8 Hidangan dengan Adas Manis

Adas manis memiliki sejarah panjang untuk keperluan kuliner, terutama untuk hidangan yang dipanggang. Rempah ini memiliki rasa yang menyerupai akar manis, yang dapat menambahkan rasa yang kaya dari suatu masakan. Lebih dari sekadar bumbu masakan pada hidangan yang dipanggang, ia juga dapat digunakan pada hidangan gurih. Ketahui di sini apa saja hidangan dengan adas manis.

Kari

Kari adalah hidangan populer yang tersebar luas hingga mancanegara, dan setiap negara memiliki variasinya sendiri, yang disesuaikan dengan selera lokal. Dari Asia Tenggara hingga Timur Tengah, kari telah menjadi makanan pokok selama berabad-abad. Dalam bentuknya yang paling sederhana, kari adalah kuah atau sejenis yang digunakan bersamaan dengan daging, tahu, atau sayuran dengan cita rasa yang pedas dan tajam.

Di Indonesia, kari disebut juga dengan kare, yaitu jenis hidangan berkuah yang dimasak dengan rempah-rempah. Umumnya, kari menggunakan bumbu dan rempah yang tak terbatas, di antaranya termasuk adas manis, cengkeh, bubuk paprika, cabai, bunga lawang, daun salam koja, jintan, klabet, kayu manis, kapulaga, ketumbar, kunyit, merica, dan lainnya.

Apapun Bumbunya, Tidak Pakai MSG

Dalam hal ini, kuah kari banyak digunakan dalam pembuatan sate padang, dan beberapa masakan Padang seperti gulai dan rendang, yang merupakan salah satu bentuk kari. Selain itu, ada pula kari kepala ikan yang disantap dengan nasi putih hangat. Sebagian besar kari memiliki rasa yang lembut hingga sangat pedas. Hal itu tergantung dengan rempah-rempah yang digunakan.

Ciri umum lainnya yang menjadi karakteristik dari kari adalah kuahnya memiliki konsistensi yang cukup kental, dengan warna kuning-oranye. Kari tak hanya ditemukan di Indonesia, tetapi juga di Kawasan Asia, Inggris, India, hingga Timur Tengah. Banyaknya jenis kari menunjukkan bahwa kari adalah hidangan yang dapat dimodifikasi sesuai preferensi lokal.

Gulai

Gulai sering disebut dengan “kari” versi Indonesia, karena warna kuahnya cukup mirip dengan hidangan kari, yang ditemukan berwarna kuning. Namun, kari dan gulai adalah hidangan yang berbeda. Ini adalah hidangan khas Sumatera, Indonesia, yang berupa sajian kuah kental dengan beberapa bahan makanan, termasuk berbagai jenis daging hingga sayuran.

Gulai terinspirasi dari hidangan kari India yang berkembang dan berasal dari pengaruh India di Asia Tenggara. Masakan khas Sumatera ini memiliki berbagai rempah yang kaya, mulai dari asam kandis, bunga lawang, cengkeh, daun jeruk, daun kunyit, daun salam, garam, kapulaga putih, kunyit, lada, dan serai. Selain rempah-rempah, gulai juga sarat akan penggunaan santan kelapa yang memberikan cita rasa gurih pada hidangan.

Berdasarkan rempah dan bumbu yang digunakan, kuah gulai memiliki warna kuning hingga merah, yang merupakan hasil dari penggunaan bumbu dan rempah yang berbeda, serta dengan konsistensi bumbu yang cukup kental. Warna kuah dari gulai juga umumnya berbeda di seluruh Nusantara. Selain itu, gulai memiliki cita rasa gurih dan cenderung pedas.

Banyak jenis gulai yang tersebar di Indonesia, setiap jenis gulai dinamakan sesuai bahan utama yang digunakan. Misalnya, gulai sapi, gulai kambing, gulai gajeboh, gulai iso, gulai nangka, gulai daun singkong, dan sebagainya Saat ini, gulai tersebar luas di berbagai daerah di Indonesia, terutama di Sumtera dan Pulau Jawa. Hidangan khas ini bisa ditemukan di rumah makan khususnya rumah makan Padang.

Gulai seringkali hadir sebagai lauk pendamping nasi putih, yang disajikan dengan sambal ijo dan sambal merah yang merupakan sambal khas Sumatera. Beberapa jenis gulai seperti gulai kambing umum disajikan dengan roti canai. Anda bisa membuat sajian khas ini dengan Bumbu Gulai yang tersedia di Cairo Food.

Soto Ayam

Hidangan dengan adas manis ini merupakan hidangan berkuah dengan kuah yang berwarna kuning, yang diketahui berasal dari penggunaan kunyit. Soto ayam merupakan sajian hidangan berkuah dengan ayam suwir, dan disajikan dengan telur rebus, irisan kentang, dan dihiasi dengan taburan bawang goreng dan daun seledri.

Soto ayam biasanya dibuat dengan aneka rempah termasuk adas manis, bawang merah, bawang putih, bunga lawang, daun jeruk, garam, jahe, kencur, kemiri, kunyit, kapulaga, dan lada putih. Soto ayam memiliki cita rasa gurih yang bisa dinikmati dengan nasi putih hangat atau lontong sebagai menu sarapan pagi, atau menu makan malam. Sajikan dengan sambal dan kerupuk sebagai pelengkap. Buat masakan jadi praktis dengan Bumbu Soto Ayam dari Cairo Food.

Pudding Adas Manis

Adas manis tak hanya dapat digunakan sebagai bumbu dari masakan gurih, tetapi juga dapat digunakan pada makanan pencuci mulut, seperti pudding. Secara umum, pudding merupakan hidangan penutup yang terbuat dari bahan yang dikukus, direbus, atau dipanggang, dengan bahan baku termasuk susu, telur, tepung jagung, dan tepung tapioka.

Biasanya pudding memiliki rasa yang manis karena menggunakan tambahan pemanis termasuk perisa coklat, karamel, vanila, atau gula aren. Di Indonesia, pudding memiliki banyak varian rasa, termasuk kelapa muda, daun pandan, daun suji, santan, gula merah, dan juga adas manis. Pudding adas manis bisa dibuat dengan adas manis dan gula aren sebagai bahan utama. Pudding sangat cocok dimakan sebagai makanan penutup atau menu pembuka sebelum menyantap hidangan utama.

Biscotti

Biscotti merupakan sebuah biskuit almond asli Italia, tepatnya dari kota Prato di Tuscan. Kata biscotti berasal dari Bahasa Latin, yaitu biscotus, yang artinya “dipanggang dua kali”. Sementara orang Italia menggunakan istilah biscotti sebagai hidangan kue yang berbeda. Sesuai artia namanya, biscotti dibuat dengan memanggang biskuit selama dua kali di dalam oven, yang hasilnya menjadi sangat kering dan renyah, serta memiliki masa simpan yang lama.

Biskuit almond Italia ini telah menjadi makanan pokok legiun Romawi yang dulunya dikonsumsi selama perjalanan dan perang. Hal ini dikarenakan biscotti dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama. Saat ini, popularitas biscotti telah meningkat dan banyak dikaitkan dengan wilayah Tuscan di Italia.

Dari segi visual, biscotti berbentuk persegi panjang dengan ukuran kecil dan tekstur yang renyah. Seiring dengan berjalannya waktu, biscotti telah mengalami improvisasi rasa yang disesuaikan. Rasa dari biscotti mencakup bahan seperti adas manis, kulit jeruk, dan kenari. Ada pula biscotti dengan rasa cokelat, cappuccino, cranberi, dan pistachio.

Secara tradisional, biscotti hanya disajikan polos tanpa adanya tambahan apa pun, sehingga kacang almond menggambarkan rasa biscotti secara keseluruhan. Namun, beberapa toko yang menjual biscotti menambahkan lapisan yang berbeda, dan yang paling umum adalah menggunakan cokelat dan gula sebagai lapisannya.

Umumnya, biscotti disajikan dengan minuman berupa kopi atau cokelat panas. Tekstur biscotti yang cukup keras akan melunak jika dicelupkan pada minuman tersebut. Rasa kacang almond dari biscotti juga berpadu sempurna dengan kopi atau cokelat panas. Susu dengan biscotti juga menjadi perpaduan pas yang dapat dinikmati.

Lebih dari itu, biscotti dapat dinikmati dengan es krim, dengan cara menghancurkan biscotti lalu ditaburkan di atas es krim, atau gelato dan yogurt beku. Untuk menu sarapan, biscotti bisa disajikan dengan parfe, sehingga menjadikan menu sarapan yang begitu istimewa. Buah juga bisa dikonsumsi dengan biscotti yang lezat.

Pizzelle

Pizzelle mengacu pada biskuit Italia, biskuit snowflake (kepingan salju) Italia, atau biskuit wafel Italia. Ini merupakan kue wafel tradisional Italia yang menggunakan adas manis dalam pembuatannya. Berbahan utama tepung, telur, gula, dan mentega atau minyak sayur, serta tambahan penyedap dengan adas manis alih-alih menggunakan kulit vanilla.

Dalam pembuatannya, adonan pizzelle dipanggang di atas besi khusus yang dibuat untuk membentuk pizzelle. Hasil akhirnya adalah tekstur kue wafel yang renyah, ringan, dan elegan. Kue wafel tradisional ini memiliki bentuk bundar yang pipih, dengan bentuk yang menyerupai kepingan salju di atasnya. Menikmati pizzelle paling tepat dalam keadaan hangat, dengan tambahan gula bubuk di atasnya yang memberikan kesan elegan.

Pizzele biasanya dikonsumsi selama liburan Natal dan Paskah, atau hadir di acara pernikahan Italia, bersamaan dengan kue tradisional Italia lainnya seperti cannoli. Pizzelle bisa dikonsumsi dengan mengapit dua pizzelle dengan krim cannoli, yaitu krim ricotta yang dicampur gula, atau selai hazelnut.

Teh Adas Manis

Meminum teh hangat menjadi favorit semua orang di seluruh dunia, yang dapat menyegarkan tubuh terutama diminum pada pagi hari. Teh memiliki banyak variasi di seluruh dunia, yang diperoleh dari daun teh segar Camellia sinensis, yang diseduh dengan air hangat. Setiap variasi teh berasal dari daun teh yang sama, hanya saja dibedakan oleh beberapa faktor.

Teh merupakan minuman yang cukup fleksibel, yang bisa menggunakan rempah-rempah, salah satunya adalah adas manis. Teh adas manis bisa dibuat dengan mengeringkan biji tanaman adas dan menyeduhnya dalam air panas. Ini memiliki rasa yang menyerupai akar manis dengan sentuhan pahit di akhir. Teh adas manis memiliki aroma yang tajam, tetapi aromanya justru dapat menenangkan tubuh, sehingga ini menjadi minuman yang menyegarkan dan juga sehat.

Chebakia

Masak Enak Jadi Mudah

Chebakia atau shebakia dikenal dengan sebutan Griwech atau Griouech yang merupakan makanan penutup dari wilayah Maghrebi. Chebakia merupakan makanan penutup yang dibuat dengan melipat adonan menjadi bentuk bunga mawar, dan dimasak dengan cara digoreng hingga berwarna keemasan.

Bahan utamanya termasuk biji wijen panggang tanpa kulit, biji adas manis, helai saffron, minyak zaitun, air bunga jeruk, dan madu. Beberapa resep mungkin menyertakan almond bubuk sebagai bagian dari bahan-bahannya. Saat disajikan, chebakia dilapisi dengan sirup yang terbuat dari air bunga jeruk dan madu, serta ditambah taburan biji wijen. Kue khas dari Maghrebi ini memiliki tekstur yang cenderung lengket dengan rasa manis yang lezat.

Chebakia dikenal karena memiliki kaitan dengan bulan Ramadhan, dan paling populer selama masa tersebut. Di Maroko, chebakia dikonsumsi bersama semangkuk sup harira saat berbuka puasa. Chebakia juga hadir pada acara-acara tertentu, seperti hari kelahiran atau pernikahan. Kue dengan bentuk unik ini ditemukan di toko roti atau kios pasar.

Adas manis menjadi rempah serbaguna yang dapat memberi lapisan yang kompleks pada setiap hidangan. Penggunaannya yang tak terbatas menjadikan adas manis sebagai rempah yang banyak digunakan di seluruh dunia, ia bahkan dapat berpadu sempurna untuk ragam masakan, termasuk hidangan gurih dan manis. Apakah Anda juga sering menggunakan adas manis ke dalam berbagai resep masakan? Beli adas manis bubuk atau utuh di Cairo Food!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *