatnya tubuh memerlukan air mineral sebagai gizi utama, untuk memastikan tubuh tetap sehat.

Hal ini berbeda dengan gizi seimbang yang sudah menjelaskan pentingnya air mineral dan anjuran meminum air sebanyak dua liter per hari. Konsep Gizi Seimbang menyampaikan pesan bahwa, air mineral merupakan hal pertama yang harus dipenuhi sebelum mengkonsumsi makanan bergizi lainnya.

Pentingnya Gizi Seimbang Untuk Kesehatan

Gizi seimbang berkorelasi positif dengan kondisi kesehatan tubuh. Hal ini berkaitan juga dengan pola makan dan variasi makanan yang dikonsumsi. Kualitas dan kuantitas makanan memperngaruhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh sebab itu, gizi seimbang penting untuk menjaga tubuh agar tetap sehat, aktif, dan terhindar dari berbagai penyakit kronis atau penyakit akibat kekurangan gizi.

Pentingnya gizi seimbang harus sudah dipenuhi sejak manusia berada di dalam kandungan, dan berlangsung selamanya untuk menjaga kesehatan. Mengabaikan pemenuhan gizi seimbang dapat menyebabkan malnutrisi atau gizi buruk yang akan menghambat pertumbuhan fisik dan mental seseorang. Gizi seimbang penting untuk mendorong kehidupan yang sehat dan berkualitas.

Kekurangan gizi menurut penelitian Center For Indonesian Policy Studies dapat menyebabkan beberapa penyakit malnutrisi. Pertama adalah penyakit gondok, yang disebabkan oleh kekurangan yodium dalam makanan. Gejala khasnya adalah pembengkakan pada kelenjar tiroid, dengan beberapa gejala khusus seperti lesu, lemah, metabolisme yang terhambat, dan sensitifitas terhadap udara dingin. Oleh sebabnya untuk memenuhi gizi seimbang dengan kadar yodium yang cukup, dapat mengkonsumsi garam dapur beryodium, telur, susu kedelai, susu sapi, dan kerang.

Berikutnya, penelitian yang sama juga menyebutkan bahwa kekurangan vitamin khususnya vitamin A dalam pedoman gizi seimbang akan mengganggu kesehatan mata, menurunkan daya tahan tubuh, hingga mengganggu perkembangan janin. Untuk memenuhi gizi ini anda dapat mengkonsumsi tomat, wortel, bayam, sereal, apel, pisang dan buah-buahan lainnya.

Sementara itu, gizi seimbang juga tidak boleh melupakan kebutuhan akan energi dan protein. Energi didapatkan dari karbohidrat dan lemak sehat yang terkandung di dalam makanan. Energi ini berperan penting untuk menjaga fungsi organ tubuh, dan mendorong kemampuan seseorang untuik beraktivitas. Sementara protein berfungsi untuk membentuk sel-sel dan jaringan tubuh. Dalam rangka memenuhi kedua gizi ini, pastikan anda mengkonsumsi kentang, beras, telur, ikan, dada ayam, dan jenis makanan sehat lainnya.

Menurut WHO seseorang dikatakan sehat apabila mental, fisik, dan kesejahteraan sosial dipenuhi dengan baik. Sementara hidup berkualitas diartikan sebagai kemampuan manusia dalam menjalankan perannya dan berinteraksi dengan sesama makhluk hidup. Maka memenuhi gizi seimbang, akan mewujudkan kehidupan manusia yang sehat dan berkualitas seperti kriteria-kriteria tersebut.

Diet Dengan Gizi Seimbang

Memutuskan untuk melakukan program diet tidak dapat menjadi alasan untuk berhenti mengkonsumsi makanan sesuai pedoman gizi seimbang. Ketika membicarakan tentang diet dengan gizi seimbang, artinya memilih makanan yang beragam khususnya sayuran, buah-buahan, daging, ikan, susu rendah lemak, yoghurt, dan makanan berkarbohidrat seperti kentang, roti, atau gandum utuh.

Sejumlah kecil lemak sehat juga dibutuhkan dengan mengonsumsi minyak zaitun atau minyak wijen. Dalam konsep diet ini, hindari mengonsumsi minuman dan makanan manis dan makanan dengan lemak jenuh seperti daging olahan, keripik, kue kering, dan pie. Satu hal yang juga penting dalam gizi seimbang maupun program diet apapun, yaitu memenuhi kebutuhan air mineral agar fungsi tubuh dapat berjalan dengan baik.

Diet gizi seimbang memberikan beberapa manfaat. Pertama dapat mencegah penyakit dan infeksi. Ketika mengonsumsi beragam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh secara otomatis akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga diet gizi seimbang tidak hanya membantu menurunkan berat badan, tetapi mencegah berbagai penyakit.

Diet dengan gizi seimbang juga merupakan solusi yang paing rasional untuk mengontrol berat badan. Seseorang tidak mungkin selamanya melakukan diet, namun dengan diet seimbang anda dapat memenuhi kebutuhan nutrisi sembari menjaga berat badan tetap stabil, bahkan tetap bisa mengonsumsi makanan enak dan bervariasi.

Diet dengan gizi seimbang juga dapat diakukan oleh semua kalangan usia. Tidak ada kekhawatiran untuk anak-anak maupun remaja, apabila melakukan diet seimbang karena nutrisi tetap terpenuhi. Oleh sebab itu, diet dan gizi seimbang adalah kombinasi paling tepat dalam menjaga kesehatan.

Sepuluh Pedoman Gizi Seimbang

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pada tahun 2019 mengeluarkan 10 pedoman gizi seimbang yang paling relevan dengan situasi masyarakat Indonesia saat ini. Masyarakat diharapkan dapat melakukan Pedoman Umum Gizi Seimbang (PUGS) diantaranya:

  • Konsumsi bermacam-macam makanan pokok
  • Membatasi makanan manis, asin, dan berlemak
  • Melakukan aktivitas fisik yang cukup, dan menjaga berat badan yang proporsional
  • Konsumsi lauk pauk dengan protein yang tinggi
  • Cuci tangan pakai sabun dan air mengalir
  • Biasakan sarapan pagi hari
  • Minum air mineral yang cukup dan higienis
  • Jangan melupakan buah dan sayuran dalam makanan sehari-hari
  • Biasakan membaca petunjuk dan kandungan gizi pada kemasan makanan
  • Syukuri dan nikmati makanan anda

Pentingnya gizi seimbang membuat seseorang wajib memenuhi kebutuhan akan hal tersebut. Jika selama ini anda kurang memperhatikan gizi seimbang dalam setiap pangan yang anda konsumsi, maka sudah saatnya mengikuti pedoman gizi seimbang yang mudah diterapkan, dan memiliki fleksibilitas dalam memilih menunya. Ingat pula, kekurangan gizi akan mengganggu fungsi-fungsi tubuh seperti yang telah dijelaskan di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *