9 Manfaat Wijen Untuk Kesehatan

9 manfaat wijen untuk kesehatan

Wijen yang biasa dikenal sebagai hiasan berupa butiran-butiran kecil pada kue dan roti ternyata punya banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Tak hanya itu, wijen juga memiliki informasi dan fakta menarik lainnya yang harus kamu tahu.

Mengenal Tanaman Wijen

Wijen atau sesame merupakan tumbuhan yang dibudidayakan untuk menghasilkan minyak dan bahan makanan. Sebagian besar penggunan biji wijen banyak dijadikan sebagai topping hidangan, sementara sebagian lain menggunakan bijinya sebagai minyak. Pada awalnya tanaman wijen berasal dari Afrika kemudian mulai tersebar hingga ke India dan Tiongkok. Di Indonesia budidaya tanaman wijen tidak terlalu populer. Daerah pusat pengembangan tanaman ini hanya berada pada wilayah yang beriklim kering seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, Gorontalo serta Lampung.

9 manfaat wijen untuk kesehatan biji wijen putih

Sementara di negara lain, tanaman wijen paling banyak diproduksi oleh negara Myanmar, Tiongkok, India, Ethiopia dan Sudan.
Membudidayakan tanaman wijen memerlukan cuaca panas sekitar 25-35 derajat celcius sehingga tanaman ini cukup toleran terhadap kondisi kekeringan. Akan tetapi wijen tidak dapat tumbuh di tanah berpasir atau tanah dengan kandungan garam yang tinggi. Selain itu tanaman wijen akan mati jika berada pada genangan air atau terkena hujan secara berturut-turut. Wijen ditanam pada ladang yang luas dengan jarak tumbuhan sekitar 30 cm. Biji wijen sudah dapat dipanen hanya dalam 2,5 bulan sejak pertama kali ditanam.

Biji wijen berasal dari buah wijen yang berbentuk seperti okra. Bentuknya yang sangat kecil membuat 1000 biji wijen pun hanya memiliki massa 2-6 gram. Tumbuhan wijen biasanya akan dikeringkan lebih dahulu sebelumnya bijinya dikeluarkan. Saat buah wijen mengering maka bijinya akan terlihat. Untuk memanen bijinya maka tanamannya perlu digoyang-goyangkan terlebih dahulu. Akan tetapi perbaikan teknologi dan pupuk pertanian tampaknya telah berhasil mengubah buah wijen yang mengering menjadi tidak mudah pecah. Artinya bijinya tidak mudah keluar sehingga dapat memaksimalkan jumlah atau hasil panen. Biji wijen memiliki variasi warna mulai dari putih, kuning, coklat, merah muda dan hitam namun tetap memiliki kandungan nutrisi yang sama.

Kegunaan Wijen

9 manfaat wijen untuk kesehatan minyak wijen

Biji dari tanaman wijen biasa digunakan untuk minyak makan dan pelengkap makanan. Bijinya dapat disangrai dan diekstrak dalam waktu tertentu untuk menghasilkan minyak wijen. Pada awalnya minyak ini sering difungsikan sebagai bahan tambahan dalam proses memasak, artinya tidak menjadi minyak goreng utama. Akan tetapi saat ini telah muncul industri besar yang mampu memproduksi minyak wijen dalam jumlah banyak sehingga dapat digunakan seperti minyak goreng pada umumnya. Minyak wijen diproduksi untuk menghasilkan minyak dengan lemak jenuh yang rendah atau lemak baik.

Lemak dalam minyak wijen terdiri dari asam lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated) untuk menurunkan kolesterol dan asal lemak tak jenuh ganda (polyunsaturated) yang cocok untuk mencegah penyakit jantung dan meningkatkan pertumbuhan otak. Minyak ini juga dikenal akan keunggulannya dalam mempertahankan rasa dan kualitas makanan, serta sangat awet untuk disimpan dalam jangka panjang. Hebatnya lagi, ampas dari minyak wijen dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan karena mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh ataupun digunakan sebagai mulsa untuk konservasi tanah.

9 manfaat wijen untuk kesehatan sebagai anti inflamasi

Kegunaan wijen yang selanjutnya adalah sebagai bahan dekorasi makanan manis dan roti khususnya biji wijen utuh. Sementara varian wijen hitam juga dapat digunakan sebagai penambah aroma makanan yang khas serta dijadikan isiian dalam berbagai jenis makanan olahan. Sedangkan varian biji wijen putih digunakan sebagai bahan pelengkap penyedap rasa makanan yang mengeluarkan rasa mirip kacang panggang, serta dipakai juga sebagai hiasan pada kue dan roti seperti onde-onde dan burger yang pasti sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia.

Biji wijen juga dapat ditumbuk dan diolah menjadi bubuk atau tepung wijen yang akan membuat makanan lezat. Bubuk wijen sebaiknya dibuat tanpa perasa buatan, pewarna, pengawet maupun bahan campuran lain sehingga akan memberikan manfaat yang sama dengan biji wijen utuh. Untuk itu, jika anda ingin membeli produk bubuk wijen maka perlu teliti dan memahami komposisi bahan yang berkualitas tinggi. Bubuk wijen biasanya sering diolah menjadi bubur wijen, atau sebagai isian kue dan roti, serta topping hidangan penutup. Beberapa orang juga suka mencampurkan bubuk wijen untuk minuman seperti kopi dan susu yang memberikan sensasi gurih dan sedikit rasa kacang.

Manfaat Wijen untuk Kesehatan

Wijen hitam dan wijen putih serta varian wijen lainnya memiliki kandungan gizi yang sama. Yang membedakan antara wijen hitam dan wijen lainnya hanyalah kandungan abu (mineral) dalam wijen hitam yang lebih banyak dibandingkan jenis wijen lain. Secara umum wijen mengandung berbagai jenis mineral, protein, lemak baik, omega-3, omega-6, zat besi dan kalsium. Dikarenakan manfaatnya yang sangat positif untuk kesehatan, minyak wijen sering disebut sebagai “rajanya minyak nabati”. Yuk simak lebih lanjut apa saja manfaat wijen untuk kesehatan.

9 manfaat wijen untuk kesehatan macam macam wijen

Baik untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan mineral yang pertama dalam biji wijen adalah zinc yang mampu membuat kulit lebih bersinar dan lembut. Zinc juga dapat membantu mengontrol produksi minyak berlebih, menyembuhkan jerawat dan mencegah jerawat datang kembali. Manfaat kandungan zinc pada biji wijen juga penting untuk melindungi kulit dari sinar UV. Hanya dengan mengoleskan minyak wijen pada kulit secara teratur dapat memberikan hasil kulit sehat dan bersinar.

Selain itu, minyak wijen dapat menyembuhkan bekas luka dan dipercaya dapat mencegah kanker kulit. Kandungan zinc dapat menjaga kekuatan dan struktur kulit sehingga akan menyaring bakteri yang masuk dengan menghambat pertumbuhan bakteri. Hal ini akan mengurangi peradangan, dan dalam jangka panjang akan mengembalikan kesehatan kulit seperti sebelum terinfeksi. Rutin mengkonsumsi minyak wijen juga akan menjadi pemacu dari dalam untuk mencegah kanker kulit yang disebabkan oleh radiasi berlebihan dan mencegah penuaan dini. Jadi selain menyehatkan, wijen juga ternyata dapat menjadi bahan perawatan diri.

Mengatasi Anemia

9 manfaat wijen untuk kesehatan melancarkan sistem pencernaan

Tak hanya baik untuk kesehatan kulit, wijen juga dapat mengatasi anemia. Kandungan zat besi yang tinggi pada wijen diyakini dapat menambah kadar darah merah dalam tubuh. Hal ini dikarenakan zat besi merupakan mineral penting dari pembentukan hemoglobin, yaitu bagian dari sel darah merah itu sendiri. Protein khusus yang terdapat pada sel darah merah akan berfungsi mengikat lebih banyak oksigen. Jika jumlah hemoglobin sedikit, maka sel darah merah tidak mampu membawa oksigen dengan baik ke seluruh tubuh sehingga organ-organ akan kekurangan oksigen. Dampaknya dalam jangka panjang akan menyebabkan penyakit kronis.

Menjaga Kesehatan Rambut

Terdapat beberapa manfaat minyak wijen terhadap rambut dan kulit kepala. Pertama kandungan omega-3 dan omega-6 dalam minyak wijen berkontribusi dalam pertumbuhan rambut. Asam lemak ini mampu merangsang pertumbuhan pada akar rambut. Tak hanya itu, minyak wijen juga dapat memperlancar sirkulasi darah dan folikel rambut sehingga kepala menjadi lebih terasa nyaman serta rambut tidak mudah rontok. Selanjutnya manfaat wijen yaitu sebagai solusi anti ketombe, karena minyak wijen mengandung sifat antimikroba yang akan mencegah munculnya ketombe pada kulit kepala. Anda bisa memijat kepala setiap malam dengan minyak wijen untuk menenangkan kulit dan mengatasi masalah ketombe.

Manfaat yang ketiga dari minyak wijen ialah menghaluskan rambut dan melawan kerusakan rambut. Sifat emolien atau melembabkan pada minyak wijen akan menghaluskan rambut dan membantu mengatasi rambut kering. Minyak wijen sangat mudah meresap ke dalam akar rambut dan kulit kepada, sehingga akan melindungi rambut dari berbagai masalah, termasuk menjaga agak rambut terhindar dari polusi, mengurangi efek paparan sinar matahari dan melindungi lapisan rambut agar tetap sehat.

9 manfaat wijen untuk kesehatan menyembuhkan diabetes

Mengatur Tekanan Darah

Wijen bermanfaat untuk mengatur tekanan darah bagi penderita hipertensi. Mengkonsumsi minyak wijen maupun wijen utuh akan menurunkan tekanan darah baik ketika jantung mengatup maupun mengendor kembali. Cara kerjanya dengan mengurangi ketegangan pada jantung sehingga membuat jantung berdetak dengan ritme normal. Manfaat wijen ini sama dengan biji-bijian lain yang juga dilengkapi dengan kandungan magnesium yang dapat meredakan stress.

Pada akhirnya stress yang dikelola dengan baik juga membantu untuk mengendalikan tekanan darah. Sementara mengkonsumsi wijen bagi seseorang dengan tekanan darah normal tidak akan menaikkan atau mengubah tingkat tekanan darah sehingga sangat aman dikonsumsi. Dengan demikian memasukkan minyak wijen sebagai bahan makanan wajib sangat direkomendasikan bagi penderita tekanan darah tinggi.

Membantu Menyembuhkan Diabetes

9 manfaat wijen untuk kesehatan minyak wijen minyak goreng rendah lemak

Kandungan magnesim pada biji wijen baik untuk kesehatan penderita diabetes tipe 2. Minyak biji wijen dapat mempengaruhi penyerapan obat diabetes dan meningkatkan efisiensi obat. Hal ini akan mempercepat penyembuhan diabetes. Ketika minyak wijen dikonsumsi, maka zat di dalamnya akan mengatur insulin dan kadar glukosa dalam tubuh. Oleh sebabnya tubuh dapat memenuhi kebutuhan insulin dengan cukup dan tidak pula kelebihan glukosa. Fungsi magnesium dalam minyak wijen juga didukung oleh kandungan vitamin E dan antioksidan yang dapat mengontrol kadar gula darah. Berbagai penelitian setuju bahwa pasien diabetes yang rutin mengkonsumsi minyak wijen akan lebih cepat sembuh dibandingkan dengan penderita lainnya.

Mencegah Kanker

Ternyata biji wijen yang kecil dapat mencegah penyakit kronis berbahaya. Biji wijen terdiri dari vitamin, mineral, asam fitat dan efek anti karsinogenik yang berasal dari magnesium. Kombinasi kandungan tersebut diyakini mampun mencegah kanker darah, kanker payudara, kanker paru-paru, kanker pankreas, kanker usus hingga kanker prostat. Antioksidan yang tinggi dalam minyak wijen khususnya phytate yang sangat kuat, akan menjadi senyawa antikanker yang mujarab. Cara kerjanya dengan menghambat pertumbuhan sel-sel kanker dalam organ tubuh serta menyehatkan tubuh secara keseluruhan.

Sebagai Anti-Infalamasi

Anti-inflamasi atau antiradang yaitu sifat senyawa yang mampu mengurangi peradangan pada anggota tubuh. Sifat ini akan menghilangkan rasa nyeri akibat radang dan mempercepat penyembuhan infeksi. Beragam jenis peradangan dapat diminimalisir dengan mengkonsumsi minyak wijen secara teratur, diantaranya peradangan sendi, otot, pembuluh darah dan tulang. Minyak wijen juga terdiri dari komponen tembaga dan zat besi yang penting untuk peningkatan hemoglobin. Zat ini akan memaksimalkan sistem organ karena adanya transfer oksigen yang baik. Dampak lainnya juga akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Menjaga Kesehatan Tulang dan Sendi

Masih berlanjut pada manfaat sebelumnya, kandungan tembaga, seng, kalsium dan magnesium pada biji wijen sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi. Seluruh nutrisi tersbeut akan memperkuat tulang dan mencegah berkurangnya kepadatan tulang. Untuk mendapatkan manfaat ini ada baiknya mengkonsumsi biji wijen utuh atau bubuk wijen asli. Hal ini disebabkan biji wijen yang telah diolah menjadi minyak mengalami proses ekstrasi yang cukup lama sehingga kandungan nutrisinya berkurang, meski bukan hilang seluruhnya.

Seng dan tembaga yang ada dalam biji wijen akan mendorong produksi sel darah merah dan memacu metabolisme tubuh. Manfaat ini berkaitan dengan pertumbuhan tulang yang baik dan pengobatan pada penyakit nyeri tulang. Tak hanya itu biji wijen juga berkhasiat dalam mengatasi nyeri sendi dan pembengkakan sendi pada organ luar tubuh. Pemanfaatan biji wijen untuk mengatasi masalah sendi dapat digunakan sebagai minyak atau dicampurkan sebagai bahan makanan.

9 manfaat wijen untuk kesehatan

Melancarkan Sistem Pencernaan

Minyak wijen juga memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dapat melancarkan sistem pencernaan. Secara umum serat dikenal sebagai jenis karbohidrat penting yang dapat mencegah terjadinya sembelit dan membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan pada tubuh. Serat yang terdapat pada minyak wijen dapat merangsang gerak peristaltik makanan melalui usus halus yang sangat baik untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Selain itu, serat akan memperbanyak volume feses sehingga akan membuat feses menjadi lembut dan akan lebih mudah melewati usus. Sehingga sisa-sisa kotoran di dalam usus akan terbuang dengan mudah dan cepat melalui feses. Perlu diketahui mengonsumsi minyak wijen secara rutin dapat mencegah berbagai permasalahan pencernaan seperti diare, penyakit lambung, dan kanker usus.

9 manfaat wijen untuk kesehatan

Wah, ternyata banyak sekali manfaat tanaman wijen untuk kesehatan. Tumbuhan dengan buah berbiji kecil ini ternyata hampir dapat mengatasi berbagai penyakit ringan hingga kronis. Bahkan tidak hanya untuk kesehatan, minyak wijen ternyata baik untuk bidang kecantikan (perawatan) dan bahan makanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *